Kartini bumi, itukah kamu?

Assalamuallaykum.
Halo kartini indonesia, sudah menerbitkan cahaya apakah sampai saat ini?

Hari sabtu kemarin, kami sedang jadi Kartini Bumi. Eart day di sekolahan anak saya diiringi kegiatan dengan kegiatan menanam sayuran. Kegiatan ini menurut saya sekaligus sebagai upaya mengenalkan anak pada kegiatan tanam menanam dimana maraknya penebangan hutan di negeri kita.

So, Kenapa bukan menanam pohon?
Anak-anak sedang diajarkan untuk menanamkan kecintaan pada sayuran. Sedentary life style (gaya hidup kurang aktivitas) juga bisa berpengaruh pada anak. Jika dalam keluarga menanam sayuran, maka ada kegiatan akivitas menanam bersama termasuk bersama anak dong...

Back to vegetables.
Anak harus mengenal dahulu apa itu sayuran, sehingga mereka tau apa yang akan makan, bahwa yang mereka makan adalah sayuran hasil rawatan sendiri. Tips yang bener banget ya. Nah, di acara tersebut anak-anak diberikan kesempatan untuk menanam bibit sayur Pakcoy.

Sebelumnya mereka ditunjukkan seperti apa tanaman sayur pakcoy yang siap panen dan bibitnya. Seperti gambar diatas ya...
Anak-anak dibantu bunda guru menanam bibit sayur pakcoy. Bibit diambil menggunakan stik bambu dan disaat yang sama tangan kiri si anak membuat lubang dengan telunjuknya untuk tempat bibit dimasukkan.

Serunya bikin anak-anak berebutan giliran menanam sayur. Ternyata anak-anak suka kalau diajak menanam sayur. Bagaimana teman baca...? Tertarik menanam sayur di rumah?

Nah, setelah pakcoy ditanam, polibag diberi nama masing-masing seperti ini. Umur panennya sekitar 28 hari. Pada hari panen, anak-anak busa datang lagi untuk memanen sayur yang diberi namanya.


Setelah acara menanam selesai, para kartini bumi ini disajikan jus smoothies dsri pakcoy yang diblend dengan nanas, lemon dan madu. Rasanya bagaimana?
Segar dan mirip rasa jambu biji. Anak saya habis 3 gelas. Haus apa doyan hahahhaha...

Smoothies ini selain bisa untuk pilihan minuman yang menyehatkan, bisa berkhasiat untuk menanggulangi yang sudah memiliki keluhan asam urat. Syaratnya sebelum makan harus minum smoothies dahulu baru makan makanan yang diinginkan. Pak hudi sudah membuktikan pada para pengunjung dan memang khasiat smoothies bisa membantu mengurangi keluhan asam urat.

Oh iya pak hudi adalah salah satu owner Garden eatery Resto Kendari, di Garden Eatery juga menanam sendiri sayurannya loh... Pak hudi ahli pertanian dan peternakan jadi beliau menanam sayur tanpa pestisida. Sayuran yang ditanam dibungkus sedemikian rupa jadi bebas dari seranggga dan overheat matahari Kendari.
Beliau rajin mengedukasi pengunjung resto tetang manfaat green smoothies ini.


Hmmm... kira-kira doyan ga minum smoothies pakcoy?
Dicoba ya dan jangan lupa tetap makan sayur

Salam Kartini Indonesia
Jangan lupa terbitkan cahaya baru di setiap hidup walau hanya menanam sebuah biji

2 komentar:

  1. Sejak dl saya pengen punya kebun sayur, tapi sampai saat ini belum terwujud.
    Salam kartini buat buat Mbak Indri dan para kartini bumi.

    BalasHapus
  2. dan yg inimi yg sa dikandangi minum kemarin, wkwkwkk
    jadii, berarti sudah diundangmi ini panen yah?

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.