Lautan Sumber Kekuatan

October 19, 2020


Jalesveva Jayamahe, 
Di Lautan Kita Jaya

- TNI Angkatan Laut

credit : CNN Indonesia

Perairan memiliki kekayaan alam yang sangat berharga, manusia dapat memanfaatkannya baik yang ada di dalamnya maupun di permukaanya. Bahkan tidak terbatas pada lautan, seluruh daerah yang dilalui oleh aliran air di daratan memiliki manfaat besar bagi masyarakat.

Sulawesi Tenggara sebagai provinsi yang kehidupannya banyak dipengaruhi oleh hasil kekayaan laut, memiliki beragam sejarah di masa lau yang berkaitan dengan kejayaan di lautan.


Manuskrip Kuno Buton menceritakan bahwa pada masa lampau seorang Panglima Perang Kerajaan Konawe bernama Lakilaponto (sebutan masyarakat Muna), Haluoleo (sebutan masyarakat Konawe) dan Murhum (sebutan masyarakat Buton) mempertahankan daerah kerajaannya dari serangan bajak laut Labolontio. Area Pesisir menjadi daerah pertahanan Panglima Haluoleo (saat itu belum menjadi raja) dengan hasil akhir dimenangkan olehnya. Bajak Laut Labolontio berhasil dilumpuhkan dan usahanya untuk menguasai Kerajaan Konawe dapat digagalkan

Bajak Laut merupakan tokoh penganggu keamanan bahkan kedaulatan sebuah negara sepanjang masa. Negara Inggris di masa lalu memerangi dengan tegas keberadaan bajak laut yang sering merugikan perjalanan kapal dagangnya di perairan. Kekuatan Laut dimanfaatkan oleh perompak untuk menjarah siapun yang berada di permukaan laut. 

Bahkan sampai saat ini, masih sering terjadi penyanderaan dan perampasan kapal di laut oleh perompak. Kasus yang sering terjadi di sekitar Indonesia adalah di Selat Malaka, Selat Singapura dan Teluk Filipina. Negara-negara Asia sampai memiliki Perjanjian Kerjasama Regional untuk Memerangi Pembajakan dan Perampokan Bersenjata Terhadap Kapal di Asia (ReCAAP ISC) akibat dampak merugikan yang dilakukan oleh para lanun atau bajak laut. 

Karenanya tidak salah jika TNI Angakatan Laut memiliki semboyan seperti yang tertulis dalam kutipan di atas, bagi siapapun yang dapat menguasai laut maka dia akan memdapatkan kejayaan.

Narasi di atas adalah contoh dari pemanfaatan kekuatan laut dalam hal kekuasaan. Apakah anda memiliki contoh lain mengenai pemanfaatan laut. Seperti keberadaan suku yang diberi julukan "Orang Laut", siapakah mereka menurut pengetahuan anda?



141 comments:

  1. Salam sehat, saya Linawati samen akan menjawab pertanyaan yang ada di atas
    Menurut saya pemanfaatan laut di di Indonesia ada banyak cara, contohnya seperti program yang sedang di kembangkan pemerintah yaitu (tol laut), program ini sangat berguna dari sisi pengiriman logistik di berbagai pulau yg ada di Indonesia, program ini sangat baik dalam proses pemanfaatan laut karena negara kita negara maritim yang terdiri dari banyak pulau dan lautan.
    Lalu mengenai orang laut, menurut yang saya ketahui orang laut merupakan kelompok masyarakat yang berada di pinggiran laut yang bermukim di muara sungai dan pulau pulau di daerah kepulauan Riau dan Sumatera, menurut sejarahnya orang laut merupakan kelompok perompak pada zaman kerajaan Sriwijaya.

    ReplyDelete
  2. Bismillah
    Lebih dari separuh wilayah Indonesia terdiri dari laut, tapi sayangnya studi sejarah kita terlalu mementingkan daratan. Istilah bahari, menurut Kamus Umum, berarti zaman purba kala, dahulu kala. Dengan kata lain, pengertian bahari dan zaman dahulu kala sebenarnya mempunyai hubungan yang sangat dekat sampai-sampai dianggap sebagai suatu sinonim. Perhatikan pula bahwa istilah kepulauan dalam bahasa Inggris, archipelago, berasal dari bahasa Yunani arch (besar, utama), dan pelagos (laut). “Jadi archipelagic state sebenarnya harus diartikan ‘negara laut utama’ yang ditaburi dengan pulau-pulau, bukan negara pulau-pulau yang dikelilingi laut.”

    Begitulah Adrian B. Lapian, ahli sejarah maritim, mengingatkan kita melalui karya klasiknya ini, “Jangan lupa lautan.” Demi fokus yang lebih mendalam dan karena keterbatasan sumber tulisan, Lapian memilih untuk membatasi penelitian ini pada kawasan Sulawesi di abad XIX. Dibagi menjadi enam bab termasuk pendahuluan dan penutup, dengan komprehensif dan bertahap Lapian memberi uraian mengenai keadaan fisik dan penduduk kawasan Sulawesi, sebelum kemudian secara spesifik membahas masyarakatnya berdasarkan tiga tipe ideal: orang laut, bajak laut, dan raja laut.

    Tipologi ini dibuat untuk memudahkan deskripsi masalah yang begitu kompleks, karena kategori ‘bajak laut’ telah dengan terlalu kabur digunakan untuk pihak ‘lain’ yang melakukan tindakan kekerasan di kawasan laut. Lapian mengingatkan kita untuk melihat apa yang disebut sebagai pemberantasan ‘bajak laut’ (di abad XIX) dalam kaitannya dengan politik imperialisme di Asia Tenggara, dan alasan untuk mengadakan intervensi dalam pemerintahan setempat.

    Sebagai tipe ideal, Orang Laut, berdasarkan tipologi sederhana ini, dimaksudkan Lapian sebagai semua kelompok masyarakat yang belum atau tidak mengenal bentuk organisasi kerajaan atau negara, umumnya hidup berkelompok dalam perkampungan perahu dengan sifat mobile (hingga kerap disebut sea-nomads atau sea-gypsies). Raja Laut dimaksudkan sebagai “kapal dan perahu yang merupakan kekuatan laut raja-raja di Asia Tenggara yang melakukan tugasnya sebagai pemayar di perairan kerajaan,” dan mempunyai semacam “wenang-wenang” untuk melakukan kekerasan terhadap siapa saja yang memasuki wilayahnya. Kekuatan Barat pun, sebenarnya dapat dikategorikan sebagai suatu bentuk khusus dari tipe Raja Laut karena posisi dominan mereka di Asia Tenggara. Sementara Bajak Laut adalah “kelompok pelaut yang melakukan kekerasan, tetapi … tidak bertugas sebagai pemayar kerajaan pribumi atau kekuatan kolonial, lagi pula bukan merupakan anggota masyarakat kelompok etnis yang masuk kategori Orang Laut,” dengan motif-motif tersendiri yang tidak jarang mendapat simpati masyarakat setempat, atau sebaliknya dimusuhi dan ditakuti (atau semuanya). Mereka juga bisa menjadi bentuk lain perang maritim, pelaku gerilya bahari sebagai perantara Raja Laut.

    #Orang Laut menurut saya adalah orang orang tinggal atau berdiam di laut dengan mendiami kapal yang dijadikan sebagai rumah mereka dan menggantungkan kehidupan mereka dari hasil laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasnani
      S.0020.P2.037

      Laut sangat bermanfaat bagi manusia yaitu sebagai sumber pangan. Di laut kita bisa menemukan makhluk hidup seperti Ikan,Udang,Cumi-cumi,Rumput laut.Dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yang mengandung banyak protein di dalam laut, laut adalah sumber pangan yang sangat dibutuhkan manusia. Hal itu sudah disadari sejak ribuan tahun yang lalu.Apalagi kebanyakan hewan laut mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan manusia untuk tumbuh dan berkembang. Ikan dan hewan laut lainnya juga mengandung Omega 3 yang menurut ahli gizi dan kesehatan sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan manusia.Laut sudah lama juga menjadi sumber penghidupan berbagai kalangan tertentu, seperti nelayan.

      Untuk keberadaan orang laut yang saya ketahui adalah suku bajo. Suku bajo adalah sekelompok orang yang menetap di pesisir pantai, dan sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka juga sering di sebut sebagai penyelam yang handal karena kebayakn meraka bisa menyelam di kedalaman tertentu tanpa menggunakan alat bantu.

      Delete
  3. RUSMAN FARID
    S.0020.P2.105

    Pemanfaatan Laut selain sebagai sumber kekuatan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat, khususnya masyarakat pesisir. Sebagai nelayan, laut menajadi tumpuan mereka untuk bertahan hidup, kehidupan laut menjadi kehidupan mereka. Hasil tangkapan sumber daya laut yang dijual nantinya akan menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan lain seperti askes Pendidikan, pelayanan kesehatan dan kebutuhan social lainya.
    Sementara itu, keberadaan ‘Orang Laut’ menurut hasil pencarian saya menemukan bahwa ada sekelompok masyarakat yang bermukim dipinggiran laut wilayah perairan Kepulauan Riau. Suku yang bersifat sea nomand karena keberadaanya yang hidup nomaden dengan melakukan seluruh aktifitas di atas perahu atau sampan yang beratap (kajang). Kehidupan yang berisiko karena dapat terpengaruh pada faktor cuaca maupun aksesibilitas untuk mendapatkan pelayanan. Baik itu kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan lainnya. Sejarah mencatat bahwa keberadaan mereka sangat berperan penting pada kejayaan Kesultanan Malaka, Kesultanan Johor, dan Kerajaan Sriwijaya. Tugas mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, hingga memandu para pedagang ke palabulan kerajaan-kerajaan tersebut.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Bismillah Assalamu'alaikum saya Febriana Tri Humairah Erhas akan menjwab pertanyaan tersebut

    Wilayah Pesisir dan Laut memiliki sumberdaya alam yang dapat di manfaatkan, salah satunya menjadikan objek wisata bahari, berbagai jenis organisme yang ada didaerah itu dapat menjadi nilai jual seperti terumbu karang, hutan bakau, lamun serta adanya keindahan pantai. Disaat Indonesia mengalami masa krisis berkepanjangan sector pariwisata merupakan salah satu aset negara dalam menanggulangi masalah tersebut. Dengan pemanfaatan dan pengembangan wilayah pesisir kita dapat konstribusi yang positif yaitu menjadikan wilayah pesisir dan laut sebagai kawasan wisata bahari.

    Wisata bahari merupakan suatu bentuk wisata potensial. Daerah dapat dikatakan berhasil menjadi tempat wisata bahari apabila memenuhi berbagai komponen terkait dengan kelestarian lingkungan alami, kesejahteraan penduduk yang mendiami wilayah tersebut, kepuasan pengunjung yang menikmatinya dan keterpaduan komunitas dengan area pengembangannya.

    "Orang laut" merupakan berbagai suku atau kelompok yang bertempat tinggal disekitaran laut, serta mengandalkan laut untuk hidup dengan bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka membangun rumah atau bermukim di atas perahu.

    ReplyDelete
  6. Nama : KETRIN
    Nim : S.0020.P2.057


    Laut digunakan pula sebagai wilayah permukiman oleh Suku Bajo, hal ini dapat
    dikaitkan dengan konsepsi masyarakat suku
    Bajo tentang ruang, sebagaimana yang
    dikemukakan oleh Dadang A. Suriamihardja4
    bahwa suku Bajo menganggap lautan sebagai

    (1) ruang kebersamaan untuk menjaga
    hubungan di antara sesame, dan bekerja samdengan pihak lain untuk mencapai tujuan
    bersama;
    (2) ruang kekeluargaan untuk menjaga agar tidak saling mengganggu dan merugikan, sehingga mampu menerapkan strategi adaptif dalam mengatasi problematika yang dihadapi;
    (3) ruang persatuan untuk saling menolong, member dan menerima, dalam berbagai aktivitas di laut di antara sesame mereka. Dalam makna seperti ini, ruang bagi suku Bajo tetap berada pada kondisi pra-permukiman, yaitu kondisi perkelanaan, yang ternyata diperlukan sebagai bukti kedaulatan.
    Masyarakat Bajo adalah masyarakat nelayan yang hidup, tumbuh dan berkembang di wilayah perairan pesisir, yang memulai kehidupannya dengan mengembara di lautan dan melakukan segala aktifitasnya di atas perahu hingga bermukim di atas air. Suku bajo adalah suku yang menggembara laut. Suku Bajo memandang laut sebagai penghubung dan bukannya pemisah. Hal ini memberi perspektif baru bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan yang menghubungkan laut, bukan dipisahkan. Motto yang sering didengar di kalangan suku Bajo adalah “Di lao’denakung Ku’yang berarti lautan adalah Saudaraku. Oleh karenanya, lautan adalah tempat hidup dan mencari nafkah.

    ReplyDelete
  7. Nama : felmi yamin
    NIM : S.0020.P2.029

    Bismillah
    Laut adalah bagian penting dalam kehidupan manusia dan memiliki banyak manfaat antara lain :

    1. Sebagai sumber mata pencaharaian, Banyak masyarakat pesisir menggantungakan hidupnya dari kegiatan penangkapan ikan dan sumber makanan lain dari laut

    2. Sebagai jalur transportasi, laut di manfaatkan sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain pengangkutan lewat jalur laut dengan kapal dapat mengangkut barang dalam jumlah banyak pada jarak yang jauh

    3. Sebagai tempat wisata, laut merupakan tempat wisata yang sangat populer. kawasan laut yang banyak di kunjungi adalah wilayah pantai dan terumbu karang.

    Sementara itu, dari hasil yang saya dapatkan bahwa "orang laut" adalah suku bangsa yang menghuni kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah "orang laut" mencakup berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai.

    Secara historis orang laut dulunya adalah perampok, tetapi berperan penting dalam kejayaan sriwijaya, kesultanan malaka dan kesultanan johor. Mereka menjaga selat- selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan kerajaan-kerajaan tersebut dan mempertahankan hagemoni mereka di daerah tersebut.

    ReplyDelete
  8. NAMA : NUR HAYSAH
    NIM : S. 0020.P2.090
    Seperti yang telah kita ketahui, perairan mendominasi wilayah bumi ini dibandingkan daratan. Oleh karena itu pemanfaatan lautan sangat penting untuk membantu kesejahteraan hidup.
    Salah satu contoh dari banyaknya pemanfaatan laut yaitu sebagai jalur transportasi, sebab seperti yang kita ketahui bersama didunia ini daratan tidak menyambung satu sama lain. Otomatis hal ini memjadikan laut sebagai salah saty jalur transportasi yang menghubungkan antar pulau satu dengan pulau lainnya. Dengan hal ini dapat memudahkan masyarakat dalam berpergian serta dapat bermanfaat dalam mengembangkan usaha transportasi laut yang dapat membantu ekonomi masyarakat.
    Kemudian mengenai suku laut/orang laut. Mereka merupakan suku yang terdapat dikepulauan ria yang mana sering disebut orang selat, mereka merupakan masyarakat yang hidup diatas perahu yang hidupnya berpindah-pindah berdasarkan kondisi dan merupakan orang-orang yang hidupnya bergantung dengan laut terutama sebagai mata pencarian. Orang laut ini walau sering disebut sebagai perompak namun nyatanya menurut sejarah mereka membantu kerajaan zaman dahulu (Sriwijaya) dalam hal menjadi prajurit, mereka juga menjaga ketertiban perairan yang mana mengusir semua kapal-kapal dagang saingan sultan johor pada masanya.

    ReplyDelete
  9. Halfia
    S. 0020. P2. 035

    Keberadaan populasi manusia yang banyak di dekat laut sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis pemanfaatan sumberdaya yang terdapat di laut itu sendiri. Berbagai komunitas kehidupan yang terdapat di laut, atau yang dikenal dengan ekosistem, memberikan manfaat yang beragam bagi manusia. Manfaat yang diperoleh tersebut berkembang dari waktu ke waktu seiring berkembangnya pengetahuan manusia dan kemampuannya memanfaatkan potensi yang ada.

    Pemanfaatan sumberdaya laut baik di pesisir, di permukaan air, di kolong maupun di bawah laut sudah berlangsung sejak dahulu kala, Laut dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhannya. Laut menjadi sumber pangan bagi manusia dan sekaligus menjadi penghubung antara satu daratan dengan daratan lainnya. Hal inilah yang mungkin menyebabkan kawasan yang paling dominan disenangi oleh manusia untuk bermukim pada awalnya juga adalah pinggir laut. Tidak heran jika kota-kota besar di dunia bahkan di Nusantara pada umumnya berada di pinggir laut. Kondisi ini menyebabkan jumlah populasi manusia terbanyak juga cenderung berada di pemukiman dekat laut.

    Manfaat yang diperoleh manusia dari laut di antaranya manfaat dari segi pangan. Laut memberikan ikan dalam berbagai jenis dan ukuran yang dapat ditangkap oleh manusia sesuai dengan alat yang dipergunakannya. Selain ikan, laut juga menyediakan udang, kepiting, kerang-kerangan, dan berbagai spesies yang bisa dikonsumsi. Laut juga menyediakan bahan pangan dari tumbuhan laut yakni rumput laut, alga dan anggur laut. Bahan pangan tersebut ada yang bisa langsung dikonsumsi oleh manusia, ada pula yang dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan.

    ReplyDelete
  10. Nur Alim
    S.0020.P2.089
    Sebagai pembangkit listrik
    Selain karena keindahannya yang menjadikan laut sebagai tempat wisata yang sangat diminati, laut juga merupakan salah satu tempat yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa listrik (yang merupakan faktor utama yang mempermudah kehidupan manusia) ini dihasilkan oleh berbagai hal dari alam. Listrik ini dapat dihasilkan dari berbagai faktor, seperti aliran air (Pembangkit listrik tenaga air), angin (Pembangkit listrik tenaga angin), uap (Pembangkit listrik tenaga uap), dan juga nuklir (Pembangkit listrik tenaga nuklir).

    Dari sekian banyak pembangkit listrik ini maka kita akan mengetahui bahwa beberapa diantaranya dimiliki oleh laut dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Laut yang mempunyai ombak, maka ombak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pemabngkit listrik. Selain ombaknya, angin yang ada di daerah laut memiliki kekuatan yang cukup besar, sehingga angin tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin yang dapat digunakan untuk membangkitkan listrik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jika dikelola dengan baik maka hal ini akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyrakat luas.

    "orang laut" adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup. Seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yang dibangun di atas laut. Bahkan banyak di antaranya yang menghuni rumah perahu.

    Pekerjaan sehari-hari mereka umumnya nelayan atau pencari ikan di sekitar pantai atau menjaring ikan pelagis (ikan gerombolan). Sebagian di antara mereka dikenal sebagai penyelam handal untuk mencari mutiara. Mereka juga dikenal sebagai pembuat perahu yang handal dan pedagang berbagai tangkapan dari laut. Karena keahlian mereka berenang dan menyelam mereka sering diambil sebagai anak buah kapal dan yang terkenal dari profesi mereka adalah menjadi bagian dari kelompok bajak laut.

    ReplyDelete
  11. Miranda sari
    S.0020.P2.073

    Laut adalah ajang untuk mencari kehidupan bagi kedua kelompok masyarakat. Dari laut dapat dieksploitasi sumber daya biota dan abiota, serta banyak kegiatan kemaritiman yang menjanjikan dan memesona. Inilah yang mendorong kedua kelompok masyarakat itu menuju laut. Pada mulanya bertujuan mencari hidup dan mempertahankan hidup, pada akhirnya bertujuan mengembangkan kesejahteraan, atau dengan kata lain membangun kejayaan dan kekayaan dari kegiatan kemaritiman. Fenomena ini pada akhirnya membentuk karakter bangsa pelaut, seperti lahirnya Kadtuan rwijaya, Kerajaan Mlayu, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Makassar.

    Laut memang merupakan media pemersatu karena melalui laut orang dari berbagai bangsa melakukan interaksi dengan berbagai macam aktivitas. Melalui laut orang dari berbagai bangsa menjalankan aktivitas perekonomian melalui “jasa” pelayaran antar benua atau antar pulau. Sejak awal tarikh Masehi, laut Nusantara telah diramaikan oleh kapal-kapal dari berbagai penjuru dunia. Dengan sarana transportasi air itu, komoditi perdagangan dibawa dari satu tempat ke tempat lain untuk diperdagangkan.

    ReplyDelete
  12. AAN NOVIA
    S.0020.P2.001

    Indonesia adalah negara yang sebagian wilayahnya berupa lautan sehingga di sebut dengan negara maritim dengan potensi kelautan yang luas ,salah satunya adalah Potensi hasil laut Sulawesi Tenggara yang sangat menjanjikan diberbagai pengembangan ekonomi skala kecil, menengah dan skala besar secara geografi wilayah Sulawesi Tenggara 75 persen adalah wilayah laut, Dengan 651 pulau dan 361 pulau diantaranya telah memiliki nama, dan 86 pulau yang berpenghuni, 39 persen diantaranya penduduk Sultra bermukim di kepulauan dengan memanfaatkan sumber daya laut yang ada untuk memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup masyarakat pesisir . Kekayaan sumber daya alam laut yang beragam baik dari ikan laut yang bertujuan untuk menggali kekayaan yang sangat di manfaatkan bagi warga penghuni suatu pulau Untuk menciptakan ekonomi kelautan yang berdaya saing, adil dan berkelanjutan serta mewujudkan kesejahteraan seluruh pelaku usaha secara adil, pertumbuhan ekonomi tinggi serta ketersediaan bahan baku untuk berbagai industri serta menjaga Kelestarian ekosistem perairan, Penerapan teknik penanganan dan transportasi produk perikanan tangkap maupun perikanan budidaya ke konsumen termasuk pasar ekspor.
    Penguatan dan pengembangan teknik dan pendekatan pemasaran produk perikanan, baik pasar domestik maupun ekspor juga menentukan pendapatan bagi pelaku usaha bidang perikanan dan kelautan khususnya warga pesisir yg mengantungkan hidupnya sebagai nelayan .

    #orang laut merupakan mereka yang tinggal atau bermukim di suatu pulau dengan memanfaatkan ekosistem yang ada untuk kelangsungan hidup mereka .

