Tips Agar Para Pekerja Bisa Liburan Tiap Tahun

Assalamuallaykum, teman baca.
Yuhuuu... sebentar lagi akhir tahun. Sudah rencanakan liburan belum?

Bagi banyak orang yang sudah bekerja, liburan adalah salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi minimal setahun sekali. Soalnya, mereka terus melakukan aktifitas yang sangat menguras energi dan pikiran hampir sepanjang tahun. Dengan traveling, rasa lelah dan stres itu dirasa bisa sedikit terobati. Hal ini sudah diakui oleh beberapa penelitian yang menyimpulkan bahwa dengan traveling setiap orang bisa melepaskan segala hal yang berhubungan dengan rasa stres.

Sayangnya, tidak semua pekerja bisa melakukannya karena terkendala banyak hal, khususnya waktu. Bahkan ada juga yang terkendala biaya meskipun mereka sudah memiliki penghasilan bulanan. Tapi tenang saja, karena sebenarnya para pekerja bisa cari tiket promo murah untuk menghemat biaya perjalanan. Selain itu, ada pula beberapa hal yang bisa dilakukan agar traveling bisa dilakukan setidaknya sekali dalam setahun, yaitu;

Rencanakan Sejak Awal Tahun
Agar liburan bisa terencana dengan baik, sebaiknya buatlah perencanaan sejak awal tahun. Kalau terlambat merencanakannya di awal tahun, teman baca bisa membuatnya dari sekarang. Dalam rencana tersebut, catat perkiraan waktu terbaik untuk traveling, berapa biaya yang dibutuhkan dan biaya yang bisa teman kumpulkan sampai waktu yang sudah ditetapkan, destinasi mana yang akan dituju, gaya traveling seperti apa yang akan dipilih, serta informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia wisata di tahun tersebut. Dengan merencakan liburan sejak jauh hari, teman baca pun lebih punya kesempatan untuk mencari tiket murah promo.

Kalau teman baca tidak ingin traveling sendiri alias solo traveling, buat rencana liburan ini bersama orang yang ingin dijadikan travelmate nanti. Soalnya, rencana yang sudah dibuat akan menjadi sia-sia jika tidak sesuai dengan keinginan dan situasi orang tersebut.

Rajin Menabung
Uang adalah hal yang sangat penting agar bisa traveling. Untuk itu, sebaiknya siapkan uang tersebut sejak jauh hari juga. Teman baca bisa menyisihkan setidaknya 5-10 persen dari penghasilan bulannan. Jika penghasilan bulanan sebesar 3 juta rupiah per bulan, maka kamu cukup menyisihkan sekitar Rp 150 ribu - Rp 300 ribu perbulan. Lalu kalikan dengan sisa waktu yang ada sampai momen liburan dilaksanakan. Jika teman berencana liburan di bulan Agustus, maka teman bisa menabung hingga Rp 1 juta - Rp 2 juta

Angka ini sudah sangat cukup untuk menikmati liburan di daerah wisata seperti Yogyakarta atau Bandung. Apabila bisa menabung lebih banyak lagi, tentu akan lebih baik lagi. Tapi bila ternyata angka ini tidak sesuai dengan rencana liburan, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan seperti mencari penghasilan tambahan, menunda keberangkatan, atau mengganti destinasi wisata yang lebih sesuai dengan budget. 

Maka dari itu, sejak awal sudah dijelaskan bahwa sebaiknya teman baca sudah menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan dan bisa terkumpul untuk traveling. Tapi, usahakan untuk tidak mengalokasikan sebagian besar penghasilan bulanan untuk traveling karena masih banyak kebutuhan hidup lainnya yang harus dipenuhi.

Bijak Saat Mengajukan Cuti
Kalau teman ingin liburan yang lebih lama sehingga memerlukan cuti dari perusahaan, ajukanlah cuti tersebut sejak jauh hari, minimal sejak satu bulan sebelumnya. Meskipun cuti adalah hak setiap karyawan, namun perusahaan lebih mudah memberikannya jika sudah mengajukannya sejak jauh hari. Selain itu, usahakan tidak mengambil cuti untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan agar sisa cuti masih banyak untuk dipakai liburan.

Siapkan Plan B
Rencana yang sudah dibuat dengan matang sejak awal tahun bisa saja tidak terlaksana karena banyak hal seperti tidak keluarnya cuti dari perusahaan, bencana alam, adanya pengeluaran tak terduga, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, buatlah beberapa rencana cadangan agar liburan tetap bisa terlaksana meski tidak sesuai dengan rencana alam. Seperti pada rencana pertama, buatlah rencana cadangan ini bersama calon travelmate jika tidak ingin traveling sendirian.

Pilih yang Terdekat
Jika semua rencana liburan tetap tidak bisa terlaksana karena satu dan lain hal, teman baca tidak perlu berkecil hati. Masih ada pilihan destinasi wisata di dekat tempat tinggal yang tidak membutuhkan banyak rencana, biaya, dan waktu. Jangan takut momen liburan tidak terasa berkesan hanya karena dilakukan di tempat yang dekat dengan tempat tinggal. Soalnya, traveling tidak melulu tentang seberapa jauh dan seberapa lama kita pergi, tapi juga tentang dengan siapa dan bagaimana cara kita melakukannya.

Kalau teman belum sempat liburan di tahun ini, tidak perlu khawatir karena masih bisa dilakukan tahun depan. Jangan lupa untuk buat rencana dan cari tiket murah promo dari sekarang. Lalu, jangan lupa booking hotel online terpercaya sebelum traveling dimulai agar berkesempatan mendapatkan kamar hotel dengan penawaran harga terbaik.



Teman baca bisa booking hotel online terpercaya di reservasi.com karena di sini ada banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapat.

2 komentar:

  1. Waktu msh single dulu, traveling salah satu bentuk award utk diri sendiri Mak. Diusahakan tiap tahun bisa halan halan doong, hehehh.

    Poin cuti, dulu jauh2 hari sdh woro2 memang tgl segini sampe segini sy cuti yah. Krna sy cutinya harus gantian dgn teman finance, ndk boleh bersamaan kecuali pas Lebaran, heheheh

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya Mba Diah :)

    di antara beberapa point di atas, yang paling susah diaplikasikan itu yang "bijak saat mengajukan cuti" soalnya saya jarang diizinkan untuk cuti dalam waktu lama di kantor, paling lama cuman bisa 3 hari :(

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.