Dukung anak bereksplorasi untuk tumbuh kembang yang optimal

Dear pembaca,
Hari Sabtu tangg al 22 Oktober 2016 yang lalu saya mengikuti seminar parenting dari Dancow Parenting Center (DPC) dengan tema "Tumbuh Kembang Si KEcil Berawal dari Perlindungan yang Optimal".Seminar ini dipandu oleh mbak Shahnaz Haque dan pembicara diisi oleh 3 pakar dibidangnya yaitu
  1. Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K)
  2. Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi., Psi
  3. Sari Sunda Bulan, AMG
Acara seru sekali, karena moderator yang sudah piawai tentu saja ya... Mbak Shahnaz gitu loh...
Mbak Shahnaz ini adalah Tim dari DPC yang membesarkan keempat anaknya dengan terus belajar dari DPC cara mendidik anak yang baik

Materi pertama disampaikan oleh Dr. dr Hartono Gunardi, SpA(K) beliau memberi mengenai pentingnya Nutrisi, Stimulasi, Cinta (Kasih Sayang) dan Perlindungan.

dr. Hartono menjelaskan mengenai tumbuh kembang anak semenjak lahir. Perbandingan pertumbuhan kepala dibanding tubuh adalah 1:3.

Perubahan proporsi tubuh anak dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Di sini dapat dilihat bahwa otak memiliki ukuran yang lebih besar saat masih bayi, seingga membutuhkan perhatian khusus.
Selanjutnya dr. Hartono menjelaskan mengenai kebutuhan zat-zat penting untu tumbuh kembang anak.
Pertumbuhan fisik anak memerlukan :
  • karbohidrat
  • protein
  • lemak
  • vitamin
  • mineral
  • serat
Dan,
Perkembangan kecerdasan anak membutuhkan :

  • karbohidrat
  • protein
  • minyak ikan
  • omega 3 dan 6
  • Fe atau zat besi
Selain itu anak juga membutuhkan zat untuk membentuk kekebalan tubuhnya yaitu :
  • serat inulin, 
  • laktobasilus, 
  • vit A-C-E, 
  • selenium, 
  • zinc
Kemudian pembahasan dilanjutkan pada porsi makan anak. Anak sebaiknya berpola makan anak sebanyak 5-6 kali sehari. Diantaranya :
  1. sarapan, 
  2. snack pagi, 
  3. makan siang, 
  4. snak sore, 
  5. makan malam, 
  6. snack malam
Pemantaun perkembangan anak sangat penting, guna melihat kondisi normal dan tidak normal pada anak. Jika ditemui keadaan tidak normal maka perlu segera diambil tindakan untuk mengatasinya. Pemantauan tersebut adalah  melakukan pengecekkan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak.

Perkembangan syaraf juga terjadi pada masa kanak-kanak. Semakin muda usia anak, semakin renggang jalinan pertumbuhan syaraf akan, demikian sebaliknya. Semakin bertambah usia anak, semakin rapat jalinan syaraf anak.
Berat badan juga meningkat, pada usia 2 tahun :
  • berat anak sebanyak 20 % berat badan orang dewasa
  • tinggi badan anak setinggi 50% tinggi orang dewasa
Saran dr. Hartono untuk istirahat siang anak yang berhubungan dengan pertumbuhan adalah
  1. anak berusia di bawah 3 tahun harus tidur siang untuk mendukung pertumbuhan tubuhnya
  2. anak berusia di atas 3 tahun sudah boleh jika tidak tidur siang. Hal ini dikarenakan anak membutuhkan waktu lebih banyak untuk bereksplorasi
Pertumbuhan anak memerlukan stimulasi diantaranya bermain dan berinteraksi. Tetapi juga anak memerlukan penyesuaian. Pemainan dan interaksi harus sesuai dengan kemampuan dan keinginan anak. Tidak memaksa, mengancam, menghukum serta memberikan pujian, ciuman dan pelukkan. Pada fase ini kita dapat berkreasi mengenai cara mendidik anak untuk mengembangkan potensinya Sensori, motorik kasar, motorik halus, kognitif, berbicara dan emosi.

