Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Rabu, 14 Oktober 2015

Ners as an Identity



Menjadi perawat terutama perawat dalam komunitas memiliki tugas yang tidak jauh dari konsep merubah perilaku masyarakat untuk kehidupan berkesehatan lebih baik. Lebih dikenal dengan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) sebagai upaya preventi, pencegahan yang lebih baik daripada mengobati.
1 hal yang tidak boleh untuk dilupakan adalah bagaimana dengan perawat itu sendiri?
Dari sisi akademisi dan tuntutan pekerjaan, seorang tenaga kesehatan termasuk perawat dituntut untuk menerapkan semua keilmuannya demi amanah tugas. Namun tak jarang pengetahuan tinggi  tak mampu membendung budaya maupun kebiasaan yang telah mendarah daging, sehingga informasi di bangku pembelajaran tidak lagi digunakan ketika dia kembali ke daerah asal atau keluarga.

Perawat dimanapun berada semestinya tidak kehilangan identitas. Meski untuk melawan arus budaya atau kebiasaan adalah hal yang tidak mudah. Pendekatan dalam keluarga sangat berperan, karena dalam sebuah keluargalah seorang individu dibentuk. Proses dari semenjak lahir hingga dewasa dari waktu ke waktu akan membentuk sebuah pola. Baik pola kebiasaan baik maupun kurang baik.

Keluarga adalah tempat dimana segala negosiasi dalam proses pembentukan tingkah laku baik dengan sukarela maupun paksaan. Disinilah perawat dapat memainkan perannya. Dalam skala area yang lebih kecil lagi, dialah sebagai role model dalam keluarganya sendiri. Karena perawat mungkin akan dihadapkan pada persoalan evidence yang belum masyarakat jumpai sebagai resiko. Pemanfaatan posisi sebagai anggota keluarga, diharapkan lebih mudah untuk mendapatkan  kepercayaan sasaran promosi kesehatan (anggota keluarga sendiri). Mengubah 1 keluarga yang paling dekat dengan jangkauan kemudian menjadikannya sebagai sebuah 'Keluarga Model' untuk keluarga yang lain dalam masyarakat. Proses perubahan ini jika dilakukan secara berkelanjutan, bukan tidak mungkin sebuah kebiasaan atau budaya yang sangat tidak mendukung kesehatan menjadi perilaku PHBS.Tidak semudah membalik telapak tangan, namun sangat berpeluang untuk menciptakan lingkungan sehat dalam masyarakat. 

Idealnya, dimanapun perawat berada mampu menerapkan ilmu yang didapatkan dari proses pembelajaran dan tidak meletakkannya ketika keluar atau selesai masa perkuliahannya.

Salam Sejawat

catatan : foto hanya sebagai ilustrasi

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design