Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Senin, 26 Oktober 2015

Just Inn Semarang is not Just an Inn

Bepergian atau traveling saat ini menjadi sebuah pilihan menarik sebagai rekreasi maupun sebagai edutravelling untuk keluarga. Tempat wisata di berbagai kotapun semakin beragam. Semarang salah satunya, semakin membangun jati diri dengan pariwisatanya. Keberadaan pelabuhan Tanjung Mas menjadi salah satu ‘port the entry’ perdagangan di kota Semarang. Selain kunjungan wisata dan perdagangan, Semarang merupakan kota tujuan pelajar di daerah Jawa tengah dan sekitarnya. Universitas negeri dan swasta di Semarang menjadi magnet kegiatan pembelajaran yang sering dikunjungi warga dari luar kota Semarang. Selain perkuliah, kegiatan lain seperti seminar, workshop, training dan kegiatan voulentary sering diadakan di Semarang.

Perjalanan traveling pastinya identik dengan penginapan atau hotel. Semarang memberikan banyak pilihan pengipanan yang bisa di cari di situs penyedia informasi seperti Agoda, Tripadvisor, traveloka dan masih banyak lagi. Konsep sebuah penginapan biasanya akan menjadi kenyamanan tersendiri untuk pengunjungnya. Hal ini yang biasanyakan dipilih selain pertimbangan rate harga.


Hari jum’at pekan lalu, saya berkesempatan untuk mengipan di Just Inn hotel Semarang. Bersama rekan saya Niken, kami merasakan kenyamanan Just Inn Hotel yang Homy. Konsep yang ditawarkan oleh Just Inn adalah Family concept & Socialize hotel. Selama kurang lebih 1,5 jam kami berbincang dengan owner Hotel, Bapak Budi Raharjo yang meceritakan kesuksesannya mengelola Just Inn hotel. Awal berdirinya Just Inn hotel adalah ketika beliau menyewakan 2 kamar di rumahnya melalui Airbnb. Karena kemajuan yang baik, 2 kamar yang tadinya hanya di sewakan melalui Airbnb berkembang menjadi 8 kamar dan memiliki nama Just Inn Hotel. Pengunjung hotel kebanyakan adalah rombongan keluarga, rombongan wisatawan MAJT, backpacker, family trip, perorangan baik dari dalam dan luar negeri.



Setiap lantai terdiri dari 2 kamar dengan fasilitas ruang televisi dan kamar mandi. Sengaja kamar mandi tidak diberikan di setiap kamar karena prinsip socialize, supaya pengunjung saling berinteraksi. Sosialisasi merupakan local wisdom yang semakin hari kian berkurang. Fasilitas dan tekhnologi semakin mengurangi ketergantungan antar manusia. Semisal GPS, fasilitas yang sangat membantu namun mengurangi interaksi antar penduduk lokal dan pengunjung. Orang tidak lagi menyimpan pepatah "malu bertanya sesat di jalan" karena yakin akan dihantarkan GPS ke tempat tujuan. Kurangnya sosialisasi akan berdampak pada kurangnya kepedulian terhadap sesama, merasa tidak saling membutuhkan. Just Inn, mencoba untuk membawa sosialisasi antar pelancong sebagai Indonesian local wisdom culture. Kami menginap di lantai 2 yang dilengkapi dengan fasilitas fitness dan ruang televisi. 


Malam hari saya dan teman saya membahas sedikit tugas perkuliahan dan menonton televisi, namun tidak lama karena kenyamanan bed dari Just Inn mengundang kantuk. Design dan dekorasinya dibuat mirip dengan design rumahan, berasa berada di rumah sendiri dan bukan sedang menginap di hotel. Comfort! Setiap kamar memiliki konsep masing-masing, tersedia juga extra bed dan setiap lantai dilengkapi dengan ruang televisi.

Kamar kami



Ruang televisi dan meja makan


ruang televisi
Tetangga kamar kami warga asing, kami sempat bertegur sapa dengannya di pagi hari. Saat saya berdiri di balkon ada rombongan keluarga yang datang dengan mini bus untuk menginap. Teras di balkon ini selain untuk bersantai juga dikhususkan untuk para perokok karena pengunjung tidak diizinkan untuk merokok di dalam ruangan.


larangan merokok di dalam kamar dan anjuran menghemat listrik
Aktivitas yang menyenangkan dan bersemangat dimulai dari kebersihan diri, kamar mandi yang bersih sangat diperlukan setiap kali treavelling. Kondisi kota Semarang yang panas membuat produksi keringat meningkat. Meski dipakai bersama, kamar mandi Just Inn sangat bersih, so tidak perlu terburu-buru membersihkan diri dengan alasan kamar mandi tidak nyaman.

Sirih belanda di dalam kamar mandi
Sirkulasi udara juga sangat baik, pertukarannya tidak bergantung pada air conditioner.  Selain jendela dari ruang Tv, di depan kamar mandi disediakan jemuran yang dindingnya terbuka sebagian sehingga cahaya matahari dan udara bebas masuk ke dalam ruangan. Tidak pengap dan lembab.
Pengunjung bisa memanfaatkan jasa Laundry dan setrika dari penginapan. Namun jika menginginkan untuk mencuci baju sendiri, sudah disediakan mesin cuci dan meja setrika.

Pilihan untuk mencuci dan menyetrika sendiri sangat cocok untuk pengunjung tipe rombongan keluarga. Apalagi untuk keluarga yang membawa bayi dengan clodi. Clodi dapat segera dicuci sendiri segera, jadi tidak khawatir akan perawatan clodi dan kehabisan clodi. Tinggal cuci,keringkan dan jemur di bawah matahari.

Ruang dapur bebas anda gunakan jika ingin membuat kopi, teh atau memasak makanan. Kopi dan teh disediakan free, untuk pemesanan minuman khusus diberikan harga terjangkau.Lagi-lagi, Just Inn sangat cocok untuk para ibu yang memasak sendiri MPASI untuk balitanya. Disediakan juga kulkas, Ibu juga bisa membuat icepack untuk melengkapi cooler bag selama perjalanan.
meja makan di ruang dapur


Rate harga per-kamar cukup terjangkau, fluktuasi dolar tidak memperngaruhi alias harga tetap! Berikut fasilitas yang ditawarkan oleh Just Inn :
  1.    Deluxe Room IDR 188.000 include Breakfast
  2.     Extra Bed IDR 88.000 include Breakfast
  3.     Motorcycle for Rent IDR 80000 include Gasoline
  4.     For long term stay you will have SPECIAL DISCOUNT!! 
Kemudahan lain adalah
  • jika anda minimal menginap selama 3 hari akan memperoleh fasilitas jemputan (misal jemput di bandara)
  • Penyewaan kamar sebanyak 8 kamar lebih dari 2 hari akan dihitung 7 kamar saja
*syarat dan ketentuan berlaku

 

Just Inn 
Address :
Jl. Kartini 2 no 15 Semarang.
Telephone:
+62 24 50255588 / +62 81808025588
Email :
budiwang@gmail.com
Website : 
http://www.just-inn.com



2 komentar:

  1. Bisa buat referensi kalo nanti ke Semarang lagi, suasanya homey banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada penyewaan motor juga jadi kalau mau jelajah semarang lebih gampang dan ga binngung

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design