Kasih sayang juga menjadi pembahasan penting dari dr. Hartono. Kasih sayang untuk anak ini bisa didapatkan dari orang tua, pengasuh, guru dan teman. Pola asuh yang utama dari pemberian kasih sayang ini. Pola asuh yang baik akan memberikan rasa aman, gembira, semangat, percaya diri, sabar, toleran, pemaaf, senang menolong merupakan perilaku baik sebagai ceriminan dari kecerdasan baik emosional maupun spiritual yang dapat menghindarkannya dari perilaku Bullying

Pembicara selanjutnya adalah psikolog dan Pakar Parenting Indonesia yang menjelaskan mengenai tahapan perkembangan anak, yaitu bunda Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi., Psi. Bisa loh follow di twitter beliau

 Bunda vera menayangkan video mengenai anak yang sedang bergumul dengan lumpur di halaman rumah (kebun). Lalu bunda menanyakan, bagaiaman respon ibu-ibu melihat jika anak kita seperti ini?
a. melarang
b. membiarkan?

Menurut bunda Vera, kita harus memberikan anak kesempatan untuk bermain lumpur. Karea disana anak sedang bereksplorasi. Eksplorasi ini sangat bermanfaat pada tahap perkembangan anak. Dengannya anak akan mempelajari hal-hal baru yang mendukung kemampuan si kecil seperti :
  1. kemampuan sensori motorik
  2. kemampuankomunikasi
  3. kemampuan  sosio emosional
  4. kemampuan untuk mandiri
  5. kemampuan  kognitif 
  6. Kreativitas
Saat ini anak saya berusia 3 tahun, kegiatan yang dia sukai adalah bermain sepeda. Pada awalnya saya takut untuk membiarkannya bermain sepeda seharian. Saya takut jika kelelahan, tetapi saya percaya anak saya mampu mengatasi tantangan dalam bermain bersepeda.
Lama-kelamaan dia makin piawai untuk bermain sepeda, dari maju, mundur meluruskan dan membelokkan sepeda. Kegiatan bersepedanya ini membantunya berlatih untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi dengan saya saat mengalami kesulitas sekaligus melatih sensori-motoriknya.

Tips dari bunda Vera untuk anak yang sudah memasuki usia sekolah namun tidak mau berangkat sekolah adalah dengan mencari penyebabnya :
  1. Anak tidak mau sekolah mungkin karena waktu bersama orang tua terbatas, sehingga waktu sekolah ingin dihabiskan bersama orang tua
  2. Anak tidak mau sekolah mungkin suasana di sekolah tidak nyaman
  3. Anak tidak mau sekolah karena mungkin waktu tidur malamnya kurang
  4. Anak tidak mau seklah mungkin karena orang tua menakuti kalau berangkat sekolah telat dimarahin guru.So jgn takuti anak ya bunda.
Kemudian mbak Shanaz menambahkan untuk guru paud Jangan lupa sarapan lupa sarapan memunculkan wajah galak

Bunda vera juga menyarankan untuk memberikan permainan puzzle pada anak untuk melatih kesabaran dan memecahkan masalah. Tips penting yang bunda Vera bagi dalam sesi beliau adalah cara mengatasi anak yang tantrum misal diswalayan minta mainan :
  1. Tenangkan anak, dan peluk
  2. Setelah tenang berikan pengertian dengan bertanya, "kamu marah tadi karena tidak dibelikan mainan?"
  3. Ajrakan pada anak untuk mengungkapkan kemarahan secara verbal, "kalau marah adik bida bilang aku marah, tidak berteriak atau bergulung di lantai"
  4. lama kelamaan aksi fisik marahnya akan berkurang 
  5. Jangan memberikan sesuatu yang anak maunsaat tantrum karena menjadi kebiasaan
Kemudian, budan vera juga menyarankan pada para ibu untuk tidak memberikan gadget pada  anak. TELEVISI termasuk dalam kategori gadget. Jika anak sudah terlanjur kecanduan gadget, cara untuk mengatasinya adalah:
  1. sediakan alternatif bermain lain selain gadget
  2. kurangi jam bermain dengan gadget, berikan batas waktu hingga dapat tersapih sama sekali

