Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Jumat, 11 Desember 2015

Tokopedia Roadshow Semarang

 

Tanggal 1 november lalu, Semarang berkesempatan untuk disinggahi Tokopedia roadshow dengan menggandeng UKM RnB (Research and Businnes) dan mengadakan IPP (Indonesia Passion Preuneur). 
Sebelum berangkat, tentu saja harus mendaftar melalui situs resmi Tokopedia. Informasi ini saya dapatkan dari teman-teman blogger di WA dan grup blogger Gandjel Rel Semarang. Sempat ragu akan dapat undangan atau tidak setelah mendaftar. Alhamdulillah menjelang hari H, ada sms dan email masuk untuk menghadiri acara IPP bersama Tokopedia n RnB.Saya berangkat  mengbersama mbak Tari, lalu di sana berjumpa dengan teman lainnya

Antrian panjang mengular teratur.
Antusias peserta jauh diluar dugaan saya. Antrian masuk panjang mengular, tapi ternyata untuk blogger dan media ada pintu masuk khusus. Jadi, kami tidak ikut dalam antrian panjang di samping. 
Kebanyakan dari peserta adalah mahasiswa UNDIP dari berbagai jurusan. Antrian panjang cukup teratur dan rapi. Tidak ada berebut antrian dan menyela antrian lain.
Salute buat adik-adik UNDIP!
Sebelum masuk ke ruang auditorium Prof Soedarto, kami diberikan goodiebag berisi snack, kaos dan nomor undian doorprize. 


Selain goodie bag, peserta juga bisa foto di booth acara Tokopedia Roadshow
Menyempatkan diri foto bersama sebelum acara dimulai
Sebelum acara utama dimulai, peserta acara dihibur oleh Band dari Fakultas Bahasa dan Sastra UNDIP
band pembuka
Presiden RnB, Hartiantoro.
Acara selanjutnya adalah sambutan dari Presiden UKM RnB Hardiantoro, yang ternyata kami pernah ngobrol tentang beasiswa LPDP, dulu belum kenal Toro sebagai Presiden RnB. Dan tenyata lagi, sepupu dari teman karib saya di AKPER dulu. Dunia bak selebar daun kelor! Isi dari sambutan yang diberikan cukup mengena!
"Kenapa usaha pemuda banyak yang tidak maju? Karena banyak yang tidak dijalankan sesuai passion, dan yang punya hobi tidak sadar hobinya bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan"
Kemudian Presiden RnB ini juga menginformasikan bahwa yang hadir saat itu 1700 lebih pendaftar IPP. Masya Allah banyak!

Ramai tapi rapi
Sambutan selanjutnya oleh Kepala Cabang JNE Semarang,  Ibu murah lestari. Beliau menjelaskan mengenai JNE yang telah melayani selama 25 th . Pelayanan JNE semakin meningkat, berikut adalah beberapa jenis jasa pengiriman dari JNE :
Jasa pengiriman JNE diataranya layanan ekspress, pesona, pipo,
Ekspress: premiun servis, super speed(dame day sevis), yes, non premium reg dan oke.
Non ekspress : trucking partai besar
Intra city servis. Dalam area jateng sebanyak 300 titik poin, berupa
Pesona, pesan oleh2 nusantara
Pipo, pick up point. Pengambilan barang di servis poin yg ditunjuk.

Akhir tahun JNE akan me-launching kantor baru di jalan Kumudasmoro, pamularsih. 15 cash counter. Buka  24jam dalam 7hari dengan 53org karyawan. 3 armada modil 250 motor wilayah jateng

Setelah dari JNE, dilanjutkan dari bank Mandiri yang mengupas tuntas trik bagaimana income dan outcome seimbang bahkan surplus. Cara merangcang pengeluaran dengan prioritas dan menggunakan proporsi berimbang.

