Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Rabu, 22 Juni 2016

Bosscha : Wisata Sains Asyik di Lembang

Credit : Bosscha ITB
Credit : http://bosscha.itb.ac.id/

Sejak dulu Bandung sudah menjadi destinasi wisata yang menyenangkan bagi banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah 1 tujuan wisata yang populer di Bandung, tepatnya di kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat adalah Observatorium Bosscha atau lebih dikenal dengan tempat Teropong Bintang. Kebetulan dari sekian banyak pelajaran fisika, bagian astronomi yang paling saya sukai. Jadi, tentu saja saya sangat tertarik dengan Bosscha.

Observatorium ini berdiri sejak zaman Belanda, didirikan oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) dalam bahasa Indonesia berarti Perhimpunan Bintang Hindia Belanda, dahulu diberi nama Bosscha Sterrenwacht. Nama Bosscha diambil dari nama seorang pengusaha kaya yang membantu pembangunan observatorium ini, yaitu Karel Albert Rudolf Bosscha. Pembangunan dilaksanakan antara tahun 1923-1925 dan beroperasi dengan teleskop Carl Zeiss pada tahun 1928 oleh ilmuwan-ilmuwan dari Belanda.

Saat ini Bosscha merupakan lembaga riset dibawah naungan Institut Tekhnologi Bandung (ITB) sekaligus menjadi cagar budaya dan objek vital Nasional milik Indonesia yang memiliki Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Teleskop Schmidt Bima Sakti, Teleskop Refraktor Bamberg, Teleskop Cassegrain GOTO, Teleskop Refraktor Unitron, Teleskop Surya dan Teleskop radio 2,3m. 

Galaxy Bima Sakti. Credit : http://bosscha.itb.ac.id/
Sebagai lembaga pendidikan dan penelitian, tentu saja Bosscha sangat terbuka untuk kerjasama pendidikan baik dari mahasiswa astronomi maupun non astronomi. Selain itu pengunjung diluar kegiatan pendidikan seperti pengunjung individu maupun keluarga. Jika anda ingin berkunjung di malam hari untuk mendapatkan suasana yang lebih seru, anda harus membuat jadwal pemesanan terlebih dahulu melalui telepon. Kunjungan berkelompok, memiliki prosedur yang lebih resmi dalam perihal pendaftaran. Catatan penting pendaftaran untuk kelompok hanya melalui fax lho, pendaftaran secara lisan, telepon atau email tidak akan dilayani. Harga tiket untuk kunjungan siang sebesar Rp. 15.000 dan kunjungan malam Rp. 20.000. 

Kegiatan selama kunjungan berupa melihat pengoperasian teropong Carl Zeiss, mengamati ya bukan meneropong dan mendapat pengetahuan tentang astronomi. Pada kunjungan malam, anda berkesmpatan untuk mencoba meneropong langsung menggunakan teleskop portable dan teleskop Bamberg dengan syarat cuaca cerah tidak mendung. Kegiatan populer yang dilaksanakan oleh Bosscha adalah meneropong hilal, gerhana dan transit venus.

Berikut adalah jadwal kunjungan yang bisa anda pertimbangkan :

JADWAL KUNJUNGAN SIANG
Credit : http://bosscha.itb.ac.id/
JADWAL KUNJUNGAN MALAM
Credit : http://bosscha.itb.ac.id/
Alamat Observatorium Bosscha adalah di Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bagi anda yang sangat menginginkan untuk menimkati kunjungan malam hari, pilihan waktu kunjungan terbaik yaitu di musim kemarau dan sebaiknya anda menginap supaya lebih nyaman dalam menikmati waktu wisata. Anda dapat mencari informasi hotel dari traveloka di area yang berdekatan dengan Bosscha sebelum tiba supaya  waktu untuk berkunjung tidak habis untuk kegiatan mencari tempat menginap.

Bagaimana?
Anda tertarik untuk mengajak keluarga dan belajar bersama di Bosscha atau membuat rancangan study tour untuk siswa-siswa anda?
Kalau saya bercita-cita mengajak anak-anak belajar dan berwisata ke Boscha.


25 komentar:

  1. Aku sudah beberapa kali ke Lembang tapi belum pernah mampir ke Bosscha. Pernahnya ke makam Bosscha yang di Pengalengan. Ajak anak ke sini pasti suka ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak bosscha akhirnya meninggal di Indonesia ya mb?
      Anak-anak yang sudah mulai belajar sains pasti exited kesinj

      Hapus
  2. Aku nyesel banget kemaren ke Lembang gak singgah ke Bosscha.. padahal ternyata deket banget dari tempatku nginap, jalan kaki juga sampe... Pengen balik lagi ke Lembang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pasti menyesal sekali mbak. Semoga ga sampai kebawa mimpi hehehe

      Hapus
  3. Sejak nonton petualangan serina jaman dulu itu, Bosscha udah masuk destinasi impianku. Ngenes banget, sampe punya bocah segede Prema belum juga terwujud nih.
    Harus segera diagendakan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga ngenes mbak, samaan sama saya. Ada temannya hihi

      Hapus
  4. Ayo Mbak kita ke sini rame-rame, wisata sekalian menambah ilmu bersama.

    BalasHapus
  5. wih sepertinya memang kerenn tempatnya..

    BalasHapus
  6. AKu taunya Bossca ini dari Film Petualangan Sherina. Pengen ke sana suatu saat nanti sama keluarga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah selamat bersenang-senang bersama keluarga

      Hapus
  7. Aku mupeng ngajakin anakku kesini..ngimpi banget bikin anakku suka sains dr kecil.

    BalasHapus
  8. yah, sayange ga bisa untuk keluarga ato perorangan ya mbak. hhee
    perlu ngajak temen2 inih. pnasaran buat liat antariksanya dri teropong bintang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buat keluarga. Coba dibaca lagi syarat2nya ;)

      Hapus
  9. Belum pernah ke Boscha.
    Kapan ya bisa ke sana

    BalasHapus
  10. Aku pingin ke sana .... Mupeng banget

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design