Puasa sehat di bulan syawal

22.46.00
Credit : salamunpicassa.blogspot.com
Assalamu'allaykum, teman baca...
Sudah siap puasa syawal belum?
Kalau sudah you are OK!
Kalau belum yuk kita siapin diri sama-sama.

Puasa syawal termasuk puasa sunah yang pengerjaannya ditentukan oleh waktu, yaitu di bulan syawal saja. Hitungan harinya ada banyak pendapat yaitu sebanyak 6 hari. Ada yang berpendapat selama berpuasa di bulan syawal merupakan keutamaan. Jadi teman baca bisa untuk memilih mana yang lebih mendekati kemantapa hati. Wallahua'lam.

Lalu ada yang bertanya mengenai bagaimana hukumnya jika memiliki hutang puasa  di bulan Ramadhan? Apakah harus melunaskannya dulu atau berniat berpuasa membayar hutang puasa Ramdhan?
Kembali kita dihadapkan dalam 'proses berfikir' manakah yang harus didahulukan yang sunah atau yang wajib?

Kembali ada pendapat untuk melaksanakan puasa syawal terlebih dahulu karena waktunya terbatas yaitu hanya di bulan syawal. Wallahua'lam bish shawab.
Teman baca bisa bertanya lebih jauh mengenai khilafiyah atau perbedaan pendapat pada ustadah atau ustadzah masing-masing.

Selanjutnya saya ingin memberikan tips puasa sehat di bulan syawal. Secara berpuasa di bulan syawal godaannya pasti lebih banyak ya....
Opor, ketupat, burasa masih bergelimpangan dimana-mana dan sekonyong-konyong kita berpuasa. Demi apaaa....
Tentu saja demi Allah SWT. Kitapun rela menjalani syawal khidmat, berpuasa diantara kegembiraan lebaran.

Tips penting apa saja untuk berpuasa di bulan syawal?
Yuk simak, tipa puasa sehat berikut ini :
  1. Lebih ikhlas dan sabar. Jika puasa Ramadhan kemarin, kita berpuasa rame-rame, berjuang bersama. Maka pada puasa syawal, ikhlas dan sabar harus lebih ditambah
  2. Perbanyak konsumsi buah saat sahur karena kandungan vitamin dan gula dalam buah lebih menguatkan badan saat berpuasa.
  3. Saat berbuka makan menu seimbang dengan protein hewani untuk meningkatkan sumber zat besi dalam tubuh. Jangan lupa simpan opor ayam atau ayam lengkuas secara terpisah dari panci utama supaya tidak kehabisan, hehehe...
  4. Perbanyak konsumsi air minum secara bertahap untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa
  5. Mengurangi konsumsi cafein, pada teh, kopi dan coklat, sebab cafein memiliki sifat diuretik (membuang air). Padahal kita ingin mempertahankan status cairan tubuh.
  6. Tidak makan berlebihan saat berbuka puasa karena akan memperberat kerja pencernaan. Tak jarang permasalahan seputar 'perut' pada saat puasa Ramadhan karena buka puasa yang tidak terkontrol. Jangan diulangi laginya di puasa syawal ini.
  7. Menjaga wudhu memberikan manfaat menjaga kelembaban kulit
  8. Tetap semangat sampai hari ke 6 puasa syawal.
Nah, cukup mudah ya dan hampir sama dengan tips puasa Ramadhan. Hal utama dalam puasa syawal adalah semangat untuk berpuasa walau sendirian. Eh syukur alhamdulillah ada yang menemani berpuasa syawal. 
Seru kan kalau bisa puasa syawal sekeluarga.

Insyaallah, balasan dari berpuasa selama 6 hari di bulan syawal setelah berpuasa di bulan Ramadhan adalah seakan-akan telah berpuasa sepanjang tahun. 

Credit : www.refizadotcom/puasa-syawal/

8 komentar:

  1. Aku ada rencana juga, Mbak, buat puasa Syawal. Minggu depan, insya Allah. Karena Minggu ini masih padat banget jadwalnya. Semoga dilancarkan. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Jadi pengen puasa syawal nih mbak Indri. Tapi ya itu hutang kemarin harus dilunasi dulu atau nggak ya..? Nantilah saya tanya ustadzah.

    Makasih tipsnya ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Baca postingan ini jadi ingat kalo aku banyak hutang puasa. Sejak lebaran masih kurang sehat, belum puasa2 dulu..makasih tipsnya mbak Indri.

    BalasHapus
  4. Saya juga kepengen banget puasa syawal yang full kayak temen-temen, tapi apa daya..cuman kuat sehari aja, itu pun bayar hutang dulu. Heheh

    BalasHapus
  5. alhamdulillah...puasa kali ini lancar
    semoga tahun depan begitu juga dan sehat seperti saat ini...aamiin

    BalasHapus
  6. Udah masuk hari ke-6 Syawal niih.. Semoga bisa menyelesaikan puasa Syawal juga tahun ini..

    BalasHapus
  7. rencana saya juga mau puasa syawal ini mbak, mumpung ada kesempatan. makasih tipsnya

    BalasHapus
  8. Wah luar biasa ya, puasa itu menyehatkan emang. BTW Kafein itu aku udah jarang ngopi tapi msh blm bisa lepas dari teh anget hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.