Peran dalam konsep diri

October 21, 2020

Semoga lelah menjadi Lillah karena Fillah dan Billah
credit : Kompasiana
Lelah adalah salah satu penyebab seseorang menjadi jatuh sakit. Kelelahan yang terjadi terus menerus seringkali membuat seseorang tidak hanya lelah fisik tetapi juga lelah psikis.

Peran yang dijalaninya seringkali memaksakan diri untuk tetap bertahan dalam sebuah situasi. Peran yang ditanggung namun berlipat-lipat atau secara kuantitas dan kualitas telah melebihi kemampuannya.

Hal ini menjadi tidak sehat ketika seseorang tidak mendapatkan dukungan atau support sistem di sekitarnya. Sehingga selain cedera fisik, cedera psikis tidak dapat dihindari. 

Andrea Pia Yates adalah seorang ibu dari Texas yang dengan tega membunuh anaknya dengan cara ditenggelamkan di dalam bath up. Andrea ditengarai mengalami depresi post partum, dimana kejadian ini terjadi terus menerus.

Kelelahan diantara kelahiran demi kelahiran anaknya yang berjumlah sampai 5 orang anak menyebabkanya kehilangan konsep diri. Gangguan tersebut tidak disadari oleh suaminya sebagai support sistem. Sehingga Andrea melakukan tindakan di luar kewajaran.

Menurut anda, bagaimana supaya peran setiap individu dapat berjalan dengan baik terkait dengan support sistem yang dimilikinya.

Jangan lupa tuliskan nama lengkap ya...




  

31 comments:

  1. nama : Fitri Bute
    nim : s.0019.p2.012

    Menurut saya kita harus mengetahui sampai dimana kemampuan kita dalam suatu pekerjaan baik itu di rumah ataupun di lingkungan tempat kerja..kita tidak boleh memaksakan suatu pekerjaan diluar batas kemampuan kita sehingga rasa lelah secara fisik maupun psikis dapat dihindari..

    Terima kasih..lebih dan kurangnya mohon dimaafkan bu..

    ReplyDelete
  2. Hesti jumisrawati
    Yaitu membangun rasa kebersamaan dan saling percaya antar individu sehingga individu tersebut merasa tidak sendiri dalam menghadapi masalah atw kesulitan

    ReplyDelete
  3. Masing2 individu mempunyai kemampuan yg berbeda baik kemampuan fisik maupun psikisnya. Oleh kerena itu motivasi dan suport dari orang terdekat sangat di butuhkan untuk mendukung mental & psikisnya. Dukungan yg di maksud bisa berupa perhatian.. Kepedulian.. Dan kepekaan dari orang terdekat. Hal itu sangat bermanfaat untk mbantu rasa semangat dan percaya diri. Agar tidak mnimbulkan pemikiran2 negatif dan tertekan. Sehingga berefek ke dalam hal positif pula.

    ReplyDelete
  4. Nama:Anis istuning R
    Nim : S.0019.P2.002

    Masing2 individu mempunyai kemampuan yg berbeda baik kemampuan fisik maupun psikisnya. Oleh kerena itu motivasi dan suport dari orang terdekat sangat di butuhkan untuk mendukung mental & psikisnya. Dukungan yg di maksud bisa berupa perhatian.. Kepedulian.. Dan kepekaan dari orang terdekat. Hal itu sangat bermanfaat untk mbantu rasa semangat dan percaya diri. Agar tidak mnimbulkan pemikiran2 negatif dan tertekan. Sehingga berefek ke dalam hal positif pula.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama Lisdawati
      Nim : S. 0019.P2. 028

      Menurut saya terkait dengan suport support sistem adalah dengan mengkomunikasikan persoalan apa yang sedang kita alami atau rasakan kepada anggota keluarga baik itu ayah, ibu, saudara, suami atau istri agar aggota keluarga dapat memahami kondisi apa yang sedang kita alami, dengan demikian akan mengurangi beban persoalan yg kita alami serta anggota keluarga pun dapat memberikan dukungan, bantuan dan solusi dari persoalan yang kita alami. Yg pada intinya adalah agar support sistem dapat berjalan dengan baik adalah dengan komunikasi dan keterbukaan antar anggota keluarga. Trima kasih

