Seberapa Sehat Anda?

October 18, 2020
Keseimbangan bio-psiko-sosio-cultural dan spiritual dalam garis pertahanan fleksible, normal dan resisten. -Newman 

Kesehatan merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk mendukung segala aktivitas kehidupan manusia. Terutama di masa Pandemi ini, orang berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan supaya terhindar dari bahaya virus Covid-19.

Berbagai protokol kesehatan diterapkan seperti penggunaan masker, rutin mencuci tangan menggunakan sabun maupun hand sanitizer, menjaga jarak, mengkonsumsi makanan bergizi, membatasi aktivitas dan lain sebagainya. Usaha ini dianggap mampu untuk mempertahankan kesehatan secara biologis, dalam artian menjaga segala fungsi tubuh berjalan dengan normal tanpa adanya gangguan kesehatan terutama infeksi virus Covid-19.

Pada waktu yang bersamaan, kesehatan secara psikologis, sosiologis dan cultural belum tentu dapat dipertahankan secara normal dan resisten atau terjaga. Pembatasan aktivitas memungkinkan setiap orang untuk selalu berada di rumah, selalu menjaga jarak, menunda berbagai kegiatan termasuk kebiasaan pertemuan yang sudah menjadi budaya  dalam keluarga, bahkan menjadi saling curiga mengenai keberadaan virus Covid-19 yang tidak kasat mata.

Orang-orang mulai tidak sabar setelah berbulan-bulan berada di rumah, mengekang segala keinginan dan kehilangan pemenuhan kebutuhan akan ekonomi dan rekreasi. Kejenuhan membuat mereka mulai mendobrak pertahanan diri selama pandemi, karena hidup harus terus berjalan walau telah mengetahui resiko yang dihadapi.

Newman dalam pernyataannya menyinggung bahwa garis pertahanan kesehatan memiliki sifat fleksibel. Kesehatan dapat diupayakan dengan berbagai cara, menyeduh kopi misalnya. Perasaan puas yang didapatkan dengan menikmati suatu hal yang disukai dapat menjadi penyokong pada kebutuhan psico-sosio-cultural. Psikologi seseorang akan kepuasaan pribadi dapat menjadi alasan kesehatan hidupnya dalam bersosialisasi meskipun di masa pandemi. Kebiasaan menyeduh dan menikmati kopi bisa menjadi sebuah perilaku yang berulang baik dari dirinya sendiri maupun dari nenek moyangnya secara budaya sebagai penikmat kopi. Pun dengan Spiritual, ketenangan hati akan mengantarkan seseorang menghayati makna spiritual (Ketuhanan) dalam dirinya ataupun sebalinya, spritual akan membaeanya menemukan ketenangan dalam hati.

Bagaimana dengan anda?
Hal apakah yang menyebabkan anda sehat secara bio-psiko-socio-cultural?
Jangan lupa tuliskan nama lengkap ya...

See you in our online class
Community Health Nrsing


 



 

30 comments:

  1. Nama Sindy setyani.S.0017P.033
    Sya pribadaenjaga pola hidup sehat biospisiko sesekali refresing otak semisal Liburan banteng kluarga dan sahabat terdekat sedangkan sociucultural dgn menjaga pola makan dan gaya hidup sehat semisal olaragah seminggu sekali baik joging atau Zumba .. pola makan perbanyak makan sayuran dan jus(appale,Tomat+madu) buah 3x semingggu ....

    ReplyDelete
  2. Nama Sindy setyani.S.0017P.033
    Sya pribadaenjaga pola hidup sehat biospisiko sesekali refresing otak semisal Liburan banteng kluarga dan sahabat terdekat sedangkan sociucultural dgn menjaga pola makan dan gaya hidup sehat semisal olaragah seminggu sekali baik joging atau Zumba .. pola makan perbanyak makan sayuran dan jus(appale,Tomat+madu) buah 3x semingggu ....