    ReplyDelete
  13. Laut adalah sebuah perairan asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan.Dalam arti yang lebih luas, "laut" adalah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama. Laut mempengaruhi iklim Bumi dan memiliki peran penting dalam siklus air, siklus karbon, dan siklus nitrogen. Meskipun laut telah dijelajahi dan diarungi sejak zaman prasejarah, kajian ilmiah modern terhadap laut yaitu oseanografi baru dimulai pada masa ekspedisi HMS Challenger dari Britania Raya pada tahun 1870-an.[3] Laut pada umumnya dibagi menjadi lima samudra besar yang meliputi empat samudra yang diakui Organisasi Hidrografi Internasional (Samudra Atlantik, Pasifik, Hindia, dan Arktik) dan Samudra Selatan.

    ReplyDelete
  14. NAMA : EKO FEBRIANTO
    NIM : S.0020.P2.024
    MAHASISWA NON REGULER B / KELAS A

    Assalamu'alaikum...Saya akan menjawab pertanyaan diatas !!!

    Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki perairan yang lebih luas daripada daratan. Kontak budaya dan sejarah yang panjang telah banyak menghasilkan tinggalan budaya, khususnya yang berada di laut. Tinggalan budaya ini belum banyak terungkap dan tentunya masih mengandung banyak informasi terkait dengan sejarah dan kebudayaan Bangsa Indonesia.

    Sumber daya laut adalah sumber daya yang meliputi, ruang lingkup yang luas yang mencangkup kehidupan laut (flora dan fauna, mulai dari organisme mikroskopis hingga paus pembunuh dan habitat laut) mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pasang surut dipantai dataran tinggi dan daerah muara yang luas. Berbagai orang memanfaatkan dan berinteraksi dengan lingkungan laut mulai dari pelaut, nelayan komersial, pemanen kerang, ilmuwan dan lain-lain. Dan digunakan untuk berbagai kegiatan baik rekreasi, penelitian, industri dan kegiatan lain yang bersifat komersial.

    Pemanfaatan Sumber Daya Laut itu sendiri yaitu Laut juga termasuk yang banyak sekali memiliki berbagai sumber yang bisa digunakan atau dimanfaatkan bagi manusia yang diantaranya seperti :

    1. Sebagai Sumber Mineral
    - Garam untuk dapat digunakan untuk keperluan seperti bahan masakan.
    - Karbonat diambil dari sebangsa lumut ( potash )
    - Fosfat berasal dari tulang-tulang ikan dan kotoran burung yang makanannya ikan bisa dimanfaatkan untuk pupuk.
    - Sumber minyak dilepas pantai bisa ditemukan dilaut Jawa, Sumatera, Malaka. Laut Sulawesi dan Laut Cina Selatan.

    2. Sebagai Sumber Daya Nabati
    - Rumput laut yang dibudidayakan di wilayah lautan dangkal bisa digunakan untuk bahan pembuatan agar-agar.
    - Tumbuhan laut untuk makanan ikan, yaitu plankton, nekton, phytoplankton dan benthos. Kehidupan didalam laut ternyata tidak banyak berbeda dengan keadaan didarat, dilaut juga terdapat makhluk hidup yang terdiri atas tumbuhan laut dan hewan laut.

    Kemudian yang disebut dengan Orang Laut atau juga disebut Suku Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai SumatraTimur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.

    Sementara itu, sebutan lain untuk Orang Laut adalah Orang Selat. Orang Laut kadang-kadang dirancukan dengan suku bangsa maritim lainnya, Orang Lanun.

    Secara historis, Orang Laut dulunya adalah perompak, tetapi berperan penting dalam Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Malaka dan Kesultanan Johor. Mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan Kerajaan-kerajaan tersebut, dan mempertahankan hegemoni mereka di daerah tersebut.

    Terima Kasih ๐Ÿ™
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  15. Nama: Sri Wahyuni lamambo
    Nim : s0020P2134
    Mahasiswa non reg

    Sebagian besar penduduk pesisir pantai menggantungkan hidupnya kepada hasil laut sebagai seorang nelayan. Setiap hari mereka pergi menangkap ikan setelah itu hasilnya mereka jual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

    Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi manusia karena mengandung protein hewani yang sangat tinggi dibandingkan dengan sumber protein yang lain.

    Seharusnya kita harus banyak mengonsumsi ikan, hal ini termasuk usaha untuk memperbaiki gizi masyarakat untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang.

    Ini manfaat laut
    Menurut saya orang laut adalah orang Yang tinggal di daerah pesisir di seluruh Indonesia dan menurut saya orang laut itu berasal dari kepulauan Riau lebih tepatnya pada masa kerajaan Sriwijaya awal nya di miliki oleh suku Talaud yang lambat laun tergantikan oleh suku bugis

    ReplyDelete
  16. Nama: muli yati
    Kelas: A

    Menurut saya pemanfaatan wilayah laut ada beberapa hal sebagai berikut:
    1. Sektor pariwisata
    Kita ketahui bersama bahwa sebagian besar sektor pariwisata paling banyak di Indonesia adalah wilayah laut seperti pantai, laguna, terumbu karang, selat, teluk, paling dan lain-lain.
    2. Sektor ekonomi
    Wilayah lautan bukan hanya pesonanya yang menganggumkan tetapi merupakan tempat strategis untuk beberapa bisnis seperti bisnis peternakan lobster, bisnis perkapalan, dan sebagainya. Selain itu beberapa nelayan bergantung pada laut untuk mata pencaharian.
    3. Sektor lalu lintas laut
    Dari zaman purbakala laut dikenal sebagai jalur untuk menghubungkan antar pulau. Di jaman modern ini pun masih ada karena jalur laut merupakan alternatif untuk lalu lintas selain udara dan darat.
    4. Sektor kesehatan
    Dijaman modern ini ada beberapa penelitian yang memanfaat laut untuk salah satu alternatif terapi pemulihan. Contohnya beberapa rumah sakit besar di negara2 maju menerapkan terapi berendam dipantai pagi hari pada pasien stroke.

    Dan menurut saya "orang laut" adalah salah satu suku di kepulauan riau Indonesia yang mengandalkan laut sebagai mata pencaharian dengan cara membajak kapal-kapal dari malaka.

    Terimah kasih
    ูˆَุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

    ReplyDelete
  17. Mawar Marwati
    S0020. P2. 068

    Umumnya laut adalah perairan yang memiliki kekayaan yang sangat berharga khususnya masyarakat yang bertempat tinggal di area tersebut yang biasa disebut orang bajo/ masyarakat suku bajo.
    Sejak dahulu hingga sekarang orang bajo memandang sebagai sumber kehidupan ekonomi-sosial-ekologis-budaya/kultur & sebagai tempat bermukim.

    ReplyDelete
  18. Nama:Ruspita Triningsih
    Nim:S.0020.P2.106
    Mahasiswa Non Reg B kelas A

    Laut adalah sekumpulan air yang sangat luas dpermukaan bumi,memisahkan atau menghubungkan pulau dengan benua atau pulau lainnya.

    Menurut saya contoh pemanfaatan laut Yaitu:
    1.Tempat rekreasi dan hiburan
    2.Sebagai sumber bahan makanan contohnya ikan,garam,rumput laut.
    3.Pembangkit listrik
    4.Tempat budidaya trumbu karang
    5.Sebagai jalur Transportasi Air
    6.Tempat barang tambang berada
    7.Sebagai objek riset penelitian dan pendidikan.

    Adapun suku yang di beri julukan "orang laut" adalah suku bajo,suku yang bersetubuh dengan laut sejak dulu.Suku bajo kini tersebar di timur Kalimantan,Sulawesi,Nusa tenggara hingga Filipina.

    ReplyDelete
  19. Nama : Anwar
    Nim : S.0020.P2.010
    Kelas: A (Non Reguler 2020)

    Jawab : Salah satu manfaat laut yaitu sumber mata pencaharian bagi nelayan.
    Nelayan butuh banyak hal, tidak ada bedanya manusia lain untuk kehidupannya. Mereka butuh rumah,biaya pendidikan dan banyak hal lainnya dan mereka bisa menemukan sumbernya di laut.
    Mereka bisa menukarkan hasil tangkapannya dalam berbagai bentuk, seperti ikan, cumi, udang, dengan uang yang bisa di pakainya untuk biaya membayar sekolah anak atau memperbaiki rumah. Dan pada intinya laut menjadi gantungan hidup bagi nelayan untuk memperbaiki kesejahteraannya.
    Dan, bukan hanya mereka saja, banyak juga orang memanfaatkan laut sebagai wisata atau liburan.
    Masalahnya adalah pencemaran laut yang tidak terkontrol, juga menggerus sumber kalangan ini. Dari penjelasan ini kita bisa liat bahwa laut sangat bermanfaat bagi semua orang dan khususnya bagi para nelayan.

    SEKIAN DAN TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  20. Kasiman sya
    S.0020.P2.055

    Laut menyediakan 97% dari keseluruhan kehidupan di bumi didalamnya terkandung berbagai sumber daya alam, baik sumber daya hayati maupun sumber daya non hayati serta termasuk jasa-jasa kelautan yang umumnya secara merata terkandung di seluruh kawasan laut didunia, sehingga tepat apabila laut dikatakan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam kehidupan umat manusia sejak jaman dahulu sampai sekarang dan lebih-lebih lagi untuk masa yang akan datang.

    Sudah Sejak lama manusia telah memamfaatkan laut namun, pemamfaatan sumber-sumber daya yang terkandung dilaut pun tenrunya berkembang sesuai dengan kemampuan manusia itu sendiri. Salah satu bentuk pemamfaatan laut yang tertua usianya adalah fungsinya sebagai media penghubung antara satu tempat dengan tempat lainnya, karena teknologi yang termaju saat peradaban itu baru mencapai tingkat kemampuan pembuatan perahu-perahu/kapal-kapal layar sederhana
    Pada masa ini pemamfaatan laut memiliki banyak mamfaat kepada manusia untuk keberlangsungan hidup, melindungi laut agar mamfaatnya tetap dapat kuta nikmati bukanlah sebuah pilihan, tetapi kewajiban,dengan melindungi ekosistem laut beserta keanekaragaman hayati didalamnya berarti kita melindungi diri sendiri.

    ReplyDelete
  21. Nama:Zayati
    Nim:S.0020.P2.134
    Mahasiswa Non Reguler B/Kelas A

    Wilayah laut yang luas dengan potensi sumber daya yang menjanjikan dan banyaknya masyarakat nelayan yang terlibat menempatkan perikan menjadi bidang dengan prospek yang menantang untuk dikembangkan secara lebih profesional.Pembangunan perikanan termasuk budidaya laut perlu ditingkatkan baik secara sarana, prasarana maupun sumber daya manusianya sehingga potensi biota laut dapat dimanfaatkan secara optimal dengan tetap memperhatikan kelestarian daya dukungnya.Pembangunan perikanan juga ditujukan untuk terwujudnya industri perikanan yang mandiri di dukung dengan usaha yang mantap dalam pengelilaan, penangkapan, budidaya laut, pengolahan dan pemasaran agar hasilnya sesuai dengan potensi lestari sekaligus meningkatkan taraf hidup nelayan.

    Laut juga termasuk yang banyak sekali memiliki berbagai sumber yang bisa digunakan atau dimanfaatkan bagi manusia yang diantaranya seperti:
    1.sebagai sumber mineral
    a.garam dapat digunakan untuk
    keperluan seperti bahan masakan.
    b.karbonat diambil dari sebangsa
    lumut.
    c.fosfat berasal dari tulang-tulang
    ikan dan kotoran burung yang
    makanannya ikan bisa dkmanfaatkan
    untuk pupuk.
    d.sumber minyak dilepas pantai bisa
    ditemukan dilaut
    Jawa,Sumatera,Malaka,Laut Sulawesi
    dan Laut Cina Selatan.
    2.Sebagai sumber daya nabati
    a.Rumput laut
    Secara tradisional rumput laut
    dimanfaatkan olehnmasyarakat pesisir
    terutama sebagai bahan
    pangan,seperti untuk
    lalapan,sayur,acar,manisan,kue dab
    dimanfaatkan sebagai
    obat.Pemanfaatan rumput laut untuk
    industri terutama oleh kandungan
    senyawa kimia didalamnya khususnya
    karagen,agar dan algin.
    b.Tumbuhan laut untuk makanan ikan,
    yaitu plankton,nekton,phytoplankton
    dan benthos.Kehidupan didalam laut
    ternyata tidak banyak berbeda dengan
    keadaan didarat,dilaut juga terdapat
    makhluk hidup yang terdiri atas
    tumbuhan laut laut dan hewan laut.

    Orang laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau,Indonesia.Secara lebih luas istilah Orang Laut mencangkup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim dipulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga,Pulau Tujuh,Kepulauan Batam dan pesisir dilepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.
    Secara historis,Orang Laut dulunya adalah perompak tetapi berperan penting dalam Kerajaa Sriwijaya,Kesultanan Malaka dan Kesultanan Johor.Meraka menjaga selat-selat,mengusir bajak laut,memandu para dagang ke pelabuhan kerajaan-kerajaan tersebut dab mempertahankan hegemoni mereka didaerah tersebut.
    Orang Laut memegang peranan penting dalam mendukung kejayaan kerajaan-kerajaan di Selat Malaka. Pada zaman Sriwijaya mereka berperan sebagai pendukung imperium. Dengan klaim sebagai keturunan raja-raja Sriwijaya sultan Malaka berhasil mendapatkan dukungan dan kesetiaan Orang Laut.Sewaktu Malaka jatuh mereka meneruskan kesetiaan mereka kepada keturunan sultan Malaka yang kemudian mendirikan Kesultanan Johor. Saat Belanda bermaksud menyerang Johor yang mulai bangkit menyaingi Malaka--yang pada abad ke-17 direbut Belanda atas --Sultan Johor mengancam untuk memerintahkan Orang Laut untuk menghentikan perlindungan Orang Laut pada kapal-kapal Belanda.

    Terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿ™

    ReplyDelete
  22. Nama : SUNARYA
    Nim : S.0020.P2.121

    Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dan sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Ada dua macam perairan yaitu perairan laut dan perairan darat.

    Perairan laut memiliki wilayah yang paling luas karena Indonesia termasuk negara yang diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

    Sedangkan perairan darat contohnya seperti danau, sungai, rawa, waduk dan lain-lain. Dengan laut yang luas, Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang perikanan.

    Laut Indonesia juga kaya dengan ikan yang beraneka ragam, mulai dari ikan yang besar sampai ikan yang kecil, dari ikan yang mahal sampai yang murah, dari ikan hias sampai ikan yang lezat untuk dikonsumsi dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  23. Nofrayanti
    S.0020.P2 085

    Bismillah,,
    Pemanfaatan laut begitu banyak sekali. Salah satunya yaitu sebagai mata pencaharian bagi para nelayan. Para nelayan sama halnya dengan manusia-manusia pada umumnya yang butuh makan, tempat tinggal, pendidikan, dan lakn sebagainya. Oleh karena itu, hasil tangkapan nelayan berupa udang, ikan, cumi dan lain sebagainya dapat mereka tukarkan agar bisa dipakai untuk membeli makanan, biaya sekolah anak dan lain sebagainya.
    Tidak hanya nelayan, sebut saja mereka yang menyewakan ban kepada para wisatawan, instruktur selancar air, pengajar kursus diving dan lain sebagainya. Semua mencari nafkah dari laut. Tanpa laut, profesi-profesi itu takkan ada.
    Sedangkan orang laut atau biasa disebut suku laut adalah suku bangsa yang menghuni kepulauan Riau, Indonesia. Di wilayah laut lain seperti Sulawesi, kelompok yang masuk kategori orang laut juga dikenal dengan berbagai nama. Seperti Bajau atau Bajo, Sama, Sama dan Samal Laut.

    ReplyDelete
  24. Hasnani
    S.0020.P2.037

    Laut sangat bermanfaat bagi manusia yaitu sebagai sumber pangan. Di laut kita bisa menemukan makhluk hidup seperti Ikan,Udang,Cumi-cumi,Rumput laut.Dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yang mengandung banyak protein di dalam laut, laut adalah sumber pangan yang sangat dibutuhkan manusia. Hal itu sudah disadari sejak ribuan tahun yang lalu.Apalagi kebanyakan hewan laut mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan manusia untuk tumbuh dan berkembang. Ikan dan hewan laut lainnya juga mengandung Omega 3 yang menurut ahli gizi dan kesehatan sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan manusia.Laut sudah lama juga menjadi sumber penghidupan berbagai kalangan tertentu, seperti nelayan.

    Untuk keberadaan orang laut yang saya ketahui adalah suku bajo. Suku bajo adalah sekelompok orang yang menetap di pesisir pantai, dan sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka juga sering di sebut sebagai penyelam yang handal karena kebayakn meraka bisa menyelam di kedalaman tertentu tanpa menggunakan alat bantu.

    ReplyDelete
  25. Trie Yuni Puji Lestari
    S.0020.P2.125

    Indonesia sebagai negri kepulauan terbesar di dunia, dimana indonesia memiliki hamparan laut sebesar 6,4 juta kilometer persegi atau 77℅ dari total wilayahnya. Keberadaan suku yang di beri julukan "orang laut" ialah suku bajo. Dimana Suku bajo lahir dan hidup di laut. Mereka memiliki ketangguhan mengarungi lautan sebagai bagian dari sejarah dan jati dirinya. Meski saat ini banyak yg tinggal di darat tetapi ketergantungan suku ini terhadap laut belum hilang sampe saat ini. Anak-anak mereka berteman dan bermain dengan laut, mereka hidup dan dihidupi dengan lingkungan laut. Meresap dan melekat dalam keseharian mereka tentang ada yg tradisi serta kearifan lokal untuk mengelolah ekosistem laut di bagian manapun di nusantara ini.
    Mata pencarian utama suku bajo adalah mencari ikan dengan cara yang masih terbilang tradisional, seperti memancing, memanah dan menjaring ikan. Ikan-ikan tersebut nantinya di jual kepada penduduk sekitar pesisir atau pulau terdekat. Kehidupan suku bajo memang masih terbilang sangat sederhana. Mendirikan pemukiman tetap, mungkin tak terpikir oleh mereka apabila tidak di himbau oleh pemerintah setempat.
    Beberapa suku bajo bahkan sudah mengenal teknik budi daya produk laut tertentu, misalnya lobster, ikan kerapu, udang dll. Mereka menyebut tempat budidaya sebagai tambak tetapi yg biasanya terletak tak jauh dari pemukiman. Sebagian kecil masyarakat suku bajo bahkan suda membuat rumah permanen dengan menggunakan semen dan berjendela kaca.

    ReplyDelete
  26. Bismillah
    Nama: :Andi Leni Arianti
    Nim : S.0020.P2.007
    Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan Negara kepulauan, dan sebagian penduduknya merupakan nelayan.sejrah mengajarkan bahwa berbagai perubahan di kepulauan Nusantara besar terjadi karena berbagai peristiwa yang berhubungan dengan laut.setelah kita menelaah lebih jauh kompleksitas dimensi maritime yang ada diasia tenggara khususnya Nusantara dimasa lalu hingga perkembangan terkini. Pada wilayah bermukimnya sekelompok masyarakat yang disebut “orang laut”.masyarakat pada umumnya mengenal ini adalah “orang bajo/suku bajo, kelompok ini mendiami wilayah kepulauan sulu dan bagian timur nusantara. Gambaran umum masyarakat maritimatau “orang Laut” adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup.seringkali masyarakat ini bermukim diatas laut demikian. Terima kasih

    ReplyDelete
  27. LIZANTI RIZAL
    S.0020.P2.062
    NONReg B kls A



    Banyak istilah mengenai pengertian dari suku laut, ada yang mengatakan suku laut adalah suatu kelompok masyarakat nelayan yang kehidupannya atau pekerjaannya mencari nafkah di laut seperti halnya nelayan dan tinggal di pingir laut. namun ada juga yang mengatakan bahwa suku laut adalah suatu kelompok masyarakat yang seluruh aktifitasnya di lakukan di atas laut atau sungai, seperti memasak dan sebagainya.


    Bahasa Orang Laut memiliki kemiripan dengan Bahasa Melayu dan digolongkan sebagai Bahasa Melayu Lokal. Saat ini mereka umumnya bekerja sebagai nelayan.  Dari beberapa potret mengenai suku laut, suku laut tidak hanya tergantung pada laut untuk mencari nafkah namun juga segala kehidupan mereka tergantung dengan laut, bahkan beberapa potret menunjukan bahwa perahu-perahu yang mereka  gunakan memiki fungsi sebagai alat untuk mencari nafkah dan tempat tinggal.


    Seperti suku Bajau Orang Laut kadang-kadang dijuluki sebagai "kelana laut", karena mereka hidup berpindah-pindah di atas perahu. Mereka tidak mendiami suatu pulau sebagai daerahnya, mereka selalu mengembara untuk hidup mencarai nafkah dimana laut menyiadakan, walaupun demikian suku laut juga terkadang mampir kesuatu daratan untuk bertahan dari badai dan cuaca laut yang buruk, ataupun hanya sekedar untuk menukar bahan makanan yang mereka butuhkan.

    ReplyDelete
  28. Nama:Satriani
    Nim :s 0020 P2 109
    Mahasiswa: non reg.kelas A

    Laut adalah sekumpulan air yang sangat luas dipermukaan bumi,memisahkan atau menghubungkan pulau dengan benua atau pulau lainnya

    Menurut saya contoh pemanfaatan laut yaitu:
    1.tempat rekreasi dan hiburan
    2.sebagai sumber bahan makanan contoh ikan,garam,rumput laut
    3.pembangkit listrik
    4.tempat budibaya trumbu karang
    5.sebagai jalur transportasi air
    6.tempat barang tambang

    Adapun suku yang diberi julukan" orang laut" adalah suka bajo,suku yang bersetubuh dengan laut sejak dulu,suku bajo kini tersebar ditimur klimantan,Sulawesi,Nusa tenggara hingga filipina

    ReplyDelete
  29. Nama sanra supian rasa
    Nim S.0020.P2.108
    SI keperawatan 2020/2021

    Kita ketahui negara kita Indonesia dikenal dengan negara Maritim ..dimana pulaunya berjumlah kurang lebih 17.504 pulau yg tersebar di 34 propinsi di Indonesia.

    Dilautan indonesia yg sangat luas ini sangat banyak menghasilkan sumber alam seperti ikan yg sangat banyak dan berbagai ragam bentuknya ,rumput laut,minyak sehingga menjadi tempat untuk mencari nafkah...krn banyaknya sumber alam didalam laut menyebabkan berbagai permasalahan2 seperti adanya bajak laut dimana orang laut ini yg sula merampas hasil2 atau muatan kapal.

