Cara Merawat Microwave agar Tidak Cepat Rusak

Assalamu'allaykum teman baca.
Lebaran kemarin masak apa aja?
Adakah yang masak banyak lalu disetok dalam bentuk makanan jadi? Setelah masak langsung di pack di freezer. Supaya irit waktu kan yaaa... tinggal anget-angetin saja kalau mau disantap.

Jadi ingat cara angetin masakan yang mudah, yaitu pakai microwave. Peralatan dapur yang paling dibutuhkan tentu saja microwave, karena fungsi dari microwave adalah memanaskan atau menghangatkan makanan anda. Tapi banyak sekali pengguna yang tidak terlalu memperhatikan perawatan microwave yang tentu sangat berpengaruh dengan sistem kerja microwave dan kebersihan microwave tersebut.

Kita harus memperhatikan kebersihan microwave agar terhindar dari kerusakan microwave yang tentu mengharuskan kita untuk membeli kembali dan harus mengeluarkan budget lebih untuk kebutuhan yang satu ini. Nah, berikut ini tips atau cara yang baik dalam merawat microwave sebagai bagian dari elektronik rumah tangga anda:
  1. Setelah menggunakan microwave tentu harus membersihkan terlebih dahulu microwave kita, hal ini sangat penting karena kebersihan microwave akan juga berpengaruh terhadap kehigienisan makanan. Ada beberapa cara yang ampuh dalam membersihkan microwave anda yaitu membersihkanya dengan air cuka. Caranya cukup mudah, siapkan cuka ½ cangkir dan siapkan air ½ mangkok, lalu panaskan larutan tersebut hingga mendidih sekitar 5- 10 menit, setelah itu kita membutuhkan sponge untuk mengusap bagian microwave yang kotor, seketika noda dan kotoran yang mengeras akan mengelupas dan bersih dengan sendirinya. Jika anda tidak ingin repot teman bisa menggunakan air lemon atau lap microwave dengan lap kering.
  2. Selain merawat bagian dalam microwave, kita juga harus memperhatikan bagian pintu dari microwave tersebut, karena bagian pintu microwave adalah bagian integral dalam microwave. Pintu microwave menjaga agar panas tetap terjaga di dalam bagian microwave, dan menghindarkan kita dari terkena radiasi panas microwave tersebut. Terkadang pintu microwave tidak sepenuhnya tertutup sehingga microwave masih terus beroperasi, oleh karena itu kita harus segera mematikannya. Bersihkan pintu microwave anda secara berkala terutama bagian tepinya, jika pintu microwave anda tidak bias menutup sepenuhnya alangkah lebih baik, jika menghubungi bengkel resmi untuk diperbaiki.
  3. Bagian luar microwave juga harus diperhatikan selain bagian dalam dan pintu microwave, karena jika ada lubang dibagian luar microwave, hal ini dapat membuat microwave menggunakan energy berlebih karena ada energy yang keluar dari celah dan tidak bisa mengoptimalkan kinerja dari microwave kita.
  4. Pada saat menggunakan microwave untuk memanaskan masakan, yang perlu kita ingat adalah jangan menggunakan wadah yang terbuat dari besi atau alumunium karena dapat membuat gelombang micro dari magnetron besi tersebut terpantul dan mengakibatkan percikan api sehingga microwave dapat terbakar, selain itu hindari juga memanaskan makanan menggunakan bahan kertas alumunium foil karena gelombang micro yang dihasilkan mengakibatkan makanan kita tidak masak dengan sempurna.
  5. Hal yang perlu di ingat ialah jangan mengoperasikan microwave dalam keadaan kosong, karena energy dari microwave akan terus berfungsi sehingga dapat mengakibatkan microwave panas dan menurunkan fungsi dari microwave tersebut. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah simpan segelas air didalam microwave sebagai jaga jaga apabila kita menghidupkan microwave secara tidak sengaja.
  6. Perhatikan waktu yang kita butuhkan dalam memanaskan makanan, untuk makanan ringan seperti chicken nugget dan burger tentu hanya membutuhkan waktu 1-2 menit dan jangan lebih dari waktu tersebut. Selain itu anda juga harus memperhatikan system stabilizer yang lebih berguna untuk mematikan microwave, daripada harus melakukan proses on dan off dengan mecabut kabel secara langsung, hal ini dapat menghindarkan kerusakan microwave dan pemborosan listrik.
Tanpa microwave tentu akan sulit bagi kita menyiapkan makanan secara praktis ditengah kesibukan berkegiatan, eletronik rumah tangga yang satu ini harus diperhatikan perawatannya agar tidak cepat rusak, dan dapat berfungsi secara optimal dan lebih tahan lama.

Jika teman berminat memiliki microwave, teman bisa mencarinya di MatahariMall.com yang dengan lengkap menyediakan semua keperluan barang elektronik rumah tangga. Serunya lagi, di bulan ini, MatahariMall lagi ada promo Super Virgo yang menghadirkan diskon produk-produk elektronik rumah tangga yang bisa kamu nikmati. Jangan sampai ketinggalan, kunjungi situs MatahariMall sekarang!

3 komentar:

  1. Belum pernah punya microwave dan belum berniat juga buat beli.. lebih mupeng beli air fryer :D di Matahari ada diskon juga ga buat air fyer? :D

    BalasHapus
  2. Oven sama microwave beda ya. Aku punyanya oven, dan nggak pernah dipakai untuk menghangatkan. Cuma utk bikin kue atau panggang ayam.

    BalasHapus
  3. TFS Mba... belum punya microwave sih, tapi jadi tahu cara perawatannya yang benar

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.