Menua tanpa tanda

October 20, 2020


Investasi terbaik adalah kesehatan

Menua adalah sebuah proses alami yang mau tidak mau akan dialami oleh semua makhluk hidup. Proses menjadi tua terjadi setiap hari tanpa dirasakan dari tingkat sel sampai dengan tiap2 organ tubuh.


Meskipun usia dalam rentang muda, namun tubuh dan mental setiap hari mengalami penuaan. Tidak jarang orang yang mengalami penuaan dan mulai menyadarinya jatuh dalam pemikiran yang bisa mengganggu psikis.

Wanita seringkali mengalami penolakan terhadap kondisi menua. Keinginannya untuk tetap awet muda tak jarang menjadikan kehidupan di usia senjanya menjadi penuh tekanan batin (stress). Perawatan demi perawatan sering dilakukan untuk mendapatkan kembali kualitas keremajaannya. 

Sehingga tak jarang komunikasi pada lansia wanita menjadi buruk akibat ketidakstabilan emosinya. Perawat Lansia atau Caregiver -yang saat ini menjadi karir yang prestige untuk dijalani karena di beberapa negara banyak lansia menghabiskan waktu dalam program perawatan- harus menguasai cara berkomunikasi secara teraupetik yang baik. Komunikasi teraupetik menjadi kunci untuk dapat merawat lansia dengan baik.

Namun, Lansia pria juga tidak lepas dari permasalahannya. Lansia pria seringkali mendapatkan suatu keguncangan mental akibat hilangnya kekuasaan sebelum masa pensiun yang biasa kita sebut "Post Power Syndrome". Hilangnya peran dan power sebagai pengambil keputusan baik di institusi maupun dalam lingkungan keluarga menyebabkan lansia pria sedikit emosional. Cenderung menjadi sosok yang lebih galak dan ingin semua keinginannya diikuti oleh semua orang termasuk para tetangga.

Permasalahan mental bukan hanya dihadapi oleh lansia, secara signifikan, fisiologis yang mengalami penurunan fungsi akan menghambat kegiatan sehari-hari lansia dan tidak jarang menjadi gangguan patologi. 

Tahukah anda organ apa yang akan paling berat bekerja untuk mendukung keberlangsungan kehidupan lansia baik secara Psikis (mental) maupun Fisik?
Ungkapkan alsannya dan jangan lupa tulis nama ya...



14 comments:

  1. Prami rahmiadi
    S.0019.P.020
    Organ yg paling berat adalah kulit dikarenakan banyak lansia yg menolak penuaan kulit dan tidak sedikit yg melakukan perawatan untuk mendapatkan kualitas keremajaanya kembali.

    ReplyDelete
  2. Nama : Indah pratiwi
    Nim: S.0019.P.011

    Menurut saya. Organ yang paling berat terhadap lansia wanita adalah kulit,karena keinginan wanita yang ingin selalu terlihat muda yang membuat para wanita selalu menjaga perawatan kulit mereka, sehingga setelah lanjut usia wanita sering kali merasa mengalami tekanan batin(stres) karena penuaan yang terjadi pada dirinya.
    Sedangkan Untuk lansia pria organ yang paling berat adalah organ reproduksinya karena ketidak mampuanya memuaskan pasanganya.Oleh karena tidak sedikit lansia pria yang mengonsumsi bermacam obat untk menambah stamina

    ReplyDelete
  3. Nama : EKO FEBRIANTO
    NIM : S.0020.P2.024
    Kelas : A / Non Reguler B

    Assalamu'alaikum...

    Organ yang paling berat pada Lansia adalah kulit (sistem integumen), pada lansia kulit mengalami atropi, kendur, tidak elastis kering dan berkerut. Kulit akan kekurangan cairan sehingga menjadi tipis dan berbercak. Kekeringan kulit disebabkan atropi glandula sebasea dan glandula sudoritera, timbul pigmen berwarna coklat pada kulit dikenal dengan liver spot. Oleh sebab
    itu, sebagian besar lansia menolak penuaan kulit.

    Terima Kasih 🙏
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  4. Nama Aldin
    Nim. S.0019.P.004
    Organ yang paling berperan pada lansia adalah kulit,manusia keinginannya perawtan untuk mendapatkan kulit yg seperti kulit remaja

    ReplyDelete
  5. Nama: Nela Cahya Pratiwi Nim:S.0019.P.015

    Menurut saya organ paling berat yang terjadi pada wanita dan pria lansia adalah kulit karena semakin bertambahnya usia kulit akan mulai mengeriput(berkerut)sehingga banyak perempuan yang melakukan perawatan pada kulitnya agar terlihat lebih muda.dan tulang juga berperan pada organ Berat yang terjadi pada lansia karna semakin bertambahnya usia kekuatan otot tulang akan mulai menurun di sebabkan karna kurangnya aktivitas pada lansia.

