Let's Talk About Love

October 23, 2020

 Language is the dress of thought

-Samuel Johnson

Pekerjaan dalam ranah kesehatan adalah pekerjaan mengenai pelayanan. Seorang Perawat sebelum turun untuk melayani kebutuhan pasien seyogyanya dapat memahami dirinya terlebih dahulu. Dia paham betul bagaiaman tabiat dirinya, kelebihannya, kekurangannya dan bagaimana mengatasi dirinya sendiri. Seorang perawat tidak boleh dalam keadaan tidak mengerti apapun saat akan merawat pasien, kesadaran akan kemampuannya harus terjaga. 

Sehingga ketika berjumpa dengan pasiennya, dia siap untuk memahami berbagai latar belakang yang dimiliki kliennya. Tanpa adanya kesiapan memahami diri sendiri, perawat beresiko mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan klien bahkan rekan kerja. Tidak adanya saling percaya dan gagalnya membina hubungan baik dengan klien adalah akibat yang akan didapatkan.

Sehingga perawat akah sulit menjalankan tugasnya selain memenuhi rutinitas, tanpa menghayati dan mencintai kesehariannya dalam menjalankan tugas mulia.

Komunikasi yang baik berhubungan dengan terapi klien atau kita sebut komunikasi teraupetik wajib dikuasai oleh perawat. Pada tahap awal perawat perlu untuk berlatih memahami dirinya sendiri kemudian berlatih untuk memahami latar belakang budaya yang keluarganya miliki, kemudian berlatih memahami lata belakang masyarakat tempatnya tinggal. Semua hal tersebut dikaitkan dengan pemeliharaan kesehatan.


Selanjutnya perawat yang telah memahami latar belakang masyarakat tempat tinggalnya diharapkan dapat menerapkan pada kliennya. Pemahaman akan keberagaman sangat berpengaruh pada proses kesembuhan klien seperti adanya perbedaan suku, agama, kelas sosial dan sebagainya, menjadi pembuka jalan hubungan baik antara perawat dan klien. Pekerjaan akan dijalani dengan penuh cinta dan tanggung jawab. Semua ide intervensi dan implementasi keperawatan akan dengan mudah dijalankan apabila klien dan keluarganya telah memiliki rasa saling percaya pada perawat. 


Perawat, apakah anda sudah memahami diri anda sendiri dengan keberagaman latar belakang keluarga anda dilihat dari sisi kesehatan?

Coba ceritakan menurut pengalaman refleksi diri anda saat ini, jangan lupa tuliskan nama ya

15 comments:

  1. Nanang Rahmawan
    NIM:S.0020.P2.080
    Assalamualaikum,jalinan komunikasi baik pada keluarga,masyarakat ataupun klien tidak terlepas bagaimana komunikasi kita terhadap keluarga kita sendiri,yang harus kita tumbuhkan terlebih dahulu dengan bijak khususnya dibidang kesehatan sehingga dengan kita menumbuhkan jalinan komunikasi kesehatan dikeluarga dengan baik kita dapat mempelajari hubungan komunikasi dimasyarakat kalau komunikasi kita kekeluarga baik,dengan otomatis masyarakat akan tumbuh rasa percaya kepada kita dalam hal komunikasi,pengalaman saya Bu saya ditugaskan dipustu yaitu puskesmas pembantu alhamdullilah sudah 16 tahun hubungan komunikasi saya ke masyarakat sangat baik,memang banyak problem yang saya hadapi karena bermacam macam suku,agama oleh karena itu di mata masyarakat komunikasi saya dengan keluarga saya sangat lah direspon baik.demikian dari saya jika ada kata kata yang salah mohon perbaikan dari ibu dosen,saya ucapkan assalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr.wb.
    Selfri L. Usman
    S0020.P2.111
    Komunikasi yang baik antar klien dan keluarga klien sangatlah d butuhkan.berbagai karakter dan sifat klien yang kami rawat tidak membuat kita lengah,jadikan klien tempat curhat mengenai penyakit,maka saya sebagai perawat harus bisa berkomunikasi memberikan informasi dalam keadaan apapun.jaganlah sekali sekali kt nampakkan masalah yang kt hadapi d depan klien,,selalu menampakkan bahwa kt harus siap memberikan pelayanan dan informasi yang terbaik buat mereka agar mereka bisa percaya dan yakin pada kita bahwa kita bersungguh sungguh memberikan pelayanan keperawatan pada mereka
    Sekian dan termakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  3. Kusmiati
    S0020 P2 058
    Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yg harus dimiliki oleh setiap perawat, komunikasi dengan klien belajar memahami apa yang klien rasakan
    Pengalaman saya sebagai programmer penyakit TB, berkomunikasi dengan pasien yg dihadapi terutama untuk memberikan informasi tentang penyakit yang diderita oleh pasien harus berhati-hati dalam penyampaian informasi tersebut, sehingga pasien tidak merasa akan dikucilkan karena penyakit yg dideritanya, pemberian informasi penyakit dibutukna cara komunikasi yg baik sehingga pasien merasa nyaman dan menerima informasi yang kita berikan, selain itu komunikasi juga dibutuhkan untuk menumbuhkan motivasi pasien dan keluarga dalam menjalani pengobatan TB. Peran kita dalam berkomunikasi dengan keluarga dan pasien sangat lah penting dimana komunikasi bterhadap pasien TB diperlukan sebagai bentuk pengawasan minum obat agar pasien bisa menyelesaikan pengobatan nya tanpa ada rasa minder terhadap petugas dan keluarga

    ReplyDelete
  4. Nama : I nyoman juliana
    Nim : S.0020.P2.024

    Proses sosialisasi berawal dari keluarga, komunikasi yang baik yang kita lakukan pada keluarga kita, menjadikan modal utama saat terjun dimasyarakat dalam meberikan pelayanan kesehatan, dengan kemampuan kita memahami kebutuhan kesehatan keluarga terlebih dahulu makan mental sudah terbentuk, contohnya saya selain bekerja dirumah sakit, saya mulai belajar untuk mengaplikasikan kepada kelurga saya, saya memberikan pelayanan kesehatan kepada keluarga sesuai keluhan yang mereka alami, setelah mental terbentuk, maka saya mulai belajar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan komunikasi yang baik saya dapat memahami apa keluhan dan apa yang seharusnya klien saya berikan, dengan hal tersebut maka tujuan klien dan tujuan saya tercapai dengan baik. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Dharmawaty
    Nim.S 0020 P2 020
    Keberagam dalam perbedaan selalu ada, hal ini karena manusia di ciptakan berbeda -beda dng bermacam- macam latar belakang.
    Keberagaman dan perbedaan merupakan suatu hal yang wajar dan alami, meskipun begitu banyak dr kita yang tdk bisa menyikapi perbedaan baik dr segi ras, agama dan latar belakan budaya. oleh karena itu masalah keberagaman di tempat kerja hari mendapatkan perhatian khusus untuk menciptakan suasana kerja yang layak dan kondusif.

    ReplyDelete
  6. Siti Mualifah Anggraeni
    Nim S.0020.P2.115

    Sebagai seorang perawat sebelum bertemu dengan pasien kita harus mampu terlebih dahulu memahami diri sendiri tentang apa kekurangan kita apa kelebihan kita dan apa yang harus disiapkan sebelum bertemu dengan pasien contohnya pada keluarga saya mempunyai latar belakang kesehatan mereka mempunyai pengetahuan bahwa virus Corona tidak berbahaya disinilah peran kita sebagai tenaga kesehatan diuji yaitu harus mampu memahami memberikan penjelasan tentang bahaya virus Corona . Setelah sebelumnya kita memahami tentang kekurangan dan kelebihan kita sebelum bertemu dengan keluarga . Dengan tetap menggunakan komunikasi yang baik yaitu komunikasi terapeutik Contoh lain peran kita sebagai perawat yang bertugas di rumah sakit .Saat ada pasien kita menyampaikan bahwa pasien yang seharusnya dirujuk ke rumah sakit pelayanan yang lebih baik namun karena pertimbangan keluarga sehingga pasien tidak jadi untuk dirujuk kita tidak boleh menyalahkan keputusan pasien tersebut kita hanya boleh mengedukasi mengenai penyakit pasien alasan mengapa harus dirujuk dampaknya jika tidak segera di rujuk dan menyerahkan segala keputusan kepada pasien dan keluarga pasien