    ReplyDelete
  3. Nama : Tini wahiyuni ( S.0017.P.038 )

    Saya slalu menjaga kesehatan bio-spisiko dgn menonton YouTube (vlog baim wong) untuk mehilangkan rasa jenuh selama di kos dan sekali2 refresing misalnya berenang pada hari pekan di permaindian boro2 dengan slalu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

    Sendangkan menjaga kesehatan socio-cultural dengan slalu menjaga pola makan dengan mengusahan slalu masak di kos dengan bahan2 seadanya tetapi sehat dan bergisi, slalu mengkonsumsi susu beruang dan uc 1000.
    Slalu mengusahan untuk tidur jam 9 malam.🙏
    sekali2 lari sore di km 40 polda 2-3 putara setiap 3x/minggu untuk menjaga stamina kesehatan saya dan slalu mematuhi protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  4. Suramadhan
    S.0017.P.037

    Tidak bisa dipungkiri bahwa semasa pandemi ini memaksa kita untuk menata ulang pola hidup kita yang sudah menjadi kebiasaan. Kita dituntut untuk dapat beradaptasi khususnya dalam hal kesehatan dengan keadaan pandemi seperti sekarang ini. Hal yang mebuat saya sehat secara bio-psiko-socio-cultural adalah, dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan disesuaikan dengan keadaan pandemi, contonya adalah selalu menggunakan APD, memperhatikan protokol kesehatan, mengurangi makan dirumah-rumah makan, lebih sering bercengkrama dengan keluarga, refreshing dengan cara berkebun dan berolahraga ringan di dalam rumah atau ditempat terbuka lainnya. Selain itu, bersabar dan bersyukur juga menjadi salah satu Hal yang menyebabkan sehat secara bio-psiko-socio-cultural.

    ReplyDelete
  5. Dila Puspita (S.0017.P.014)

    Saya selalu menjaga pola hidup sehat biopsiko sekali-kali refresing di pantai bersama teman-teman, dan selalu mematuhi protokol kesehatan
    Sedangkan menjaga kesehatan socio cultural menjaga pola makan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran

    ReplyDelete
  6. Bangkit Astowin (S.0017.P.011)

    Terjadinya pandemic virus covid-19 diseluruh dunia memaksa kita untuk merubah banyak hal termasuk pola kebiasaan hidup kita, yang tadinya keluar rumah bercengkrama dengan banyak orang adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan kini menjadi hal yang sangat dihindari. Di berlakukannya social distancing memaksa kita melakukan segala hal didalam rumah, mulai dari bekerja sampai belajar pun dirumah, hal ini dapat menyebabkan kebosanan yang luar bisa hingga berakibat menibulkan stress akibat melakukan aktivitas yang itu itu saja setiap hari selama kurang lebih 7 bulan belakangan ini, untuk menghindari stress akibat kebosanan saya melakukan beberapa aktivitas yang dapat menghibur dan membunuh kebosanan seperti bermain game dengan batas wajar, menonton, mulai dari film sampai drama korea pun saya nonton. selain itu, saya juga melakukan beberapa aktifitas fisik di luar rumah seperti joging di sore hari dan tentunya dengan tetap mematuhi protok kesehatan seperti menggunakan masker dan selalu membawa handsanitizer. Untuk menjaga agar saya tetap sehat saya juga merubah pola makan saya yang tadi nya makan yang penting kenyang sekarang lebih memilih makanan makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pola kebiasan saya juga saya rubah yang tadi nya cuci tangan hanya kalau mau makan kini setiap dari luar selalu menyempatkan untuk membersihkan tangan baik itu dengan air mengalir maupun dengan handsanitizer. Hal diatas lah yang membuat saya sehat secara bio-psiko-socio-cultural

    ReplyDelete

  7. MUH HIDAYATULLAH J (S.0017.P.024)

    Hal yang membuat saya sehat secara Bio-Psiko-sosio-cultura selama masa pandemi ini yaitu, selalu mematuhi protkes selalu memakai masker saat keluar rumah, dan rajin mencuci tangan. Kemudian sya sering melakukan aktivitas bersama keluarga sya seperti memancing, berkebun atau pun berenang kepantai saat weekend, kemudian sering mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah yg segar dri hasil berkebun, dan sesekali dalam seminggu melakukan olahraga ringan seperti jalan santai...
    Dan dari hal seperti inilah yg membuat saya selalu sehat secara BioPsikoSosioCultural

    ReplyDelete
  8. Selama masa pandemi berlangsung, kita harus menjaga sistem imun tubuh agar jangan sampai lemah.oleh karena itu saya rutin melakukan olahraga seperti bersepeda di sore hari atau lari dipagi hari. Dan tidak lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Disamping itu saya selalu mengkonsumsi buah dan sayur agar tubuh selalu mendapat asupan vitamin. Itulah hal yang bisa membuat saya sehat secara Bio psiko sosio cultural.

