Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Jumat, 05 Agustus 2016

Sudahkah Anda Merawat Baju Batik Dengan Benar?


Baju batik merupakan atasan yang wajib dimiliki oleh pria sebab baju batik bisa dipakai ke acara formal maupun semi formal. Terlebih lagi jika kamu adalah seorang mahasiswa yang tak tinggal bersama orang tua alias ngekost sudah pasti membutuhkan baju batik. Baju ini bisa dipakai dalam kegiatan apa saja baik kuliah, kerja, atau sekedar menghadiri undangan-undangan formal. 

Belum punya batik? Sepertinya saat ini kamu harus segera membeli atasan multifungsi ini di MatahariMall. Toko online ini menyediakan beragam baju batik pria berkualitas terbaik yang cocok dikenakan oleh kamu untuk menghadiri acara-acara formal, kerja, bahkan kuliah. Nah kalau sekarang kamu sudah mengkoleksi baju batik, kamu harus bisa merawatnya dengan seksama. Apalagi jika kamu dituntut untuk hidup mandiri. 

Yuk lakukan hal-hal penting ini untuk merawat baju batikmu agar warnanya tidak luntur dan bahannya tidak rusak.
1. Saat mencucinya, jangan menggunakan sabun deterjen. Sabun tersebut mempunyai kadar kimia yang keras sehingga jika terlalu sering menggunakannya, warna batik pada kain akan mengikis dan lama kelamaan akan pudar.
2. Gunakan cairan khusus untuk mencuci batik yang banyak dijual di pasaran. Atau alternatif lain, kamu bisa mengenakan shampoo. Caranya dengan melarutkan shampoo dengan air sehingga shampoo tidak mengental sehingga tidak merusak warna batik pada baju. Shampoo terbukti ampuh menghilangkan kotoran dan tetap menjaga warna batik pada baju tetap  cemerlang.
3. Jangan menggunakan mesin cuci. Cukup dikucek lembut menggunakan tangan, bagian yang kotor pada batik akan hilang. Selain itu, jangan diperas saat mencucinya. Cukup dengan menarik bajian ujung baju saat menjemurnya. Jika diperas, warna batik bisa pudar.
4. Saat menjemurnya, hindari menjemur baju batik ditempat yang langsung terkena sinar matahari. Baju batik cukup dijemur ditempat yang teduh. Tunggu hingga kering dengan sendirinya. Meski terbilang cukup lama, cara ini sangatlah penting agar baju batik nampak baru setiap saat.
5. Setelah kering, setrikalah baju batik hanya dibagian dalamnya saja, atau sebelum menyetrikanya lapisi dengan kain yang tipis. Sebab panas alat setrika bisa membuat warna baju batik tak cerah dan terlihat semakin pudar.
6. Simpan baju batik didalam lemari yang sebelumnya sudah diberikan kamper pakaian agar ngengat tidak merusak baju batik anda.

Sudah tahukan sekarang cara merawat baju batik yang benar dan tepat? Kini baju batik kesayangan anda akan bertahan lama dan selalu seperti baru.

8 komentar:

  1. Saya biasa pake shampoo juga mbak.
    Tapi kemudian saya masukin aja ke mesin cuci. Ahahaha.

    Salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh... Hahahaha
      Salam kenal kembali ya

      Hapus
  2. Hehehe.. aku masih pakai deterjen untuk mencuci baju batik. Terimakasih infonya ^_^

    BalasHapus
  3. Maknya kdng males pake batik krn males nguceknya pake tangan hihihi.
    Eh tapi klo daster batik beli di pasaran takcemplungin aja ke mesin cuci :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kalau daster kadang saya cuci di mesin juga =D

      Hapus
  4. Aku paling gak suka ribet. Bermacam baju pun dicuci jadi satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batik kmrn pudar Mbak Krn lupa misahin pas renden :'( sedih deh

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design