Perempuan Uricran dan Anyang-anyang

Morning, selamat pagi.
Assalamuallaykum teman baca.
Selasa semangat sudah terencana semua kegiatan pastinya ya. Kegiatan apa saja yang teman jalani setiap hari?
Kalau saya alhamdulillah sudah aktif mengajar kembali. Sebelumnya saya mengajar juga lalu terhenti karena melanjutkan studi. Saya senang sekali mengajar, karena keperawatan is my life dan saya senang membagikannya. 

Jadi...
Selain kegiatan sehari-hari di rumah, sekarang bertambah jam dinas di kantor. Otomatis saya memiliki peran ganda, di rumah dan di kampus. Alhamdulillah saya sudah mulai bisa beradaptasi tentang peran baru di tempat baru tersebut termasuk manajemen waktu dan perawatan anak.

Mengajar,  membuat materi bahan ajar, membaca ebook dan mengoreksi tugas mahasiswa jadi daily activity saya di kampus. Saya sering keasyikan dengan kegiatan ini dan tak jarang mengabaikan alarm tubuh untuk membuang cairan sisa metabolisme tubuh. Penundaan ini biasanya karena saya bargaining sama diri sendiri "Tunggu sebentar, dikit lagi nih, tanggung lah...".

Termasuk saat mengikuti diskusi seru dikelas. Pengen lihat sampai selesai dan menunda untuk beranjak ke toilet.

Akhirnya malah menempatkan diri pada resiko terkena ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Penyebab Anyang-anyang  atau ISK ada banyak diantara seperti kebiasaan menahan kemih

Baca juga : Anyang-Anyang, Tinggalkan Mitos Beralih ke Uricran

Beberapa hari yang lalu saya juga melakukan perjalanan ke rumah salah satu teman suami saya di Kolaka. Sekitar 3-4 jam dari kota Kendari tergantung kecepatan kendaraan selama perjalanan. Perjalanan yang cukup panjang dan medannya lumayan membuat kepala agak oleng. Saya, tentu saja mengefektifkan waktu dengan mengurangi kunjungan ke kamar kecil untuk berkemih. Alhamdulillah saat itu saya dalam keadaan puasa jadi frekuensi berkemih otomatis berkurang.

Sadar dengan resiko ISK atau infeksi saluran kemih yang besar pada perempuan, saya membawa Uricran setiap pergi ke mana saja. Saat bekerja maupun dalam perjalanan. Saya harus aware dengan resiko ini karena perempuan lebih rentan terkena anyang-anyangan atau ISK. Penyebab anyang-anyang salah satunya  karena sering menahan BAK (buang air kecil).  

Tanda mulai terkena anyang-anyang adalah buang air yang tidak lampias dan sakit buang air kecil. Penyebab sakit buang air kecil adalah terjadi infeksi pada saluran kencing oleh bakteri E.Coli. Bakteri ini seharusnya tidak berada di saluran kencing tapi karena beberapa hal seperti personl hiegiene yang kurang baik, bakteri E. Coli dapat berkembang di saluran kencing. 

Perempuan beresiko lebih besar daripada laki-laki karena saluran dari kandung kemih ke lubang pembuangan (urethra) lebih pendek. Sehingga koloni E. Coli bisa dengan mudah berkembanh di salurang kencing perempuan. Apalagi jika kebiasaan menahan kencing biasa dilakukan. Posisi stagnan urine atau kencing (tidak mengalir keluar) menyediakan tempat untuk bakteri berkembang biak dan menyebabkan infeksi. 

Sangat tidak nyaman apabila terkena ISK apalagi jika sampai pada kondisi ISK berat. Pada ibu hamil dapat menyebabkam keguguran dan dapat menyebabkan ganguuan pada organ ginjal. Hmmm... serem juga ya ternyata bahaya si anyang-anyang. 

Sebaiknya sebelum menjadi berat, ISK harus segera diatasi. Cara mengatasi susah buang air kecil atau anyang-anyang atau ISK sangat mudah, apabila masih pada tahap ringan, yaitu dengan meningkatkan asupan cairan dan memperbaiko personal higiene (termasuk penggunaan toilet bersih).

Apabila perut bagian bawah terasa nyeri, bisa diberikan kompres hangat untuk sedikit melegakan kekakuan otot di area perut. Memperbaiki posisi saat berkemih, yaitu dengan posisi jongkok supaya lebih tuntas pengeluaran urin. Tidak salah juga jika mengkonsumsi suplemen untum meningkatkan daya tahan tubuh seperti URICRAN

Uricran ini terbuat dari buah Cranberry yang asalnya dari negeri Paman Sam. Rasa segar Uricran banyak disukai termasuk saya. Sewaktu buka puasa saya menggunakan URICRAN sebagai minuman segar untuk buka puasa sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Yup...
Selain untuk mengatasi gejala anyang-anyang, URICRAN juga dapat digunakan sebagai suplemen yang meningkatkan daya tahan tubuh. Ibu hamil dan anak-anak juga bisa mengkonsumsi URICRAN dengan petunjuk dari dokter ya untuk dosis pemakaiannya.

Di negara asalnya Cranberry menjadi salah satu herbal yang mengandung berbagai vitamin termasuk vitamin c. Lazim diketahui bahwa vitamin c dapat membantu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihata kecantikkan. Sayangnya cranberry ini sukit untuk dijumpai di Indonesia ya...

Thanks to URICRAN, kita bisa merasakan faedah dari buah cranberry termasuk untuk mengatasi anyang-anyang. Sudah coba URICRAN belum?
Saya sudah...!






14 komentar:

  1. Bener Mb.. di tengah padatnya aktivitas harus sedia payung sebelum hujan.. saya juga nyetok uri Cran.

    BalasHapus
  2. Perempuan lebih sering anyang-anyangan ya?

    BalasHapus
  3. yg penting, jangan suka menahan pipis ya mbak
    apalagi kalo pas lagi ngemall, seing banget antri kan
    kadang males, jadinya di tahan

    BalasHapus
  4. pokoknya tetap jaga kesehatan ditengah aktivitas yang padat.

    BalasHapus
  5. Berasa banget ga enaknya anyang2an itu. Pernah alami saat hamil 8-9 bulan. Bolak balik ke toilet. Tapi pas udah lahiran sembuh sih. Bawaan janin yg berat diperut. Jadi ga diobati waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb rien g perlu obat kalau tidak dibutuhkan

      Hapus
  6. Anyang2an emang bikin gak nyaman ya mba, terutama pas hamil tu, bolak balik toilet. Untungnya skrng udah ada produk uricran ini ya :D

    BalasHapus
  7. Aku butuh produk ini tpi blm dapat juga di apotik Malang, padahal kalau lg kumat anyang2en nya gak nyaman bnget

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.