Pembicara ketiga adalah Bunda Sari Sunda Bulan, AMD. Beliau adalah pakar gizi dari dancow parenting center yang akan menerangkan mengenai gizi anak.
Bunda Sari mengawali dengan menjelaskan mengenai gizi seimbang untuk anak
Ciri anak yang gizinya baik, ototnya kuat Cek waktu mandi dan pegang tangannya. Tips mengukur porsi makan anak :
  • Porsi nasi untuk anak Sekepal tangan anak adl porsi anak. 
  • Porsi lauk untuk anak adalah Sebesar telapak tangan anak
  • Saran bunda Sari, anak makan paling cepat 20-30 menit. 
Anak harus makan seimbang dengan gizi seimbang dengan jenis dan jumlah yang sesuai diperlukan. Jika anak tidak menyukai sayur, akan lebih baik bagi bunda untuk memodifikasi makanan anak. Memberikan mie Instan sangat tidak baik untuk anak. Anak-anak membutuhkan enerji banyak, susu saja tidak cukup. Enerji adalah penghasil tenaga dalam susu mengandung 180 kkal pergelas, sisanya harus dr makanan. Memberikan susu tanpa makan juga kurang menguntungkan bagi kesehatan anak, karena gisi utama anak adalah dari makanan sementara susu adalah pelengkap.

Tip mengenai susu dari bunda Sari adalah :
  1. Penyimpanan susu harus baik, alumunium foilnya tidak boleh dibuang,  
  2. Jikka ingin dimasukkam toples masukkan bersama aluminiumnya, karena ada bakteri baik dan vitamin yg akan rusak jika alumunium dibuang 
  3. Susu adalah sumber protein yang disukai bakteri untuk berkembang
  4. Jangan menyisakan susu, langsung habiskan. Jika tidak habis boleh diminum ibunya. Kalau ibunya takut endut berikan tanaman 
Setelah ketiga pembicara selesai mempresentasikan materi, dilanjutkan dengan acara lain yang tak kalah seru, yaitu pembagian doorprize, kuis berupa pertanyaan untuk pserta dan kuis untuk sharing moment. Alhamdulillah saya beruntung menjadi favorit dalam kuis sharing moment bersama mbak ramhi aziza dan mbak teresia candra

Juara favorit sharing moment

Wefie heboh bersama blogger gandjel rel. 
dan oohh... saya paling heboh...

20 komentar:

  1. Yuk dukung anak kita u bereksplorasi agar tumbuh kembangnya optimal

    BalasHapus
  2. Wuih lengkap, terima kasih ya, sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  3. Eksplorasi anak penting banget.
    Yg pasti jangan lupa sarapan biar emosi terjaga hehehe

    BalasHapus
  4. Hahhaaa Shahnaz bisa aja ya, guru paud klo ga sarapan mukanya galak :))

    BalasHapus
  5. Wah ulasan parentingnya lengkaaappp.

    BalasHapus
  6. Makasih mba indri sharingnya yaa, sangat bermanfaat, lengkap banget :)

    BalasHapus
  7. Jangankan anaknya mbak indri masih 3 th nadia aja yg udh 8th masih doyan sepwdaan. Padahal plg skolah jam3 lo abis mandi.shalat lgs sepedaan. Kadang heran ama stamina anak2 ga ada capeknya blas

    BalasHapus
  8. Si medina baru 3th ya mb, aktifnya luar biasa.

    BalasHapus
  9. Sama nih mbak..anak saya usia 5 tahun duh lagi semangat-semangat mengeksplor. Emaknya malah yang kewalahan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat mbak, apalagi saya ldr momong sendiri apa2 sendiri

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.