Anyang-Anyang, Tinggalkan Mitos Beralih ke Uricran

Halo sobat baca...
Bagaimana kesehatan memasuki penghujung bulan Mei ini? Semoga selalu sehat dan fit ya, apalagi menyongsong bulan Ramadhan. Wah senangnya... tinggal menghitung hari.

Bulan Ramadhan kali ini akan saya jalani di Kota Kendari. Saya baru saja pindah ke sini, alhamdulillah cuacanya bersahabat. Baru 3 hari sudah kena serangan syndrom kampung halaman. Gara-garanya saya atur-atur ulang pakaian dan seprei. Ada bau khas dari almari di rumah. Rasanya hhhmmmm....

Tiba-tiba jadi ingat masa kecil. Main dan bercerita apa saja dengan teman-teman sampai nahan-nahan BAK (Buang Air Kecil). Namanya juga anak-anak, sayang kalau ninggalin permainan yang sedang seru. Akhirnya ditahan dulu sampai permainan selesai. Tapi sayangnya, akibat nahan BAK ini jadi anyang-anyangan (bahasa jawanya anyang-anyangen).

Lalu cerita ke teman-teman, kalau gara-gara tahan BAK jadi anyang-anyangan. Nah, muncullah saran yang aneh dan lucu tapi tetep dilakukan juga. Namanya juga anak-anak, tapi orang dewasa juga yang nyaranin pada mulanya. Kata 'mbahnya dulu', obatnya demikian . Era tahun '80an memang masih 'make sense' beberapa tips MITOS tersebut. Apa saja sih Mitos seputar anyang-anyangan?

MITOS anyang-anyangan

1. Jempol Kaki Diikat Karet

Saya pernah banget nih....
Memang benar sih, habis diikat karet jempol kakinya, anyang-anyang sembuh.

Tapi jangan lupa dengan unsur kebetulan. Kebetulan saja anyang-anyangnya ringan sehingga bisa sembuh dengan sendirinya. Sedangkan fungsi karet di jempol adalah mengalihkan perhatian kita pada rasa nyeri. Nyeri di jempol membuat kita lupa kalau sedang merasa tidak enak di bagian perkemihan karena anyang-anyangan.

2. Meludahi air seni jika pipis sembarangan
Credit : alpha.keepo.net

Zaman dulu area bermain saya macam si bolang, kadang kalau pengen BAK cukup cari semak-semak. Saran mitosnya supaya tidak anyang-anyangan adalah bekas BAK tadi diludahi. Saran yang ini murni mitos dan kepercayaan. Rasionalisasinya secara ilmiah tidak ada pembenaran untuk saran yang satu ini. Namanya juga anak-anak. Bahkan, ada yang bilang biar tidak sakit perut (anyang-anyang) bekas BAK tadi dilompati 3 kali. 

Kebiasaan BAK darurat seperti ini memicu kejadian anyang-anyang. Tempat yang tidak bersih dan tidak membersihkan diri setelahnya adalah penyebab munculnya anyang-anyangan.

3. Jangan minum air panas dicampur air dingin

Credit : kaskus.co,id

Saran yang ini pasti pernah dengar kan ya?
Jika kita minum air panas dicampur air dingin nanti bisa anyang-anyangan. Pernah kebetulan juga ngalami, tapi kebanyakan tidak cocok. Saya paling suka soalnya minum es teh hangat, teh yang baru dibuat rasanya lebih sedap ditambah es jadi sejuuukkk.

Rasionalisasinya, suhu air tidak dapat mempengaruhi organ perkemihan yang perjalanannya sangat jauh dari mulut ke kandung kemih. Suhu dingin dari air atau balok es hanya akan membuat penurunan suhu menjadi seimbang. Jika jumlah dan suhu es lebih banyak serta lebih tinggi, minuman bisa menjadi dingin dan sebaliknya.

Namun, hal ini tidak akan menyebabkan gangguan pada organ perkemihan, termasuk ginjal. Lambung akan mengatur semua suhu makanan dan minuman yang masuk dan diproses selanjutnya.

