Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Rabu, 16 Maret 2016

kenapa kelas prenatal?

2
Saat ini, kelas prenatal bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat apalagi ibu hamil dan pasangannya. Namun tak jarang yang masih menolak kelas prenatal. Pertimbangan dari sisi biaya misalnya,

"lebih baik untuk beli makanan dan buah-buahan saja daripada dihabiskan di kelas prenatal"

atau

"persiapan melahirkan pasti biayanya mahal, apalgi kalau nanti tiba-tiba harus SC, belum persiapan untuk keperluan bayi"
Kelas prenatal sejatinya adalah kelas pembelajaran untuk ibu dan pasangannya (suami) selama masa kehamilan. terutama untuk mereka yang berniat memiliki gentle birth atau VBAC atau alasan lain seperti kecemasan saat kehamilan, butuh panduan membuat birthplan, dan masih banyak lagi.

Pembelajaran di dalamnya mencakup berbagai hal terutama mengenai nutrisi kehamilan, bagaimana mengkonsumsi vitamin dengan benar, manajemen nyeri, dukungan psikis untuk ibu hamil, exersice, pelajaran tentang anatomi dan fisiologi kehamilan, menyusun birthplan, sampai menemukan cara untuk mendapatkan faskesh (fasilitas kesehatan) yang sesuai dengan harapan mereka.

Dalam kelas prenatal pasangan suami dan istri akan saling mengerti mengenai proses kehamilan, diharapkan suami dapat memahami berbagai kendala yang dihapadi seorang ibu hamil sehingga meningkatkan support sistem di lingkungan ibu dan menurunkan tingkat stress pada ibu.

Bagaimana halnya jika seorang ibu datang pada kelas prenatal tanpa didampingi suami karena suatu hal? Kelas prenatal justru akan membuat ibu semakin mandiri dan kuat dalam menghadapi kehamilan. Biasanya kelas untuk peserta berpasangan dan single akan dibedakan.

Penyelenggaraan kelas prenatal terbukti dapat menurunkan komplikasi persalinan. Pada kelas prenatal seorang ibu hamil akan mendapatkan informasi mengenai hal-hal belum diketahui atau sudah diketahui namun lepas dari perhatian karena kesibukkan dan euforia kebahagiaan kehamilan. Pada kelas prenatal semua informasi yang pernah di dapat dibangkitkan kembali.

Sementara kemajuan tekhnologi, kemajuan riset sience semakin menambah informasi mengenai kehamilan dalam kelas prenatal. Seperti seberapa penting kita mempercayai instink alami manusia untuk melahirkan, bagaimana cara bekerjasama dengan tenaga kesehatan yang akan menolong persalinan kelak dengan seminimal mungkin intervensi obat kimia.

Bagaimana sebenarnya informasi dari Tuhan diterjemahkan oleh manusia dalam ilmu pengetahuan mengenai bloodclot, natural birh, birth position, steamcell, dan masih banyak lagi. Seorang doula juga lahir dari sebuah pelatihan dan pembelajaran mengenai proses persalinan. Namun, doula tidak akan memberikan intervensi medis karena hal tersebut berada di luar kewenangan seorang doula. Jika anda merasa canggung bertemu dan berdiskusi dengan tenaga kesehatan tempat anda memeriksakan diri, doula anda bisa menemani :)

Hubungi saya hubungi saya di #bbm555F37e6, #WA0822386804024,

untuk join kelas prenatal Syauqiya treined by Amani Birth

Selamat berbahagia dengan kehamilan anda

We wish you a happy natural birth :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design