Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Kamis, 30 April 2015

Amani Birth Indonesia [CBE & Doula]

AMANI BIRTH INDONESIA

Doula and Child Birth Educator Training

Adakah cara yang lebih baik untuk meringankan kesulitan yang dialami saudarimu dibandingkan dengan membantu dirinya melalui persalinan dan kelahiran anaknya?

"Barangsiapa meringankan saudaranya [atau saudara perempuan] dari kesulitan di dunia ini, Allah akan membebaskannya dari kesulitan di hari kiamat. Dan barangsiapa membuat hal-hal mudah bagi seseorang yang

dalam kesulitan, Allah akan memudahkan baginya di dunia ini dan selanjutnya. Dan siapapun yang menyembunyikan (kesalahan dari) seorang muslim, Allah akan menyembunyikan kesalahan dirinya di dunia ini dan selanjutnya. Allah selamanya akan membantu hambaNya selama ia memberikan bantuan kepada saudaranya. " [Sahih Muslim, al-Tirmidzi, Ibnu Majah dan lain-lain]

Apakah Doula itu?

Kata "doula" berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti "seorang wanita yang melayani" dan sekarang digunakan untuk merujuk kepada seorang pendamping persalinan profesional terlatih dan berpengalaman

yang menyediakan tenaga secara kontinyu, dukungan emosional dan informasi untuk ibu sebelum, selama dan setelah persalinan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa persalinan yang didampingi oleh seorang doula, memberikan waktu persalinan yang lebih pendek dengan komplikasi lebih sedikit, bayi yang sehat dan ibu pun lebih mudah dalam menyusui.

AMANI Birth Doula Persalinan – Child Birth Educator

AMANI Birth adalah Pendidikan Doula (Pendamping Persalinan) dan Pendidik Persalinan (Child Birth Educator) berlandaskan teori Gentle/Natural Birth Islami dengan sertifikasi Internasional yang dirancang untuk mempersiapkan para profesional.

Tujuan utama kami adalah untuk mengajarkan kepercayaan kepada Allah sebagai hal yang pertama dan utama serta persalinan merupakan bentuk ibadah yang suci. Kami tidak memberikan saran medis atau jasa pelayanan medis dan merekomendasikan bahwa semua calon orang tua untuk memberdayakan diri sebagai persiapan yang tepat untuk kelahiran buah hati.

AMANI Birth Certified Childbirth Educators mengajarkan prinsip-prinsip berikut:



  1. Allah memegang kendali atas segala sesuatu.

  2. Persalinan adalah peristiwa hidup yang alami.

  3. Persalinan secara inheren aman.

  4. Ibu memiliki peran dalam memaksimalkan keselamatan proses persalinan ini.

  5. Percaya pada kelahiran adalah kepercayaan kepada Allah.

  6. Fisiologi kehamilan.

  7. Fisik persiapan untuk persalinan / melahirkan.

  8. Pentingnya gizi yang baik selama kehamilan.

  9. Teknik alamiah untuk menghadapi nyeri persalinan.

  10. Pentingnya menghindari obat dalam kehamilan dan persalinan.

  11. Tanggung jawab orang tua dimulai pada kehamilan.

  12. Konsumerisme kelahiran merupakan kewajiban orangtua yang baik.

  13. Membuat keputusan selama kehamilan dan persalinan.

  14. Pemberdayaan diri merupakan hak dan tanggung jawab dalam persalinan.

  15. Pengalaman melahirkan penting untuk seumur hidup.

  16. Pemberdayaan perempuan dalam persalinan.

  17. Mendidik mitra untuk mendukung ibu dalam persalinan.

  18. Menyusui adalah nutrisi terbaik untuk bayi.

  19. Berterima kasih kepada Allah untuk pengalaman kelahiran.

  20. Percayalah dalam rencana Allah untuk kelahiran dan kehidupan kita

Riset Ilmiah Terkait Doula Persalinan :



  1. Memberikan manfaat yang jelas dan minim resiko yang diketahui berhubungan dengan dukungan intrapartum, setiap upaya harus dilakukan untuk memastikan semua ibu melahirkan dengan menerima dukungan, tidak hanya dari orang-orang terdekat tapi juga dari tenaga khusus terlatih. Dukungan ini harus mencakup kebersamaan, kenyamanan, dan dukungan. (Hodnett, E.D. Support from caregivers during childbirth (Cochrane Review) in Cochrane Library, Issue 2. Oxford Update Software, 1998. Updated Quarterly)

  2. Doula memberikan dukungan secarar spiritual, keyakinan kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dan langkah-langkah untuk meningkatkan kenyamanan bagi ibu, kontak fisik seperti menggosok punggung ibu dan memegang tangannya, penjelasan tentang apa yang terjadi selama persalinan dan melahirkan dan kehadiran dirinya secara kontinyu. Tugas tersebut juga dapat terpenuhi oleh perawat atau bidan, tetapi mereka sering perlu melakukan teknis / prosedur medis yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari seorang ibu. (Care in Normal Birth: a Practical Guide. Report of a Technical Working Group. World Health Organization, 1996)

