Lactogogue : berbagai cara meningkatkan produksi ASI

Assalamu'allaykum, 
Halo Pembaca, terutama ibu yang sedang berjuang untuk menyusui. Masih semangat kan buuuu....๐Ÿ’–

Permasalahn menurunnya produksi ASI hampir dialmi oleh semua ibu menyusui, so you're not alone ๐Ÿ˜Š. Tetap menyusui dan menyusui, ini juga menjadi salah satu tips untuk memproduksi ASI. Sebelum kita mempraktekkan semua tips yang ada di google๐Ÿ˜ƒ, sebaiknya kita pelajari dahulu seluk beluk mengenai siklus menyusui ini.

Perjalanan menyusui erat kaitannya dengan kondisi fisik dan psikis (emosional ibu). Emosinal ibu memberikan pengaruh yang bermakna pada kondisi fisiknya.
๐ŸผSecara fisik akan ada banyak hormon dan stamin ibu yang berpengaruh. 
๐ŸผSementara secara emosinal, perasaan bahagia ibu akan meningkatkan kerja hormon oksitosin (hormon yang mempengaruhi kelancaran ASI)
๐ŸผSebaliknya jika ibu kurang bahagia atau malah stress, akan merangsang pengeluaran katekolamin yang justru malah menghambat pengeluaran oksitosin.


Oh tidaaak ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ
Jadi bagaimana supaya ibu menyusui bahagia dan terjaga kondisi emosinya?

Nah sekarang kita baca-baca yuk faktor apa saja yang terjadi dalam fisik ibu menyusui. Kondisi fisik ini erat kaitannya dengan interupsi para hormon dalam tubuh ibu. Siapa saja si hormom ini? Yuk kenalan...๐Ÿ˜‰

☝Esterogen & Progesteron. Kedua hormon ini akan menurun produksinya saat bayi san ari-ari (plasenta) dilahirkan. 

✌Prolaktin.  Turunnya kedua hormon di atas akan membangkitkan kerja Prolaktin yang memerintahkan si ASI supaya keluar. Kerja Prolaktin sangat dipengarui dengan stimulasi umpan balik pada puting ibu menyusui. Prolaktin akan membantu meningkatkan produksi ASI tetapi tidak mempertahankan jumlah volumenya. Jadi tergantung pada kondisi ibu dan bayinya.
Nah dari sinilah asal usul tips untuk terus menyusui 

๐Ÿ‘ŒOksitosin. Berbahagialah untuk ibu menyusui yang sering mengalami LDR, alias Let Down Reflek yaaa... Bukan Long Distance Relationship, kalau LDR yang ini malah bikin si ibu sedih deh... kayak saya dulu huhuhu.... *Curcol
Nah apa itu LDR nya ibu menyusui? LDR yang ini adalah proses terjadinya rangsangan dari mulut bayi yang menghisap puting ibu hingga terjadi milk ejection atau pancaran ASI. LDR akan menyebabkan pengeluaran Prolaktin dan Oksitosin. Prolaktin memerintahkan jaringan di Payudara untuk memproduksi ASI sedangkan Oksitosin memerintahkan supaya otot-otot payudara berkontraksi mendorong ASI.

Namun, LDR juga dapat muncul dengan tangsangan lainnya, misal saat bayi menangis maka reflek ibu akan menyusui jadi LDR sudah dimulai sejak ibu memiliki niat. Atau saat menggunalan pompa ASI.
Cara mudah untuk mendapatkan LDR adalah dengan menenangkan diri sebelum menyusui, merasa siap dan bahagia, kembali ke cara membuat ibu bahagia di atas ya...๐Ÿ‘†

Oks...
Setelah membaca dan berupaya untuk memenangkan kondisi fisik dan emosi ibu, ASI masih saja belum memuaskan?
Apa yang harus dilakukan?
Apakah ibu langsung menyerah? Tentu tidak.... Masih ada cara lain buuu....๐Ÿ’ƒ

Lactogogue (baca laktahgog) atau zat yang dapat merangsang produksi ASI. Lactogogue digunakan pada ibu yang ingin menyusui bayi orang lain (tidak mengandung bayinya), ibu yang memiliki produksi ASI kurang dan ibu yang sempat berhenti menyusui dan ingin menyusui lagi (relaktasi).

Ada banyak pilihan yang dapat dijadikan alternatif oleh ibu, diantaranya Metoklopramid, domperindon, Chlorpromazin, Sulpirid yang biasa dikenal sebagai obat antispasmotik dan antipsikotik. Semua obat tersebut bekerja dengan 1 tujuan yaitu meningkatkan hormon Prolaktin dengan pengawasan dokter karena menimbulkan efek samping. Selain itu ada juga penggunaan hormon oksitosin semprot pada ibu sebelum menyusui. 

Lactogogue juga ditemukan pada beberapa herbal. Herbal Lactogouge yang terkenal adalah daun katuk, jantung pisang, daun bangun-bangun. Beberapa herbal lain untuk meningkatkan produksi ASI  adalah Fenugreek seed, fenugreek powder, FENNEL SEEDS, Fennel powder, ANISE, cinnam venum, alpinia powder, dan habbatussauda.


Penggunaan Lactogogue baik obat (sesuai petunjuk dokter) maupun herbal akan memberikan hasil yang maksimal apabila kondisi fisik dan emosional ibu tetap diperhatikan dan diberikan perawatan.

Selamat menyusui dan tetap menyusui ๐Ÿ˜Š

*****
Disarikan dari Buku Indonesia Menyusui (IDAI)

10 komentar:

  1. Thanks for sharing ya mb, bisa kubagikan infonya ke adikku yang masih jadi pejuang ASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat berjuang Ng-ASI untuk adiknya ya mbak

      Hapus
  2. Aku lagi suka minum coklat yg ada fenugreek nya.. Nggak cuma ASI booster tp juga mood booster :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mood booster paling penting๐Ÿ˜Š

      Hapus
  3. Waah jadi dengan lactogogue ini bisa ya merangsang produksi ASI, meski ga hamil, kalau mau menyusui bayi orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada rangkaiam terapinya mbak harus konsultasi dengan dokter ☺

      Hapus
  4. Pas belum paha betul soal menyusui, dulu aku herna lho Mbak saat tetanggaku yang belum punya anak tapi ambil anak dari saudaranya eh bisa menyusuinya secara langsung. Ternyata bisa. Mlongo deh aku. Hihihi. Luar biasa ya Allah menciptakan manusia.

    BalasHapus
  5. Adikku sempet gak keluar asinya pas anak pertama, terlanjur dikasih s26 di rsia, anaknya pe sekarang tetep sufor, beda dengan anak kedua karena usaha biar asi keluar dan anaknya pun mau usaha juga, jadi asi pe sekarang, bener busui itu harus dikasih cinta yang banyak ama perhatian biar asinya keluar ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ba get mb yg ptg tenang pikirannya, rekaltasi jg maish bisa

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.