Tips tetap sehat jaga malam

Working hard for something we don't care about is called stress; working hard for something we love is called passion.
-Simon Sinek
Assalamu'allaykum teman baca,
Sudah genap sebulan saya kembali menjalani passion saya di keperawatan. Saya Perawat, tentu saja yang menjadi passion saya adalah keperawatan. Jatuh bangun di dunia kerja dan masa studi ternyata tidak menyurutkan passion saya untuk kembali dalam pelukan keperawatan. Saya banyak berhutang budi pada dunia keperawatan. Pada pengalaman-pengalaman seru nan memukau membuka ayat-ayat kauniah Allah di dunia. Hingga bertemu jodoh dan memiliki anak karena dunia keperawatan.


Banyaknya cobaan dalam hidup semakin menguatkan kalau Allah SWT tidak tanpa sengaja menempatkan saya di dunia ini. Pekerjaan selain keperawatan yang pernah saya jalani biasanya masih dalam taraf bisnis atau wirausaha. Tapi dunia yang benar-benar membuat saya Live to The Max adalah Keperawatan. Jika dulu saya senang sekali bekerja di Rumah Sakit atau Puskesmas, sekarang saya bekerja di belakang meja.


Tapi saat ini saya pengen berbagi untuk tips untuk begadang, buah pengalaman dari dinas malam. Profesi yang mengharuskan untuk dinas malam tidak hanya perawat, ada beberapa profesi lainnya juga. Termasuk blogger, hayooo siapa yang suka begadang demi update blog dan BW sampai pagi???

Simak tips berikut yuk :
  1. Perlu diketahui bahwa pilihan begadang harusnya adalah pilihan paling akhir. Teman baca harus tau karena kualitas tidur malam tidak bisa digantikan dengan berapapun jam tidur di siang hari.
  2. Tetap beristirahat di siang atau sore hari. Jika kami perawat memiliki jam dinas malam rata-rata pukul 09 PM. Makan selepas maghrib kami akan menyempatkan diri untuk merebahkan badan atau sampai tertidur sampai dengan isya. Tidu ini akan membantu tetap 'steady' saat begadang nanti
  3. Lebih baik air putih daripada cafein. Cafein ini bisa dalam bentuk minuman coklat, teh atau kopi. Air putih lebih menyegarkan di badan daripada cafein yang memaksa untuk tetap terjaga.
  4. Siapkan camilan sehat seperti buah, bila terlalu berat takutnya akan membuat suplay darah fokus ke pencernaan dan akhirnya mengantuk sebab suplay darah ke 'atas' menurun.
  5. Jika menjalankan tugas jaga (bisa selain perawat) ajak teman untuk bekerjasama. Bergantian beristirahat cukup membantu kesigapan saat terjaga. Istirahat kami para pelaku dinas malam biasanya cuma bersandar, rebahan tanpa sampai terlelap dalam layaknya orang tidur malam.
  6.  Cucilah muka apabila terasa mulai mengantuk, air akan menjadi terapi 'kaget' si mata
  7. Sesekali bercakap-cakap dengan rekan jaga malam 
  8. Tetap makan bergizi dan konsumsi Vitamin yang bagus untuk masa pemulihan seperti Theragran-M. Mengapa harus dipulihkan? Seperti poin nomor 1, tubuh kehilangan waktu untuk regenerasi dan rebulid sel-sel yang bagus. Sehingga kita perlu untuk memulihkan kondisi tubuh setelah begadang. Apalagi jika sampai 3 atau 4 hari bertutur-turut dinas malam.
  9. Mandi dengan air hangat di pagi hari setelah dinas malam selesai dan
  10. Segera beristirahat setelah waktu dinas malam usai
 Nah, Teman baca...
Adakah yang memiliki hobi begadang?
Sebaiknya segera dikurangi bertahap ya, jika ada kebutuhan menulis dan blogwalking sebaiknya tidak dilakukan semalam suntuk supaya badan tidak menurun kondisinya.

Blogger juga harus sehat, tetapi apabila sakitpun kita tidak bisa menghindari takdir tersebut.
Menjaga kesehatan lebih baik daripada harus mengobati dan apabila sedang dalam proses pengobatan, jangan lupa konsumsi Vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Tidak salah juga kalau menyelipakn Theragran-M dalam menu buka puasa kita.

Tetap semangat ya...

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

12 komentar:

  1. yang nomor 3 gak setuju hihihihi
    ngelembur tanpa kopi kayaknya kurang pas deh (kata saya)
    tapi mmg gak sehat sih...

    BalasHapus
  2. Sekarang masih jadi perawat kah mba?

    BalasHapus
  3. Hampir sama dengan Bu Avy.. kopi adalah teman begadang yang nikmat.. hehe
    Sepakat dengan camilan.. biar g garing 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemilannya aja yy garing
      Orangnya jangaaan

      Hapus
  4. Aku kalo begadang pasti sakit kepala esok hari. Perut mual dan mules. Parah haha. Kalo ga terpaksa ga mau begadang. Aku lemah kakaaaaak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan begadang hai jangan begadaaaan
      *rhoma mode on*

      Hapus
  5. Thanks reminder nya untuk mulai ngurangin begadang, Mba. PR banget nih karena sejak kecil udah kebiasaan begadang.

    BalasHapus
  6. AKu kalau nglembur yg penting ada makanan terutama mie instan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee yg jobnya banyaaak
      Ngelembur terus ni yeee

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.