    ReplyDelete
  30. Nama : Muh Afdal Ramadhan
    Nim : S.0020.P2.075

    Laut memiliki banyak fungsi/peran/manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena di dalam dan di atas laut terdapat kekayaan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan.

    Berikut beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia.

    1. Tempat Rekreasi dan Hiburan
    2. Pembangkit Listrik
    3. Tempat hidup sumber makanan kita
    4. Tempat budidaya
    5. Sebagai jalur transportasi air
    6. Sebagai tempat cadangan air di bumi
    7. Salah satu sumber air minum
    8. Tempat barang tambang berada
    9. Sebagai objek riset penelitian dan pendidikan

    Adapun suku yg disebut orang laut adalah
    Suku bajo yaitu suku yg sudah lama mendiami laut sejak dulu,yg dimana sudah tersebar di berbagai tempat

    ReplyDelete
  31. Nama:indrawan eksal s.
    Nim: s. 0020.P2.045
    ·

    70 persen permukaan Bumi kita terdiri dari lautan, dan telah sejak lama lautan memberikan manfaat bagi manusia dan makhluk lain yang hidup di Bumi. Lebih dari itu, lautan ternyata menyimpan segudang manfaat lain yang mungkin belum banyak orang ketahui, dan tampaknya kita perlu menjaga laut untuk kelangsungan hidup di masa depan.



    Lantas, mengapa laut menjadi hal yang penting untuk kita? Berikut lima alasan kenapa manusia perlu menjaga laut untuk masa depan

    1. Membantu kita bernapas

    Manfaat laut ada dalam organisme yang hidup di dalamnya, salah satunya adalah fitoplankton. Organisme kecil ini bertanggung jawab atas setidaknya 50 persen oksigen yang ada di Bumi.

    Laiknya tanaman yang tumbuh di darat, fitoplankton juga mengandung klorofil untuk menangkap sinar matahari guna fotosintesis, dan mengubahnya menjadi energi yang mereka butuhkan. Mereka juga menghasilkan oksigen dari fotosintesis tersebut.

    Selain itu, fitoplankton juga mengonsumsi karbon dioksida. Organisme ini mentransfer sekitar 10 gigaton karbon dari atmosfer ke lautan di setiap harinya.

    ReplyDelete
  32. Nama : mediawati
    Nim : s.0020.p2.069
    Republik Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam suku, bahasa, dan budayanya. Secara fisik antar satu budaya dan budaya lain dipisahkan oleh laut. Namun dari sisi kemaritiman pemisahan itu tidak pernah ada karena seluruh perairan yang ada di Nusantara adalah pemersatu yang mengintegrasikan ribuan pulau yang terpisah-pisah. Dalam proses perkembangannya tingkat integrasi dapat berbeda-beda baik secara geografis maupun secara politis, ekonomis, sosial dan kultural.

    Di negara yang disebut Indonesia berdiam sebuah bangsa besar yang mendiami wilayah dan negara kepulauan, bangsa yang multikultur yang di dalamnya ada dua kelompok kehidupan, yaitu kelompok masyarakat yang mendiami wilayah pesisir dan kelompok masyarakat yang mendiami wilayah pedalaman. Secara sadar atau tidak, kedua kelompok masyarakat ini hidup dalam sebuah ketergantungan akan laut. Semuanya itu kembali pada konsep hidup dan kesadaran ruang hidup yang berasal dari heterogenitas tadi. Kemudian dalam sejarahnya, juga tercatat antagonis hasrat untuk saling mengendalikan dari kedua kelompok besar itu sendiri. Kelompok yang tinggal di darat berusaha untuk mengendalikan pesisir dengan segala upaya untuk mendapatkan hasil dari laut, dan juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  33. Nama ardiansyah
    Nim s.0020.p2.011

    Banyak orang tidak mengetahui bahwa lautan memainkan peran vital dalam udara yang kita hirup.

    Padahal, 50 persen oksigen di Bumi berasal dari fitoplankton, organisme seperti tanaman yang hidup di lautan.

    Fitoplankton memiliki klorofil yang mereka gunakan untuk mendapatkan cahaya matahari dan berfotosintesis.


    Dalam proses ini, fitoplankton juga menghasilkan oksigen.

    Selain itu, fitoplankton juga mengonsumsi karbon dioksida, dan memindahkan sebanyak 10 gigaton karbon dari atmosfer ke dalam lautan setiap tahunnya.Di negara yang disebut Indonesia berdiam sebuah bangsa besar yang mendiami wilayah dan negara kepulauan, bangsa yang multikultur yang di dalamnya ada dua kelompok kehidupan, yaitu kelompok masyarakat yang mendiami wilayah pesisir dan kelompok masyarakat yang mendiami wilayah pedalaman. Secara sadar atau tidak, kedua kelompok masyarakat ini hidup dalam sebuah ketergantungan akan laut. Semuanya itu kembali pada konsep hidup dan kesadaran ruang hidup yang berasal dari heterogenitas tadi. Kemudian dalam sejarahnya, juga tercatat antagonis hasrat untuk saling mengendalikan dari kedua kelompok besar itu sendiri. Kelompok yang tinggal di darat berusaha untuk mengendalikan pesisir dengan segala upaya untuk mendapatkan hasil dari laut, dan juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  34. Nama : I nyoman juliana
    Nim : s. 0020.p2.136

    Salam sehat,

    Menurut saya salah satu contoh lain dari pemanfaatan laut adalah sebagai sumber energi,Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki laut yang sangat luas dengan garis pantai yang sangat panjang. Menurut data Badan Informasi Geospasial (BIG), total panjang garis pantai Indonesia mencapai 99.903 Km dan –tentu—tersebar di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Jika semua benda menyimpan energi potensial seperti yang disampaikan dalam hukum kekekalan energi, maka sesungguhnya pantai pun menyimpan energi potensial yang tidak kecil.

    Pemanfaatan pantai sebagai sumber daya energi terkait langsung dengan keberadaan laut yang mengelilingi seluruh wilayah Indonesia. Disadari bersama bahwa sangat kecil kemungkinan laut akan mengalami kekeringan dan pembekuan. Jika pun hal itu terjadi, dibutuhkan waktu lama dan sebab yang tidak sederhana karena berkaitan dengan segala hal yang berada di muka bumi dan langit. Jika tidak terjadi peristiwa yang bersifat spesifik dan mempengaruhi sistem tata semessta, kemungkinan laut akan tetap ada dan energi yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.

    Sedangkan yang dimaksud dengan 'orang laut" adalah mereka yang tinggal dilaut, yang seluruh aktivitasnya dilaut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti suku bajo yang keseluruhan aktivitasnya dilautan, dimana suku ini tersebar diseluruh pulau di Indonesia.


    Terima kasih,

    ReplyDelete
  35. Bismillah..
    Nama: Rahmadani
    Nim : S.0020.P2.095

    Manfaat laut bagi kehidupan manusia dan berbagai jenis satwa, tumbuhan, ekosistem, sesungguhnya tidak dapat diragukan lagi. Laut bukan bagian terpisahkan dari berbagai jenis kehidupan, lingkungan, ekosistem di bumi. Semuanya saling terkait. Kerusakan lingkungan laut akan menyebabkan kerusakan lingkungan lainnya. Menjaga agar ekosistem laut tetap sehat, berkelanjutan adalah satu-satunya cara agar manfaat laut bagi manusia tetap dapat dinikmati.

    Suku Laut atau sering juga disebut Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan."

    ReplyDelete
  36. Nama : Hasruddin
    Nim : S.0020.P2.039
    Manfaat laut bagi kehidupan manusia dan berbagai jenis satwa, tumbuhan, ekosistem, sesungguhnya tidak dapat diragukan lagi. Laut bukan bagian terpisahkan dari berbagai jenis kehidupan, lingkungan, ekosistem di bumi. Semuanya saling terkait. Kerusakan lingkungan laut akan menyebabkan kerusakan lingkungan lainnya. Menjaga agar ekosistem laut tetap sehat, berkelanjutan adalah satu-satunya cara agar manfaat laut bagi manusia tetap dapat dinikmati.

    Lautan merupakan sumber penting bagi umat manusia. Mereka meliputi tiga perempat dari planet kita. Sebesar 97% air di planet bumi berada di lautan. Laut menghasilkan lebih dari setengah oksigen di atmosfer, menyerap karbon lebih banyak dibandingkan daratan.

    ReplyDelete
  37. Farib Sanjaya
    S.0020.P2.026


    Lautan merupakan sumber penting bagi umat manusia. Mereka meliputi tiga perempat dari planet kita. Sebesar 97% air di planet bumi berada di lautan. Laut menghasilkan lebih dari setengah oksigen di atmosfer, menyerap karbon lebih banyak dibandingkan daratan.
    Tidak peduli seberapa jauh hamparan pantai kita jalani, lautan masih mempengaruhi kehidupan kita, keluarga kita, teman-teman kita. Manfaat laut kita rasakan, nikmati setiap detik. Lebih dari 60 persen populasi dunia tinggal di dekat pantai. Laut menyediakan sumber mata pencaharian, rekreasi, keindahan, penemuan ilmiah, penemuan obat baru, makanan, teknologi.

    Sebutan lain untuk Orang Laut adalah Orang Selat. Orang Laut kadang-kadang dirancukan dengan suku bangsa maritim lainnya, Orang Lanun.

    Secara historis, Orang Laut dulunya adalah perompak, tetapi berperan penting dalam Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Malaka dan Kesultanan Johor. Mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan Kerajaan-kerajaan tersebut, dan mempertahankan hegemoni mereka di daerah tersebut.

    ReplyDelete
  38. Nama :Dandi febrian
    Nim :S.0020.P2.016
    Seperti yang kita ketahui negara Indonesia adalah negara yang terletak di gugusan rangkaian kepulauan pada dangkalan sunda dan sahul tepatnya terletak pada 6⁰ LU dan 11⁰ LS dan tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu negara yang dilewati garis equator. Negara-Negara yang terletak pada garis equator ini dapat dikatakan memiliki lebih dari sebagian besar spesies flora dan fauna yang ada di dunia. Negara Indonesia yang terletak di sekitar garis katulistiwa dan termasuk salah satu negara yang berbentuk kepulauan, dengan bentuk Negara Kepulauanya Indonesia memiliki garis pantai yang dapat dibilang hampir mewakili seluruh luas Negara tersebut dan merupakan salah satu garis pantai terpanjang di dunia. Bentuk Negara Kepulauan juga memiliki keuntungan dalam luas laut teritorialnya, maupun mengenai lebarnya Zona ekonomi eksklusifnya (ZEE) Panjangnya garis pantai yang dimiliki Indonesiamengakibatkan Negara ini mempunyai potensi besar mengenai keanekaragaman hayati lautanya, ditambah Letak Indonesia yang berada di daerah tropis menambah beragamnya kekayaan maritim di Indonesia. Sehingga masyarakatnya mempunyai kesempatan lebih besar untuk dapat mengeksplor kekayaan maritimnya.

    Kekayaan maritim Indonesia memang merupakan sektor pendapatan terbesar di Indonesia jika dilihat dari luas dan keanekaragamanya . Tengok saja hampir di seluruh pantai di Indonesia terdapat perkampungan nelayan yang setiap tahunya menghasilkan berton-ton ikan dan hasil laut lainya yang dijual pada tengkulak-tengkulak besar, dan didistribusikan langsung pada masyarakat umum yang dijual pada tempat pelelangan ikan maupun pasar-pasar tradisional pada umumnya.

    ReplyDelete
  39. Nama :Dandi febrian
    Nim :S.0020.P2.016
    Seperti yang kita ketahui negara Indonesia adalah negara yang terletak di gugusan rangkaian kepulauan pada dangkalan sunda dan sahul tepatnya terletak pada 6⁰ LU dan 11⁰ LS dan tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu negara yang dilewati garis equator. Negara-Negara yang terletak pada garis equator ini dapat dikatakan memiliki lebih dari sebagian besar spesies flora dan fauna yang ada di dunia. Negara Indonesia yang terletak di sekitar garis katulistiwa dan termasuk salah satu negara yang berbentuk kepulauan, dengan bentuk Negara Kepulauanya Indonesia memiliki garis pantai yang dapat dibilang hampir mewakili seluruh luas Negara tersebut dan merupakan salah satu garis pantai terpanjang di dunia. Bentuk Negara Kepulauan juga memiliki keuntungan dalam luas laut teritorialnya, maupun mengenai lebarnya Zona ekonomi eksklusifnya (ZEE) Panjangnya garis pantai yang dimiliki Indonesiamengakibatkan Negara ini mempunyai potensi besar mengenai keanekaragaman hayati lautanya, ditambah Letak Indonesia yang berada di daerah tropis menambah beragamnya kekayaan maritim di Indonesia. Sehingga masyarakatnya mempunyai kesempatan lebih besar untuk dapat mengeksplor kekayaan maritimnya.

    Kekayaan maritim Indonesia memang merupakan sektor pendapatan terbesar di Indonesia jika dilihat dari luas dan keanekaragamanya . Tengok saja hampir di seluruh pantai di Indonesia terdapat perkampungan nelayan yang setiap tahunya menghasilkan berton-ton ikan dan hasil laut lainya yang dijual pada tengkulak-tengkulak besar, dan didistribusikan langsung pada masyarakat umum yang dijual pada tempat pelelangan ikan maupun pasar-pasar tradisional pada umumnya.

    ReplyDelete
  40. Nama: fianti
    Nim: S.0020.P2.030
    Kelas:non reg kelas A

    Salah satu media untuk menelusuru jejak jejak kemaritiman yaitu dengan mengenali serpihan serpihan budaya lokal mereka pada masa lalu sampai masa kini karena pada dasarnya setiap masyarakat mempunyai seperangkat budaya lokal.

    Sebagai masyarakat yang berbudaya laut masyarakat bajo mempunyai sejumlah pandangan yang bersifat filosofi.yang menytakan bahwa laut adalah pusat dan sumber kehidupan, serta pekarangan rumah mereka.orang bajo meyakinj bahwa mereka adalah orang orang pilihan yang ditakdirkan untuk menghuni dan menjaga laut.mereka menganggap dirinya sebagai keturuna dewa laut, yang berhak merancang dan menentukan sendiri arah kehidupannya di laut karena itu mereka tidak bisa dipisahkan dengan laut.

    Adapun alasa mengapa laut sangat penting bagi kehidupan mausia yaitu:
    1.menjadi tempat hidup keaneka ragaman hayati
    2.sebagai sumber pencahrian masyarakร t
    3.jalur transportasi laut
    4.sebagai tempat wisata
    5.benteng pertahanan alam

    ReplyDelete
  41. Nama sella pratiwi
    Kelas non reg kelas A
    Pengembangan ekowisata bahari dengan melibatkan masyarakat di sekitar lokasi wisata telah mulai dikembangkan di bidang akomodasi yaitu pondok-pondok wisata beserta kelompok masyarakat yang berada di sekitar hotel besar yang akan menyediakan berbagai produk untuk dimanfaatkan. Keterlibatan masyarakat juga perlu dikembangkan dalam bidang sarana transportsi rakyat terutama perahu-perahu tradiosinal. Agar keterlibatan masyarakat ini optimal, maka seyogyanya dilakukan pembinaan dan peningkatan kualitasnya, baik melalui penyuluhan maupun pelatihan.

    Potensi jasa lingkungan kelautan lainnya yang masih memerlukan sentuhan pendayagunaan secara profesional agar potensi ini dapat dimanfaatkan secara optimal adalah jasa transportasi laut (perhubungan laut). Betapa tidak, sebagai negara bahari ternyata pangsa pasar angkutan laut baik antar pulau maupun antar negara masih dikuasai oleh armada niaga berbendera asing. Menurut catatan Dewan Kelautan Nasional, kemampuan daya angkut armada niaga nasional untuk muatan dalam negeri baru mencapai 54,5 persen, sedangkan untuk ekspor baru mencapai 4 persen, sisanya dikuasai oleh armada niaga asing.

    ReplyDelete
  42. Nama yeni mulyani
    Nim: S. 0020. P2. 130
    Non reg akan menjawab pertanyaan.

    Manfaat perairan laut sebagai berikut:

    1. Sarana transportasi
    2. Usaha perikanan
    3. Sumber bahan tambang
    4. Pertanian laut
    5. Pendidikan dan penelitian
    6. Pelayaran
    7. Tempat olahraga dan wisata
    8. Pemanfaatan biota laut seperti bentos, nekton, dan plankton

    Hal tersebut adalah manfaat yg dpt di ambil untuk menambah perwkonomian, pendidikan dll.

    Sedangkan "orang laut"adalah masyarakat yg bermukin di daerh laut yang membutuhkan hal yg sma seperti orng yg tinggal didaerah lain mereka jga membutuhkan makan, pendidikan dan pekerjaan yang dapat menompang kehidupan mereka.

    ReplyDelete
  43. Nama: Hamka
    Nim: S.0020.P2.036
    Laut juga mempunyai fungsi atau menfaat sebagai jalur transportasi air. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di Dunia ini, daratannya tidak menyambung antara satu dengan yang lainnya. Hal ini secara otomatis akan menjadikan laut sebagai salah satu jalur transportasi yang menguhububngkan antara satu pulau dengan pulau yang lainnya. Begitu pula di negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan sekaligus negara maritim.

    Wilayah kelautan Indonesia (baca: fungsi batas kelautan ZEE) ini sangat luas dan bahkan lebih luas daripda daratannya. Oleh karena itulah untuk mencapai ke suatu pulau dari pulau lainnya maka akan selalu melewati laut. Maka dari itulah kita seringkali menyeberang selat jika ingin bepergian ke pulau lain. Nah, fungsi seperti inilah yang mejadikan laut memiliki fungsi sebagai jalur transportasi. Hal ini berarti laut dapat mempermudah usaha penyeberangan manusia atau usaha transportasi manusia jika ingin bepergian ke tempat yang lainnya dan berada di lain pulau.

    ReplyDelete
  44. Nama : Dwy Shelvi Perdana
    N I M : S.0020.P2.021
    Salam sehat! Saya akan menjawab pertanyaan di atas :

    Manfaat yang diperoleh manusia dari laut di antaranya manfaat pariwisata. Pemanfaatan sumberdaya laut dalam bentuk kegiatan pariwisata memanfaatkan fungsi dan keindahan yang terdapat pada lingkungan laut. Keindahan alam laut dapat diperoleh melalui kegiatan wisata pantai, panorama pantai, selancar, game fishing, dan selam. Pariwisata laut atau bahari juga meliputi kegiatan berjemur dan berenang di tepi pantai, serta fotografi bawah laut atau taman laut. Kegiatan wisata tidak hanya dinikmati oleh wisatawan dari mancanegara tetapi juga oleh masyarakat sekitar objek wisata bahari. Kegiatan wisata memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengunjung sehingga berpengaruh terhadap kesegaran pikiran para pengunjung setelah sekian waktu penat dengan rutinitas pekerjaan masing-masing.

    Menurut paham saya "Orang Laut" adalah suatu etnis atau suku bangsa yang hidup di laut. Mereka membangun rumah-rumahnya di atas laut yang populasinya tersebar di banyak perairan Nusantara. Yang hidup berpindah-pindah (nomaden) dari suatu tempat ke tempat lainnya. Seiring berjalanya waktu sebagian dari mereka sudah tidak lagi tinggal di rumah-rumah panggung seperti lazimnya orang Laut. Rumah mereka sudah ada yang di darat dan dibangun dengan lantai menyentuh tanah.

    ReplyDelete
  45. Nama: Rika Yanti
    NIM: S.0020.P2.139

    Di kepulauan Indonesia hidup suatu suku legendaris yaitu suku Bajo. Sebagai bangsa pengembara orang bajo telah menelusuri lautan Asia Tenggara selama berabad-abad dan hidup secara menetap. Suku bajo adalah manusia yang bersahabat dengan alam dan memilih laut diantara luasnya daratan sebagai tempat penghidupan. Suku bajo memandang laut sebagai saudara dan setengah hidupnya. Bahkan pada zaman dahulu orang bajo tinggal diperahu layar ditengah laut, sehingga dijuluki "orang laut".
    Ilmu kelautan dan cara hidup yang santun dengan pemanfaatan laut yang bijak menjadi adat tradisi yang terwarisi.
    Sulawesi adalah bagian dari ribuan pulau di Indonesia yang menjadi satu tempat persinggahan masyarakat bajo. Menurut masyarakat bajo, laut adalah karunia Tuhan dalam memberikan segala bentuk keberkahan. Di laut mereka tinggal, di laut mereka mendapatkan makanan, di laut mereka menemukan kesenangan dan di laut mereka membuang kesedihannya.
    Secara tradisional orang bajo tidak menghuni satu pulaupun. Sebagai pengembara laut, orang bajo mengarungi laut siang dan malam serta tinggal diperahu sederhana dengan hasil tangkapan ikan sebagai sumber penghasilan.
    Saat ini, sebagian dari mereka (orang bajo) ada yang memilih untuk menetap di daratan tetapi ada juga yang telah memutuskan untuk hidup terpisah dan bersatu dengan laut. Sehingga mereka biasa disebut Suku Nelayan legendaris di Asia Tenggara. Mereka hidup dan membaur dengan laut yang telah dijadikan sebagai jati diri karena selalu bergantung dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  46. Bismillah,Syaiful akbar,Nim:S.0030.P2.123

    70% permukaan bumi kita terdiri dari lautan dan sejak lama lautan memberikan maanfaat bagi manusia dan mahkluk lain yang hidup di bumi.Lebih dari itu,lautan ternyata menyimpan segudang manfaat lain,yang mungkin belum banyak otang ketahui,dan tampaknya kita perlu menjaga laut untuk kelangsungan hidup di masa depan.
    Salah satu manfaat laut bagi saya yaitu sebagai sumber bahan makanan,karena laut menhandung banyak sekali sumber makanan berupa ikan maupun hewan lain,seperti udang dan rumput laut.
    Banyak masyarakat pesisir menggantungkan hidupnya dari kegiatan penangkapan ikan dan sumber makanan lain dari laut..
    Terkait pertanyaan kedua tentang orang laut menurut saya otang laut adalah "orang sampan"yang mengacu pada tempat tinggal orang laut termaksud suku yang minoritas secara historis,suku ini telah ada di kawasan perairan sejak 2500-1500 SM.Aktifitas orang laut yang hidup diatas sampan dan mempertahankan hidup melalui pemanfaatan hasil laut merupakan bentuk adaptasi alamiah manusia terhadap lingkungannya,salah satu contoh orang laut/suku laut adalah suku yang berada di kepulauan riau yaitu suku tambus,suku galang,suku barok dan suku mapor..

