Batik sebagai Identitas bangsa Indonesia

Assalamuallaykum teman baca
Siang ini lumayan panas ya...

Sudah aktif ngantor lagi kan pekan ini?
Tetap semangat ya...
Bicara soal kantor, sekarang identik banget ya sama batik. Tidak cuma di Jawa saja sekarang batik dipakai. Seluruh nusantara saat ini memiliki batik khasnya masing-masing.

Batik memang banyak macamnya, dari Jawa sendiri ada batik semarang, batik pekalongan, batik solo, batik jogja, batik Jayakarta dan masih banyak lagi. Selain batik Jawa, saya juga punya koleksi batik luar Jawa diantaranya batik dayak (motif ukiran dayak kalimantan) dan batik papua (motif tifa dan cendrawasih).

Jadi bisa dibilang kalau batik ini identitas bangsa Indonesia. Perkembangan batik juga tidak hanya sebatas motif, tetapi berkembang pesat hingga ke model baju, tas, sepatu, pakaian rumah maupun pakaian formal. Saking khasnya batik dengan Indonesia, seringkali diminati wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Credit : voa Indonesia
Contohnya Presiden Nelson Mandela yang pernah menjadikan Oleh Oleh Khas Indonesia yang menggunakan batik tak hanya di Indonesia tetapi juga di negara asalnya. Salah seorang kenalan saya waktu mengikuti Java Internatioanl Nursing Conference dari Europe juga menggunakan batik saat acara berlangsung.

Keren sekali batil kan ya sekarang. Ada model yang saya suka nih dari Batik. Soalnya bisa buat ke kantor atau mau kondangan juga. Seperti ini nih modelnya, anggun banget dan khas batiknya. Plus ada keterangan size jadi saya ga galau kalau mau beli online.


Kondangan ga lengkap kalau ga pakai tas dong ya, biar kompakan penampilan tetep pakai tas yang 'berbatik' juga. Bisa aja nih batik diajak kreatifan.

Emaknya udah cakep berbatik, bapaknya juga dong biar klop pakai batik juga. Motif batik yang ini saya suka, plus warnanya juga keren.

Oh ya kalau teman-teman sudah mulai suggest belum ke keluarga dan kenalan untuk menggunakan batik?

12 komentar:

  1. bangga banget deh kalau pemimpin dunia suka pakai batik produk indonesia,
    kita sendiri jg harus mendukung ya mbak
    tapi batik sudah menjadi pilihan kok kalau kita pergi di suatu acara

    BalasHapus
  2. kalau saya punya kakak yang setiap hari selalu pakai batik, mau acara resmi, mau acara santai, atau sekedar jalan ke mall..bahkan batiknya kebanyakan bikin di penjahitnya sendiri jadi ukuran dan modelnya bener-bener disesuaikan dengan badan nya..maniak banget lah kakak saya sama batik..
    sampe dirumah sering nimbun kain batik, terutama kalau habis jalan-jalan ke tempat-tempat yang punya batik dengan motif khas..

    BalasHapus
  3. beberapa bulan belakangan saya mulai suka pakai batik, dulu gak suka. sekarang suka. soalnya emang keren dan ini Indonesia banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak muda kudu suka batik dooong...

      Hapus
  4. Suami tiap Jumat juga mesti pakai batik.
    Kalau baju batik malah seringnya buat couple keluarga mbak. Cuma tahun ini gak jahitin. :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.