Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Selasa, 09 Februari 2016

Hypnotherapy untuk persalinan

hypnotherapi, doula
[REPOST] Hypnotherapy, menjadi trend dalam dunia kesehatan yang mulai dipertimbangkan. Hypnotherapy sendiri merupakan terapi hypnosis dengan bermacam tekhnik. Di masa lalu, masyarakat mengenal hypnosis dengan konotasi buruk seperti istilah gendam dan praktek hypnosis untuk kejahatan. Sementara saat ini, masyarakat mulai familiar dengan maraknya program reality show di televisi. Hypnosis tersebut bisa dikategorikan dalam stage hypnosis atau comedy hypnosis tergantung dari konsep acara.


Forensic hypnosis digunakan sebagai metode untuk membantu korban kejahatan menggali memory alam bawah sadar yang tidak dapat dimunculkan oleh korban akibat trauma psikis. Namun, hypnosis tidak bisa digunakan sebagai alat untuk memaksa seorang terdakwa mengakui sebuah kejahatan karena memori yang muncul bisa saja sebagian merupakan khayalan atau memori yang saling bercampur dengan memori lainnya.
Dunia kesehatan sebenarnya sudah mengenal hypnosis sebagai anestesia atau obat bius jauh sebelum obat bius ditemukan. Terapi hypnosis yang digunakan untuk keperluan perbaikan status kesehatan adalah clinical dan medical hypnosis. Clinical hypnosis membantu klien memperbaiki permasalahan seperti mengurangi berat badan, menghentikan kebiasaan merokok, pola hidup, perilaku menyimpang, stress psikis dan berbagai kasus lain.Medical hypnosis lebih mengacu pada therapy pengurang rasa sakit (analgetik) dan obat bius (anesthesia).

Penelitian yang dilakukan oleh Leona VandeVusse, et al (2007), menerangkan bahwa hypnotherapy memiliki peran dalam menurunkan kebutuhan analgetik menjelang persalinan. Analgetik yang minimal selain menguntungkan untuk kesehatan ibu, secara ekonomi bisa menekan biaya persalinan. Keuntungan yang didapat oleh bayi dari proses bersalin dengan hypnotherapy adalah nilai apgar yang digunakan untuk menilai status kehidupan bayi lebih baik pada 1 menit pertama yaitu 7-8 (nilai normal 7-10).
Penelitian lain oleh Cyna et al (2004) dan Harmon et al (1990), menggambarkan bahwa hypnotherapy berperan mempersingkat waktu persalinan. Kabar baik untuk wanita yang takut akan tingkat nyeri pada proses persalinan pertamanya.

Childbirth hypnotherapy dapat membantu klien selama persalinan, sayangnya tidak mudah menemukan terapis yang menguasai childbirth hypnotherapy. Seorang terapis, terutama medical hypnosis harus memiliki kompetensi yang baik sehingga efek dari hypnosis dapat digunakan sesuai tujuan dan tidak membahayakan klien. Kompetensi seorang terapis bisa dibuktikan dengan adanya sertifikasi dari organisasi hypnotherapy terkemuka, reputasi, serta catatan pengalaman yang dia miliki.

Self hypnosis dapat dipillih ketika seorang terapis tidak bisa dijumpai untuk membantu saat persalinan kelak. Ibu hamil dapat belajar untuk melakukan self hypnosis selama masa prenatal (hypnobirthing) sehingga waktu bersalin lebih pendek dan penggunaan dosis analgetik dapat diturunkan. Kepuasan saat persalinan (manajemen nyeri, tanpa komplikasi) dapat mencegah kejadian babyblues. Kebaikkan hypnotherapy harus dimanfaatkan dengan baik oleh ibu hamil untuk awal kehidupan yang menyenangkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design