    Terimah kasih..

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum

    Nama : Sitti Aminah
    Nim : S. 0020.P2 114
    Kelas Non Reg B kelas A


    Banyak contoh mengenai pemanfaatan laut diantaranya adalah jalur transportasi.Banyak negara terdiri dari pulau-pulau seperti Indonesia misalnya yang memiliki 17ribu pulau besar dan kecil wilayahnya. Bagaimana cara termudah dan murah untuk mengangkut bahan pokok yang tidak bisa di jangkau dengan transportasi darat.

    Pesawat memang mungkin tetapi biayanya sangat besar karna butuh penerbangan bolak-balik yang sangat banyak karena pesawat terbang memiliki daya angkut yang kecil. Memakai bus dan mobil jelas sangat susah karena kendaraan ini tidak bisa menyebrang laut. Jadi jalan keluarnya adalah dengan menggunakan kapal laut. Dengan kendaraan ini maka laut menjadi bisa di tempuh. Daya angkut kapal lautpun bisa beragam dari hanya 1-2 orang sampai ribuan orang. Hal ini membuat ongkos Via laut menjadi sangat murah jika di bandingkan dengan transpotasi lainnya.

    Itulah alasan mengapa presiden Jokowi menggagas hadirnya Tol Laut yang tujuannya mengoptimalkan penggunaan laut sebagai jalur transportasi.demi mendukung pembangunan di seluruh Indonesia. Walaupun ini hanya sebuah gagasan dan semoga bisa terealisasikan.

    Adapun julukan untuk ' orang laut ' adalah mereka yg tinggal di pesisir maupun yg tinggal dikapal yang menggantungkan hidupnya dari laut.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  48. Jefri
    S.0020.P2.052

    Bismillah.
    Mohon maaf telat mengikuti pre test.

    Laut merupakan sekumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi, memisahkan atau menghubungkan benda atau pulau atau benua dengan pulau atau benua lainnya. Jika berbicara tentang pemanfaatan laut tentunya ada banyak sekali manfaat dari laut, selain manfaat dari laut sebagai kekuatan untuk kekuasaan laut juga memiliki manfaat bidang pariwisata, ekonomi, pertambangan, pendidikan dan penelitian serta manfaat lainnya.
    Manfaat laut sebagai pariwisata, laut dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi dan hiburan. Dalam bidang pendidikan dan penelitian laut dapat digunakan untuk mempelajari binatang/hunian laut dan menerka kehidupan bawah laut dengan keanekaragaman sumber daya hayati dan non hayati. Pemanfaatan laut dalam bidang ekonomi dapat meningkatkan taraf hidup khususnya bagi nelayan atau bagi sekelompok orang yg bertempat tinggal di sekitar wilayah perairan (laut) dan memanfaatkan hasil laut sebagai sumber mata pencaharian, dalam hal ini bagi mereka yg lebih dikenal dengan 'orang laut'.
    Orang laut menurut saya adalah berbagai orang, suku, atau kelompok yang berdiam diri daln bermukim dalam waktu cukup lama di pesisir pantai dan hampir seluruhnya memanfaatkan laut sebagai sumber mata pencaharian. Berdasarkan yang saya ketahui suku laut/orang laut banyak terbesar di seluruh wilayah Indonesia khususnya wilayah Sulawesi Tenggara.

    ReplyDelete
  49. Kelautan merupakan tempat yg kaya dengan manfaat bagi masyarakat, knpa? Karna laut dapat d jadikan tpm atau penghububg antar pulau satu ke pulau yg lain dapat d jadikan tempat untuk mencari ikan untuk d jual dan d konsumsi sendiri. Seperti yang kita ketahui d Indonesia kaya akan laut d mna2 pasti ada laut krna laut sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat khususnya masyarakat pesisir. Menurut saya orang laut adalah orang yg hidup d lautan contoh ikan, kerang, dan masih banyak lagi hewan2 laut lainya..

    ReplyDelete
  50. NAMA : ANDI IRMAN
    NIM : S.0020.P2.003
    Mahasiswa Nonreguler B/Kelas A

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Menurut saya banyak sekali contoh pemanfaatan laut, seperti kita ketahui bahwa hampir 70% permukaan bumi kita terdiri dari lautan, dan telah sejak lama lautan memeberi manfaat bagi manusia dan mahluk lain yang hidup dimi.
    Seperti dilansir dari web world Economic Forum, manfaat laut diantaranya:
    Laut membantu mengatur iklim
    Menjadi sumber makanan
    Menjadi tempat hidup keaneka ragaman hayati
    Dan sebagai salah satu Sumber mata pencaharian umat manusia
    Dan Bisa kita ambil contoh yang mana masyarakat Nelayan seperti suku Bajo dikenal sebagai nelayan ulung yang menyebar hingga di seluruh wilayah Nusantara. Bagi masyarakat suku Bajo mempunyai kesamaan dalam memandang laut sebagai sumber kehidupan. Dan Motto yang sering didengar di kalangan suku Bajo adalah “Di lao’denakungKu’yang berarti lautan adalah Saudaraku. Oleh karenanya, lautan adalah tempat hidup, mencari nafkah, serta mengadu dalam suka dan duka yang selalu menyediakan kebutuhan hajat hidupku. Sejak dahulu hingga sekarang nelayan suku Bajo memandang laut sebagai sumber kehidupan ekonomi-sosial-ekologis budaya/
    kultur. Berdasarkan hal ini maka nelayan suku Bajo memahami laut dengan berbagai sudut pandang, yaitu:
    (1) laut sebagai sehe (sahabat);
    (2) laut sebagai tabar (obat);
    (3) laut sebagai anudinta (makanan);
    (4) laut sebagai lalang (pra-sarana transportasi);
    (5) laut sebagai patambangang (tempat tinggal);
    (6) laut sebagai pamunang ala’baka raha’ (sumber kebaikan dan keburukan);
    (7) laut sebagai patambangan umbo ma’dilao (tempat leluhur orang Bajo yang mengusai laut).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : sitti nur aida
      Kelas non reguler 2020

      Masyarakat Nusantara umumnya mengenal kelompok itu sebagai "Orang Bajo" atau "Orang Laut" Mengandalkan Laut
      masyarakat maritim atau "orang laut" adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup. Seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yang dibangun di atas laut. Bahkan banyak di antaranya yang menghuni rumah perahu.

      Pekerjaan sehari-hari mereka umumnya nelayan atau pencari ikan di sekitar pantai atau menjaring ikan pelagis (ikan gerombolan). Sebagian di antara mereka dikenal sebagai penyelam handal untuk mencari mutiara. Mereka juga dikenal sebagai pembuat perahu yang handal dan pedagang berbagai tangkapan dari laut. Karena keahlian mereka berenang dan menyelam mereka sering diambil sebagai anak buah kapal dan yang terkenal dari profesi mereka adalah menjadi bagian dari kelompok bajak laut.

      Berbagai sebab mengapa mereka memilih untuk hidup sebagai "orang laut" berbeda-beda. Beberapa memilih untuk tinggal di pulau-pulau kecil dan menggantungkan hidup mereka dari perdagangan antarpulau yang menjamin kebutuhan hidup mereka. Yang lain memilih untuk hidup dengan "cara laut" karena menghindar dari kondisi yang tidak menguntungkan dari tempat asal mereka. Pada zaman dahulu orang mengenal "orang-orang Phoenicia" yang hidup di sekitar laut Mediterania sebagai orang yang pergi ke laut karena "terusir" dari daratan. Beberapa "orang laut" menggantungkan diri pada laut untuk bertahan hidup, yang lain untuk berdagang sedangkan sebagian lain untuk keduanya.

      orang laut bisa dilihat dari cara makan mereka. Makanan yang bagian terbesar kalorinya berasal dari laut adalah orang laut. Sementara orang laut terlihat dari keseharian hidup mereka. Seperti anak-anak yang bermain dengan kapal-kapalan, dan orang-orang dewasa yang membuat kapal dalam keseharian mereka. Demikian halnya dengan adat berupa persembahan, syukuran, dan upacara kematian yang menyertakan laut dan perahu sebagai kelengkapannya.

      Orang laut juga bisa mudah dikenali dengan cara mereka memperlakukan ikan di laut, dan masih banyak lagi.

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Nama : Dwi Sri Wahyuni
    Nim : S.0020.P2.022

    Seperti kita ketahui Indonesia adalah negara yang memiliki perairan yang luas dibandingkan daratan, dimana daratan tidak menybungkan antara daerah satu dan daerah lainnya. Jalan alternatifnya adalah laut. Laut bisa dijadikan jalan alternatif bagi masyarakat indonesia. Laut juga bisa dijadikan tempat untuk berlibur, laut juga adalah tempat pencaharian dari masyarakat Indonesia yang bermukim dipulau pulau atau yang tinggal di sekitarannya.

    Suku Laut atau sering juga disebut Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan, Mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan Kerajaan-kerajaan tersebut, dan mempertahankan hegemoni mereka di daerah tersebut pada masanya.

    ReplyDelete
  58. Nama: Wa ode jamila
    Nim: S.0020.P2.129
    Pemanfaatan laut oleh laut oleh suku laut dengan prinsip kearifan laut. Kearifan lokal untuk mencari hasil laut sesungguhnya masih dilakukan oleh nelayan dipesisir nusantara, beberapa diantaranya telah dilakukan oleh suku laut dipulau bangka, Riau dan belitung. Suku laut mengambil hasil laut hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup bukan untuk mengeksploitasi laut. Hal ini dapat dilihat dari kesederhanaan alat yang digunakan untuk melaut. Kesederhanaan alat yang dimiliki bukan karena keterbatasan sumberdaya dan pengetahuan teknologi namun disesuaikan dengan pengetahuan dan tantangan alamnya.suku laut juga masih mengandalkan bintang dalam menentukan arah perahu saat mencari ikan. Mereka tertinggal dalam teknologi tetapi kearifan mereka terhadap laut membuat mereka betah hidup sebagai pelaut.
    Penggunaan alat tradisional dalam penampakan ikan berdampak positif dalam menjaga keseimbagan biota laut sebab penggunaan alat modern dapat memberikan efek merusak pada kehidupan dibawah laut.

    ReplyDelete
  59. Assalamualaikum.
    Nama Irvan Saputra
    Nim : S.0020.P2.046

    Bismillah.
    Jadi menurut saya, laut bukan hanya menjadi suatu batas kedaulatan suatu bangsa atau negara, melainkan sebagai sumber daya yang dapat digunakan untuk keberlangsungan hidup. Jika ingin melihat seberapa besar potensi kelautan kita jelas sangat berpotensi, namun sayangnya pengetahuan dan kesadaran kita dalam mengelola dan menjaga laut kita masih sangat kurang.
    Kita bisa mencontoh negara Jepang bagaimana di negara tersebut laut sangat diperhatikan dan tidak hanya itu sumber daya manusianya pun dalam mengelola lautan sangatlah baik. Itu dibuktikan dengan bagaimana nelayan mereka sangat menjaga dan tidak menyalahi aturan dalam menangkap ikan contohnya. Lalu jika ingin dilihat dari segi sejarah, lautan tidak hanya memberikan manfaat dalam segi hasil laut melainkan dari segi jalur perdagangan, dimana seperti kita ketahui negara tercinta kita memiliki wilayah yang strategis hal ini pula yang dilakukan oleh kerajaan-kerajaan Indonesia pada dahulu kala.
    Orang Laut memegang peranan penting dalam mendukung kejayaan kerajaan-kerajaan di Selat Malaka. Pada zaman Sriwijaya mereka berperan sebagai pendukung imperium tersebut[3]. Dengan klaim sebagai keturunan raja-raja Sriwijaya sultan Malaka berhasil mendapatkan dukungan dan kesetiaan Orang Laut.[4]Sewaktu Malaka jatuh mereka meneruskan kesetiaan mereka kepada keturunan sultan Malaka yang kemudian mendirikan Kesultanan Johor. Saat Belanda bermaksud menyerang Johor yang mulai bangkit menyaingi Malaka--yang pada abad ke-17 direbut Belanda atas --Sultan Johor mengancam untuk memerintahkan Orang Laut untuk menghentikan perlindungan Orang Laut pada kapal-kapal Belanda.[5]

    Pada 1699 Sultan Mahmud Syah, keturunan terakhir wangsa Malaka-Johor, terbunuh. Orang Laut menolak mengakui wangsa Bendahara yang naik tahta sebagai sultan Johor yang baru, karena keluarga Bendahara dicurigai terlibat dalam pembunuhan tersebut. Ketika pada 1718 Raja Kecil, seorang petualang Minangkabau mengklaim hak atas tahta Johor, Orang Laut memberi dukungannya. Namun dengan dukungan prajurit-prajurit Bugis Sultan Sulaiman Syah dari wangsa Bendahara berhasil merebut kembali tahta Johor. Dengan bantuan orang-orang Laut (orang suku Bentan dan orang Suku Bulang) membantu Raja Kecil mendirikan Kesultanan Siak, setelah terusir dari Johor.

    Pada abad ke-18 peranan Orang Laut sebagai penjaga Selat Malaka untuk Kesultanan Johor-Riau pelan-pelan digantikan oleh suku Bugis.

    ReplyDelete
  60. Nama: Brigita Mokodkmpit
    Nim: S.0020.P2.007

    Banyak yang belum mengetahui bahwa perairan mendominasi wilaya bumi ini dibandingkan daratan. Laut juga bisa jadi sumber mata pencarian (Nelayan), laut juga tempat transportasi dan juga bisa di jadikan tempat wisata Karena itu pemanfaatan lautan sangat penting untuk manusia yaitu sebagai sumber pencarian dan juga pangan, laut juga sebagai sumber kekayaan dimana kita bisa mendapatkan asupan gizi di ikan dan hewan lainnya yang hidup di laut.

    Menurut saya orang laut yang saya tau adalah suku bajo. Karena sampe sekarang di saat semua orang sudah jarang yang tinggal atau membangun mereka masih membangun di atas laut, selain itu suku bajo ini di kenal sebagai penyelam yang handal karna mereka di kenal dengan kemampuannya menyelam di dalam air tanpa bantuan alat di kedalaman beberapa meter.

    ReplyDelete
  61. Nama:Henny rachmawati Tamburaka
    Nim :S.0020.P2.041

    Banyak orang sudah tahu bahwa luas laut Indonesia adalah 70% dari luas wilayahnya. Indonesia juga memiliki 17.504 pulau dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Data Asian Development tahun 2009 menunjukkan bahwa wilayah pesisir Indonesia adalah rumah bagi ribuan spesies laut.

    Dengan kata lain, laut Indonesia menyediakan sumber protein penting yang secara tradisional telah menjadi sumber makanan utama. Dari beberapa kajian diketahui bahwa hingga saat ini ikan secara konsisten berkontribusi lebih dari 10% dari total konsumsi protein makanan dan lebih dari 50% dari asupan protein makanan hewan di negara ini.

    Terletak di sepanjang garis khatulistiwa dan rute laut yang penting, Indonesia memainkan peran penting dalam rantai pasokan global. Menyediakan tiga lorong laut, yang dikenal sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, II dan III, telah menjadikan perairan Indonesia pemain penting dalam lalu lintas maritim global.

    Diperkirakan bahwa 44% dari lalu lintas laut global, dan 95% dari kapal di wilayah Asia Pasifik, memasuki perairan Indonesia melalui beberapa titik.

    Vegetasi laut dan pesisir Indonesia adalah kontributor signifikan terhadap pasokan oksigen global dan penyerapan karbon dioksida. Di sepanjang garis pantai Indonesia adalah hutan bakau (mangrove) terbesar di dunia, dengan luas 3,2 juta hektare.

    Menurut laporan UNEP, garis pantai Indonesia juga merupakan rumah bagi padang lamun terbesar di dunia, yang membentang seluas 30.000 km2. Berada di tengah segitiga karang dunia (coral triangle), Indonesia menyimpan kekayaan terumbu karang dengan luasan hampir 50.000 km2, atau 18% terumbu karang dunia.

    ReplyDelete
  62. Nama = Marlen Magdalena Sumilat
    NIM = S.0020.P2.065

    Laut bermanfaat sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan suatu wilayah ke wilayah lain. Kawasan laut yang banyak dikunjungi adalah wilayah pantai dan terumbu karang. Laut Juga banyak memiliki berbagai sumber yang digunakan bagi manusia seperti : 1.sumber Mineral
    2.Sumber daya nabati
    Orang orang laut yg saya ketahui adalah orang yang banyak beraktifitas dalam perdagangan, yang mendiami pesisir pantai, yg setiap hari hidupnya berada diatas sampan dan perahu.

    ReplyDelete
  63. Nama : Siti Mualifah Anggraeni
    Nim : S.0020.P2.115

    Bismillah Bu
    Lebih dari separuh wilayah Indonesia terdiri dari laut Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 97% laut yang dimana kaya akan berbagai macam hewan hewan laut,terumbu karang, yang dapat dimanfaatkan bagi penduduk Indonesia mulai dari pemanfaatan bahan pangan mereka investasi kehidupan dengan cara menjual hewan laut atau menjadikan objek wisata bawah laut bagi wisatawan . Selain itu laut dapat menjadi jalur transportasi pilihan selain transportasi udara(pesawat) sebagai contoh beberapa pemanfataan laut yang ada di Sulawesi tenggara diantaranya pantai nirwana di bau bau pantai Sagori di bombana pantai basila di Buton satu lagi pantai yang terkenal menjadi tempat untuk para anak muda youtuber untuk berkunjung pantai Nasional Wakatobi .



    Mengenai pertanyaan orng laut menurut yang saya baca adalah suku bangsa yang menghuni kepulauan Riau "orang laut" mencakup berbagai suku dari kelompok yang bermukim di pulau pulau dan muara sungai di kepulauan Riau-Lingga pulau tujuh kepulauan Batam dan pesisir pulau pulau lepas pantai Sumatera timur dan semenanjung Malaya bagian selatan secara historis sebutan lain untuk orang laut adalah orang selat. Orang laut kadang kadang di rancukan dengan suku bangsa maritim lainnya, orang lanun .
    Secara historis orang laut dulunya adalah perompak tetapi berperan penting dalam kerajaan Sriwijaya kesultanan Malaka dan kesultanan Johor mereka menjaga selat selat mengusir bajak laut memandu para pedagang ke pelabuhan kerajaan tersebut .

    Sekian Bu
    Terima kasih

    ReplyDelete
  64. Nama :Nanang Rahmawan
    NIM : S.0020.P2.080
    Assalamualaikum.
    Sebagai negara kepulauan negara kita banyak mengandalkan kawasan perairan laut,untuk menjaga keutuhan menjaga keutuhan bangsa dan negara.sudah jelas barang siapa dapat menguasai kelautan maka dia akan mendapatkan kejayaan.maka keberadaan nelayan,atau sebagian orang menyebut orang laut atau suku bajo juga berperan menjaga keutuhan dan kedaulatan negara kita,mereka bisa disebut juga sebagai pengawas didaerah perairan Nusantara.
    Kelautan sudah menjadi perhatian manusia,sehingga banyak pertanyaan dan misteri alam yang ingin dipecahkan,suku bajo yang kita kenal adalah suku yang sudah mengalami adaptasi budaya dengan masyarakat lokal,mereka hidup dipesisir pantai dengan hunian sederhana yang layak ditempati,Anak-anak mereka dari semenjak kecil sudah diperkenalkan dengan laut makanya tidak heran mereka mahir berenang,menyelam dan yang paling mengherankan mereka bisa menyelam dengan kedalaman 60 meter tanpa alat bantu,tetapi sekarang dengan adanya alat kompresor kebanyakan dari mereka menggunakannya tidak heran kebanyakan dari mereka banyak mengalami gangguan pernafasan yg disebabkan menghirup O2 yang sudah tidak steril pada waktu menyelam.munkin ini saja uraian dari saya saya ucapkan wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
  65. nama : ratna sari dewi nim : S.0020.P2.055
    assamualaikum ..
    Manfaat laut dalam kehidupan kita adalah:

    1. Sebagai sumber bahan makanan
    2. Sebagai jalur transportasi
    3. Sebagai sumber energi
    4. Sebagai tempat wisata
    5. Sebagai sumber uap air untuk hujan

    Laut adalah bagian penting dari kehidupan manusia dan memiliki banyak manfaat. Antara lain:

    1. Sebagai sumber bahan makanan

    Laut mengandung banyak sekali sumber makanan berupa ikan maupun hewan lain seperti udang dan rumput laut.

    Ikan yang berasal dari laut misalnya adalah ikan tuna, teri dan pari.

    Makanan laut merupakan sumber nutrisi penting berupa protein.

    Banyak masyarakat pesisir menggantungkan hidupnya dari kegiatan penangkapan ikan dan sumber makanan lain dari laut.

    2. Sebagai jalur transportasi

    Laut bermanfaat sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain. Pengangkutan lewat jalur laut dengan kapal dapat menganggut barang dalam jumlah banyak pada jarak yang jauh dan lebih efisien dari pada dengan jalur darat atau udara.

    Kapal yang digunakan untuk mengangkut barang mislanya adalah tanker untuk menangkut minyak dan kapal kargo untuk mengangkut peti kemas.

    3. Sebagai sumber energi

    Dasar laut memgandung banyak deposit minyak mentah dan gas alam yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Contoh wilayah laut yang kaya deposit bahan bakar fosil ini adalah Teluk Persia di Tinur Tengah.

    Selain itu laut juga memiliki gelombang laut, arus pasang surut dan angin yang semuanya dapat digunakan sebagai sumber energi terperbaharukan.

    4. Sebagai tempat wisata

    Laut merupakan tempat wisata yang sangat populer. Kawasan laut yang banyak dikunjungi adalah wilayah pantai dan terumbu karang. Contoh terumbu karang yang terkenal di Indonesia adalah Bunaken dan Raja Ampat.

    5. Sebagai sumber uap air untuk hujan

    Hujan yang berguna untuk sumber air di daratan berasal dari awan yang ternentuk dari penguapan air di laut.