    Terima kasih bu

    ReplyDelete
  7. Nama :Marwana
    Nim :S.0020.P2.067
    Komunikasi antara perawat,klienndan keluarga sangatlah penting,karna karakter dan sifat klien bayak yang berbeda
    Sebagai seorang perawat sebelym bertemu klien,kita harus membekali diri kita tentang apa kekurangan dan kelebihan kita,dan apa yang harus dipersiapkan jika bertemu dengan klien dan keluarga yang memang karakternya sediki emosional dan pemahamannya yang kurang.
    Jadi dengan menggunakan komunikasi yang baik klien dan keluarga merasa nyaman dan menerima informasi yang kita berikan lebih bisa dia pahami.dengan hal tersebut maka klien juga merasa lebih tenang tentang penyakit yang di deritanya serta lebih puas dan nyaman.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Nama:turiyanti
    Nim:S.0020.P2.126

    Dalam bidan keperawatan komunikasi merupakan metode utama dalam mengimplementasikan proses keperawatan,dalm hal ini perawat di tuntut memiliki keterampilan berkomunikasi secara terapeutik..komunikasi yang di jalin oleh perawat dengan pasienya dalamnproses keperawatan ini di sebut dengan komunikasi terapiutik.

    Komunikasi terapeutik dalam keperawatan bukan hanya sekedar komunikasi biasa,komunikasi ini di lakukan oleh perawat untuk membantu /mendukung proses penyembuhan pasien.

    ReplyDelete
  9. Nama :sitti nur aida
    Nim :S.0020.P2.060
    Mhs.non reg 2020 kendari
    Asslamualaikum wrb..komunikasi perawat,klien dan keluarga sangatlah penting.khususnya komunikasi kesehatan keluarga sangatlah erat kaitannya yaitu faktor fisik,psikis,sosial dan budaya serta pendidikan sehingga tahap interaksi dalam keluarga yaitu bisa kita kaji,menentukan diagnosa keperawatan,intervensi,rasional, implementasi dan evaluasi.begitupun juga dalam pelayanan dimasyarakat perawat lebih mengedepankan komunikasi terapeutik dengan klien untuk membantu atau mendukung proses penyembuhan klien.

    ReplyDelete
  10. Nama: Nur wulan sari eka juniati
    Nim : S.0020.p2.048

    Assalamualaikum, d mna kita sebagai perawat sebelum melakukan tindakan keperawatan kepada pasien kita sebagai seorang perawat harus mampu mengetahui hak2 pasien kemudian mampu memberikan layanan keperawatan sesuai dengan standar operasional prosedur dan mampu memberika pelayanan dengan sopan santun serta bertutur kata yang baik, kemudian mampu menjawab pertanyaan2 yg d berikan oleh keluarga maupun pasien, itulah kenapa perawat sblm melakukan pelayanan harus mampu menguasai tindakan2 sebagai seorang lerawat profesional. Terima kasig