    ReplyDelete
  6. Nama: Nela Cahya Pratiwi
    Nim:S.0019.P.015

    Menurut saya organ paling berat yang terjadi pada wanita dan pria lansia adalah kulit karena semakin bertambahnya usia kulit akan mulai mengeriput (berkerut) sehingga banyak perempuan yang melakukan perawatan pada kulitnya agar terlihat lebih muda.dan tulang juga berperan pada organ Berat yang terjadi pada lansia karena dengan bertambahnya usia kekuatan otot tulang akan mulai menurun di sebabkan karena kurangnya aktivitas pada lansia.

    ReplyDelete
  7. Nama : Fatmawati Ningsih
    Nim : S.0019.P.006

    Menurut saya organ yang paling berat terhadap lansia yaitu kulit karna Wanita seringkali mengalami penolakan terhadap kondisi menua. Keinginannya untuk tetap awet muda tak jarang menjadikan kehidupan di usia senjanya menjadi penuh tekanan batin (stress). Sehingga banyak yang melakukan perawatan pada kulitnya agar terlihat muda.

    ReplyDelete
  8. Nama : Hismawati
    Nim : S.0019.P.009

    Menurut saya organ paling berat yg terjadi pada wanita dan pria lansia adalah kekuatan tubuh,kulit,dan kemampuan organ vital dan bagian tubuh lainnya umumnya akan menurun.Misalnya saja kulit mengendur, tulang mudah rapuh, dan degenerasi organ lainnya.

    ReplyDelete
  9. Nama :selpin
    nim : S.0019.P.025



    Menurut saya organ yang paling berat terhadap lansia wanita adalah kulit.karna keinginan wanita yang ingin selalu terlihat mudah yang membuat para wanita selalu menjaga perawatan kulit mereka.Agar terlihat lebih mudah,dan tulang juga berperan pada organ berat yang terjadi pada lansia kekuatan otot akan mulai menurun di sebabkan karena kurangnya aktivitas pada lansia

    ReplyDelete
  10. Nama:Fifin Safitri.T
    Nim :S.0019.P.007
    Pendapat saya organ yang paling berat terhadap lansian adalah kulit.karena secara alami organ akan mengalami perubahan fisik akibat proses penuaan penuaan dapat berpengaruh pada contohnya kulit sama otot2 perubahan tersebut bisa terdampak pado kondisi kesehatan akibat kurangnya aktifitas

    ReplyDelete
  11. Nama :Sri wahyuni
    Nim :S.0019.P.027

    Menurut pendapat saya adalah organ kulit karena tidak jarang orang yang mengalami penuaan dan mulai menyadarinya jatuh dalam pemikiran yang bisa mengganggu psikis.
    Wanita sering kali mengalami penolakan terhadap kondisi menua. Keinginan untuk tetap awet muda tak jarang menjadikan kehidupan di usia senjanya menjadi penuh tekanan (stress).
    Terima kasih🙏

    ReplyDelete
  12. Nama: AHRUL MUHTARJIA
    Nim : S.0019.P.002

    Menurut saya adalah organ kulit, karena menuju pada lansi kulit akan terlihat keriput dan keringat yang di sebabkan banyak lansia yang jatuh mental dan stres

    ReplyDelete
  13. Nama : Nova putri dewi cahyani
    Nim : S.0019.P.016

    Menurut pendapat saya Organg yang paling berat pada lansia terutama pada lansia Wanita adalah kulit atau Sistem Integumen. karena keinginan seorang Lansia wanita terlihat tetap muda walaupun sudah lansia mereka tetap merawat kulit, sehingga ketika terjadi penuaan pada mereka, mereka akan mengalami tekanan batin atau Stres.
    Berbeda pada lansia Pria mereka mempunyai masalah pada sisitem reproduksinya karena menagalami penurunan dalam kehidupan seksualnya saat memasuki usia tua. Hal itu wajar mengingat kondisi fisik yang semakin lemah dam minimnya tingkat testoran

    ReplyDelete
  14. Nama : Anggi Mustika Ayuh
    Nim : S. 0019 P. 005

    Menurut saya organ yang paling berat untuk lansia adalah organ kulit (sistem integumen). Karena di usia lansia kulit akan mengalami kekeriputan, yang jarang diterima oleh lansia wanita. Yang dapat menimbulkan stres dan adanya tekanan batin. berbeda dengan lansia pria yang tidak mempermasalahkan kekeriputan pada kulitnya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.