    ReplyDelete
  66. Nama : marwana
    Nim :S.0020.P2.067
    Assalamualaikum
    Laut sangat bermamfaat bagi manusia,selain itu laut juga sebagai sumber kekuatan untukbdi manfaatkan sebagai sumber mata pencarian,sebagai sumber trasfortasi,dan sebai tempat wisata,
    Khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir pantai ,sebagai melayan laut juga menjadi tumpangan mereka untuk bertahan hidup, adan yang saya ketahui salahbsatunya adalah suku bajo, suku bajo ini adalah sekelompok oarang yang menetap di pesisir pantai.
    Laut di jadikan sebagai sumbervpencarian untuk menangkap ikan, laut juga sebagai jalur trasfortais serta laut juga di jadikan sebgia tempat wisata untuk di kunjungi, seperti pantai dan trumbu karang.

    ReplyDelete
  67. Nama: Akma Septiani
    Nim: S.0020.P2.002
    Kelas NonReg B Kelas B (KOLAKA)

    Bismillah....
    Asslamualaikum��

    Negara Indonesia memiliki wilayah laut paling luas, sekitar 2/3 wilayah indonesia adalah lautan. Ada banyak manfaat Laut bagi kehidupan, salah satunya berperan vital bagi kehidupan manusia
    1. Penghasil Oksigen
    Oksigen adalah gas yang dibutuhkan manusia untuk bernafas dan tetap hidup, tanpa menghisap O2 manusia akan mati.
    Kebanyakan org berfikir pepohonan dan hutan merupakan sumber oksigen tertinggi, secara global pohon dan hutan memang menghasilkan banyak oksigen tetapi hanya 28% saja dari total volume yang dihasilkannya.
    Para ahli seluruh dunia sepakat,sebanyak 70% paling tidak oksigen yang ada di atmosfir bumi dihasilkan dari lait, berbagai tumbuhan laut yang berklorofil seperti ganggang, planton adalah produsen utama dunia, sebagai tumbuhan berklorofil, tumbuhan itu akan berfotosintesa dengan bantuan sinar matahari.

    2. Sumber Pangan
    Ikan, udang,cumi-cumi, rumput lautadalah manfaat laut bagi manusia yaitu sebagai sumber pangan, dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yang mengandung banyak protein didalam laut.
    Laut adalah sumber protein pangan yang sangat dibutuhkan manusia, apalagi kebanyakan hewan laut mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan manusia untuk tumbuh dan berkembang.
    Ikan dan hewan lainnya mengandung Omega 3 yang menurut ahli gizi dan kesehatan sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan manusia.


    * Menurut saya orang laut adalah orang yang hidup di sampan atau rumah-rumah perahu dengan mata pencarian ikan dan binatang laut lainnya..

    Terimakasih��
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum
    Nama : selfri l. Usman
    Nim : S0020.P2.111
    NON REG KELAS B KOLAKA
    Laut adalah sekumpulan air yang sangat luasd permulaan bumi yang memisahkan dan menghubungkan pulau dgn benua dan pulau lainx
    Pemanfaatan laut bagi manusia sangat penting d antarax sebagai oksigen,mampu mengatur iklim,menjadi sumber makanan,tempat hidup keanekaragaman hayati,dan sebagai sumbermata pencaharian manusia.
    Akan tetapi masih ada saja manusia yang tidak bertanggungjawab merusak kelestarian laut,d laut maritim jg banyak di temukan bajak laut yang tugas merampok kapal kapal yang berlayar...
    Orang laut atw orag yang sehari harinya berada di laut bahkan membuat tempat tinggal d laut..khusus d sultra memiliki orang laut yang biasa d sebut gengan masyarakat suku bajo..mereka menggantungkan hidupx d laut hidup dari hasil laut yang berlimpah d perairan sekitar teluk kendari dan tinggal d karang pesisir untuk membuat rumah apung yang terbuat dari kayu d bawah rumah mereka terdaat sampan yang d pakai d laut..
    Itulah uraian singkat saya mengenai laut dan orag laut..
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  69. Nama: fitriah suherman
    Nim: S.0020.P2.032
    Kelas NonReg B Kelas B (KOLAKA)

    Assalamualaikum wr. Wb

    5 manfaat penting laut bagi kehidupan.

    1. Membantu kita bernapas


    Banyak orang tidak mengetahui bahwa lautan memainkan peran vital dalam udara yang kita hirup.

    Padahal, 50 persen oksigen di Bumi berasal dari fitoplankton, organisme seperti tanaman yang hidup di lautan.

    Fitoplankton memiliki klorofil yang mereka gunakan untuk mendapatkan cahaya matahari dan berfotosintesis.

    Dalam proses ini, fitoplankton juga menghasilkan oksigen.

    Selain itu, fitoplankton juga mengonsumsi karbon dioksida, dan memindahkan sebanyak 10 gigaton karbon dari atmosfer ke dalam lautan setiap tahunnya.

    2. Meregulasi iklim

    Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat, 90 persen penghangatan Bumi selama 50 tahun terakhir terjadi di lautan.

    Suhu paling hangat terjadi di sekitar garis khatulistiwa, khususnya di permukaan.

    Arus laut lantas menyebarkan suhu panas ini ke seluruh dunia, dan proses penguapan membuat air laut yang hangat turun ke bagian yang lebih dalam.

    Beberapa jenis arus laut berdampak langsung pada iklim di beberapa wilayah.

    Arus Teluk, misalnya, bila terganggu bisa membuat bagian barat Eropa lebih dingin daripada biasanya.

    3. Sumber makanan penting

    Pada saat ini, ikan merupakan sumber dari 16 persen protein hewani yang dikonsumsi secara global.

    Selain ikan, laut juga menghasilkan rumput laut, udang dan makhluk laut lainnya yang menjadi sumber makanan berizi bagi manusia.

    Lalu, makanan laut juga berpotensi menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan dalam memberi makan penduduk dunia, terutama bila dibandingkan dengan daging sapi yang membutuhkan begitu banyak sumber daya untuk menghasilkan 1 gram protein saja.

    4. Kekayaan biodiversitas yang luar biasa

    Masih menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS, lautan menyimpan kekayaan biodiversitas yang luar biasa.

    Mereka memprediksikan bahwa masih ada 91 persen spesies di lautan yang belum ditemukan secara ilmiah.

    5. Menciptakan puluhan juta pekerjaan

    Secara ekonomi, manusia juga sangat bergantung pada lautan.

    Laporan OECD memprediksikan bahwa pada 2030, industri berbasis lautan akan memperkerjakan 40 juta orang di seluruh dunia.

    Namun, potensi ini bisa jadi tidak optimal bila kesehataan lautan terganggu.

    Beberapa tantangan yang bisa merusak sumber daya maritim mencakup perubahan iklim, polusi dan kurangnya kesadaran akan teknik-teknik pemanfaatan lautan yang berkelanjutan.

    Terima kasih..
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  70. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Nama : Anggita Pratiwi
    NIM : S.0019.P2.008
    Dari kelas B nonreg Kolaka

    Menurut pendapat saya, manfaat laut amat sangat kita rasakan dampak positifnya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dinikmati setiap detik, lebih dari 60% populasi dunia bermukim didekat pantai. Laut menyediakan sumber mata pencaharian, rekreasi, keindahan, penemuan ilmiah, makanan dan teknologi. Menurut penelitian organisasi One World One Ocean, sekitar 50% hingga 70% oksigen bumi berasal dari laut sehingga bisa dikatakan laut merupakan sumber kehidupan. Manfaat laut lainnya adalah dari sisi ekonomi, sekitar setengah populasi dunia hidup di daerah pantai seperti wilayah pesisir Indonesia. Masyarakat pesisir menggantungkan penghasilan dari sektor kelautan perikanan, akan tetapi ditengah banyaknya manfaat laut dan pentingnya sektor ini bagi kehidupan, ancaman ekosistem laut juga tidak dapat dianggap remeh seperti berupa pencemaran laut yang sangat marak terjadi dan penangkapan ikan secara ilegal dengan menggunakan berbagai macam cara yang dapat merusak ekosistem laut, oleh karena itu sebaiknya sudah menjadi kewajiban dan tugas kita untuk melindungi laut dari hal-hal yang merusak ekosistem laut agar manfaatnya tetap dapat kita nikmati.

    Sedangkan suku laut yaitu sekumpulan orang-orang yang bergantung pada hasil laut atau dengan kata lain orang laut mengandalkan hasil laut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

    Sekian jawaban dari saya, saya ucapkan terimakasih ��

    ReplyDelete
  71. Nama:Fitrani Natsir
    Nim:S.0020.P2.033

    Bismillah..
    Menurut saya,beberapa pemanfaatan Laut adalah sebagai berikut:
    1.Sebagai sumber mata pencaharian bagi sebagian kelompok masyarakat
    2.Sebagai tempat wisata,yang mana hal ini dapat membantu meningkatkan sektor ekonomi di wilayah tersebut
    3.Sebagai media transportasi untuk menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lainnya
    4.Sebagai sarana pendidikan dan penelitian
    5.Menjadi tempat hidup keanekaragaman hayati

    Sedangkan orang laut adalah Masyarakat yg mengandalkan laut untuk hidup. Seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yang dibangun di atas laut.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  72. Nama : Sentosa
    NIM : S.0020.P2.112
    Kelas : Non Reg B Kelas B
    Assalamu alaikum dan salam sehat, selalu…
    Selain pemanfaatan laut dalam hal kekuasaan atau pertahanan, laut juga dimanfaatkan untuk kesejateraan masyarakat, antara lain :
    1. bidang Ekonomi : manfaat laut bagi bidang ekonomi sangatlah bermanfaat karena laut tersebut menghasilkan ikan2 yang dapat menambah penghasilan ekonomi.
    2. bidang Politik : manfaat laut di bidang Politik yaitu sebagai tempat keluar masuknya barang2 yang di perlukan/dibutuhkan
    3. bidang Sosial : manfaat laut di bidang sosial yaitu sebagai tempat dimana parawisatawan luar/dalam melihat dan membudidayakan hewan/tumbuhan laut yang hampir punah
    4. bidang Budaya : manfaat laut di bidang Budaya yaitu sebagai tempat orang melakukan budaya/adatnya seperti pembuangan abu mayat di Bali. dan manfaatnya sebagai tmpt budidaya ikan/tumbuhan
    5. bidang Kesehatan : manfaat laut sebagai media budidaya rumput laut, sementara rumput laut digunakan sebagai salah satu suplemen dalam proses perawatan luka.
    Oleh karena itu, demi kelangsungan kesejahteraan masyarakat perlu pemanfaatan laut yang teratur dan terpelihara. Seperti pola pemanfaatan sumber daya laut berbasis kearifan lokal, contohnya masyarakat Wabula Kab. Buton memiliki kearifan lokal yang disebut Kaombo,
    Kaombo berupa kawasan laut yang dilindungi secara adat. Selama suatu kawasan laut ditetapkan sebagai kaombo, berlaku larangan mengeksploitasi sumberdaya laut dalam kawasan tersebut. Larangan dimaksudkan untuk memberi jeda bagi kelangsungan perkembangbiakan biota laut dalam ekosistem kaombo. Pelanggaran larangan dikenai sanksi tegas adat.
    Untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat Wabula dalam pemanfataan sumberdaya laut, maka melalui Peraturan Bupati Buton Nomor 13 Tahun 2018, Wabula ditetapkan sebagai wilayah Masyarakat Hukum Adat dalam pengelolaan sumberdaya laut berbasis hukum adat setempat. Regulasi ini dipandang sebagai model ideal penguatan kelembagaan masyarakat lokal dalam upaya pelestarian sumberdaya laut secara berkelanjutan.
    Orang Laut atau Suku laut adalah berbagai suku bangsa yang menghuni/ bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Indonesia anatara lain Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.
    Orang Laut dulunya adalah perompak. Selain berperan penting dalam mendukung kejayaan kerajaan-kerjaan di Selat Malaka, juga sebagai pelindung kapal-kapal bangsa belanda (imperium) pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Pada abad ke-18 peranan Orang Laut (Suku Bentan dan Suku Bulang) sebagai penjaga Selat Malaka untuk Kesultanan Johor-Riau pelan-pelan digantikan dominasi mereka oleh suku Bugis.
    Orang Laut bahasanya disebut bahasa melayu lokal karena mirip bahasa Melayu dan pada umumnya pekerjaannya adalah nelayan. Saat ini orang laut biasa kita sebut suku Bajau (orang Bajo) karna kehidupannya bergantung pada suber daya alam di Laut.
    Terima kasih
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Milda pratiwi
      Nim : S.0020.P2.071
      Non reg kls B kolaka

      Pemanfaatan laut yg lain adalah Manfaat ekonomi, yaitu sebagai sumber makanan, obat-obatan, dan objek wisata bahari. Manfaat ekologis, yaitu mengurangi hempasan gelombang pantai yang dapat berakibat terjadinya abrasi. Manfaat sosial ekonomi, yaitu sebagai sumber perikanan yang dapat meningkatkan pendapatan para nelayan dan penduduk sekitar.

      Dan orang laut yg dimaksud adalah secara historis orang laut dulunya adlah perompak tetapi berperan penting dalam kerajaan sriwijaya kesultanan malaka dan kesultanan johor.Mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan kerajaan-kerajaan tersebut dan mempertahankan hegemoni mereka di daerah tersebut.

      Terimakasih

      Delete
  73. Selamat Malam.
    Nama: Uut utiningsih
    Nim: S.0019.P2.128
    Dari kelas B nonreg Kolaka.

    Menurut saya begitu banyak manfaat laut bagi manusia,peran sangat penting dan krusial bagi kehidupan di bumi ini.Umat manusia tidak akan bisa hidup tenang dan nyaman seperti sekarang ini tanpa adanya laut di bumi.
    Ada banyak manfaat laut bagi kehidupan,dan beberapa diantaranya tidak perna terpikirkan berperan sangat vital bagi manusia yaitu penghasilan oksigen.

    Oksigen atau O2 adalah gas yang diperluka manusia untuk bernapas dan tetap hidup.tanpa menghirup gas ini,manusia akan mati.

    Kebanyakan orang berpikir bahwa pepohonan dan hutan adalah sumber utama oksigen dunia.Tidak salah 100%,tetapi juga tidak tepat,secara global pohon dan hutan memang menghasilkan banyak oksigen,tetapi hanya 28% saja dari total volume gas penting itu yang di hasilkannya.

    Para ahli seluruh dunia sepakat paling tidak 70% oksigen yang ada di atmosfir bumi di hasilkan dari laut.

    Berbagai tumbuhan laut yang berklorafil,seperti pitoplankton dan ganggang adalah produsen utama oksigen dunia.Sebagai tumbuhan berklorafil tumbuhan laut itu akan berfotosintesa dengan bantuan sinar matahari dan salah satu hasil proses memasak makanan itu adalah oksigen yang dilepaskan ke udara.Jumlah ganggang dan plankon yang luar biasa banyak itulah yang menjadi sumber oksigen dunia.

    Sekian jawaban dari saya bu.
    Saya ucapkan trimakasih��

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Selamat malam

    Nama :nurmawati sinda
    Nim :S.0020.P2.094
    NON REG.KELES B KOLAKA

    Sumber daya laut indonesia punya potensi yg cukup besar,salah satunya dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selain itu sebagai
    1.sebagai sumber bahan makanan
    2.sebagai jalur transportasi
    3.sebagai sumber energi
    4.sebagai tempat wisata
    5.sebagai sumber uap untuk hujan
    Sedangkan orang laut adalah suatu etnis atau suku bangsa yg hidup di laut seperti suku Wajo yg terkenal sebagai pelaut ulung.desa torosiaje ditetapkan sebagai desa wisata karna menunjukkan kesadaran masyarakat mempertahankan ekosistem pesisir dan eksistensi permukiman diperairan laut sehingga layanan jasa wisata ini menjadi sumber kehidupan masyarakat.

    ReplyDelete
  76. Nama : Ita Putri Parmawaty
    NIM : S.0020.P2. 048

    Assalamualaikim Wr. Wb
    Contoh lain dari pemanfaatan laut yang sangat mudah terlihat adalah dalam hal ekonomi, bahwa dengan adanya lautan akan berpengaruh dalam kehidupan. Pertama sebagai sumber mata pencaharian bagi para nelayan dalam mencari sumber daya laut seperti ikan, cumi, dan rumput laut dan yang tidak kalah pentingnya adalah karena keindahan laut itu sendiri sehingga bisa menjadi pendapatan daerah dari segi pariwisata seperti di Kolaka ada Sungai
    Tamborasi, Tanjung Malaha, Pantai Piturua, dll. Dari segi transportasi adanya laut dapat memudahkan kita dalam hal pendistribusian barang dan perpindahan orang.
    Adapun yang biasa dijuluki "Orang Laut" adalah masyarakat yang kehidupannya di laut/pesisir, dengan mata pencaharian utamanya adalah sebagai nelayan atau petani rumput laut.Kalau untuk di Kolaka lebih khusus di Wilayah kerja saya ada satu dusun yang bernama Labuang yang katanya mereka adalah Orang Bajo, menurut saya merekalah salah satu dari "Orang Laut" itu.

    ReplyDelete
  77. Nama : Amalia Ramadhani
    Nim : S.0020.P2.004

    Assalamualaikum wr.wb
    Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dan maritim terbesar di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan, dan berbagai jenis hewan laut lainnya untuk dikirim ke negara Cina,Jepang bahkan sampai ke Amerika untuk diolah sebagai bahan makanan. Kondisi yang agak berbeda terdapat di kawasan Indonesia Timur yang kedalaman lautnya mencapai 4.000 m,banyak ditemukan ikan besar seperti tuna dan cakalang. Panjang garis pantai Indonesia kedua terpanjang di dunia setelah Kanada. Oleh karena itulah, potensi sumber daya alam wilayah pesisir sangat penting bagi Indonesia.
    1.Sebagai Media Transportasi
    Indonesia merupakan negara kepulauan sarana transportasi laut memiliki potensi yang penting. Banyak pelabuhan terkenal di Indonesia yang dapat di singgahi kapal barang atau kapal penumpang. Contoh pelabuhan di Jawa,Tanjung Priuk,Tanjung Emas,dan Ketapang
    2.Hutan Mangrove
    Hutan mangrove merupakan tipe hutan yang terletak di daerah pasang surut air laut. Tampak bahwa hutan mangrove tersebar di pesisir barat Pulau Sumatra,beberapa bagian dari pantai utara Pulau Jawa,sepanjang pesisir Kalimantan,Pesisir Pulau Sulawesi,dan Pesisir Selatan Papua.
    Sedangkan untuk orang laut yaitu banyak beraktivitas dalam perdagangan,kadang-kadang dirancukan dengan suku bangsa maritim lainnya.Orang Laut dulunya adalah perompak, tetapi berperan penting dalam Kerajaan Sriwijaya.

    Terima Kasih
    Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  78. Nama:grace valentina waate
    Nim.S.0020.P2.034
    Non Reg:Kolaka


    Begitu banyak manfaat laut di antaranya:

    >sebagai oksigen yg di perlukan manusia untuk bernafas dan tetap hidup tanpa mengisap gas ini manusia akan mati,kebanyakan orang berpikir bahwa pepohonan dan hutan menghasilkan banyak oksigen tetapi hanya 28% saja dari total volume gas penting itu yg dihasilkan,paling tidak 70% oksigen yang ada di atmosfir bumi dihasilkan dari laut.

    >Sebagai sumber pangan dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yg mengandung banyak protein.contoh ikan di perairan indonesia sangat beragam jenisnya dan msih banyak lagi.

    >Sebagai energi yang tak terhingga besarnya,energi yang di hasilkan pun tidak seperti bahan bakar minyak yang akan habis dan tentunya sangat ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara.

    >sebagai jalur transportasi,dengan ada transportasi laut kt bs berpergian di berbagai pulau yg ada di indonesia maupun di luar pulau indonesia.

    >sebagai tempat rekreasi,di indonesia begitu banyak tempat rekreasi yg sangat indah lautnya,contoh di pulau labengki yg ada di sulawesi tenggara,disana kita bs melepas jenuh karena bekerja.

    >sumber mata pencaharian,intinya laut menjadi gantungan hidup bagi nelayan,pengrajin garam,dan juga yang bekerja di bagian selancar dan diving.

    >sedangkan suku laut atau orang laut adalah suku bangsa yang menghuni kepulauan riau,indonesia.atau di sebut orang selat.orang laut dulunya adalah perompak tetapi berperan penting dalam kerajaan sriwijaya,kesultanan malaka dan kesultanan johor.merekalah yang menjaga laut dari bajak laut,memandu para pedagang kepelabuhan kerajaan2 dan mempertahankan hegemoni mereka di daerah tersebut.

    Terimakasih
    Salam sehat selalu

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Nama : eka mustika waty
    Nim : S.0020.P2.023
    Non reg B kolaka

    Berikut beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia.

    1. Tempat Rekreasi dan Hiburan.
    Indonesia memiliki banyak sekali laut yang indah dan berpotensi untuk pariwisata, salah satu contohnya adalah Laut Bunaken.
    Laut Bunaken memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan, karena masih terjaganya terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan.
    Dengan masih alaminya Laut Bunaken, maka ikan-ikan akan tumbuh dan berkembang biak dengan baik sehingga menambah indahnya Laut Bunaken.
    Maka tak heran jika banyak wisatawan baik dari dalam maupun wisatawan asing yang datang untuk berkunjung.

    2. Pembangkit Listrik.
    Laut juga dapat dimanfaatkan sebagai tenaga alam pembangkit listrik, dengan tenaga yang sangat besar (tenaga ombak, pasang surut air, angin, dan sebagainya) akan bisa menghasilkan listrik yang besar pula.
    Ini sangat bermanfaat sekali bagi manusia karena bisa mengerjakan pekerjaan sehari hari dengan menggunakan tenaga listrik.

    3. Tempat Hidup Sumber Makanan Kita.
    Sebagian besar penduduk pesisir pantai menggantungkan hidupnya kepada hasil laut sebagai seorang nelayan. Setiap hari mereka pergi menangkap ikan setelah itu hasilnya mereka jual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
    Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi manusia karena mengandung protein hewani yang sangat tinggi dibandingkan dengan sumber protein yang lain.

    4. Tempat Budidaya
    Dengan perairan yang sangat indah, alami dan masih banyak ditumbuhi terumbu karang maka laut yang seperti ini akan menarik perhatian ikan-ikan untuk hidup.
    Para nelayan dapat memanfaatkan laut untuk tempat budidaya, seperti budidaya kerang mutiara, rumput laut, dan lain-lain.