    ReplyDelete
  9. SITI MARIANA (S.0017.P.034)

    Selama masa pandemi berlangsung, kita harus menjaga sistem imun tubuh agar jangan sampai lemah.oleh karena itu saya rutin melakukan olahraga seperti bersepeda di sore hari atau lari dipagi hari. Dan tidak lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Disamping itu saya selalu mengkonsumsi buah dan sayur agar tubuh selalu mendapat asupan vitamin. Itulah hal yang bisa membuat saya sehat secara Bio psiko sosio cultural.

    ReplyDelete
  10. Arnita sari (S.0017.P.005)Covid-19 atau yang sering disebut virus corona oleh masyarakat, menyebar luas diseluruh dunia tak terkecuali indonesia, social distancing menjadi pilihan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Stay at home atau tinggal dirumah adalah pilihan yang paling tepat agar terhindar dari penularan virus. Merubah pola hidup seperti makan makanan yang bergizi yang dapat mengkebalkan sistem imun tubuh kita, melakukan aktifitas fisik ringan secara rutin, menggunakan waktu lebih banyak dengan bercengkarama dengan keluaraga, selalu cuci tangan sehabis melakukan aktifitas dan mematuhi protok kesehatan setiap keluar rumah adalah hal yang selalu saya lakukan agar dapat terhidan dari penularan virus corona dan sehat secara bio-psiko-socio-cultural

    ReplyDelete
  11. Nama saya Jeiren Christiana
    Untuk tetap menjaga kesehatan saya selalu berolahraga (joging) agar tetap sehat dan mengkonsumsi sayur-sayuran vitamin dan buah-buahan agar terhindar dari virus covid 19 sya selalu menggunakan masker & protokol kesehatan jika berpergian kemana-mana

    ReplyDelete
  12. Nama:Ayu astuti
    Nim :017
    Selama pandemi covid-19 saya pribadi menjaga pola hidup sehat secara biopsiko dengan melakukan aktivitas acara dirumah saja bersama keluarga atau refresing di hari weekand yaitu berjalan mengelilingi kota kendari dan juga ttp mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan,sedangkan secara socia-cuktural saya fokus menjaga pola makan yg sehat dan memasak makanan sehat dan juga rajin mengonsumsi buah dan berolahraga 2xseminggu.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Afisah mulya rahma (S.0017.P.001)
    Hal yang menyebabkan saya sehat secara bio-psiko-socio-cultural yaitu dengan tetap dirumah saja bersama keluarga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi sperti buah dan sayur, rajin olahahraga,dan adapun ingin refreshing bersama kluarga misalkan ke pantai harus tetap memeperhatikan protokol kesehatan dimasa pandemi ini sperti memakai masker, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak agar kita tetap sehat dan terhindar dari virus

    ReplyDelete
  16. Leni ani safitri
    (S.0017.P.023)
    Untuk menjaga kesehatan di masa pandemi ini sy hanya sering mengonsumsi buah2han dan sayur2an, tak lupa olaraga seminggu sekali seperti joging dan bersepedah,
    Mengatur pola tidur dan selalu mematuhi protokol kesehatan saat berpergian. Jika sy mulai merasakan tidak enak badan sy hanya perlu beristirahat secukupnya tanpa obat, dan alhasil setelah beristirahat dan bangun dri tidur badan sy agak enakan.. bgtulah cara sy mengatur pola hidup sehat secara bio-psiko-socio-cultural

    ReplyDelete
  17. Ilmi Nurul Rahmah (S0017.P.017)

