Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Kamis, 13 Agustus 2015

Yogurt, sunnah yang menyenangkan

Bunda pernahkah mendengar mengenai sunnah Rasul di bawah ini ?
“Sebaik-baik hidangan makanan ialah KHAL (CUKA)". 
Diriwayatkan bahwa cuka adalah makanan para Nabi terdahulu selain Nabi Muhammad SAW.
Cuka dalam hal ini bukan saja cuka masak, namun dapat berupa makanan sejenis cuka yang telah melewati proses fermentasi.

Seperti acar timun, acar zaitun, cuka apel, yogurt dan masih banyak lagi. Anak saya rutin meminta Yogurt Cimory setiap berbelanja di supermarket. 1 botol yogurt Cimory bisa dihabiskan selama kami berbelanja, botol sudah kosong tiap kali tiba waktu scaning  pembayaran di kasir.

 


credit

Pada kesempatan lampau saya tinggal di Makkah Al Mukaramah, kami banyak mengkonsumsi Yogurt dan Laban (minuman berbahan sama dengan yogurt yang kaya akan probiotik). 

Kami seringkali mengkonsumsi daging kambing, karena Ministry memberikan supply daging kambing pada kami setiap bulannya. Laban dan Yogurt memberikan kenyamanan pada pencernaan kami.

Laban juga memberikan efek menenangkan setelah hari dinas kami yang padat. Pada malam hari sebelum tidur dengan mengkonsumsi laban memberikan efek good sleep.

Yogurt memiliki 4 jenis bakteri menguntungkan untuk pencernaan, daintaranya
Streptococcus Thermophilus
Bakteri yang dapat dijumpai pada hasil fermentasi susu seperti yogurt, susu, dan keju.
Keuntungan yang didapatkan dari bakteri ini adalah untuk membantu mengurangi efek intoleransi laktosa dan menurunkan asam HCl atau asam lambung

Lactobacillus Delbrueckii Subspecies Bulgaricus
Bakteri ini mampu menghasilkan asam laktat dengan memfermentasi laktosa. Asetaldehida difermentasi dari susu oleh bakteri ini dan menghasilkan aroma yogurt
Jenis yoghurt yang dihasilkan dari bakteri ini adalah yogurt reguler, yogurt organik, yogurt kefir, yogurt Yunani, dan yogurt Bulgaria.
Fungsinya memecah laktosa, membantu mencerna lipid, mengontrol kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu perkembangbiakan bakteri menguntungkan lain dalam pencernaan sekaligus menghambat pertumbuhan mikroorganisme patogen berbahaya.

Lactobacillus Acidophilus
Lactobacillus acidophilus dapat ditemukan secara alami dalam mulut dan saluran pencernaan manusia dan hewan. Bakteri ini dapat membantu menurunkan perut kembung, bau mulut, memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh antibiotik, menjaga kesehatan dan kebersihan usus dan mengurangi tingkat pH susu.
Susu acidophilus manis disarankan untuk pasien intoleransi laktosa.

Bifidobacterium

Bakteri ini secara alami terdapat di saluran cerna manusia untuk mengurangi efek samping antibiotik (termasuk diare), mempertahankan keseimbangan pH usus, menghambat pertumbuhan bakteri penghasil nitrat di usus besar, serta mensintesis vitamin B-kompleks.

Yogurt adalah salah satu cara pencegahan sementara dari efek buruk antibiotik yang saat ini sedang menjadi concern kita. Dimana konsumsi hewan ternak diperkirakan mengandung antibiotika. Resistensi akan antibiotik dikhawatirkan akan memunculkan MRA atau Mekanisme Resistensi Antibiotika dimana bakteri mengalami transmisi vertikal dan horisontal yang dapat menyebabkan kebal terhadap antibiotika.

Pencegahan sementara adalah dengan memperkuat kekebalan tubuh, memperbaiki suasana pencernaan, seleksi makanan dan hidupkan Sunnah Rasul meminum Yogurt (cuka)!
Mari biasakan anak menyukai Yogurt demi kesehatan.

Lihat betapa cepat tangan mungil itu mengambil yogurt yang sedang saya foto

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design