  3. Menghadapi kendala yang belum pasti muncul, banyak rumah sakit memberikan target bianya tunggal melahirkan. Konsekuensi yang tidak diinginkan dari singkatnya perawatan mungkin akan meningkatkan tingkat caesarian, ketidaksanggupan sataf perawat untuk mengadakan pelayanan perawat secara terus menerus data persalinan terbukti meningkatkan kemungkinan Caesar. Doula jelas
    meningkatkan kualitas klinis dan pelayanan; mereka menyediakan cara yang benar-benar aman untuk mengurangi bedah caesar dan
    intervensi melahirkan invasif lainnya. (Coming to Term: Innovations in Safely Reducing Cesarean Rates. Medical Leadership Council, Washington D.C. 1996)

  4. Tenaga professional banyak mempelajari eknologi inovatif dan banyak pilihan baru untuk pemantauan dan pengelolaan persalinan. Keunggulan tekhnologi sangat penting dan sangat menonjol, dokter malah mengabaikan sisi alami dan kebutuhan non-tekhnis perempuan selama persalinan. Perubahan yang mendukung pasien selama persalinan dan memperkuat proses fisiologis, termasuk dalam penyedian dukungan psykologi untuk pasien yang didampingi staf perawat atau doula. (Reducing the Cesarean Section Rates while Maintaining Maternal and Infant Outcomes. Bruce L. Flamm et al. Institute for Healthcare Improvement, Boston, 1997).

  5. Tersedianya pengasuh yang berkelanjutan untuk menciptakan dukungan psykologis dan kenyamanan harusnya menjadi kunci komponen dari program intrapartum, dimana seharusnya dirancang untuk pencegahan efektif dan perawatan (non-progressive labor). (Guidelines on Dystocia. Society of Obstetricians and Gynaecologists of Canada, 1995.)

  6. Dukungan terus-menerus untuk Wanita Selama Melahirkan, review Cochrane Review terbaru melalui hubungan persalinan. (Formerly Maternity Center Association), July 2003 (www.childbirthconnection.org)

  7. Mendengarkan Ibu: Laporan Survei Nasional AS dari wanita yang pertama kali melahirkan anak, Childbirth Connection (Formerly Maternity Center Association), October 24, 2002 (www.childbirthconnection.org)

  8. Berbaring, Canadian Medical Association Journal, September 17, 2002 (www.cmaj.ca)

  9. Dukungan social oleh doula selama persalinan dan periode postpartum awal, dokter rumah sakit, September 2001 (pdf). (www.turner-white.com)

  10. Perawatan wanita di rumah sakit Amerika (Agency for Healthcare Research and Quality, October 2002 (www.archive.ahrq.gov)
Pertanyaan yang sering diajukan :
  1. Apakah perbedaan antara doula dengan sahabat perempuan/keluarga/suami yang berpengetahuan mengenai persalinan. Apakah doula konsep Timur Tengah? Dan apakah para doula di dunia pada umumnya dan Indonesia secara khusu memiliki peran Islami dalam proses ini?

  2. Kata "doula" berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti "seorang wanita yang melayani". Sekarang digunakan untuk merujuk kepada seorang pendamping persalinan profesional terlatih dan berpengalaman yang menyediakan tenaga secara kontinyu, dukungan emosional dan informasi untuk ibu sebelum, selama dan setelah persalinan.
Sejak tahun 2012 AMANI Birth memulai debutnya di Indonesia sehingga hingga tahun 2014 sudah ada 49orang Doula AMANI sehingga kami berharap keberadaan Doula akan segera bertambah.

Memiliki doula sangat mirip dengan memiliki kehadiran ibu atau anggota keluarga lain yang peduli dengan proses persalinan Anda. Perbedaan terbesar adalah bahwa doula biasanya memiliki lebih banyak pengalaman dan pelatihan dalam teknik persalinan alami untuk membuat kelahiran lebih nyaman. (Baca : Gentle Birth)

Serta doula lebih memiliki banyak pengetahuan terkait protokol rumah sakit dan dapat membantu ibu hamil memahami prosedur dan advokasi untuk dirinya sendiri demi memastikan persalinan menjadi pengalaman terbaik dalam hidupnya, insya Allah.

Doula adalah pelengkap keluarga ibu hamil (ibu, saudara, suami, dll), bukan pengganti dari mereka. Tentu saja dalam masa sekarang ini, banyak wanita menemukan diri mereka melahirkan jauh dari kerabat mereka dan doula menjadi pendukung utama selain para tenaga medis.