    Ditengah pandemic Virus Covid 19 yang sdh berjalan kurang lebih 8 bulan ini. kita smua slalu mengalami keterbatasan dalam hal melakukan sgala aktivitas. Tak terkecuali utk membutuhi kebutuhan diri sendiri, slama pandemi tsb tubuh kita harus mmbtuhkan asupan gizi yg cukup agar tak mudah terkena virus tsb, bkn hanya itu mmbuat diri agar tak stres karna maraknya pandemi tsb mmbuat tiap individu slalu takut akan mlakukan sgala kegiatan olahraga utk mmbugarkan tubuh.. hal yg slalu sy lakukan utk mnjaga tubuh dri paparan virus covid19 yaitu slalu menjaga diri dari paparan langsung dari individu lain, berolahraga d pagi dan sore hari dgn menggoes sepeda, atau berjalan tnpa mengenakkan alas kaki, mengkonsumsi makanan tinggi serat dan zat besi juga buah2han serta meminum Vitamin anti Covid. Tak lupa jg klau brpergian slalu memakai Protokol kesehatan atau APD yg lengkap.

    ReplyDelete
  18. Hasnatang (S.0017.P.016)
    Selama Masa pandemi ini, kita Harus menjaga sistem imun dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus covid 19,Sehingga setiap keluar saya selalu memakai masker mematuhi protokol kesehatan setelah dari luar langsung mandi selalu cuci tangan,Hal ini yang membuat saya Allhamdulillah sehat selama pandemi,saya mengurangi makan makanan di luar, selalu masak sendiri di kost dengan bahan yang bergizi seperti sayur"ran selalu makan buah2han,Dan untuk mengurangi kebosanan saya biasanya nonton youtobe dan selalu berolahraga dalam kost setiap pagi dan sore seperti lari" di tempat dan senam dan biasa juga saya keluar di sekitar kendari tapi tetap selalu mematuhi protokol kesehatan,Hal ini lah yang membuat saya sehat secara bio-psiko-socio-cultural.

    ReplyDelete
  19. Nama : Samsul
    Nim. : S.0017.P.032

    Tidak bisa kita pungkiri di masa pandemi
    bnyak masarakat yang melakukan berbagai cara untuk tetap menjaga kesehatan psico-socio-cultral,mulai dari mengkonsumsi makanan sehat,olahraga dan memakai masker,tetapi mungkin cara yang saya lakukan atau kegiatan saya tiap hari sudah mencerminkan kalau saya melakukan semua itu seperti,naik gunung,pergi ke sawah dan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan aktifitas fisik,dan yang paling penting bagi saya adalah menikmati secangkir kopi hitam di pagi hari dengan di temani beberapa batang rokok Surya sudah cukup membuat perasaan saya tenang karena ada kenikmatan atau kepuasan tersendiri yang saya dapatkn,dan itu sangat indah seperti menikmati pagi atau sunshet di temani kopi dan sebungkus rokok Surya,nikmat dan kepuasan nya membuat saya tenang dan otak lebih rilex karena sy percaya apabila otak kita rilex,akan berdampak baik pada kesehatan bio psiko-socio-cultural

    ReplyDelete
  20. Asmianti(S.0017.P.007)

    Untuk saya pribadi yang membuat saya sehat secara bio-psiko-socio-cultural selama pandemi ini yaitu,selalu mematuhi protokol kesehatan selalu memakai masker saat keluar rumah dan rajin mencuci tangan.biasa kalau hari libur saya sempatkan untuk refresing di salah satu pantai yang ada di kampung saya dan pastinya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dan di samping itu juga saya tidak lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran dan rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

    ReplyDelete
  21. Mawar Marwati, (S0020. P2. 068)

    Saya pribadi dalam masa pandemi sangat menjaga kesehatan secara bio-psiko-socio-cultural yaitu, dengan melakukan berbagai hal bersama keluarga agar tidak merasa bosan, mematuhi protokol kesehatan khususnya saat bepergian keluar rumah, mengkonsumsi vitamin dan makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

    ReplyDelete
  22. Miranda sari (S0020.P2.073)

    Menurut saya adalah dengan selalu merutinkan olahraga setiap paginya, minum air putih yang banyak,minum vitam, mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan menjaga pikiran kita bahwa kita sehat dan baik-baik saja dengan banyak pemberitaan diluar tentang covid-19, dan juga yang terpenting menjaga pola istirahat yang cukup.
    Jika mengharuskan keluar rumah maka wajib mematuhi protokol kesehatan.
    Dan selalu berdoa agar kita dapat terhindar dari segala yang membahayakan termaksud covid19.