    ReplyDelete
  11. Nama : Sri Wahyuni
    Nim :S.0019.P.027

    Sebagai seorang perawat sebelum bertemu dengan pasien kita harus mampu terlebih dahulu memahami diri sendiri tentang apa kekurangan kita apa kelebihan kita dan apa yang harus disiapkan sebelum bertemu dengan pasien contohnya pada keluarga saya mempunyai latar belakang kesehatan mereka mempunyai pengetahuan bahwa virus Corona tidak berbahaya disinilah peran kita sebagai tenaga kesehatan diuji yaitu harus mampu memahami memberikan penjelasan tentang bahaya virus Corona . Setelah sebelumnya kita memahami tentang kekurangan dan kelebihan kita sebelum bertemu dengan keluarga . Dengan tetap menggunakan komunikasi yang baik yaitu komunikasi terapeutik Contoh lain peran kita sebagai perawat yang bertugas di rumah sakit .kita harus tetap menjaga batas" Tindakan yg akan kita lakukan karena tanpa seizin dari pasien dan keluarga kita tidak boleh memaksakan agar dy mau mengikuti arahan dari seorang perawat.
    Terima kasih🙏

    ReplyDelete
  12. Nama : Zayati
    Nim : S.0020.P2.064
    Non reg kls A kendari
    Komunikasi perawat dengan pasien disebut juga komunikasi terapeutik,yg bertujuan untuk menyelesaikan masaalah pasien,dengan maksud agar dapat merubah prilaku pasien untuk menuju kesembuhan.komunikasi yg baik,menjamin adanya pertukaran pikiran dan pandangan yg benar sehingga tdk terjadi kebingungan,bila sebuah hal tdk terkomunikasikan dengan baik maka seorang pasien sulit untuk mengerti jika di biarkan masaalahpun akan timbul sebagai dampaknya,,contohnya pasien rencana op,,sbelumnya di edukasi untuk puasa yaitu untuk meminimalisir resiko isi lambung masuk kesaluean napas pasien,skeren,melepas perhiasan,gigi palsu jika ada,di anjurkan untuk memotong kuku dan mandi,dimana untuk mengurangi resiko infeksi,dengan adanya komuni kasi dan informasi yg baik antara perawat dan pasien sehingga mengurangi tingkat kecemasan klien dan proses penyebuhan pasien akan lebih cepat.🙏

    ReplyDelete
  13. Nama : Anggi Mustika Ayuh
    Nim : S. 0019 P. 005

    Kita sebagai perawat harus menjalin hubungan baik dengan mengunakan komunikasi trapeutik dengan klien dan keluarga klien, untuk menjelaskan tindakan apa yang akan kita berikan sesuai kebutuhan klien dan mengurangi kecemasan klien. Contohnya bahayanya virus corona. Jika kita menjelaskan dengan komunikasi yang baik maka kita akan mengurangi kecemasan klien.

    ReplyDelete
  14. Nama: Nova putri dewi cahyani
    Nim :S.0019.P.016

    Kita sebagai seorang perawat sebelum bertemu dengan kien harus mengenal dan memahami tentang diri kita sendiri. Apa kekurangan, kelebihab yang kita miliki dan mengetahui apa yang harus di siapkan sebelum bertemu klien. Dan komunikasi yang perawat lakukan kepada klien dan keluarga klian adalah komunikasi trapeutik. Karena jika seorang perawat membangun komunikasi trapeutik pada klien dan keluarga klien maka di situlah akan terciptanya hubungan saling percaya antara perawat, klien dan keluarga klien. Dengan demikian klien dan keluarga klien akan merasa puas dan nyaman terhadap pelayanan yang diberikan perawat sehingga meningkatkan semangat dan motivasi klien untuk sembuh.

    ReplyDelete
  15. Nama: Nela Cahya Pratiwi
    Nim:S.0019.P.015

    Menurut saya kita sebagai perawat harus terlebih dahulu untuk memahami diri sendiri sebab hal itu sangat penting bagi kita pada saat melakukan perawatan pada pasien, kita harus dapat mengontrol emosi kita ketika ada sesuatu yang tidak di sukai, memahami kebiasaan kita, kelakuan kita,baik dari sikap kita ke keluarga maupun ke masyarakat sehingga akan mempermudahkan kita untuk memahami keadaan pasien dan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan pasien ataupun dengan keluarga pasien.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.