DIY : Membuat sempolan

19.20.00
Assalaamu’alaykum wr. wb
Dearest pembaca, apa kabar hari ini?
Kali ini saya mendokumentasikan tugas saya di HSMN untuk membuat tema cooking.  Kali ini saya mengambil tema Sempolan.

Pembaca masih ingatkah mengenai berita penggunaan zat-zat berbahaya pada makanan?
Bahkan banyak penjual makanan di area sekolah menggunakan zat berbahaya seperti pewarna dan pemanis buatan. Hal ini tentu saja menjadi perhatian tersendiri untuk orang tua. Membuat makanan sendiri untuk bekal ananda di sekolah menjadi alternatif aman. Selain terjamin kehalalannya, kita juga dapat memastikan bekal ananda adalah makanan yang TAYIB (baik). 

Seperti firman Allah dalam Al Qur'an
Surat Al Baqarah 168 :
“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu”  


Surat Al Baqarah 172: 
“Hai orang-orang yang beriman makanlah di antara rezeki yang baik-baik.”

Surat Al Baqarah  173 :
“Sesungguhnya Allah yang mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan yang disembelih dengan nama selain Allah.”

Surat Al Mukminun ayat 52: 
“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan-makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shaleh.” 

Surat Al Maidah 4 :
“Dan makanlah binatang yang ditangkap dalam buruan itu untukmu dan sebutlan nama Allah ketika melepaskan hewan(anjing) pemburunya.”

Surat Al Maidah 88 :
“dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”

Surat Al Maidah 3 :
“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tecekik, yang dipukul, yang jatuh ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali kamu sempat menyembelihnya.”

Surat Al An’ am 121 :
“Dan janganlah kamu makan sembelihan yang tidak menyebut nama Allah dan sesungguhnya yang demikian itu fasik.”

Dalam HR. Ath-Thabrani, Rasulullah bersabda, 
Tiap tubuh yang tumbuh dari (makanan) yang haram maka api neraka lebih utama membakarnya. 

Hadis riwayat Abu Tsa`labah ra :
Nabi saw. melarang memakan binatang buas yang bertaring. (Shahih Muslim No.3570)

Rasulullah saw. melarang makan daging keledai piaraan. (Shahih Muslim No.3583)

HR. Ibnu Majah :
“Rasulullah SAW melarang membunuh shurad, kodok, semut, dan hud-hud

H.R. Abu Daud : 
Nabi pernah bersabda “Lima jenis hewan yang harus dibunuh, baik di tanah haram maupun di tanah biasa, yaitu : ular, kalajengking, tikus, anjing buas dan burung rajawali” 

Membuat Jajan Sempolan bisa menjadi aktivitas pilihan di rumah yang menyenangkan. Oh iya, Sempolan adalah jajanan yang saat ini menjadi salah satu pilihan kuliner baru di sekolah. Jajanan ini cukup mudah dibuat sendiri sebenarnya, bisa untuk camilan di rumah atau bekal di sekolah. Ananda juga bisa membantu membuat sempilan terutama saat membuat adonannya.

🍳Alat dan bahan yang dibutuhkan : 
  1. Cobek & ulekan
  2. Tusuk sate
  3. 250gram Tepung Tapioka
  4. 100 gram Tepung Terigu
  5. 150-200 gram Ayam fillet dicincang halus/bisa pakai kaldu bubuk( boleh di Skip). Ayam bisa direbus dahulu bisa tidak (cara saya, pakai direbus)
  6. 1 batang daun bawang/daun pre potong halus
  7. 1 batang daun seledri potonh halus
  8. 2-3 siung bawang putih
  9. 1.1/4 sdt garam atau sesuai selera
  10. 1/4 sdt gula atau sesuai selera
  11. 2 butir merica 
  12. 6 butir ketumbar 
  13. Tomat dicincang halus(boleh di skip) 
  14. Telur 1 butir untuk menggoreng (optional untuk bahan adonan bisa ditambahkan jika suka)
  15. Air utk membuat kalis adonan sekitar 30ml
  16. Minyak goreng untuk menggoreng


🍳Cara membuat :
  1. Siapkan bumbu halus dengan diulek di cobek, ananda dapat membantu bunda jika sudah bisa menggunakan cobek dan ulekkan
  2. Campur daun bawang, seledri, tomat dan bumbu halus. Lumat bersama dalam satu wadah dengan ulekkan. Lalu masukkan tepung terigu, tapioka dan ayam dalam campuran bumbu. Jika ingin menambahkan telur dalam adonan, porsi air harus dikurangi.
  3. Uleni adonan sampai tidak lengket di tangan. Kemudian bentuk seperti sate di tusuk sate 
  4. Rebus tusukkan adonan sempol dalam air mendidih sampai mengapung tanda sudah matang
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Kocok telur, lalu masukkan sempol rebus dan bolak balikkan sampai rata
  7. Goreng sempol sampai kecoklatan, angkat dan sajikan. Sempolan bisa dinikmati dengan bumbu kacang, kecap ataupun saus 


Selain dibuat memanjang sempolan juga bisa dibuat bulat-bulat seperti bakso yang ditusuk. Jajanan serupa yang dapat disiapkan bersama ananda selain sempolan juga banyak macamnya seperti cilok, siomay, dan pisang karamel.

Ananda senang dengan proses penyiapan maupun saat memakannya,  bunda lega karena jajanan halal dan tayib. Selamat menikmati sempolan bersama ananda 😉

16 komentar:

  1. wah terima kasih ya mbak atas DIY nya membantu sekali buat bikin camilan sendiri buat keluarga.

    BalasHapus
  2. wah coba ah. Bocah pasti seneng nih diajak ngubek2 adonan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang paling dimau si anak klo acara memasakan😊

      Hapus
  3. Aku udah pernah makan, tapi beli.
    Belum sempat bikin sendiri.
    Emang jajanan sekarang rada mengkhawatirkan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih....
      Suka khawatir klo jajajn sendirian
      Jd diajak masak sambil dibilang2in

      Hapus
  4. Wah enak nih kyny. Catat ah.mksh mb resepnya

    BalasHapus
  5. Beum pernah bikin sempolan. Btw kalau tusuknya diganti dgn bahan bumbu seperti yg diresto2 Bali itu, apa ya namanya, yg kyk daun yg dikeprak buat bahan masakan itu lhoooo, bisa gak ya? Hyaaahh lupa aku namanya kwkwkwkwk

    BalasHapus
  6. pingin bikin sempolan nih mbak..

    BalasHapus
  7. Wah makasi resepnya, kapan-kapan mau coba :D

    BalasHapus
  8. saya juga sempol. tapi kemarin pas dapat info dari adik, kalau bahan pembuatannya menakutkan. jadinya sekarang gak beli lagi deh, hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.