Sepatuku Tidak Sama Dengan Sepatumu

October 23, 2020

Walk a mile in my shoes, see what i see, Hear what i hear, feel what i feel

Then may be you'll understand, Why i do what do, 

Till then, don't judge me, -Anonymous

Percakapan dunia dalam jaringan selalu riuh tak berkesudahan, akhir-akhir ini kita disibukkan dengan komplain kalangan papan atas hiburan tanah air yang secara tidak langung merupakan teguran sosial mengenai pandangan arogansi seorang pengguna media internet mengenai kekayaan dan harta.

HUMBLE BRAGGING
Sebelumnya sempat juga viral mengenai pola hummble bragging, dimana seseorang yang ingin memamerkan kekayaannya namun dengan cara bertolak belakang dengan tujuan yang sama, mendapatkan pengakuan atau pujian.

Contohnya: "duh.. ga nyangka fotonya bisa sebagus ini, padahal aku ga tau seting kamera di hapeku (sambil memegang hp iphone keluaran terbaru)"

Hal-hal seperti ini akan bergulir terus dan selalu berulang pada orang yang berbeda, bahkan kitapun pernah dan mungkin akan melakukannya.

Pada saat itu kemungkinan ideal diri kita pada posisi sedang menginginkan pengakuan, menginginkan pujian atas capaian-capaian yang telah dikerjakan selama ini. Kemungkinan orang lain yang melihatnya tidak setuju, karena pada saat itu dia memiliki ideal diri lain.

Tak jarang kondisi tersebut menjadi bahan perdebatan yang berujung pada perkelahian baik secara verbal maupun fisik. Kondisi yang seharusnya tidak terjadi ketika kita memiliki kontrol diri dalam menggunakan fasilitas dalam jaringan pada kedua belah pihak.

Ideal diri yang berbeda pada masing-masing individu bisa saja sama ketika saling berinteraksi menjadi sebuah ideal diri kelompok. Misalnya ideal diri kelompok teman pengajian, kelompok keluarga, kelompok teman kerja, kelompok teman kuliah dan seterusnya. Masing-masing memiliki perbedaan dan mungkin juga persamaan.

Menurut anda, apakah yang menjadi dasar idela diri manusia?
Ungkapkan sesuai pendapat anda dan jangan lupa tuliskan nama lengkap ya... 

25 comments:

  1. Nama : Fitri Bute
    Nim : S.0019.P2.012

    Menurut saya dasar dari ideal diri manusia adalah bahwa sejak kecil ideal diri sudah terbentuk pada setiap manusia di mana dipengaruhi oleh orang yang penting pada dirinya yang memberikan tuntunan atau harapan sehingga pada saat remaja akan terbentuk melalui proses identifikasi pada orang tua, guru, maupun temannya.

    ReplyDelete
  2. Yg menjadi dasar idela diri manusia yaitu cara pandang individu terhadap dirinya sendiri secara keseluruhan baik secara fisik muapun psikologis termasuk cita-cita, harapan, keinginan dan nilai yg ingin di capai

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum

    Nama : Sitti Aminah
    Nim : S.0020.P2 058
    Reg B kelas A 2020

    Ideal diri adalah persepsi individu tentang bagaimana dia seharusnya berprilaku berdasarkan standar, tujuan, dan nilai personal tertentu.

    Menurut saya yang menjadi dasar ideal diri manusia adalah pandangan dan perasaan tentang dirinya.persepsi tentang dirinya yang bersifat psikologis, sosial dan fisik.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Nama:Anis istuning rahayu
    Nim: S.0019.P2.002

    Menurut saya, dasar ideal diri karaktereristik, pemikiran, cara pandang atau prinsip seseorang dalam menilai sesuatu pada dirinya sendiri dalam hal fisik, sodial maupun psikisnya.

    ReplyDelete
  5. Nama:Anis istuning rahayu
    Nim: S.0019.P2.002

    Menurut saya, dasar ideal diri manusia adalah karaktereristik, pemikiran, cara pandang atau prinsip seseorang dalam menilai sesuatu pada dirinya sendiri dalam hal fisik, sodial maupun psikisnya.

    ReplyDelete
  6. Dasar ideal diri adalah standar pribadi seseorang

    ReplyDelete
  7. Yufriza umrah
    S.0019.P2.046
    Yang menjadi dasar ideal diri seseorang adalah karakternya dan prinsip ataupun cara pandang dalm menilai atw melakukan sesuatu baik itu secara fisik maupun scara psikososialnya

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Syamsirsyah
    S. 0020.P2.124
    Non reg B kls B

    Menurut saya, yang menjadi dasar ideal diri manusia yaitu suatu keinginan atau cita-cita yang ia harapkan terhadap dirinya, bisa juga terbentuk atas dasar lingkungan tertentu yang mengharuskan dirinya membentuk ideal diri yg menjadi standar lingkungan tersebut. Ideal diri juga terbentuk atas dasar batas kemampuan seseorang.

    ReplyDelete
  10. Nama: Ita Putri Parmawaty
    NIM : S.0020.P2.048

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Menurut saya yang menjadi dasar ideal diri manusia adalah bermula dari kehidupan pribadi/keluarga (bagaimana dia didik & bagaimana budaya di keluarganya) sehingga manusia dapat mengetahui standar diri dan batas kemampuannya, lalu dapat berubah jika dipengaruhi oleh lingkungan (teman bergaul) dan juga fitrahnya manusia akan keinginan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang (cita-cita dan harapan) itulah yang menjadi dasar ideal diri manusia, standar diri, lingkungan, harapan di masa depan.