Sekarang bagaimana? Apakah masih pakai Mitos diatas untuk atasi anyang-anyang?
Credit : Hubpages.com
Alhamdulillah, saya sudah engga. Apalagi sejak kuliah di Keperawatan. Saya jadi tau Apa itu Anyang-anyangan

Anyang-anyangan dalam bahasa medis disebut Infeksi saluran kemih disingkat ISK. Organ perkemihan yang dapat terkena infeksi ada 3 loh, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih /bladder dan uretra.

Penyebab sakit saat buang air adalah perkembangan bakteri E.Coli dalam saluran perkemihan. E. Coli berasal dari anus dan berada di sekitar anus, apabila sampai ke saluran perkemihan dapat menyebabkan infeksi.

ISK memiliki 3 macam tahap yaitu :
1. Pyelonefritis jika mengenai ginjal (ISK Berat)
2. Cystitis jika mengenai kandung kemih
3. Urethritis jika mengenai uretra (ISK Ringan)


Siapa yang beresiko terkena ISK

1. Wanita lebih beresiko daripada laki-laki
Credit : hopkindsmedicine.org

Wanita memikili urethra lebih pendek sehingga lebih beresiko terkena ISK daripada laki-laki dengan panjang urethra lebih panjang. Letak anus dan uretra yang berdekatan menyebabkan wanita mudah terkena ISK.

2. Orang dewasa lebih beresiko daripada anak-anak
Aktivitas orang dewasa lebih beragam daripada anak-anak sehingga lebih beresiko. Anak-anak juga tidak memiliki kecenderungan untuk menahan kemih / BAK lebih lama dari orang dewasa, atau biasanya akan mengompol.

Namun, kita harus WASPADA saat anak-anak terkena ISK karena efeknya lebih membahayakan daripada ISK orang dewasa. Ureter dan uretra anak masih relatif pendek jika dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga perjalanan bakteri lebih cepat.

3. Wanita yang aktif secara sexual
Hubungan sexual yang sering dalam waktu berdekatan dapat menyebabkan ISK. "Honeymon cystitis" adalah ISK yang diderita wanita akibat sering melakukan hubungan seksual. Pada pengantin baru, "Honeymoon cystitis" sering terjadi,

4. Ibu hamil
Ibu hamil mengalami penekanan pada kandung kemih sehingga mengalami peningkatan frekuensi berkemih. Apabila sering ditahan dan higiene buruk maka dapat menyebabkan ISK

5. Lanjut usia
Wanita pada usia menopouse
Penurunan kadar esterogen pada wanita menyebabkan penurunan PH area intim wanita berubah menjadi basa. Bakteri dan flora baik menurun sehingga bakteri E.Coli mudah menginvasi area kewanitaan yang dicurigai sebagai penyebab ISK
Laki-laki dengan masalah prostat
Gangguan prostat biasanya menyebabkan berkemih tidak lancar sehingga beresiko terkena ISK. Prostat akan menekan saluran uretra sehingga air seni tidak lancar keluar dari kandung kemih dan tertahan lebih lama.

6. Orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh
Ketahanan tubuh berperan dalam kejadian infeksi dalam tubuh, apabila ketahanan tubuh menurun Infeksi seperti ISK sangat mudah terjadi. 
Pasien yang menjalani kemoterapi, tubuh yang kelelahan, serta penderita penyakit yang menyerang imunitas seperti ODH memiliki resiko untuk terkena ISK lebih besar.

7. Perokok aktif karena rokok dapat mengiritasi saluran kemih. Selain itu rokok dapat menyebabkan impotensi karena zat rokok membentuk kristal di organ intim laki-laki.

PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN 
Penyebab ISK adalah infeksi dari bakteri E. Coli, namun ada beberapa perilaku yang menyebabkan perjalanan E. Coli menjadi lancar, seperti :
1. Sering menahan kencing
2. Personal higiene yang buruk
4. Kurang asupan cairan 
5. Berhubungan seksual terlalu sering dalam keadaan kandung kemih penuh
6. Arah yang salah saat membersihkan diri pada wanita, yaitu dari belakamg (anus) ke depan (vagina).

