Sebaiknya dibaca

Cegah Hip Displasia pada anak

Sangat menyedihkan jika anak yang kita cintai sakit atau mengalami kesakitan. Orang tua seharusnya mengetauhi mengenai Hip Displasia Pada A...

Minggu, 09 Oktober 2016

Usaha Ibu Rumah Tangga yang Bekerja

Di zaman era Ibu Rumah Tangga yang 'bekerja' ini banyak usaha yang bisa dilirik untuk digeluti. Bukan mau compare ibu bekerja dan ibu rumah tangga ya. Ibu rumah tangga bekerja yang saya maksud disini adalah ibu yang memiliki usaha di rumah. Misalnya memiliki warung makan, warung kelontong, salon kecantikkan dan banyak lagi usaha sejenis yang dikerjakan di rumah. Usaha ini bisa dikategorikan sebagai wiraswasta. Wiraswasta mandiri merupakan wacana yang sering saya dengar akhir-akhir ini.  Sayapun memimpikan memiliki usaha dari rumah.

Wiraswasta menjadi profesi yang bisa dikerjakan sebagai pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama. Tak sedikit juga abdi negara yang memilih untuk memiliki pekerjaan sampingan karena hobinya dan hobi tersebut bisa saja dalam hal perniagaan.

Bagi ibu rumah tangga usaha yang cukup strategis adalah usaha memiliki warung kelontong atau warung sembako karena
barang yang dijual adalah barang kebutuhan rumah tangga. Sebagian dari mereka yang ulet dan tekun dapat mengembangkan usahanya hingga besar. Kebutuhan dalam membangun warung kelontong diantaranya :
1. Barang dagangan Pemilihan barang dagangan harus tepat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dengan kualitas yang baik
Lokasi yang strategis otomatis akan mendukung
Tempat atau lokasi berjualan usaha perniagaan karena banyaknya customer yang menjadi sasaran.
2. Bangunan warung. Sebagian orang mensiasatinya dengan berjualan menggunakan ruangan rumah yang ada seperti sebagian ruang tamu rumahnya. Sebagian lagi dengan memanfaatkan teras rumah yang diberi sekat tambahan.
3. Rak atau almari penyimpanan. Almari atau rak dagangan sangat diperlukan, tentunya penjual tidak ingin dagangannya dimakan oleh tikus atau rusak karena hewan lain. Selain itu untuk mempermudah mengelompokkan dagangan.

Strategi dalam pemilihan lokasi strategis, pemilihan barang dan penataan tempat memerlukan kemampuan yang mumpuni guna memperoleh target penjualan. Permasalahan ini dapat dipecahkan dengan pilihan bisnis waralaba. Sebaiknya memilih bisnis waralaba yang sudah banyak dikenal masyarakat, misalnya sudah banyak terdapat di beberapa provinsi khususnya Pulau Jawa dan Bali, Pulau Sumatera, Sulawesi Kalimantan. Pelajari juga track record prestasinya yang menjadi indikator gerai dari waralaba tersebut banyak dipilih oleh masyarakat dan sudah memiliki pelanggan yang banyak.

Hal penting lain adalah pilihlah waralaba yang memperhatikan komunitas masyarakat sekitar sehingga tidak mengalami ketimpangan dalam masyarakat. Keberadaan kebiatan bersama komunitas masyarakat yang diadakan perusahaan waralaba dapat menjembatani, seperti kegiatan arisan, rapat warga, tempat belajar anak-anak, demo produk, demo masak dan tempat sosialisasi (pendidikan nutrisi).

Inovasi lain yang dapat berguna didalam lingkungan tempat pendirian usaha adalah adanya :
  1.     Media komunitas untuk lingkungan sekitar
  2.     Informasi kesehatan
  3.     Pengumuman pengurus lingkungan (RT/RW)
  4.     Informasi jual beli dan sewa (rumah, kendaraan)
  5.     Informasi promosi
Pelayanan lain yang dapat mendukung berjalannya usaha diantaranya tersedianya Payment Point (utilitas, pembayaran cicilan kendaraan, remittance), E – Services: ticket, e commerce dan pengetahuan mengenai produk. Perusahaan waralaba yang berdiri di tengah pemukiman warga akan lebih baik jika memberikan dukungan bagi masyarakat sekitar seperti membuka lapangan kerja kesempatan magang kerja bagi pelajar dan kerja paruh waktu bagi warga.

Keuntungan utama dari bisnis waralaba adalah kita mendapatkan kemudahan pengaturan marketing seperti pemilihan lokasi, pemilihan barang dan design warung atau toko yang kita inginkan. Salah satu contohnya adalah bisnis waralaba alfamart. Familiar bukan dengan nama gerai ini?

Apa? Sering belanja di sana? Sering nukerin stamp juga?
Kalau begitu bisa dijadikan pertimbangan untuk bekerjasama dengan bisnis waralaba alfamart nih...

 Ada 3 bentuk kerjasama bisnis waralaba alfamart yang biasanya ditawarkan loh
1. Skema gerai baru
Kita sebagai pembeli usaha atau istilahnya franchaise menentukan lokasi untuk membuka gerai baru. Pilihannya adalah berdasarkan volume rak : tipe 36 rak dan 45 rak.
2. Konversi
Warung kelontong atau sembako yang sudah kita miliki dapat dikonversikan menjadi sebuah gerai baru. Jika berminat pada system konversi, kita harus mengajukan proposal terlebih dahulu lalu aka nada pengecekkan stok opname barang dagangan pemilik warung. Tahapan selanjutnya adalah perjanjian kerjasama, penentuan stok opname barang dagangan kembali untuk pembukaan gerai alfamart.
3. Take over
Kita bisa membeli gerai lama alfamart yang sudah berjalan dengan baik dari orang lain. Biaya investasi sudah termasuk biaya sewa bangunan untuk 5 tahun, franchise fee 45 juta untuk 5 tahun, peralatan gerai dan goodwill.

Menyenangkan ya kalau bisa jadi Ibu rumah tangga tapi bekerja dengan memiliki bisnis yang menguntungkan. Kebutuhan rumah tangga juga bisa terpenuhi tanpa membeli di toko lain.
Mau gula... tinggal ambil
Mau kecap... tinggal ambil
Mau mobil? Kalau itu belinya di tempat lain hehe..

12 komentar:

  1. Kalau punya modal gede, pengen deh punya bisnis ini..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, bisa dipraktekan. :)

    BalasHapus
  3. Bener mba .... Menjadi ibu rmh tg ga berarti kita tdk bs mlakukan aktivitas lain yg ga kalah positifnya, salah satunya berwirausaha :)
    Salam
    Dipi-Bandung-www.dipiwarawiri.com

    BalasHapus
  4. salam kenal mbak :)

    aku jg rencana nya kalo memang ada rezeki pgn banget punya usaha kaya gini hihih

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. Iya mbak, ini sejak balik ke Indonesia mulai buka bisnis online. So far, masih bisnis makanan yang dikelola teman. dan ada juga usaha bersama keluarga.

    Mari dibeli, PROMOSI. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeee... sudah plg indonesia
      Welkambak mbak

      Hapus
  6. Sebenernya aku pengen bisnis laundry, tapi enggak tau bagaimana mulainya...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

 

Rumah Syauqiya Template by Ipietoon Cute Blog Design