    ReplyDelete
  23. Nama : felmi yamin
    NIM : S.0020.P2.029

    Saya pribadi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini selalu berusaha untuk menjaga kesehatan baik secara bio-psiko-socio dan cultural yaitu dgn melakukan hal-hal yang saya senangi misalnya : nonton youtube tentang mukbang,refresing di pantai bersama keluarga dengan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Sesekali juga berolahraga, mengonsumsi vitamin dan makan makanan bergizi terutama sayur- sayuran.

    ReplyDelete
  24. Febriana Tri Humairah Erhas
    S.0020.P2.027
    Secara pribadi hal-hal yang yang saya lakukan agar sehat secara bio-psiko-socio dan cultural adalah menjaga imunitas saya dalam keadaan baik dengan cara menjaga pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan seimbang, perbanyak minum air putih, istirahat yang cukup serta menjaga pikiran agar tidak stres.
    Ketika ada keperluan yang mengharuskan kita untuk keluar rumah maka harus menerapkan protokol kesehatan Serta tidak lupa berdoa agar kita dijauhkan dari hal-hal yang membahayakan

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Seiring dengan meningkatnya jumlah pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia memaksa kita untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.Hal yang membuat saya sehat secara bio-psiko-socio-cultural yaitu dengan tetap dirumah sja bersama keluarga dan merubah pola hidup saya yg kurang sehat menjadi sehat seperti makan makanan bergizi ,dan berolahraga seperti joging sore di sekitaran rumah dan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker,jaga jarak dan membawa handsanitizer.hal seperti in lah yg membuat saya sehat secara bio-psiko-social-cultural.

    ReplyDelete
  27. Anggi Angraeni (S.0017.P.004)selama pandemi ini saya selalu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan,lari kecil atau lompat di tempat dan latihan peregangan dan pernapasan saya lakukan selama menjalani karantina di rumah.Mengonsumsi makanan bergizi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut saya peroleh dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu.Dan selama masa pandemi ini saya Membuat rutinitas sendiri selama menjalani karantina di rumah seperti memasak, menonton YouTube untuk menghilangkan rasa jenuh.Selain itu saya melakukan komunikasi dengan keluarga dan sahabat melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Jika saya hendak keluar rumah saya selalu menggunakan alat pelindung diri sesuai prokes.

    ReplyDelete
  28. Nur Alim
    S.0020.P2.089
    Cara agar bio, Psycho,social dan cultural tetap sehat dengan cara menjaga pola hidup sehat seperti olahraga rutin, istirahat yang cukup, Makan makanan gizi bergizi dan seimbang dan minum air putih yang cukup serta Apabila ada kebutuhan yang mendesak yang mengharuskan kita keluar rumah kita dapat menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

    ReplyDelete
  29. Ifdal haris saputra
    S0020. P2. 043
    Cara agar bio, psycho,sosial dan cultural tetap sehat dengan cara berolaraga dengan rutin menjaga pola makan,menjaga pola tidur agar tubuh sehat dan makan makana yang bergizi yang seimbang..
    Jika ingin keluar rumah usahakan orotokol kesehatan selalu di gunakan sperti mnggunakan masker pada saat bepergian agar dapat terhindar dari covid

    ReplyDelete
  30. Trie Yuni Puji Lestari
    S.0020.P2.125

    Cara supaya terhindar dari wabah tersebut secara bio-psiko-socio-cultural hal yang di lakukan menyibukkan diri seperti belajar, dan bantu-bantu membersihkan rumah walaupun rasa jenuh itu ada tpi harus berusaha menahan diri supaya tetap terjaga dari virus dan adapun jika ingin keluar rumah usahakan keperluan yang sangat penting dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker jgn lepas buka, hand sanitizer tetap selalu di bawa kemanapun dan tidak lupa selalu menjaga jarak dari kerumunan orang.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.