    5. Sebagai Jalur Transportasi Air.
    Laut juga digunakan sebagai jalur transportasi air. Kita bisa menuju ke benua manapun dengan melewati jalur laut, hal ini karena laut bisa diumpamakan sebagai jalan penghubung.
    Pada jaman dulu, laut di gunakan oleh para pedagang, pelaut, sebagai jalur menuju tempat tujuan karena masih belum ada kendaraan udara.
    Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai tempat persinggahan para pedagang karena terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik.

    6. Sebagai Tempat Cadangan Air Bumi.
    Laut berpotensi menjadi cadangan air bumi, jika air di daratan habis maka mau tidak mau kita akan menggunakan air laut untuk kebutuhan sehari hari.

    7. Salah Satu Sumber Air Minum (Desalinasi).
    Sumber air minum tidak hanya berasal dari darat saja, tapi laut pun juga dapat menghasilkan air untuk dikonsumsi lewat proses desalinasi.

    Desalinasi adalah proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi manusia, binatang dan tanaman.

    8. Tempat Barang Tambang Berada.
    Di laut banyak terdapat barang barang tambang, misalnya minyak bumi. Minyak bumi terbentuk dari hewan hewan kecil yang mati berjuta tahun yang lalu.
    Minyak bumi sangat penting bagi manusia karena menjadi bahan bakar mesin yang dipakai oleh manusia.
    Apalagi dimasa modernisasi seperti ini, kebutuhan kendaraan yang berupa mesin sangat dibutuhkan, sehingga kebutuhan minyak bumi pun meningkat.

    9. Sebagai Objek Riset Penelitian dan Pendidikan.
    Laut memiliki manfaat yang sangat penting juga dalam bidang pendidikan, yaitu sebagai objek riset penelitian.
    Laut mempunyai kekayaan alam yang melimpah sehingga tak akan ada hentinya para peneliti untuk menguak misteri yang terkandung didalamnya. Mulai dari hewan, tumbuhan, batuan, dan lain sebagainya.
    Berikut beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia.

    Orang laut" merupakan berbagai suku atau kelompok yang bertempat tinggal disekitaran laut, serta mengandalkan laut untuk hidup dengan bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka membangun rumah atau bermukim di atas perahu.

    Wassalam ๐Ÿ™

    ReplyDelete
  81. Albertin.T Nim.S.0020.P2.003
    Nonreg kls B Kolaka

    Pemanfaatan Laut selain sebagai sumber kekuatan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat, khususnya masyarakat pesisir. Sebagai nelayan, laut menajadi tumpuan mereka untuk bertahan hidup, kehidupan laut menjadi kehidupan mereka. Hasil tangkapan sumber daya laut yang dijual nantinya akan menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan lain seperti askes Pendidikan, pelayanan kesehatan dan kebutuhan social lainya.
    Sementara itu, keberadaan ‘Orang Laut’ menurut hasil pencarian saya menemukan bahwa ada sekelompok masyarakat yang bermukim dipinggiran laut wilayah perairan Kepulauan Riau. Suku yang bersifat sea nomand karena keberadaanya yang hidup nomaden dengan melakukan seluruh aktifitas di atas perahu atau sampan yang beratap (kajang). Kehidupan yang berisiko karena dapat terpengaruh pada faktor cuaca maupun aksesibilitas untuk mendapatkan pelayanan. Baik itu kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan lainnya. Sejarah mencatat bahwa keberadaan mereka sangat berperan penting pada kejayaan Kesultanan Malaka, Kesultanan Johor, dan Kerajaan Sriwijaya. Tugas mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, hingga memandu para pedagang ke palabulan kerajaan-kerajaan tersebut.

    ReplyDelete
  82. Nama:Reski Ika patantan
    Nim : S.0020.P.101
    Non.Reg B Kolaka

    Bismillah
    Laut adalah bagian penting dalam kehidupan manusia dan memiliki banyak manfaat antara lain :

    1. Sebagai sumber mata pencaharaian, Banyak masyarakat pesisir menggantungakan hidupnya dari kegiatan penangkapan ikan dan sumber makanan lain dari laut

    2. Sebagai jalur transportasi, laut di manfaatkan sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain pengangkutan lewat jalur laut dengan kapal dapat mengangkut barang dalam jumlah banyak pada jarak yang jauh

    3. Sebagai tempat wisata, laut merupakan tempat wisata yang sangat populer. kawasan laut yang banyak di kunjungi adalah wilayah pantai dan terumbu karang.

    Sementara itu, dari hasil yang saya dapatkan bahwa "orang laut" adalah suku bangsa yang menghuni kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah "orang laut" mencakup berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai.

    Secara historis orang laut dulunya adalah perampok, tetapi berperan penting dalam kejayaan sriwijaya, kesultanan malaka dan kesultanan johor. Mereka menjaga selat- selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan kerajaan-kerajaan tersebut dan mempertahankan hagemoni mereka di daerah tersebut.

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Sitti Ni'ma Uzwatun Nisa
      Nim : S.0020.P2.116
      Non reg B kolaka
      Bismillah
      Assalamualaikum

      Negara indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dan sebagian wilayahnya berupa perairan,Sedangkan Sekitar 2/3 wilayah indonesia adalah lautan. Adapun manfaat laut
      1.Penghasil Oksigen
      Oksigen adalah gas yang dibutuhkan manusia untuk bernafas dan tetap hidup, tanpa menghisap O2 manusia akan mati.
      Kebanyakan org berfikir pepohonan dan hutan merupakan sumber oksigen tertinggi, secara global pohon dan hutan memang menghasilkan banyak oksigen tetapi hanya 28% saja dari total volume yang dihasilkannya.
      Para ahli seluruh dunia sepakat,sebanyak 70% paling tidak oksigen yang ada di atmosfir bumi dihasilkan dari lait, berbagai tumbuhan laut yang berklorofil seperti ganggang, planton adalah produsen utama dunia, sebagai tumbuhan berklorofil, tumbuhan itu akan berfotosintesa dengan bantuan sinar matahari.
      2.Tempat Hidup Sumber Makanan Kita.
      Sebagian besar penduduk pesisir pantai menggantungkan hidupnya kepada hasil laut sebagai seorang nelayan. Setiap hari mereka pergi menangkap ikan setelah itu hasilnya mereka jual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
      Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi manusia karena mengandung protein hewani yang sangat tinggi dibandingkan dengan sumber protein yang lain.
      3.Sebagai Jalur Transportasi Air.
      Laut juga digunakan sebagai jalur transportasi air. Kita bisa menuju ke benua manapun dengan melewati jalur laut, hal ini karena laut bisa diumpamakan sebagai jalan penghubung.
      Pada jaman dulu, laut di gunakan oleh para pedagang, pelaut, sebagai jalur menuju tempat tujuan karena masih belum ada kendaraan udara.
      Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai tempat persinggahan para pedagang karena terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik.
      4.Tempat Rekreasi dan Hiburan.
      Indonesia memiliki banyak sekali laut yang indah dan berpotensi untuk pariwisata, salah satu contohnya adalah Laut Bunaken.
      Laut Bunaken memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan, karena masih terjaganya terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan.
      Dengan masih alaminya Laut Bunaken, maka ikan-ikan akan tumbuh dan berkembang biak dengan baik sehingga menambah indahnya Laut Bunaken.
      Maka tak heran jika banyak wisatawan baik dari dalam maupun wisatawan asing yang datang untuk berkunjung.

      Menurut saya orangnlaut merupakan orang yang hidup di dalam sampan/perahu diatas laut dan menjalani seluruh proses kehidupan di dalam sampan/perahu

      Delete
  84. Ramla Sari
    S.0020.P2.098
    Non Reg B Kolaka

    Menurut saya, contoh lain dari pemanfaatan kekuatan laut yaitu melakukan aktivitas perdagangan, aktivitas pelayaran, Industri maritim, pemanfaatan sumber daya laut,sebagai sumber penghasilan warga yang bermukim di pesisir, serta laut juga merupakan sumber pangan utamanya protein hewani...

    Orang laut menurut pengertian saya adalah Orang yang sebagian besar hidupnya di habiskan di atas laut baik itu untuk mencari nafkah, maupun tinggal menetap diatas Kapal atau perahu yang dijadikan tempat tinggal tetap, serta orang yang menggantungkan hidupnya dari hasil laut

    ReplyDelete
  85. Kasmawati
    S.0020.P2.056
    Non Reg B kolaka

    70% permukaan bumi kita terdiri dari lautan dan telah sejak lama lautan memberikan manfaat bagi majusia dan makhluk lain yg hidup di bumi lebih dari itu lautan ternyata menyimpan segudang manfaat lain yg mungkin belum bajyak orang ketahui dan tampaknya kita perlu menjaga laut utk kelangsungan hidup di masa depan .
    Ada 5 alasan manusia perlu menjaga laut di antaranya yaitu:
    1.membantu kita bernapas
    Manfaat laut ada dalam organisme yang hidup di dalamnya, salah satunya adalah fitoplankton. Organisme kecil ini bertanggung jawab atas setidaknya 50 persen oksigen yang ada di Bumi.

    Lainnya tanaman yang tumbuh di darat, fitoplankton juga mengandung klorofil untuk menangkap sinar matahari guna fotosintesis, dan mengubahnya menjadi energi yang mereka butuhkan. Mereka juga menghasilkan oksigen dari fotosintesis tersebut.

    2.laut membantu mengatur iklim
    Lautan menyerap panas dalam jumlah besar yang dikeluarkan oleh matahari.

    Pemanasan itu cenderung terjadi di lautan dekat garis khatulistiwa. Arus laut lalu menyebarkan panas itu ke seluruh dunia, ke utara dan selatan, hingga menuju kutub. Ketika sebagian air laut menguap, maka air laut akan menjadi lebih padat dan lebih berat karena kandungan garamnya yang relatif lebih tinggi. Hal ini menyebabkan pemanasan pada bagian laut yang lebih dalam.

    3.menjadi sumber makanan

    Ikan dari laut telah menjadi menu makanan bagi miliaran orang di seluruh dunia. Ikan telah menyumbang 16 persen dari semua protein hewani yang dikonsumsi secara global. Selain ikan, ada juga makanan lain dari laut yang dapat dikonsumsi, misalnya tanaman ganggang laut dan rumput laut.

    4.menjadi tempat hidup keanekaragaman hayati

    Bukan hanya menjadi sumber makanan, lautan juga merupakan rumah bagi banyak kehidupan. Saking banyaknya hewan yang hidup di sana, sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah makhluk hidup yang ada di laut.

    5. Sumber mata pencaharian umat manusia

    Pada dasarnya, kesehatan ekonomi industri maritim berkaitan dengan kesehatan laut secara keseluruhan. Di negara-negara berkembang, ekonomi laut menjadi hal yang sangat penting. Sebab, sebagian besar masyarakat di negara berkembang menggantungkan dirinya kepada laut sebagai mata pencaharian mereka.

    "Orang Laut " adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan bahari yang semurni-murninya.


    ReplyDelete
  86. Kusmiati
    S0020 P2 058
    Orang Laut menurut saya adalah orang orang yang semua aktivitas sehari-hari nya terjadi dilaut tinggal atau berdiam di laut dengan mendiami kapal yang dijadikan sebagai rumah mereka dan menggantungkan kehidupan mereka dari hasil laut.

    ReplyDelete
  87. Kusmiati
    S0020 P2 058
    Orang Laut menurut saya adalah orang orang yang semua aktivitas sehari-hari nya terjadi dilaut tinggal atau berdiam di laut dengan mendiami kapal yang dijadikan sebagai rumah mereka dan menggantungkan kehidupan mereka dari hasil laut.

    ReplyDelete
  88. Salam sehat Bu ๐Ÿ™๐Ÿ™
    Nama saya : Jami Samperompon
    Nim : S.0020.P2.050 (Non Reg.kls B Kolaka).

    Sumber daya laut adalah sumber daya yang cakupannya adalah apa saja yang berhubungan dengan laut. Jadi sumber daya laut tidak hanya mengenai ikan dan terumbu karang akan tetapi mencakup semua kegiatan yang bisa dilakukan di laut.

    Pengelolaan yang harus dilakukan membutuhkan keterkaitan dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Pengelolaan sumber daya kelautan berkelanjutan sangat penting dilakukan karena agar bisa mengarah pada tujuan

    1. Pengelolaan potensi laut dan pesisir bisa dilakukan dengan berbasis masyarakat
    2. Manambah pengawasan dan juga pengendalian terhadap sumber daya yang ada di laut
    3. Meningkatkan konservasi laut dan juga memperbaiki ekosistem yang mungkin sudah mengalami kerusakan
    4. Menjaga laut dan pesisir dari pencemaran
    5. Menggunakan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama menjaga ekosistem laut dan pesisir.

    Suku Laut atau sering juga disebut Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai dan pesisir dan pulau-pulau di lepas dimana mata pencaharian mereka adalah dilaut.

    ReplyDelete
  89. Nama:Nisba
    Nim:S.0020 P2 084
    1 november 2020
    Suku Laut atau sering juga disebut Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.




    Desa Orang Laut di Kepulauan Riau.
    Sebutan lain untuk Orang Laut adalah Orang Selat. Orang Laut kadang-kadang dirancukan dengan suku bangsa maritim lainnya, Orang Lanun.

    Secara historis, Orang Laut dulunya adalah perompak, tetapi berperan penting dalam Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Malaka dan Kesultanan Johor. Mereka menjaga selat-selat, mengusir bajak laut, memandu para pedagang ke pelabuhan Kerajaan-kerajaan tersebut, dan mempertahankan hegemoni mereka di daerah tersebut.

    ReplyDelete
  90. Sigit Supriyanto
    Nim : S.0020.P2.113

    Negara kita merupakan negara maritim yang sebagian besar terdiri dari laut.Maka dari itulah laut sangat penting bagi negara kita.sebagai sumber ekonomi, sosial budaya dan politik.Dengan pengelolaan yang baik laut dapat digunakan sebagai salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat terutama yang tinggal di pesisir laut.
    Adapun masyarakat yang tinggal atau mendiami suatu pulau dan segala aktivitas berada dilaut serta menggantungkan hidupnya dengan hasil laut, mereka disebut orang laut atau suku laut.

    ReplyDelete
  91. Nama : Anwar
    Nim : S.0020.P2.005
    Kelas: A Non Reguler 2020 kendari

    Laut sangat bermanfaat bagi semua orang, khusus nya bagi masyrakat pesisir dan nelayan, karna dengan adanya laut nelayan bisa mencari nafkah dan bisa menghidupi satu sama lain, kemudian laut juga bisa menghubungkan suatu wilayah ke wilaya lain.

    Dan kebanyakan orang juga, laut di manfaatkan sebagai tempat wisata atau tempat liburan.

    ReplyDelete
  92. Nama : Ariamus Toding
    NIM : S.0020.P2.012
    : Non regular zona Kolaka 2020

    Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia dan Orang Laut
    A. MANFAAT ALUT
    Sangat menarik memang mengetahui berbagai fakta unik yang dapat kita temukan di dalam laut. Adanya laut merupakan satu faktor yang sangat penting yang memungkinkan terjadinya kehidupan di muka bumi. Laut, juga memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan kita sering mendengar lagu dengan lirik, “nenek moyangku seorang pelaut…” Hal ini mengindikasikan betapa laut sudah menjadi tumpuan hidup dan juga sumber daya alam bagi manusia bahkan sejak dahulu kala. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari keberadaan laut di bumi:
    1. Laut Menyerap Karbon Dioksida
    2. Sumber Kehidupan Nelayan
    3. Jalur Transportasi
    4. Untuk Tempat Rekreasi
    5. Menjadi Sumber Bahan Makanan Sehat
    6. Laut Sebagai Pengendali Iklim Dunia
    7. Objek untuk penelitan
    8. Sebagai Sumber Mineral
    9. Sumber Minyak Bumi
    10. Sumber Air Tawar yang Melimpah
    11. Sumber Pembangkit Listrik
    B. ORANG LAUT
    Orang laut adalah sekelompok masyarakat yang bermukim di pesisir pantai, pada umumnya adalah suku Bajo yang ada di Sulawesi Tenggara

    ReplyDelete
  93. Nama:Lusiana Jeni
    NIM:S0020.P2.063
    Non Leguler Zona Kolaka
    Lautan merupakan sumber penting bagi umat manusia. Mereka meliputi tiga perempat dari planet kita. Sebesar 97% air di planet bumi berada di lautan. Laut menghasilkan lebih dari setengah oksigen di atmosfer, menyerap karbon lebih banyak dibandingkan daratan.Manfaat laut bagi kehidupan manusia yaitu sebagai sumber pariwisata, tempat perkembangbiakan biota laut, dan juga sebagai tempat perkembangbiakan rumput laut.

    ReplyDelete
  94. Nama:Lusiana Jeni
    NIM:S0020.P2.063
    Non Legular Zona Kolaka


    Lautan merupakan sumber penting bagi umat manusia. Mereka meliputi tiga perempat dari planet kita. Sebesar 97% air di planet bumi berada di lautan. Laut menghasilkan lebih dari setengah oksigen di atmosfer, menyerap karbon lebih banyak dibandingkan daratan.Manfaat laut bagi kehidupan manusia yaitu sebagai sumber pariwisata, tempat perkembangbiakan biota laut, dan juga sebagai tempat perkembangbiakan rumput laut.

    ReplyDelete
  95. Salam sehat bu....
    Nama : Kristina Komma
    Nim : S.0020.P2.059
    Sebagai pembangkit listrik
    Selain karena keindahannya yang menjadikan laut sebagai tempat wisata yang sangat diminati, laut juga merupakan salah satu tempat yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa listrik (yang merupakan faktor utama yang mempermudah kehidupan manusia) ini dihasilkan oleh berbagai hal dari alam. Listrik ini dapat dihasilkan dari berbagai faktor, seperti aliran air (Pembangkit listrik tenaga air), angin (Pembangkit listrik tenaga angin), uap (Pembangkit listrik tenaga uap), dan juga nuklir (Pembangkit listrik tenaga nuklir).

    Dari sekian banyak pembangkit listrik ini maka kita akan mengetahui bahwa beberapa diantaranya dimiliki oleh laut dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Laut yang mempunyai ombak, maka ombak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pemabngkit listrik. Selain ombaknya, angin yang ada di daerah laut memiliki kekuatan yang cukup besar, sehingga angin tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin yang dapat digunakan untuk membangkitkan listrik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jika dikelola dengan baik maka hal ini akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyrakat luas.

    "orang laut" adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup. Seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yang dibangun di atas laut. Bahkan banyak di antaranya yang menghuni rumah perahu.

    ReplyDelete
  96. Salam sehat bu....
    Nama : Kristina Komma
    Nim : S.0020.P2.059
    Sebagai pembangkit listrik
    Selain karena keindahannya yang menjadikan laut sebagai tempat wisata yang sangat diminati, laut juga merupakan salah satu tempat yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa listrik (yang merupakan faktor utama yang mempermudah kehidupan manusia) ini dihasilkan oleh berbagai hal dari alam. Listrik ini dapat dihasilkan dari berbagai faktor, seperti aliran air (Pembangkit listrik tenaga air), angin (Pembangkit listrik tenaga angin), uap (Pembangkit listrik tenaga uap), dan juga nuklir (Pembangkit listrik tenaga nuklir).

    Dari sekian banyak pembangkit listrik ini maka kita akan mengetahui bahwa beberapa diantaranya dimiliki oleh laut dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Laut yang mempunyai ombak, maka ombak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pemabngkit listrik. Selain ombaknya, angin yang ada di daerah laut memiliki kekuatan yang cukup besar, sehingga angin tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin yang dapat digunakan untuk membangkitkan listrik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Jika dikelola dengan baik maka hal ini akan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyrakat luas.

    ReplyDelete
  97. Nama : Febrianti
    NIM : S 0020 P2 028
    Non Reguler Zona Kolaka 2020

    Manfaat Perairan Laut
    Laut memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai berikut
    1. Sumber mata pencaharian penduduk
    Perairan laut merupakan sumber kehidupan bagi nelayan. Perairan laut menyediakan berbagai macam jenis ikan,kerang,udang dan sebagainya.
    2. Sarana transportasi
    Laut merupakan air yg murah, karena hampir tidak dioerlukan biaya pembuatan dan pemeliharaan. Melalui laut, berbagai hasil dapat dibawa dari satu tempat ke tempat yg lain. Transportasi laut dapat berupa kapal penumpang, kapal barang, dan kapal pesiar. Contoh transportasi laut yaitu penyebrangan antar pulau di Selat Sunda antara Pelabuhan Merak dan Bakauheni.
    3. Pembangkit tenaga listrik
    Perairan laut memiliki potensi dan gelombang yg besar. Angin dan gelombang saat ini dimanfaatkan sebagau penggerak motor penghasil listrik.
    4. Tempat wisata bahari
    Laut dapat dijadikan tempat rekreasi dan wisata bahari, misalnya di Cilincing, Ancol, dan Parangtritis.
    5. Pengatur iklim
    Perbedaan sifat fisik air lautdan sifat fisik daratan dapat menimbulkan gerakan udara (angin). Bersama-sama dengan angin tersebut, maka uap air laut terbawa dan dapat menyejukkan atau memanaskkan tempat yg dilalui serta dapat menimbulkan turunnya hujan.
    6. Tempat pertahanan dan keamanan
    Kapal-kapal laut dapat menjagankeamanan dan kedaulatan wilayah indonesia dari serangan negara asing
    7. Sumber bahan tambang
    Bahan tambang terutama minyak dan gas banyak dijumpai di tengah perairan laut. Hal ini terjadi karena bahan-bahan pembentuk minyak, seperti jasad organik ikan dan tumbuhan banyak terjadi di laut. Misalnya, pertambangan minyak dan gas lepas pantai di Balikpapan, Kalimantan Timur.

    ReplyDelete
  98. Salam sehat,
    Nama : Nelce
    Nim : S.0020.P2.083
    Non Reg. B Kelas Kolaka

    Menurut saya salah satu contoh lain dari pemanfaatan laut adalah sebagai sumber energi,Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki laut yang sangat luas dengan garis pantai yang sangat panjang. Menurut data Badan Informasi Geospasial (BIG), total panjang garis pantai Indonesia mencapai 99.903 Km dan –tentu—tersebar di seluruh pulau yang ada di Indonesia. Jika semua benda menyimpan energi potensial seperti yang disampaikan dalam hukum kekekalan energi, maka sesungguhnya pantai pun menyimpan energi potensial yang tidak kecil.