      Delete
  6. Nama: Arzan Muliono Ambu
    Nim : S.0019.P2.006


    Menurut pandangan saya terkait dengan kasus diatas, pertama komunikasi harus terjalin dgn baik, pembagian tugas mesti diterapkan dalam melakukan kegiatan harian dgn terlebih dahulu menilai sejauh mana kemampuan kita dalam melakukan suatu aktifitas itu.dan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga selalu menciptakan hal2 positif dalam diriπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  7. Nama: Arzan Muliono Ambu
    Nim : S.0019.P2.006


    Menurut pandangan saya terkait dengan kasus diatas, pertama komunikasi harus terjalin dgn baik, pembagian tugas mesti diterapkan dalam melakukan kegiatan harian dgn terlebih dahulu menilai sejauh mana kemampuan kita dalam melakukan suatu aktifitas itu.dan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga selalu menciptakan hal2 positif dalam diriπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  8. Nama : yufriza umrah
    Nim. : S.0019.P2046
    Menurut sya dgn kita menjalin komunikasi yg baik dn saling memahami dn mengerti setiap kebutuhan dan sling memberi dukungan maka peran tiap individu akan berjalan dgn baik

    ReplyDelete
  9. Masing masing individu semestinya mengetahui perannya masing masing dengan cara belajar saling memahami dan membuka ruang untuk komunikasi yang lebih intim
    Asri Azis
    Reg B 2019

    ReplyDelete
  10. Menurut sy komunikasi sangat perlu untuk saling memahami dan mengerti.. kt juga harus saling membagi peran dan saling membantu dan saling memberi dukungan untuk menjalankan peran.. di sinilah letak pentingnya komunikasi yg baik
    Lisnayanti
    Non reg. 2019

    ReplyDelete
  11. Menurt sy peran setiap individu dapat berjalan dengan dengan cara saling mendukung. Menjalin komunikasi dengan baik dan saling memahami memiliki rasa saling percaya..

    ReplyDelete
  12. Menurt sy peran setiap individu dapat berjalan dengan baik dengan cara saling mendukung. Menjalin komunikasi dengan baik dan saling memahami memiliki rasa saling percaya..

    ReplyDelete
  13. Supaya peran individu berjalan dengan baik di butuhkan komunikasi yg baik dan rasa saling percaya, serta support antar individu lainnya.

    ReplyDelete
  14. Nama : Ruhaeni
    Nim : S.0019.P2.036

    Supaya peran individu berjalan dengan baik di butuhkan komunikasi yg baik dan rasa saling percaya, serta support antar individu lainnya.

    ReplyDelete
  15. Menurut sy agar peran individu dapat berjalan dengan baik maka harus ada dukungan baik secara psikis maupun dukungan secara langsung. Perlu membangun rasa kebersamaan dan saling percaya untuk menghindari tekanan secara psikis.

    ReplyDelete
  16. Nama:Hariyanti

    Menurut saya peran individu dapat terjalin dengan baik dengan adanya komunikasi dengan baik antar individu lainnya dan salin percaya,serta support sangat di butuhkan untuk mendukung mental & psikisnya di sini yang di maksud bisa berupa perhatian dari orang terdekat.dan komunikasi tetap terjalin dengan baik antar indivdu lainnya

    ReplyDelete
  17. Nama:Ruspita Triningsih
    Nim:S.0020.P2.054

    Menurut saya peran dari setiap individu itu berbeda beda dan masing-masing individu seharusnya mengetahui peranannya.Agar peran setiap individu dapat berjalan dengan baik yaitu dengan adanya komunikasi dengan baik antar individu serta support sangat di butuhkan untuk mendukung mental dan psikis individu tersebut,dalam menghadapi suatu peran terutama peran yang baru di hadapinya,karena tidak semua individu mampu untuk menghadapi peran barunya tanpa adanya dukungan dari orang terdekat.

    ReplyDelete
  18. Nama:satriani
    Nim :S 0020 P2 056

    Menurut saya komunikasi sangat perlu untuk saling memahami dan mengerti dan kita jg hrus saling berbagi peran dan saling membantu dan memberi dukungan untuk menjalankan peran disinilah letak pentingnya komunikasi yang baik

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Menurut saya pertama komunikasi yg baik sangatlah perlu diterapkan dalam melaksanakan peran dgn terlebih dahulu menilai sejauh mana kemampuan kita.