    ReplyDelete
  11. Selfri L usman
    S.0020.p2.111
    Asslamualaikum wr.wb
    Menurut saya dasar ideal diri manusia tergantung dari individu tentang bagaimn cara dia berprilaku berdasarkan standar personal tertentu
    Terimaksih...
    Wasslamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  12. Hariyanti
    S.0019.P2.013

    Menurut saya ideal diri adalah setiap individu memiliki pemikiran cara pandang dan prinsip yang berbeda-beda dan cara sesuatu menilai dirinya
    sendiri dalam hal fisik,sosial maupun psikisnya

    ReplyDelete
  13. Hariyanti
    S.0019.P2.013

    Menurut saya ideal diri adalah setiap individu memiliki pemikiran cara pandang dan prinsip yang berbeda-beda dan cara sesuatu menilai dirinya
    sendiri dalam hal fisik,sosial maupun psikisnya

    ReplyDelete
  14. Nama : Ruhaeni
    Nim : S.0019.P2.036

    Menurut saya ideal diri seseorang yaitu
    Setiap individu masing-masing memiliki cara pandang pemikiran berbeda-beda dan prinsip dalam hal menyikapi sesuatu permasalahan yang terjadi di lingkungan.

    ReplyDelete
  15. Nama : Yusuf Karim
    Nim : S.0019.P2.132


    Menurut saya ideal diri yaitu bagaimana saya berperilaku,baik untuk diri saya sendiri maupun untuk orang-orang disekitar saya tanpa menghilangkan nilai nilai yang berlaku baik secara Agama dan Adat istiadat

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Nama : Hendra Yunita
    Nim. : S.0020.P2.022
    Menurut saya sebagai muslim yang menjadi dasar ideal diri manusia adalah syariat..dimana saya harus menjadikan syariat agama saya sebagai standar saya didalam bertingkah laku baik untuk diri saya sendiri maupun didalam pergaulan saya dengan orang lain.

    ReplyDelete
  18. Nama:syaiful akbar
    Nim: S.0020.P2.065
    Kls A.kdi
    Menurut saya ideal diri merupakan persepsi individu tentang bagaimana dia seharusnya berperilaku berdasarkan standar ,tujuan atau nilai personal tertentu.
    Terimah kasih

    ReplyDelete
  19. Lizanti Rizal
    S.0020.P2.034
    Nonreg kls A

    Menurut saya yg menjadi dasar Diri pada manusia adalah Cara pandang kita tentang bagimana seharusx kita berprilaku terhadap diri sendiri, berprilaku sosial maupun prilaku Psikis.

    ReplyDelete
  20. Nama : Zayati
    Nim : S.0020.P2.064
    Non reg kelas kendari
    Menurut saya konsep diri merupakan pandangan atau kesan individu terhadap dirinya secara mnyeluruh yg meliputi pendapatnya tentang tentang dirinya sendiri maupun gambaran diri orang lain tentang hal - hal yang dapat di capainya yang terbentuk melalui pengalaman dan interprestasi dari lingkungan yg meliputi 3 dimensi.yaitu:
    1,pengetahuan tentang diri sendiri
    2,harapan untuk diri sendiru
    3,evaluasi mengenai diri sendiri.🙏

    ReplyDelete
  21. Nama :sitti nur aida
    Nim :S.0020.060
    Kls A nonreg kendari
    Menurut saya ideal diri manusia terbentuk dari kepribadian individu sejak masa anak-anak dan lingkungan tempat tumbuh dan berkembangnya,dimana setiap orang dpt menentukan ideal dirinya seiring berjalannya waktu harapan yang ingin dicapai.

    ReplyDelete
  22. Nama:Satriani
    Nim:S.0020.P2.056
    Kelas:A nonreg Kendari
    Menurut saya dasar ideal diri karakteristik,pemikiran,cara pandang atau prinsip seseorang dlam menilai sesuatu pada dirinya sendiri dlam hal fisik dan bisa jg trbentuk atas dasar lingkungan tertentu yang mengharuskan dirinya membentuk ideal diri yang menjadi standar lingkungan tersebut

    ReplyDelete
  23. Lisrawati
    S. 0019.P2.028 (non reg 2019)
    Menurut saya yg menjadi dasar ideal diri manusia adalah presepsi individu tentang bagaimana dia seharusnya berperilaku berdasarkan standar, tujuan atau nilai personal tertentu, bagaimana cara pandang, ide pikiran dan pendirian individu tentang dirinya.

    ReplyDelete
  24. Lisrawati
    S. 0019.P2.028 (non reg 2019)
    Menurut saya yg menjadi dasar ideal diri manusia adalah presepsi individu tentang bagaimana dia seharusnya berperilaku berdasarkan standar, tujuan atau nilai personal tertentu, bagaimana cara pandang, ide pikiran dan pendirian individu tentang dirinya.

    ReplyDelete
  25. Nama:Ruspita Triningsih
    Nim:S.0020.P2.054
    Kelas Non reg Kendari 2020

    Menurut saya yang menjadi dasar ideal diri adalah persepsi seseorang terhadap kepribadiannya tentang bagaimana dia seharusnya berperilaku yang mempunyai suatu tujuan dan mendapatkan penilaian.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.