Doula kebanyakan dikenal dalam budaya Barat (Amerika Serikat, Eropa, Australia dll). Doula dimiliki oleh banyak agama dan kebangsaan. Dalam negara mayoritas Islam, jika doula adalah seorang Muslim (seperti diriku), maka dia akan mendorong dan membimbing saudari Muslimnya untuk menjadikan persalinan sebagai ibadah yang suci.

Doula dengan tenang akan membimbing ibu hamil melalui persalinan dengan do’a-do’a dan bisa memainkan beberapa peranan dalam membantu keluarga untuk belajar dari Al-Qur'an dan Sunnah dalam mempersiapkan kelahiran mereka (sebagaimana Maryam melalui persalinannya dalam QS. Maryam, dll).

(Sumber : www.saudilife.net)

AMANI Birth adalah metode melahirkan secara islami berbasis pendidikan dan program sertifikasi doula.

by : Amani Birth

27 komentar:

  1. Adakah RS atau dokter atau bidan rujukan dr amani birth yg merupakan doula

    BalasHapus
  2. Sy doula mb. Posisi mb dimana? Sy di smrg dan sy pnya teman2 di doula di bbrp kota. Doula amani jg ada di seluruh indonesia, insyaallah sy bisa bantu sarankan doula dr amani yg dkt dgn tmp tgl mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doula di palembang ada gk mbak, mhon info contactnya

      Hapus
    2. Doula di palembang ada gk mbak, mhon info contactnya

      Hapus
    3. hai mbak erna,
      bisa tinggalkan kontak person di email saya?
      atau di kolom komentar ini?
      saya akan forward posisi doula terdekat dari lokasi mbak erna
      terima kasih

      Hapus
    4. halo mbak erna
      silahkan tinggalkan kontak person di sini atau di kolom komentar nanti saya forward ya info tentang doula terdekat
      terima kasih :)

      Hapus
  3. Saya tertarik mengikuti pelatihan doula dari amani, kapan waktu pelatihan selanjutnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun depan ada mb, insyaallah sy informasikan di blog kalau sdh ada info workshopnya
      Terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  4. Mba bisa minta info doula di wil jakarta? Bisa kirim ke email saya: mariayuniar86@gmail.com

    BalasHapus
  5. Mba bisa minta info doula di wil jakarta? Bisa kirim ke email saya: mariayuniar86@gmail.com

    BalasHapus
  6. Mba, Saya tertarik mengikuti pelatihan doula dari amani, kapan waktu pelatihanya ya? Kemudian untuk doula area JakSel ada dimana saja?
    Mohon infonya dapat diemail ke anis.kahfi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mbak saya tidak membalas, tidak terbaca komentar mbak

      Nanti saya email ya mb

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum

    Mba, saya sangat tertarik dengan artikel amani birth ini, saat ini saya hamil 6 bulan , dengan pengalaman 2 kali melahirkan secara sc sebelum nya. Apakah memungkinkan untuk anak ketiga ini saya melahirkan normal dengan amani birth.. jika memungkinkan, saya mohon kontak doula di wilayah bogor/cibubur. Terima kasih banyak mba.
    Ini email saya dhe_vhy@yahoo.com

    BalasHapus
  8. Mba sy jg ingin mengikuti pelatihan amani birth di wilayah bogor dan jakarta...mohon info nya mba...ini email sy. feroza_ummizaidan@yahoo.com

    BalasHapus
  9. Mbak, untuk wilayah Denpasar, apakah ada doula Amani yg bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  10. Mbak..untuk wilayah Denpasar, apakah ada doula Amani yg bisa saya hubungi?

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum mba, minta info untuk doula wilayah jakarta serta rate nya ya mba. nuriy.azizah@gmail.com. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwalaikumsalam
      sudah di email ya mbak nuriy

      Hapus
  12. Assalamualaikum, kak saya mohon info untuk pelatihan doula dan tuition fee nyaa kak, mohon di email ke zizi.faizah17@gmail.com
    Terima Kasih

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum kak, saya mohon info untuk pelatihan doula nya dan tuition fee nya, mohon di email ke email saya di zizi.faizah17@gmail.com , Terima kasih :)

    BalasHapus
  14. Mb, boleh minta info amani doula wil solo, utk membimbing slama khamilan & persalinan sy nanti, ke email sy risfialib@gmail.com
    Sy sdg hmil 4 bln.. Sgt dtunggu skli blsnnya y mb.. Mksh bnyk...

    BalasHapus
  15. Haloo mba, sy mau ikut pelatihan doula tolong info jadwal dan price list nya, thanks �� yuniagustini92@yahoo.com

    BalasHapus
  16. Haloo mba, sy mau ikut pelatihan doula.. tolong info jadwal dan price list nya, thanks yuniagustini92@yahoo.com

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design