Tanda mengalami Infeksi Saluran Kemih
Apabila mengalami anyang-anyangan, biasanya kita akan merasa nyeri perut bagian bawah, seperti mulas menstruasi, sakit buang air kecil, sering BAK tapi tidak tuntas, air seni keruh dan agak bau dan terasa panas saat BAK. Kita juga perlu WASPADA JIKA, terjadi demam,mual muntah dan hilang nafsu makan, nyeri punggung pada bagian searah ginjal, sedang dalam kondisi hamil atau terjadi pada anak.

Anyang-anyang  atau ISK ini sebenarnya adalah permasalahan kebiasaan dalam buang air kecil maupun besar. Cara untuk mencegah dan mengatasi susah buang air kecil, cukup mudah. Berikut adalah tips untuk mengatasi dan menghindari ISK :
1. Minum air putih secara bertahap dalam jumlah yang banyak (1-2 liter)
2. Menjaga higiene
3. Memberikan kompres hangat di perut bagian bawah
4. Mebersihkan dan menggunakan toilet yang bersih terutama closet duduk.
5. Membersihkan area kewanitaan dengan arah depan ke belakang supaya bakteri dari anus tidak menyebar ke uretra.
6. Tidak menahan BAK
7. Jika terlalu sering mengalami ISK, latihan berkemih dengan bladder training
8. Posisi BAK sebaiknya jongkok untuk menuntaskan urin dalam kandung kemih
9. Mengosongkan kandung kemih menjelang berhubungan seksual
10. Mengurangi kebiasaan merokok untuk laki-laki
11. Minum obat pereda ISK seperti Uricran untuk mencegah ISK menjadi berat dan meningkatkan daya tahan tubuh

APA ITU URICRAN

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry 
Sediaan: Kapsul 
Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box

Uricran adalah salah satu pilihan untuk mengatasi anyang-anyangan yang menganggu. Anyang-anyang sering dianggap masalah sepele tetapi sangat membahayakan jika sudah ke tahap pyelonefritis (demam, mual muntah, nyeri pinggang). Bahkan, ISK atau anyang-anyangan dapat menyebabkan gangguan sampai kematian pada janin.

Uricran mengandung ekstrak cranberry (Vaccinium oxycoccos) dari keluarga berry yang tumbuh liar. Cranberry mirip dengan blueberry, hanya perbedaan pada warna cranberry yaitu warna merah tua. 

Khasiat cranberry diketahui sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, untuk mengobati luka terkena panah. Belakangan, cranberry makin terkenal sebagai sumber vitamin sebagai pendongkrak imunitas tubuh, mencegah seriawan, dan antioksidan.

Salah satu penyebab anyang-anyang yang sudah kita bicarakan sebelumnya adalah penurunan daya tahan tubuh. Sehingga, Uricran ini cocok dijadikan pendamping saat terserang ISK atau anyang-anyangan.

Kandungan vitamin C Cranberry yang cukup tinggi, serta kaya serat makanan, mineral, flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin. Selain itu memiliki senyawa fitokimia, sumber anti oksidan polifenol (bermanfaat untuk kesehatan jantung dan  mencegah kanker secara in vitro).

Cranberry juga mengandung antioksidan proanthocyanidins sehingga mencegah pertumbuhan bakteri E. Coli. Sifat anti-adhesi dari  proanthocyanidins menyebabkan bakteri tidak dapat menempel pada saluran kemih sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi ke organ yang lebih jauh (ginjal).

Saat ini Cranberry menjadi sumber perawatan kecantikkan dan saluran kemih yang telah teruji dalam penelitian klinis. Kita saat ini dapat memanfaatkan keunggulan buah cranberry meski tempat tumbuh dan asal Cranberry yang sulit ditemukan di Indonesia. Uricran membawa semua kebaikkan dari Cranberry untuk kita, terutama wanita Indonesia.

Jadi jangan sepelekan anyang-anyang dan hilangkan Mitosnya. 
Yuk beralih ke fakta Cranberry, faktanya Uricran!