Sebelum masuk ke acara utama, peserta diminta untuk melihat di bawah kursinya apakah ada kupon doorprize. Berikut adalah mereka yang beruntung menemukan harta karun dibawah kursi mereka :
beruntungnya dapat doorprize
 Pembicara Utama di acara ini adalah Pak Leon, bu Mustika dan pak Dedy dahlan (kanan-kiri) dipandu oleh Muhammad Gustiyasa, mahasiswa semester 7 ilku komunikasi.
3 pembicara utama
Dedy dahlan-passion coach adalah pembicara utama yang tampi pertama kali. Penulis best seller, radioshow, stand up comedy. Acara yang diselingi humor segar ini mengajak peserta membedakan antara hobi dan passion.

Hobi hanya sekedar suka, jika Passion ada dorongan untuk lebih maju. Dalam hobi, seringkali kita menemukan bakat.  Bakat yg tidak terlatih tidak akan kemana-mana. 
Dari bakat dan hobi bisa mengarahkan ke bisnis. Ada catatan penting, jangan berbisnis karenasaat bisnis mulai lesu hilang pula keinginan untuk mempertahankan bisnisnya.
Bisnis harus dari passion. Sekarangpun sudah bisa, karena berdasar pada passion and  Why not, coz it's fun! Dengan bisnis akan menemukan tantangan-tantangan baru. 
Dari Pareto teori 80-20
20% org menguasai ekonomi
80% memperebutkan uang sisanya
Berada di prosentase manakah kamu?

Pembicara kedua dalah Ceoo tokopedia Bpk leontinus alfa edison
Bapak Leon menceritakan mengenai sejarah Tokopedia. Awalnya beliau dan kawan-kawan hanyalah programer biasa lalu memiliki teman yg ahli hardcode media. Dilanjutkan dengan membuat mobile content. Keinginan membuat google atau aple yang merupakan cikal bakal mendirikan tokopedia.

Tokopedia adalah Mall online terbesar yang mengelola scr mudah dan gratis. Pembayaran ke rekening bersama toped, penjual menerima uang setelah barang diterima. Pilihan jutaan ragam barang dengan verifikasi scr otomatis.
Toped sebagai open marketplace memiliki larangan kerasa dalam pelanggaran hak cipta. Namun filter dilakukan dibelakang berupa teguran dari report. Officialy ilegal kontent di toped adalah pornografi.
Pembicara ketiga adalah Seller tokopedia, yaitu Mbak mustika
Seller assesoris, akik, gelang karakter di tokopedia. Menurut mbak Mustika sangat mudah untuk berjualan online di tokopedia. Kesuksesan bisnisnya juga melalui berjualan di Tokopedia. Ordenya tidak hanya dari dalam negeri tapi sampai ke luar negeri.
Pada sesi tanya jawab, saya berkesempatan untuk bertanya, saya menanyakan bagaimana komitmen Toped terhadap seller, belajar dari kasus Multiply Marketplace? Jawaban dari pak Leon adalah Toped berkomitmen untuk tumbuh bersama Seller. Naik turun dunia online shop, Toped yakin ke depan Dunia online shop memiliki harapan yang baik

tiada kesan tanpa pertanyaanmu :D

Sebelum acara berakhir, diumumkan pemenang, Live Tweet semala acara berlangsung. Pemenangnya adalah mbak Tari. Teman Blogger (www.sematawayang.com) yang istiqomah nge-tweet dengan konten-konten yang keren. Smartfren Andromax 4G LTE berhasil dibawa pulang. Selamat!

Mb Tari memenangkan HP Andomax 4GLTE dalam live tweet
Sebelum pulang foto bersama dengan para Blogger Gandjel Rel dan teman blogger lainnya




.

Blogger Gandjel Rel Semarang

Di luar gedung sebelum pulang ada bermacam booth, salah satunya booth Antik yang membuat tas dari bungkus kopi goodday. keren ya...

Terima kasih TOPED, RnB, UNDIP, tak lupa Blogger Perempuan Gandjel Rel dan teman blogger lainnya.







0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design