Tips Cara Mencari Tiket Pesawat Murah Saat Lebaran

Assalamuallaykum, teman baca

Lebaran akan datang sebentar lagi, hal ini pastinya sudah dinanti oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Musim lebaran nanti akan ada tradisi yang sangat fenomenal yaitu mudik lebaran. Para pekerja yang bekerja di luar kota kelahiran umumnya akan pulang untuk kembali berkumpul bersama keluarga. Mudik bukan hanya terjadi dari Jakarta ke kota lain di Jawa, namun juga ke kota lain di luar pulau. Karenanya alat transportasi yang mengalami kenaikan jumlah calon penumpang bukan hanya alat transportasi darat namun juga laut dan udara. Untuk itu berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai cara mencari tiket pesawat murah  saat lebaran.


1. Manfaatkan kenalan di agen biro jasa atau tour.
Memiliki teman atau kenalan di agen perjalanan, tour ataupun travel akan sangat membantu untuk mendapatkan informasi update seputar promo harga tiket pesawat. Seringkali maskapai memberikan promo harga tiket pesawat untuk rute tertentu di waktu tertentu. Tak tanggung-tanggung potongan harga yang diberikan bisa hingga 50% dari harga normal. Pastinya jika Anda memiliki teman atau kerabat yang bekerja di travel agent akan mengetahui infonya lebih dini. Anda dapat meminta bantuannya untuk menginformasikan pada Anda jika ada tiket pesawat murah untuk rute mudik Anda.

2. Memanfaatkan promo toko online.
Saat ini tiket pesawat bukan hanya diperjualbelikan via travel agent atau agen perjalanan saja. Toko online juga banyak yang sudah memiliki fitur untuk menjual tiket pesawat secara online. Bahkan seringkali aplikasi toko online yang baru membuka fitur jual tiket pesawat memberikan harga tiket yang murah dibandingkan jika Anda membeli di agen atau langsung ke kantor maskapainya. Karenanya mencari informasi toko online yang sedang memberikan promo menjadi cara mencari tiket pesawat murah saat lebaran yang paling banyak dilakukan.

3. Booking tiket jauh-jauh hari sebelum hari H.
Membooking tiket pesawat jauh-jauh hari juga dapat dilakukan untuk mencegah kenaikan harga tiket pesawat yang umumnya terjadi di saat hari-hari menjelang lebaran. Biasanya rute-rute pesawat ke daerah dari Jakarta akan mengalami kenaikan harga menjelang satu minggu sebelum hari lebaran di mana itulah masa calon penumpang sedang banyak-banyaknya. Ada baiknya Anda membooking tiket dengan keberangkatan lebih lama sebelum hari tersebut ataupun H-1 sebelum lebaran untuk menghindari kenaikan harga.

4. Mencari rute transit dengan harga yang lebih ekonomis.
Jika Anda dari Jakarta ke Papua misalnya, akan ada transit dari Surabaya dan Makassar. Kadang ada maskapai yang memberikan harga yang lebih murah untuk tujuan tersebut namun menunggu di bandara transit lebih lama. Pilihlah mana yang lebih penting untuk Anda apakah waktu untuk keluarga ataukah biaya yang bisa dihemat tersebut.

Itulah beberapa cara mencari tiket pesawat murah saat lebaran yang dapat Anda praktekkan untuk sarana mudik Anda tahun ini. Jangan lupa untuk membawa kartu tanda pengenal diri saat melakukan perjalanan sehingga perjalanan Anda lebih nyaman dan aman. Selain itu bawalah barang bawaan secukupnya untuk menghindari over berat bagasi agar Anda tidak terkena biaya kelebihan muatan. 

Jangan membawa uang cash terlalu banyak untuk menghindari kehilangan karena di bandara pun banyak ATM bank yang disediakan untuk Anda sehingga Anda dapat mengambil dana sewaktu-waktu. Pilihlah maskapai penerbangan yang terpercaya untuk mudik lebaran yang aman dan nyaman bersama keluarga.

20 komentar:

  1. Aku suka hunting tiket promo buat jalan-jalan mulai sekarang nih 😊

    BalasHapus
  2. Emang nih Mba Diah, mendekati hari H lebaran tuh mahal.
    Dua tahun kemarin ini, aku juga mudik jadi naik. Harus pinter mandaatin moment ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum mb kudu bikin itinerary yg apik

      Hapus
  3. Sukanya lwt online ya itu.. kadang ada promonya hehe

    BalasHapus
  4. Semoga yang tiap tahun mudik pake pesawat selalu diberi rejeki dan kelancaran, aamiin.

    BalasHapus
  5. Adik iparku kalo mudik sekarang disarankan pakai pesawat. Pesen jauh sebelumnya, jadi nggak bingung mepet hari raya. Dulu pernah kecelakaan, capai karena nyetir gantian dari semarang ke pekanbaru waktu baliknya.

    BalasHapus
  6. Mudik pake pesawat memang pilihan yang tepat karena lebih hemat waktu dan tenaga...

    BalasHapus
  7. Tiket online banyak diskon bertabur biasanya ya mbak. Tapi lbh manjur lagi kalau bisa beli jauh hari ya

    BalasHapus
  8. Memanfaatkan teman yang bisa bayarin tiket gk ada? hihihi
    Aku juga lebih suka beli tiket secara onlen skrng, TFS :D

    BalasHapus
  9. Promo tiket pesawat online, sering banget,,, aku loh mpe mantengin smartphone mulu demi tiket pesawat murah... etapi mertuaku sih yang mau mudik... heheh

    BalasHapus
  10. beli tiket jauh jauh hari mah kalau saya, suka kehabisan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.