35 komentar:

  1. Anyang-anyangan memang gak nyaman, untung ada uricran bisa mencegah dan mengobati anyang-anyangan ya 😊

    BalasHapus
  2. Ahahahaha itu yang jempol kaki diiket karet ternyata mitos diseluruh Indonesia ya
    Ngakak aku bayangin kebodohan jaman dulu, sering praktikin soalnya

    Untung sekarang ada Uri cran ya, gak pake galau deh klo anyang2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juga mitos ini sudah mendunia dan go internasional hihihi

      Hapus
  3. Iya mbaa mitos2 itu dulu sering aku praktekin. Skrg sih pake uri cran ajahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaap... hahahaha
      jangan iket jempol lagi ya

      Hapus
  4. Aku pernah dengar mbak mitos meludahi air seni jika pipis sembarangan itu :D

    Syukurlah sekarang ada uricran ya. Jadi tidak perlu khawatir kalau kena anyang2an. Moga sehat2 biar bisa beraktivitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi mitosnya nasional ternyata ya mbak

      Hapus
  5. Wih. Banyak juga ya mitosnya. Aku pernah ngobati pke cara ngikat jempol itu. Beneran sembuh, soalnya sugesti kali y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling anyang2nya ringan mbak jd scr fisiologis tubuh bisa menyembuhkan sendiri

      Hapus
  6. Makasih infonya mbak, aku kalu pas anyang-anyangen suka stres bingung obatnya hihi

    BalasHapus
  7. Halo mbak Diah Indri...
    Terima kasih banget sudah ngulas anyang2ab yaaa.
    Kebetulan banget aku lagi anyang2an gegara abis ikutan tur speda.

    Yakin deh, anyang2an itu mang paling gak enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lekas pulih ya mbaaak coba uricrannya

      Hapus
  8. mitos nya lucu lucu mb ind,makasih yaa mb atas sharingnya..jd bisa lebih waspada sm ISK ini

    BalasHapus
  9. Iya neh Mbak, Aiman itu suka nahan kencing apalagi kalau pas main dan liat film di TV karena takut habiss. Padahal pas dipaksa kencing ternyata banyaaak banget air seninya. ga kebayang itu anak kok kuat nahan kencing lama gitu.
    Btw Uri Cran ini bisa buat anak-anak kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya anak2 klo ngempet pipis goyang2 badannya. klo sudah gitu tak suruh pipis dulu.

      masih tak tanyakan mas ihwan klo uricran bisa ga buat anak2.

      Hapus
  10. Alhamdhulolah belom pernah anyang anyangan cuma pas hamil kmr sempet kena ISK juga mbak n dokterku ngasih uricran juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa, Alhamdulillah, bumil juga boleh minum Uri-cran yah :)
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Hapus
    2. alhamdulillah sudah melahirkan ya mbak

      Hapus
  11. Aku juga punya pengalaman dg anyang anyang mba.. Dan gak enak banget rasanya.. Tapi makasih infonya yaa mbaaa

    BalasHapus
  12. Aku juga ngalamin mitos2 ini mb.klo dipikir2 lucu juga ya.untunglah ada uricran

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya namanya juga mitos, untung ada uricran

      Hapus
  13. Huahahahah jempol kaki diikat itu aku banget :D Jadi senyum-senyum sendiri mbaa bacanya wkwkw

    BalasHapus
  14. Aku pernah anyang-anyangen parah sampai srminggu. Rasanya nyiksa banget.v

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh sampai seminggu mbak, nnti jangan ditunda2 cari uicran ya kalau kambuh

      Hapus
  15. Jadi ingat masa kecil, ngikat jempol agar anyang-anyangan sembuh, hahahaa.

    Mba Indri, moga krasan di tempat baru ya, salam cium buat Medina :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin
      kata medina dia bahagia hahahaa

      Hapus
  16. cunggg.. saya termasuk yang pernah ngikut jari kaki.. thanks sharingnya Mbak..

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah nyoba ngiket jempol kaki kalo anyang-anyangan. Coba bakalan aku praktekin kebetulan atau kenyataan emang bener-bener bisa nyembuhin hahaha. tapi nggak perlu gitu juga kali ya mba, soalnya ssekarang mah udah ada Uricran.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.