    ReplyDelete
  21. Nama : SITTI AMINAH
    NIM : S. 0020.P2 058
    Reg B kelas A


    Assalamualaikum

    Menurut saya peran sebagai individu dapat berjalan dengan baik terkait Support sistem yang di milikinya yaitu peran keluarga sebagai lingkungan terdekatnya diantaranya orang tua,pasangan dan anak. Namun menurut saya peran dan dukungan dari pasanganlah yang sangat di butuhkan oleh istri, contohnya saja ketika seorang istri sedang menyusui suami bisa terlibat merawat anak, terlibat dengan pekerjaan rumah tangga,selalu memberikan kenyamanan kepada istri. Hal ini merupakan bentuk implementasi dari dukungan suami sebagai Support Sistem. Agar kejadian yang di alami oleh Andrea Pia Yates tidak terjadi lagi,khususnya di negara kita Indonesia.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  22. Ideal diri merupakan persepsi individu ttg bagaimana dia seharusnya berprilaku berdasarkn standar,tujuan atau nilai personal tertentu

    ReplyDelete
  23. Ideal diri merupakan persepsi individu ttg bagaimana dia seharusnya berprilaku berdasarkn standar,tujuan atau nilai personal tertentu

    ReplyDelete
  24. Nama : Syamsirsyah
    Nim : S. 0020.P2.124
    Non reg B kls B

    Menurut sy, peran setiap individu akan berjalan dgn baik jika adanya komunikasi yg baik dan saling terbuka mengenai setiap masalah yg ada, jadi tiap individu bisa mengetahui apa kendala atau masalah yg sedang dihadapi pasangan nya, dengan begitu mereka bisa saling memahami kondisi masing-masing dan masalah yg ada hingga bisa mencari solusi dari setiap permasalahan, intinya komunikasi yg baik.

    ReplyDelete
  25. Nama Ita Putri Parmawaty
    NIm S.0020.P2.048

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Menurut saya apapun peran kita dalam kehidupan dapat berjalan baik tergantung pada pribadi kita masing-masing. Misalnya, jika kita menjalani peran kita dengan ikhlas dan sabar seberat apapun tanggung jawab yang diberikan dalam hal pekerjaan maka akan terselesaikan dengan baik, begitupun dengan peran kita di keluarga selelah apapun diri kita jika kita ikhlas maka lelah itu InsyaAllah akan menjadi Lillah.
    Terkait dengan Support syistem yang dimiliki, mengharap dan bersandar ke Sang Pemilik Hidup paling utama apapun peran kita. Jika berbicara makhluk, peran kita pada pekerjaan maka support dari pimpinan dan rekan kerja akan sangat penting apalagi ditunjang dengan sarana dan prasarana yg memadai. Sedangkan peran kita di keluarga menurut saya support dari pasangan dan keluarga terdekat adalah segalanya.

    ReplyDelete
  26. Selfri L. Usman
    S.0020.P2.111
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut pendapat saya peran individu akan berjalan lebih baik jika ada komunikasi yang baik dan suport serta dukungan dari individu yang lain
    Terimakasih
    Wassalaualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  27. Nama : Hendra Yunita
    Nim. : S.0020.P2.022
    Menurut saya agar peran setiap manusia berjalan baik terkait dengan support system' yang dimiliki nya adalah dengan membangun hubungan yang kuat dengan orang - orang disekitar kita,dgn cara menjaga lisan dan perilaku kita agar tidak menyakiti mereka.

    ReplyDelete
  28. Nama : Hendra Yunita
    Nim. : S.0020.P2.022
    Menurut saya agar peran individu berjalan dengan baik terkait dengan support system' yang dimilikinya adalah dengan menjalin hubungan yang kuat dengan Allah Azza wajalla.
    Dan menjalin hubungan yang kuat dengan orang -orang disekitar kita ,,dengan saling menghormati,saling menyayangi,menjaga lisan dan sikap kita terhadap orang-orang disekitar kita.
    Wallahu'alam

    ReplyDelete
  29. Syaiful akbar
    S.0020.p2.065
    Menurut saya komunikasi sangat penting agar kita bisa saling terhubung antara manusia satu dan manusia lainnya..dengan komunikasi kita bisa terhubung dengan lingkungan sekitar..

    ReplyDelete
  30. Nama :sitti nur aida
    Nim :S.0020.P2.060
    Kls A nonreg kendari
    Menurut saya peran setiap individu dapat
    B berjalan dengan baik apabila setiap individu harus mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki dalam menyelesaikan suatu masalah.dan yang terpenting support sistem dari orang sekitar secara tidak langsung dapat bernilai positif sehingga pemikiran negatif dapat dihindari,selalu beribadah dan berdoaseesuai kepercayaan masing-masing.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.