Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Senin, 01 Juni 2015

Doula dan kebijakkan pemerintah dalam asuransi negara

Caesarian atau sesar sudah Lazim dikenal masyarakat luas sebagai metode melahirkan melalui sayatan di bagian abdomen (perut) untuk melahirkan bayi selain melalui jalan lahir (vagina). Metode ini sebagai tindakan untuk menyelamatkan ibu, bayi atau keduanya. Proses caesarian memiliki resiko yang tidak menguntungkan untuk ibu dan bayi.

Sebagai contoh, kerugian melakukan persalinan caesarian adalah memanjangnya proses healing pada ibu. Sehingga harus menunggu waktu 1,5-2 th untuk kehamilan berikutnya. Sedangkan pada bayi, tidak mendapatkan kompresi (tekanan) thorax (rongga dada) untuk mematangkan fungsi paru, aktifasi zat surfactan dan bayi tidak mendapatkan flora vagina pada ibu untuk mematangkan pencernaannya.

Sementara keuntungannya adalah tertolongnya nyawa ibu dan bayi

Doula, memberikan pilihan pada ibu untuk mendampingi selama proses kehamilan dan persalinan. Peran doula secara psikis-emosional dan support informasi pada ibu hamil bertujuan untuk menyiapkan ibu saat persalinan kelak sehingga kemunculan komplikasi persalinan dapat diminimalkan.

Secara ekonomis, kehadiran doula dalam rangka menurunkan komplikasi persalinan dapat menghemat biaya pengeluaran persalian. Seperti dalam penelitian Doula Care, Birth Outcomes, and Costs Among Medicaid Beneficiaries oleh Katy Backes Kozhimannil, PhD, MPA. Rachel R. Hardeman, MPH. Laura B. Attanasio, BA. Cori Blauer-Peterson, MPH, and Michelle O’Brien, MD, MPH.

Tujuan dari penelitian mereka adalah membandingkan hasil dari proses melahirkan terkait program Medicaid pada penerimanya yang menjalani pendidikan prenatal dan dukungan melahirkan dari doula terlatih dengan hasil dari sampel nasional perempuan yang sama serta perkirakan biaya potensial yang dikeluarkan negara untuk penerima Medicaid.
Metode dalam penelitian mereka adalah menghitung statistik deskriptif untuk kelahiran Medicaid yang didanai Negara (dari 2009 Nationwide Rawat Inap Contoh; n = 279 008) dan kelahiran yang didukung oleh pelayanan doula (n = 1079) di Minneapolis, Minnesota, pada tahun 2010 untuk 2012.
Regresi multivariat digunakan untuk memperkirakan dampak dari perawatan doula; dan dimodelkan pada penghematan biaya potensial berhubungan dengan pengurangan sesar terhadap kelahiran dengan dukungan dari doula.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat sesar adalah 22,3% pada kelahiran dengan dukungan doula dan
31,5% di antara penerima manfaat Medicaid nasional. Kemungkinan kelahiran sesar 40,9% lebih rendah pada kelompok ibu yang melahirkan dengan didukung oleh doula (rasio odds yang disesuaikan = 0,59; P <.001).

Kemungkinan menghemat biaya untuk program Medicaid diindikasikan dengan penurunan tingkat sesar sehingga Negara dengan program Medicaid harus mempertimbangkan untuk menawarkan cakupan persalinan dengan dukungandari doula untuk mewujudkan penghematan biaya potensial yang terkait dengan penurunan sesar. (Am J Public Health. Published online ahead of print February 14, 2013: e1–e9. doi:10.2105/AJPH.2012.301201)

Medicaid, pada negara Indonesia adalah Jampersal (Jaminan Persalinan). Lebih jauh lagi bisa digunakan sebagai penghematan biaya pelayanan kesehatan oleh badan penyelenggara asuransi negara (JKN-BPJS). Hal ini tentu saja membutuhkan proses integrasi dari hasil penelitian menjadi sebuah kebijakkan pemerintah yang tertuang dalam peraturan perundangan. Urgency penelitian sejenis dalam ranah nasional perlu dilaksanakan untuk membuka wacana baru sebagai evidence base practice.

Jika ditelaah dalam konteks Al Qur'an. Persalinan alami, spontaneus vaginal delivery (SVD) dan posisi melahirkan normal telah dikisahkan dalam Surat Maryam 22-26 :

  • Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. (ayat 22)

  • Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”. (ayat 23)

  • Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. (ayat 24)

  • Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, (ayat 25)

  • maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”. (ayat 26).

Keuntungan-keuntungan melahirkan secara SVD, menjadi informasi yang harus terus menerus dikampanyekan pada masyarakat sehingga terbentuk sebuah paradigma yang otmatis tertanam dalam the way of lifemasyarakat untuk melahirkan secara alami. Sementara kelahiran sesar merupakan pilihan darurat yang tidak bisa dihindari dengan pertimbangan kuat secara medis.

Selamat menyambut kelahiran buah hati tercinta. Persiapkan Sejak dini pula mad rasah keluarga sebagai long life learning untuk generasi penerus keluarga dan bangsa

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design