    Pemanfaatan pantai sebagai sumber daya energi terkait langsung dengan keberadaan laut yang mengelilingi seluruh wilayah Indonesia. Disadari bersama bahwa sangat kecil kemungkinan laut akan mengalami kekeringan dan pembekuan. Jika pun hal itu terjadi, dibutuhkan waktu lama dan sebab yang tidak sederhana karena berkaitan dengan segala hal yang berada di muka bumi dan langit. Jika tidak terjadi peristiwa yang bersifat spesifik dan mempengaruhi sistem tata semessta, kemungkinan laut akan tetap ada dan energi yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.

    Sedangkan yang dimaksud dengan 'orang laut" adalah mereka yang tinggal dilaut, yang seluruh aktivitasnya dilaut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti suku bajo yang keseluruhan aktivitasnya dilautan, dimana suku ini tersebar diseluruh pulau di Indonesia.

    ReplyDelete
  99. Ass....
    Nama : Mulyani
    Nim : S.0020.P2.077
    Pemanfaatan laut begitu banyak sekali. Salah satunya yaitu sebagai mata pencaharian bagi para nelayan. Para nelayan sama halnya dengan manusia-manusia pada umumnya yang butuh makan, tempat tinggal, pendidikan, dan lakn sebagainya. Oleh karena itu, hasil tangkapan nelayan berupa udang, ikan, cumi dan lain sebagainya dapat mereka tukarkan agar bisa dipakai untuk membeli makanan, biaya sekolah anak dan lain sebagainya.
    Tidak hanya nelayan, sebut saja mereka yang menyewakan ban kepada para wisatawan, instruktur selancar air, pengajar kursus diving dan lain sebagainya. Semua mencari nafkah dari laut. Tanpa laut, profesi-profesi itu takkan ada.
    Sedangkan orang laut atau biasa disebut suku laut adalah suku bangsa yang menghuni kepulauan Riau, Indonesia. Di wilayah laut lain seperti Sulawesi, kelompok yang masuk kategori orang laut juga dikenal dengan berbagai nama. Seperti Bajau atau Bajo, Sama, Sama dan Samal Laut.

    ReplyDelete
  100. Nama Rohasni
    Nim S 0020 P2 103
    Menurut saya adalah pemanfaatan sumber daya alam seperti laut pantai adalah salah satu sumber penghasilan ekonomi yang mampu masyarakat kelola sehingga menjadi sumber penghasilan di Indonesia terdiri dari beberapa macam yakni tambak ikan dan temapt menanam rumput laut hal ini bisa membantu masyarakat yang ada tinggal di sekitar pinggir pantai
    Laut juga bisa dijadikan destinasi wisata serta tempat refesing bagi masyarakat lainnya kota masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat pesisir harus menjaga lingkungan agar bisa meletakkan sumber daya alam

    ReplyDelete
  101. Nama :Juhartini
    Nim : S.0020.P2.052

    Pemanfaatan laut
    Laut adalah sumber daya yang meliputi ruang lingkup yang luas yang mencakup kehidupan laut (flora dan fauna) mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pasang surut dipantai dataran tinggi dan daerah muara yang luas.berbagai orang memanfaatkan dan berinteraksi dengan lingkungan laut.
    Laut juga termasuk yang banyak sekali memiliki berbagai sumber yang bisa digunakan atau dimanfaatkan diantaranga:
    - sebagai sumber mineral
    Air laut biasa digunakan dalam pembuatan garam
    - sebagai sumber pangan
    Laut mengandung banyak sumber makanan berupa ikan,maupun hewan lain seperti udang dan rumput laut.
    - sebagai jalur transportasi
    Laut bermanfaat sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain
    - sebagai tempat wisata
    Laut merupakan tempat wisata yang sangat populer.kawasan laut yang banyak dikunjungi adalah wisata pantai dan terumbu karang
    Orang laut merupakan suku bangsa yang nenhuni kepulauan riau indonesia. Istilah orang laut mencakup berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau.sebutan lain untuk orang laut adalh orang selat.orang laut kadang kadang dirancunkan dengan suku bangsa maritim lainnya

    ReplyDelete
  102. nama : Amriyani Amir
    Nim :S.0020.P2.005
    NON REG . B Kelas Kolaka
    menurut saya salah satu contoh lain dari pemanfaatan laut yaitu pemanfaatan kawasan Teluk Bone, yang merupakan salah satu teluk strategis di dunia dalam pengembangan sumber daya kelautan. Baik itu perikanan, pemanfaatan kawasan pesisir pantai, maupun perputaran eknomi antar wilayah.
    Manfaat pantai bagi kehidupan manusia adalah :
    Sebagai destinasi pariwisata.
    Sumber mata pencaharian masyarakat sekitar pantai.
    Mencegah pemukiman penduduk terkena air laut ketika pasang.
    Pantai dipergunakan sebagai tempat budidaya berbagai komoditas.
    Sumber anggaran pendapatan dan belanja daerah.
    Pantai adalah daerah yang merupakan perbatasan antara daratan dengan lautan. Pantai selain memiliki manfaat bagi hewan dan tumbuhan di sekitar pesisir pantai, juga sangat bermanfaat bagi manusia.

    Salah satu manfaat pantai yang umum dirasakan oleh masyarakat adalah pantai dapat dipergunakan sebagai destinasi pariwisata. Pantai dipergunakan sebagai destinasi pariwisata karena tempat ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Berbagai kegiatan pariwisata dapat dilakukan di pantai, mulai dari sekedar berfoto, bermain air, menangkap ikan, menikmati hembusan angin dan suara pantai, dsb.

    sedangkan yang di maksud dengan orang laut adalah orang yang tinggal dipesisir pantai dan membangun rumah disekitar pantai seperti suku bajo yang mata pencaharianya bersumber dilautan

    ReplyDelete
  103. ARMAN ARAS
    Nim. S. 0020. P2. 013
    MAHASISWA NONREG KELAS B KOLAKA

    Assalamu Alaikum Wr. Wb
    Pemanfaatan laut menurut saya sangat lah banyak, dan di sini saya akan melihat pemanfaatan laut yg ada di Kab. Kolaka
    * Sebagai Jalur transfortasi utama yg menghubungkan Kab. Kolaka ( sultra ) dan Kab. Bone ( Sulsel )
    * Sebagai tempat Wisata (Rekreasi) seperti Tanjung Malaha, Pantai Taamborasi, Pantai Piturua, Pantai Kalomang dll
    * Sebagai sumber mata Pencaharian bagi Nelayan yg tersebar merata di seluruh Pesisir Pantai Kolaka
    * Sebagai Sumber pangan bagi Masyarakat karena Keanekaragaman hewani yg ada di laut seperti Ikan, Cumi, Udang dll

    ORANG LAUT menurut saya adalah Seseorang atau sekolompok orang yang Bermukim di Pesisir Pantai dan bermata pencaharian Utama di Lautan ( contoh ORANG BAJO, yang ada di Kec. Wolo Kab. kolaka )...

    Terima Kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  104. Dharmawaty
    Nim.S 0020 P2 020
    Pemanfaatan laut dan kekuasaannya,sumber daya pesisir alam pesisir semakin disadari banyak orang bahwa sumber daya ini merupakan suatu petensi yang mendukung tingkat perekonomian masyarakat terutama bagi nelayan.
    Mengenai pemanfaatan laut bagi suku Bajo merupakan satu satunya suku yang sekaligus memiliki aktifitas utama dilaut hal ini menjadikan suku memiliki keunikan tersendiri dibandingkan suku lain.

    ReplyDelete
  105. Nama:Imran
    Nim :S.0020.P2.044
    (MAHASISWA KLS KOLAKA)

    Ass..Indonesia merupakan salah satu Negara dengan laut yang sangat luas yang mepunyai kekayaan yang melimpah terutama Ikan yang menjadi sumber penghasilan utama para nelayan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

    Olehnya itu kita harus menjaga kerestarian laut.

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB

    ReplyDelete
  106. Ass
    Nama:Tutiyanti
    Nim:S.0020.P2.126
    Laut adalah sekumpulan air yang sangat luas dipermukaan bumi,memisahkan atau menghubungkan benua pulau dengan benua dengan pulau lainya.dan laut merupakan sumberpenting bagi umat manusia,manfaat lau dari segi ekonomi,setengah popolasi dunia hidup di daerah pantai seperti wilayah pesisir masyarakat pesisir menggantungkan penghasilanya dari sektor kelautan dan perikanan

    - manfaat laut bagi kehidupan
    1.sumber pangam
    2.sarana transportasi
    3.tempat wisata
    4.tempat olah raga
    5.alat pertahanan dan keamanan
    6.sumber bahan tambang
    7.pendidikan dan penelitian
    8.sumber mineral dan pertambangan.

    ReplyDelete
  107. Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari pulau Besar dan pulau kecil,salah satunya Sulawesi Tenggara sebagai Provinsi yg kehidupannya banyak d pengaruhi oleh hasil kekayaan laut.salah satu contoh pemanfaatan laut selain sebagai sumber kekuatan juga dapat d manfaatkan sebagai sumber ekonomi masyarakat.Sulawesi tenggara sebagai provinsi yang kehidupannya banyak di pengaruhi oleh hasil kekayaan laut untuk pangan dan Gizi masyarakat juga memanfaatkan sebagai tempat wisata dimana sudah banyak bermunculan tempat tempat Wisata Pantai d berbagai wilayah Sulawesi Tenggara.

    ReplyDelete
  108. Suku Orang Laut adalah Orang orang yang tinggal di atas Perahu atau Kapal mereka berpindah pindah tempat dan membangun pemukiman di sekitar pinggir pantai.Suku orang laut tersebar keseluruh pelosok pesisir pantai di Indonesia

    ReplyDelete
  109. Nama: Mariana.R
    Nim : S.0029.P2.064
    Mahasiswi Kelas Non Reg B Kolaka

    Indonesia adalah
    negara maritim terbesar di dunia,
    yang memiliki 17.504 pulau yang
    membentang dari barat sampai timur
    dengan panjang garis pantai kurang
    lebih 81.000 km serta luas wilayah
    laut sekitar 5,9 juta km2.

    Kondisi geografis Indonesia
    sebagai negara kepulauan
    menempatkan sektor transportasi
    laut sebagai jalur utama
    penghubung pulau-pulau di
    Indonesia.

    Masyarakat pesisir adalah
    sekumpulan masyarakat yang hidup
    bersamasama mendiami wilayah
    pesisir membentuk dan memiliki
    kebudayaan yang khas yang terkait
    dengan ketergantungannya pada
    pemanfaatan sumberdaya pesisir
    (Satria, 2004).

    ReplyDelete
  110. Nama: Mariana.R
    Nim : S.0029.P2.064
    Mahasiswi Kelas Non Reg B Kolaka

    Indonesia adalah
    negara maritim terbesar di dunia,
    yang memiliki 17.504 pulau yang
    membentang dari barat sampai timur
    dengan panjang garis pantai kurang
    lebih 81.000 km serta luas wilayah
    laut sekitar 5,9 juta km2.

    Kondisi geografis Indonesia
    sebagai negara kepulauan
    menempatkan sektor transportasi
    laut sebagai jalur utama
    penghubung pulau-pulau di
    Indonesia.

    Masyarakat pesisir adalah
    sekumpulan masyarakat yang hidup
    bersamasama mendiami wilayah
    pesisir membentuk dan memiliki
    kebudayaan yang khas yang terkait
    dengan ketergantungannya pada
    pemanfaatan sumberdaya pesisir
    (Satria, 2004).

    ReplyDelete
  111. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  112. Nama : Desy
    Nim : S 0020 P2 019
    Non Reg kelas B kolaka

    Manfaat Laut – Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dan sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Ada dua macam perairan yaitu perairan laut dan perairan darat.

    Perairan laut memiliki wilayah yang paling luas karena Indonesia termasuk negara yang diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

    Sedangkan perairan darat contohnya seperti danau, sungai, rawa, waduk dan lain-lain. Dengan laut yang luas, Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang perikanan.

    Laut Indonesia juga kaya dengan ikan yang beraneka ragam, mulai dari ikan yang besar sampai ikan yang kecil, dari ikan yang mahal sampai yang murah, dari ikan hias sampai ikan yang lezat untuk dikonsumsi dan masih banyak lagi.

    Salam sehat
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  113. Nama : Minarni
    Nim : S.0020.P2.072
    Kelas Kolaka

    Konsep Masyarakat Maritim

    Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan
    terbesar di dunia, dengan jumlah pulau mencapai kurang lebih 17.500 buah dan dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki ke aneka ragaman hayati
    terbesar. Sebagai negara kepulauan, tidaklah
    mengherankan jika lebih kurang dua pertiga dariteritorial negara kesatuan yang berbentuk republik
    ini merupakan perairan, dengan luas lebih kurang
    5,8 juta km 2

    . Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantaiterpanjang di dunia setelah Kanada yang mencapai
    lebih kurang 81.000 km.

    Masyarakat maritim, yang terdiri dari dua buah kata yang memiliki makna tersendiri.
    Maritim yang merupakan segala aktivitas pelayaran dan perniagaan/perdagangan yang berhubungan dengan kelautan.
    Sedangkan masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, cukup lama hidup bersama, mendiami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama, dan melakukan sebagian besar kegiatannya di dalamkelompok tersebut ( Horton et. Al,1991)

    ReplyDelete
  114. JAFARMADI. S.0020.P2.049. Ass,salam sejawat. Laut adalah sumber kehidupan bagi kelangsungan hidup manusia oleh karena itu harus kita lestarikan sumber kehidupannya yang begitu kaya akan keanekaragam hayati dan biota laut sehingga dapat Bermanfaat bagi seluruh umat manusia

    ReplyDelete
  115. Darmia
    Nim :S.0020.P2.016Manfaat laut dalam kehidupan kita adalah:

    1. Sebagai sumber bahan makanan
    2. Sebagai jalur transportasi
    3. Sebagai sumber energi
    4. Sebagai tempat wisata
    5. Sebagai sumber uap air untuk hujan

    Jawaban panjang:

    Laut adalah bagian penting dari kehidupan manusia dan memiliki banyak manfaat. Antara lain:

    1. Sebagai sumber bahan makanan

    Laut mengandung banyak sekali sumber makanan berupa ikan maupun hewan lain seperti udang dan rumput laut.

    Ikan yang berasal dari laut misalnya adalah ikan tuna, teri dan pari.

    Makanan laut merupakan sumber nutrisi penting berupa protein.

    Banyak masyarakat pesisir menggantungkan hidupnya dari kegiatan penangkapan ikan dan sumber makanan lain dari laut.

    2. Sebagai jalur transportasi

    Laut bermanfaat sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan satu wilayah ke wilayah lain. Pengangkutan lewat jalur laut dengan kapal dapat menganggut barang dalam jumlah banyak pada jarak yang jauh dan lebih efisien dari pada dengan jalur darat atau udara.

    Kapal yang digunakan untuk mengangkut barang mislanya adalah tanker untuk menangkut minyak dan kapal kargo untuk mengangkut peti kemas.

    3. Sebagai sumber energi

    Dasar laut memgandung banyak deposit minyak mentah dan gas alam yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Contoh wilayah laut yang kaya deposit bahan bakar fosil ini adalah Teluk Persia di Tinur Tengah.

    Selain itu laut juga memiliki gelombang laut, arus pasang surut dan angin yang semuanya dapat digunakan sebagai sumber energi terperbaharukan.

    4. Sebagai tempat wisata

    Laut merupakan tempat wisata yang sangat populer. Kawasan laut yang banyak dikunjungi adalah wilayah pantai dan terumbu karang. Contoh terumbu karang yang terkenal di Indonesia adalah Bunaken dan Raja Ampat.

    5. Sebagai sumber uap air untuk hujan

    Hujan yang berguna untuk sumber air di daratan berasal dari awan yang ternentuk dari penguapan air di laut.

    ReplyDelete
  116. Nama : Ulfiati Idrus. M
    Nim : S.0020.P2.127
    Kelas B Kolaka

    Indonesia di anugerahi dengan laut yang begitu luas, sehingga sumber daya di laut juga beraneka ragam.
    Sumber daya laut adalah sumber daya alam yg kaya akan fungsi dan manfaat yaitu :
    Laut sebagai jembatan penghubung antar pulau, di dalam laut terdapat kekayaan akan ikannya yang dapat berguna untuk kepentingan ekonomi dan makanan konsumsi manusia. Di dalam laut terdapat kandungan minyak bumi dan gas yang dapat di gunakan untuk kepentingan manusia, laut juga mempunyai keindahan untuk kegiatan pariwisata dan lainnya.

    Orang laut adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup. Seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yang di bangun di atas laut, bahkan banyak di antaranya yang menghuni rumah perahu. Pekerjaan sehari-hari mereka umumnya nelayan atau pencari ikan di sekitar laut.

    ReplyDelete
  117. Nama:Nurbaya
    Nim: S.0020.P2.0093
    Non Reg.kelas B kolaka

    Assalamualaikum...
    Menurut saya Laut adalah sekumpulan air yang sangat luas dipermukaan bumi,memisahkan atau menghubungkan benua pulau dengan benua dengan pulau lainya.dan laut merupakan sumberpenting bagi umat manusia,manfaat lau dari segi ekonomi,setengah popolasi dunia hidup di daerah pantai seperti wilayah pesisir masyarakat pesisir menggantungkan penghasilanya dari sektor kelautan dan perikanan

    - manfaat laut bagi kehidupan
    1.sumber pangam
    2.sarana transportasi
    3.tempat wisata
    4.tempat olah raga
    5.alat pertahanan dan keamanan
    6.sumber bahan tambang
    7.pendidikan dan penelitian
    8.sumber mineralSebagai Jalur transfortasi utama yg menghubungkan Kab. Kolaka ( sultra ) dan Kab. Bone ( Sulsel )
    Dan juga
    * Sebagai tempat Wisata (Rekreasi) seperti Tanjung Malaha, Pantai Taamborasi, Pantai Piturua, Pantai Kalomang dll
    * Sebagai sumber mata Pencaharian bagi Nelayan yg tersebar merata di seluruh Pesisir Pantai Kolaka
    * Sebagai Sumber pangan bagi Masyarakat karena Keanekaragaman hewani yg ada di laut seperti Ikan, Cumi, Udang dll

    ReplyDelete
  118. Banyak orang sudah tahu bahwa Indonesia adalah 70% dari luas wilayahnya. Indonesia juga memiliki 17.504 pulau dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Data Asian Development tahun 2009 menunjukkan bahwa wilayah pesisir Indonesia adalah rumah bagi ribuan spesies laut.

    Dengan kata lain, laut Indonesia menyediakan sumber protein penting yang secara tradisional telah menjadi sumber makanan utama. Dari beberapa kajian diketahui bahwa hingga saat ini ikan secara konsisten berkontribusi lebih dari 10% dari total konsumsi protein makanan dan lebih dari 50% dari asupan protein makanan hewan di negara ini .

    Pada dasarnya, kesehatan ekonomi ndustri maritim berkaitan dengan kesehatan laut secara keseluruhan, dinegara negara berkembang ekonomi laut menjadi hal yang sangat penting. sebab, sebagian besar masyarakat di negara berkembang menggantungkan dirinya kepada laut sebagai mata pencaharian mereka.

    ReplyDelete
  119. Rahmi jaya abadi
    Nim:S,0020,P2.096
    Kelas nonreg B zona kolaka
    Laut sangat bermanfaat bagi manusia yaitu sebagai sumber pangan. Di laut kita bisa menemukan makhluk hidup seperti Ikan,Udang,Cumi-cumi,Rumput laut.Dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yang mengandung banyak protein di dalam laut, laut adalah sumber pangan yang sangat dibutuhkan manusia. Hal itu sudah disadari sejak ribuan tahun yang lalu.Apalagi kebanyakan hewan laut mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan manusia untuk tumbuh dan berkembang. Ikan dan hewan laut lainnya juga mengandung Omega 3 yang menurut ahli gizi dan kesehatan sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan manusia.Laut sudah lama juga menjadi sumber penghidupan berbagai kalangan tertentu, seperti nelayan.
    Org laut adalah suku bangsa yg menghuni suatu kepulauan secara luas.istilah org laut mencakup berbagai suku kelompok yg bermukiman dipulau pulau dan muara,sungai.secara historis org laut dulunya adalah perompak.

    ReplyDelete
  120. Nama : Rosmilah
    Nim : S.0019.P2.104
    Non reg Kolaka
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Manfaat laut bagi kehidupan
    1.sumber pangam
    2.sarana transportasi
    3.tempat wisata
    4.tempat olah raga
    5.alat pertahanan dan keamanan
    6.sumber bahan tambang
    7.pendidikan dan penelitian
    8.sumber mineral dan pertambangan
    9.sumber penghasilan bagi nelayan

    Dan Orang Laut menurut saya adalah orang orang yang semua aktivitas sehari-hari nya terjadi dilaut tinggal atau berdiam di laut dengan mendiami kapal yang dijadikan sebagai rumah mereka dan menggantungkan kehidupan mereka dari hasil laut itu sendiri

    ReplyDelete
  121. Nunung Thoyyibah,S0020 P2088
    Pemanfaatan laut oleh manusia selain untuk kekuasaan adalah untuk perekonomian , sejak jaman dahulu laut digunakan sebagai jalur perniagaan, selain di eksplorasi sumberdaya alamnya, hingga saat ini jalur laut masih di gunakan oleh para eksportir atau importir untuk membawa barang perniagaan dalam skala besar baik hasil bumi , pertambangan dan barang industri skala nasional maupun internasional..laut sangat berperan dalam kemajuan ekonomi sebuah negara.sebagai contoh di daerah saya banyak pelabuhan2 tempat kapal bersandar untuk membawa hasil pertambangan ke luar daerah maupun keluar negri.
    Orang laut , hidup untuk laut dan laut untuk hidup. Di indonesia orang laut mendiami selat malaka di sumatra.pesisir kalimantan timur , sulawesi dan maluku ..
    Orang laut membuat pemukiman di atas laut bahkan ada yg tinggal di sampan atau perahu
    Orang laut yg mendiami pesisir sulawesi di sebut dgn suku bajo. Orang laut di kenal sebagai perenang dan penyelam handal juga sebagai pembuat perahu yg handal.
    Tapi pada saat ini banyak suku laut yg tinggal di pesisir dekat perkotaan contohnya di desa hakatutobu kec pomalaa dan di anaiwoi kec tanggetatda. Jd sudah mulai tersentuh kehidupan moderen.


