Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Jumat, 12 Agustus 2016

Hip Displasia pada Anak


Sendi Panggul
Tulang sendi panggul yang tidak sejajar dengan baik adalah  pengertian dari Hip DisplasiaHip Displasia dapat mengenai anak-abak maupun orang dewasa dengan istilah nama yang berbeda. diantaranya : 
  1. Developmental Dysplasia of the Hip (DDH)
  2. Hip Dislocation
  3. Congenital Dislocation of the Hip (CDH)
  4. Loose Hips

Hip Displasia menyebabkan sendi panggul tidak berfungsi dengan baik dan penggunaan berlebihan pada sendi panggul. Hal ini diibaratkan seperti ban mobil yang aus lebih cepat jika keluar dari keselarasan. Kondisi ini tidak dirasakan atau dalam keadaan sunyi gejala (silent). Nyeri yang timbul biasanya tidak dirasakan hingga tahap selanjutnya, sehingga tidak terdeteksi.


Hip Displasia yang terjadi pada anak-anak biasanya adalah DDH. 1 dari setiap 20 bayi yang dilahirkan full term memiliki kemungkinan ketidakstabilan pinggul dan 2-3 dari 1.000 bayi membutuhkan perawatan pengobatan. DDH disebabkan femur head tidak berada pada tempat seharusnya yaitu di dalam acetabullum, kendur atau bahkan tergelincir dari tempatnya. Banyak kondisi DDH sulit diobati dan memiliki potensi cacat seumur hidup pada penderita. Karenanya dibutuhkan pengenalan dini, pencegahan, dan pengobatan sederhana adalah solusi terbaik.


Ilustrasi DHH
DDH dapat terjadi pada saat baru lahir maupunpada rentang usia 1 tahun. Penyebabnya diantara lain pembedongan yang memaksa kaki bayi lurus telah diteliti menjadi salah satu penyebab kejadian DDH. Terjadi pada bayi yang pada saat dikandung mengalami Olygodiramnion (air ketuban berlebih), Bagyi sungsang, Bayi dengan riwayat keluarga DDH. Selain itu posisi mengendong, posisi duduk pada anak juga memberikan pengaruh. 
WASPADA jika anak anda terlihat :
  1. memiliki panjang kaki yang tidak sama, 
  2. lipatan kulit paha yang tidak simetris, 
  3. jalan berjinjit pada jempol, 
  4. gaya berjalan seperti bebek
  5. pincang
  6. kurang bergerak
  7. belum bisa berjalan sesuai usianya 
***
Diterjemahkan dan disadur bebas dari :

  1. Hypdisplasia (www.hipdysplasia.org)
  2. Learnbones (www.learnbones.com)
  3. Ortho Info (www.orthoinfo.aaos.org)
Sumber Gambar :
  1. sohanscrapmetal
  2. orthoinfo

2 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design