    ReplyDelete
  122. Nama:fatmawati.k
    Nim:s.0020.p2.025

    Laut mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia diantaranya adalah:
    1.penghasil oksigen
    2.sumber pangan
    3.jalur transportasi
    4.tempat rekreasi
    5.sumber mata pencaharian
    6.sumber bahan tambang
    7.benteng pertahanan alami
    8.sumber mineral yg dibutuhkan manusia
    9.cadangan air tawar yg sangat luas
    10.mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global
    11.sumber energi yg tak terhingga
    12.pengendali iklim dan suhu dunia

    Sedangkan orang laut(suku baju)adalah suku bangsa yg bertempat tinggal diperahu dan hidup mengembara di perairan dan masyarakat yg mengandalkan laut untuk hidup.seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yg dibangun diatas laut bahkan banyak diantaranya yg menghuni rumah perahu dan masyarakat yg mempunyai kebudayaan bahari yg murni dan banyak yg hidup menetap dilaut.

    ReplyDelete
  123. Nama:fatmawati.k
    Nim:s.0020.p2.025

    Laut mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia diantaranya adalah:
    1.penghasil oksigen
    2.sumber pangan
    3.jalur transportasi
    4.tempat rekreasi
    5.sumber mata pencaharian
    6.sumber bahan tambang
    7.benteng pertahanan alami
    8.sumber mineral yg dibutuhkan manusia
    9.cadangan air tawar yg sangat luas
    10.mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global
    11.sumber energi yg tak terhingga
    12.pengendali iklim dan suhu dunia

    Sedangkan orang laut(suku baju)adalah suku bangsa yg bertempat tinggal diperahu dan hidup mengembara di perairan dan masyarakat yg mengandalkan laut untuk hidup.seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yg dibangun diatas laut bahkan banyak diantaranya yg menghuni rumah perahu dan masyarakat yg mempunyai kebudayaan bahari yg murni dan banyak yg hidup menetap dilaut.

    ReplyDelete
  124. Orang laut dikenal dengan nama orang pesukuan yaitu orang yang terbagi dalam berbagai suku. Orang laut atau pesukuan hidupnya ada di darat, teluk, muara, sungai dan di laut.
    Orang laut merupakan suku yang hidup di sampan atau rumah-rumah perahu dengan mata pencaharian utama sebagai pencari ikan dan binatang laut lainnya.

    ReplyDelete
  125. Nama:Reski fitria ningsih
    Nim:S.0020.P2.051

    Nelayan suku Bajo dikenal sebagai nelayan ulung yang menyebar hingga di seluruh wilayah Nusantara. Bagi masyarakat suku Bajo mempunyai kesamaan dalam memandang laut sebagai sumber kehidupan bagi mereka. Hal ini dapat dijadikan karakteristik nelayan suku bajo walaupun mereka menyebar dan menetap di berbagai
    2
    daerah di Indonesia: seperti:
    1. Suku Bajo adalah suku
    mengembara laut, mereka kerap
    disebut juga sebagai suku Bajo.
    2. Suku Bajo memandang laut sebagai penghubung dan bukannya pemisah. Hal ini member perspektif baru bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan yang menghubungkan
    laut, bukan dipisahkan.
    3. Suku Bajo tersebar di berbagai Negara sesuai karakternya yang nomaden.
    4. Alat transportasi yang lazim digunakan oleh suku Bajo adalah kapal dan sampan.
    5. Sebelum dunia mengenal istilah The World Coral Triangle Suku Bajo terlebih dulu menandai seluas wilayah di area tersebut sekaligus menjaganya sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam yang tak ternilai. Suku Bajo dan The Coral Triangle adalah kesatuan yang tidak terpisahkan.
    6. Suku Bajo memiliki banyak sekali ritual adat. Salah satunya adalah upacara Sangal yang dilakukan saat musim paceklik ikan dan spesies laut lainnya. Pada upacara tersebut, mereka akan melepas spesies yang populasinya tengah menurun di saat bersamaan. Misalnya : melepas penyu saat populasi penyu berkurang, melepas tuna saat tuna berkurang.
    7. Suku Bajo juga memiliki kearifan local dalam melaut dan mengambil hasil laut. Mereka selalu memilih/mengambil ikan yang usinya sudah matang dan membiarkan ikan-ikan yang masih kecil/muda untuk tumbuh dewasa. Mereka juga tidak mengambil jenis ikan tertentu yang tengah memasuki siklus musim kawin maupun bertelur untuk menjaga keseimbangan populasi dan regenerasi spesies tertentu.
    8. Motto yang sering didengar di
    kalangan suku Bajo adalah “Di lao’denakungKu’yang berarti lautan adalah Saudaraku. Oleh karenanya, lautan adalah tempat hidup, mencari nafkah, serta mengadu dalam suka dan duka yang selalu menyediakan kebutuhan hajat hidupku.

    ReplyDelete
  126. Nama : Samsiah
    NIM : S.0020.p2.107
    Mahasiswa Non regular B/ Kelas B( Kolaka )

    Assalamu Alaikum,wr,wb
    laut adalah sekumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi, memisahkan atau menghubungan benya atau pulau dengan benua atau pulau lainnya,dalam kehidupan manusia laut memiliki banyak manfaat antara lain :
    1. Laut Sebagai Alat Perhubungan Dan Pengangkutan
    Laut bisa dimanfaatkan sebagai jalur lalu lintas kapal-kapal angkutan dari pulau yang satu ke pulau yang lain sehingga arus transportasi barang dan manusia dapat berlangsung dengan cukup baik. Disamping itu, akan terjadi hubungan timbal balik antara negara yang satu dengan negara yang lain, baik dalam lapangan sosial, ekonomi, politik dan lain-lain.
    2. Laut Sebagai Sumber Tenaga
    Arus laut bisa memperingan tenaga perahu, sebab dengan adanya arus laut tersebut perahu bisa meluncur dengan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Selain itu gerak pasang surut air laut juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik.
    3. Laut Sebagai Daerah Perikanan
    Sumber daya hewan dari laut bisa memberi kehidupan kepada penduduk. Sumber daya hewan tersebut berupa berbagai jenis ikan, kerang, kepiting, udang, mutiara dan lain-lain. Hasil ikan di Indonesia per tahun ± 1,7 ton. Jenis ikan yang ditangkap antara lain seperti tongkol, tenggir, cucut, paus kecil, dan tuna.
    4. Laut Sebagai Daerah Pertanian
    Usaha pertanian laut bisa dilakukan dengan memanfaatkan pasang naik dan pasang surut untuk persawahan ( sawah pasang surut ) contoh : dimaura sungai Musi hingga Sungai Rokan. Selain itu, budi daya rumput laut bisa diusahakan di wilayah laut dangkal seperti Sumba dan Maluku, hasilnya digunakan untuk bahan pembuatan agar-agar.

    Menurut saya,suku yang diberikan dengan julukan “ Orang laut” adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan bahari yang semurni-murninya, seperti suku bajo Orang Bajau banyak ditemukan di Perairan Selat Makassar (di Pulau Laut dan Pantai Timur Kalimantan), sekitar Bontang, Teluk Bone, daerah Nusatenggara Timur, Kepulauan Banggai, Teluk Tomini, Kepulauan Sulu, dan Maluku Utara. Tak hanya itu, orang laut lantas mulai hidup di pinggir pantai di rumah-rumah yang terbuat dari kayu yang disediakan pemerintah. Sejak bermukim ini, orang laut hanya pergi melaut untuk mencari ikan pada musim tertentu.

    ReplyDelete
  127. Jamilah.
    Nim.S.0020.P2.050
    Non reg B.kolaka

    Indonesia di anugerahi dengan laut yang begitu luas, sehingga sumber daya di laut juga beraneka ragam.
    Sumber daya laut adalah sumber daya alam yg kaya akan fungsi dan manfaat yaitu :
    Laut sebagai jembatan penghubung antar pulau, di dalam laut terdapat kekayaan akan ikannya yang dapat berguna untuk kepentingan ekonomi dan makanan konsumsi manusia. Di dalam laut terdapat kandungan minyak bumi dan gas yang dapat di gunakan untuk kepentingan manusia, laut juga mempunyai keindahan untuk kegiatan pariwisata dan lainnya.

    Orang laut adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup. Seringkali masyarakat ini menghuni pemukiman yang di bangun di atas laut, bahkan banyak di antaranya yang menghuni rumah perahu. Pekerjaan sehari-hari mereka umumnya nelayan atau pencari ikan di sekitar laut.

    Terimakasih ๐Ÿ™

    ReplyDelete
  128. Suhena
    Nim:S.0020.P2.119

    Manfaat Laut

    Laut memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai berikut
    1. Sumber mata pencaharian penduduk
    Perairan laut merupakan sumber kehidupan bagi nelayan. Perairan laut menyediakan berbagai macam jenis ikan,kerang,udang dan sebagainya.
    2. Sarana transportasi
    Laut merupakan air yg murah, karena hampir tidak dioerlukan biaya pembuatan dan pemeliharaan. Melalui laut, berbagai hasil dapat dibawa dari satu tempat ke tempat yg lain. Transportasi laut dapat berupa kapal penumpang, kapal barang, dan kapal pesiar. Contoh transportasi laut yaitu penyebrangan antar pulau di Selat Sunda antara Pelabuhan Merak dan Bakauheni.
    3. Pembangkit tenaga listrik
    Perairan laut memiliki potensi dan gelombang yg besar. Angin dan gelombang saat ini dimanfaatkan sebagau penggerak motor penghasil listrik.
    4. Tempat wisata bahari
    Laut dapat dijadikan tempat rekreasi dan wisata bahari, misalnya di Cilincing, Ancol, dan Parangtritis.
    5. Pengatur iklim
    Perbedaan sifat fisik air lautdan sifat fisik daratan dapat menimbulkan gerakan udara (angin). Bersama-sama dengan angin tersebut, maka uap air laut terbawa dan dapat menyejukkan atau memanaskkan tempat yg dilalui serta dapat menimbulkan turunnya hujan.
    6. Tempat pertahanan dan keamanan
    Kapal-kapal laut dapat menjagankeamanan dan kedaulatan wilayah indonesia dari serangan negara asing
    7. Sumber bahan tambang
    Bahan tambang terutama minyak dan gas banyak dijumpai di tengah perairan laut. Hal ini terjadi karena bahan-bahan pembentuk minyak, seperti jasad organik ikan dan tumbuhan banyak terjadi di laut. Misalnya, pertambangan minyak dan gas lepas pantai di Balikpapan, Kalimantan Timur.

    ReplyDelete
  129. Nama :Dasmia
    Nim : S.0020.P2.082

    Assalamualaikum

    Pemanfaatan laut menurut saya sebagai sumber mata pencaharian bagi para nelayan, tempat wisata,jalur transportasi, pembangkit listrik,sumber minyak bumi dan sebagai sumber oksigen yang diperlukan manusia untuk bernapas.

    Menurut saya orang laut merupakan sekelompok orang yang bertempat tinggal disekitar laut serta mengandalkan laut untuk hidup dengan bermata pencaharian sebagai nelayan.

    ReplyDelete
  130. Nama :Syamsirsyah
    Nim :S.0020.P2.134
    Non reg B kls B kolaka

    Diantara pemanfaatan laut yg lain yaitu sbg Sarana transportasi misalnya kapal laut, Usaha perikanan seperti nelayan, Sumber bahan tambang, seperti di Kalimantan yg terdapat tambang minyak, Pertanian laut contohnya rumput laut, Pendidikan dan penelitian misalnya untuk meneliti keanekaragaman spesies ikan dan lain-lain, pelayaran misal kapal pesiar, dan sebagai tempat olahraga dan wisata.


    Adapun orang Laut.

    Orang Laut adalah suku bangsa yang menghuni Kepulauan Riau, Indonesia. Secara lebih luas istilah Orang Laut mencakup "berbagai suku dan kelompok yang bermukim di pulau-pulau dan muara sungai di Kepulauan Riau-Lingga, Pulau Tujuh, Kepulauan Batam, dan pesisir dan pulau-pulau di lepas pantai Sumatra Timur dan Semenanjung Malaya bagian selatan.

    Kesimpulannya orang Laut bisa disebut juga orang yang bermukim di sepanjang pinggiran sungai maupun laut di Indonesia.

    ReplyDelete
  131. Nama:megawati
    Nim.s.0020.p1.106
    Non reg B kolakaass.laut sangat bermanfaat bagi semua manusia karena laut sebagai sumber mata pencaharian bagi masyarakat pesisir,lat juga merupakan tempat transportasi untuk menghubungkan sati wilayah kewilayah yang lain
    Contoh pemanfaatan laut
    1.sebagai sumber bahan makanan.contoh ikan.garam,rumput laut
    2.sebagai sumber energi
    3.sevagai jalur transportasi
    4.sebagai tempat wisata

    ReplyDelete
  132. Sitti Annisa
    S.0020.P2.059
    Kelas A Kendari Non Reguler 2020

    70 persen permukaan Bumi kita terdiri dari lautan, dan telah sejak lama lautan memberikan manfaat bagi manusia dan makhluk lain yang hidup di Bumi. Menurut saya, lautan menyimpan segudang manfaat. Di antaranya sebagai berikut :

    1. Membantu kita bernapas

    Manfaat laut ada dalam organisme yang hidup di dalamnya, salah satunya adalah fitoplankton. Organisme kecil ini bertanggung jawab atas setidaknya 50 persen oksigen yang ada di Bumi.

    Layaknya tanaman yang tumbuh di darat, fitoplankton juga mengandung klorofil untuk menangkap sinar matahari guna fotosintesis, dan mengubahnya menjadi energi yang mereka butuhkan. Mereka juga menghasilkan oksigen dari fotosintesis tersebut.

    Selain itu, fitoplankton juga mengonsumsi karbon dioksida. Organisme ini mentransfer sekitar 10 gigaton karbon dari atmosfer ke lautan di setiap harinya.

    2. Laut membantu mengatur iklim

    Lautan menyerap panas dalam jumlah besar yang dikeluarkan oleh matahari. Pemanasan itu cenderung terjadi di lautan dekat garis khatulistiwa. Arus laut lalu menyebarkan panas itu ke seluruh dunia, ke utara dan selatan, hingga menuju kutub. Ketika sebagian air laut menguap, maka air laut akan menjadi lebih padat dan lebih berat karena kandungan garamnya yang relatif lebih tinggi. Hal ini menyebabkan pemanasan pada bagian laut yang lebih dalam.

    3. Menjadi sumber makanan

    Ikan dari laut telah menjadi menu makanan bagi miliaran orang di seluruh dunia. Ikan telah menyumbang 16 persen dari semua protein hewani yang dikonsumsi secara global. Selain ikan, ada juga makanan lain dari laut yang dapat dikonsumsi, misalnya tanaman ganggang laut dan rumput laut.Selain itu, untuk mendapatkan satu gram protein dari hewan ternak, kita membutuhkan 112 liter air. Sedangkan lautan, jika dikelola dan dipelihara dengan baik, dapat menjadi sumber makanan yang berkelanjutan untuk masa sekarang dan masa depan, mengingat populasi manusia yang terus bertambah.

    4. Menjadi tempat hidup keanekaragaman hayati

    Bukan hanya menjadi sumber makanan, lautan juga merupakan rumah bagi banyak kehidupan. Saking banyaknya hewan yang hidup di sana, sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah makhluk hidup yang ada di laut. Keanekaragaman hayati di lautan ini bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk wisata, sumber pangan, dan penelitian atau kepentingan lainnya.

    5. Sumber mata pencaharian umat manusia

    Pada dasarnya, kesehatan ekonomi industri maritim berkaitan dengan kesehatan laut secara keseluruhan. Di negara-negara berkembang, ekonomi laut menjadi hal yang sangat penting. Sebab, sebagian besar masyarakat di negara berkembang menggantungkan dirinya pada hasi laut. Laut juga merupakan lingkungan alam yang indah untuk dinikmati, memberikan kebahagiaan yang tak ternilai. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Itulah beberapa alasan yang menjadikan laut layak untuk dijaga dan dipertahankan, agar kita tetap bisa merasakan manfaat laut di masa depan.

    ReplyDelete
  133. Nama : Ela Yusnah
    Nim : S.0020.P2.012
    Kelas : A Non-Reg 2020 Kendari

    1.pengahasil oksigen
    2.Mengurangi efek rumah kaca dan pemenasan global
    3.sumben pangan
    4.Jalur transportasi
    5.tempat rekreasi
    6.Sumber mata pencaharian
    7.Sumber mineral yang di butuhkan manusia
    8.Candangan air tawar yang sangat besar
    9.Pengendali iklim dan suhu dunia
    10.Sumber bahan tambang
    11.Benteng pertahanan Alami
    12.Objek untuk penelitian
    13.Sumber minyak bumi
    14.Sumber pembangkit iklim

    ReplyDelete
  134. Nama : Ela Yusnah
    Nim : S.0020.P2.012
    Kelas : A Non-Reg 2020 Kendari

    1.pengahasil oksigen
    2.Mengurangi efek rumah kaca dan pemenasan global
    3.sumben pangan
    4.Jalur transportasi
    5.tempat rekreasi
    6.Sumber mata pencaharian
    7.Sumber mineral yang di butuhkan manusia
    8.Candangan air tawar yang sangat besar
    9.Pengendali iklim dan suhu dunia
    10.Sumber bahan tambang
    11.Benteng pertahanan Alami
    12.Objek untuk penelitian
    13.Sumber minyak bumi
    14.Sumber pembangkit iklim

    ReplyDelete
  135. Nama : Filda Yustika Sari
    Nim : S.0020.P2.017
    Kelas : Non.Reg B kelas A Kendari

    Pemanfaatan laut sebagai sumber bahan makanan seperti ikan maupun hewan lain seperti udang maupun rumput laut. Ikan yang berasal dari laut misalnya adalah ikan tuna, ikan teri dan berbagai jenis ikan lainnya.
    Makanan laut merupakan sumber nutrisi penting berupa protein. Banyak masyarakat pesisir menggantung kan hidupnya dari kegiatan penangkapan ikan dan sumber makanan lain dari laut..

    Orang laut adalah masyarakat yang mengandalkan laut untuk hidup, karna mata pencaharian utama mereka adalah melaut contohnya sebagai nelayan yang mencari ikan untuk dijual kepengepul atau pembeli.

    ReplyDelete
  136. Nama : Suhurisan
    Nim : S.0020.P2.063
    Kelas: Non reg Kelas A

    KEARIFAN LOKAL MELESTARIKAN BUDIDAYA LAUT
    - Suku Bajo Desa Darawa

    Perairan laut Indonesia yang berada diantara dan disekitar kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah nasional Indonesia, disebut sebagai Laut Nusantara merupakan aset nasional yang berperan sebagai sumber kekayaan alam, sumber energi, sumber bahan makanan, media lintas laut antar pulau, kawasan perdagangan, dan wilayah pertahanan keamanan. Pertambahan penduduk yang pesat dan dirasakan makin sempitnya daratan, memaksa kita untuk berangsur-angsur mengalihkan kegiatan ekonomi ke laut. Wilayah laut yang luas dengan potensi sumberdaya yang menjanjikan, dan banyaknya masyarakat nelayan yang terlibat, menempatkan perikanan menjadi bidang dengan prospek yang menantang untuk dikembangkan secara lebih proposional.
    Salah satu kabupaten di sulawesi tenggara yaitu Wakatobi, memiliki potensi sumber daya kelautan yang besar, seperti perikanan tangkap, budidaya laut, dan wisata bahari. Jumlah nelayan dan pembudidaya hasil laut yang cukup banyak menjadi gambaran bahwa kehidupan bahari di kabupaten kepulauan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Di Desa Darawa khususnya, penduduk hidup tenang tanpa utang. Hidup di pulau karang di tengah laut Wakatobi membuat mereka mengandalkan sepenuhnya kebutuhan sehari-hari pada sumber daya laut. Penduduk Darawa membudidayakan gurita di laut lepas dan menanam rumput laut dengan memanfaatkan sampah plastik. Dalam budidaya gurita, penduduk mempraktikkan sasi, bahasa lokal daerah Indonesia timur untuk “wilayah kelola”. Ini praktik mengelola dan menjaga laut yang sudah turun-temurun di Darawa dan pulau-pulau kecil di laut Sulawesi Tenggara. Sasi semacam jeda menginvasi laut. Selama tiga bulan, penduduk dilarang masuk ke wilayah sasi yang mereka tetapkan berdasarkan musyawarah dengan melihat lokasi hidup gurita. Waktu paling terlarang mendekati sasi adalah lima hari sebelum dan sesudah purnama. Sebab, di waktu ini gurita sedang bertelur. Waktu tiga bulan adalah masa tumbuh gurita. Setelah tiga bulan, gurita akan menua bahkan mati. Maka sebelum mereka menjadi renik di dasar laut, para nelayan Darawa memanennya. Sasi mulai mereka hidupkan lagi setelah 2005, setelah lama vakum karena daerah-daerah laut terlarang hancur dibom nelayan luar.
    Bekerja sama dengan Taman Nasional Wakatobi, penduduk Darawa mendirikan sasi dengan membuat peraturan desa yang melarang siapa pun mendekat ke wilayah kelola itu. Jika ada nelayan desa lain yang coba-coba mendekat ke sana, penduduk Darawa akan melaporkannya kepada polisi hutan.
    Ketika mengunjungi Desa Darawa anda akan menyaksikan sendiri bagaimana masyarakat di sana mempraktikkan kearifan lokal menjaga laut. Cerita tentang mereka bisa di baca di buku Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Supriyanto, Catatan dari Tepi Hutan, yang terbit pada 2019.
    Jika wilayah kelola disebut sasi, waktu penutupan dinamakan tobanto dan masa panen adalah tobeta. Di masa tobanto, penduduk membudidayakan rumput laut dengan media tanam memanfaatkan sampah botol plastik yang mengapung di laut. Cara ini membuat laut Darawa bersih dari sampah dan menghasilkan. Usia panen rumput laut adalah tiga bulan. Ketika masa panen rumput laut habis, mereka memanen gurita. Siklus itu berputar terus sepanjang tahun. Dengan penghasilan tersebut, hidup nelayan Darawa berkecukupan. Mereka bisa menyekolahkan anak hingga kuliah.
    Dengan pencapaian-pencapaian itu nelayan Darawa dua kali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Satu dari Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, satunya lagi dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.


    ReplyDelete

Powered by Blogger.