Kesehatan yang Terukur

November 01, 2020
Jagalah sehat sebelum sakit
Germas atau Gerakan Masyarakat Sehat adalah salah satu program Pemerintah yang mengupayakan masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang sehat. Kegiatan masyarakat yang mulai mendukung program ini contohnya adalah dengan banyaknya bermunculan kelompok-kelompok olah raga seperti kelompok olahraga berlari, bersepeda, olah tubuh seperti pilates, zumba dan masih banyak lagi.

Rumah tangga tidak ketinggalan dengan menyediakan tanaman obat keluarga dalam taman-taman rumah masing-masing. Bahkan dalam masa pandemi semakin meningkat kesadaran masyarakat dalam hal ketahanan pangan sehat seperti adanya gerakan Tambulapot (tanaman buah dalam pot), vertikultur ( teknik menanam dengan cara vertikal atau bersusun biasanya menggunakan pipa atau bambu), hidroponik sampai akuaponik. Secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan jumlah rumah sehat di masyarakat. Mereka yang sudah sadar mengenai teknik menanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah, biasanya memiliki kemampuan untuk mengelola sampah dan limbah rumah tangga.

Hal diatas, berolah raga, menjaga makan dan lingkungan sehat akan meningkatkan perilaku hidup bersih sehat atau PHBS dikalangan masyarakat. Kesehatan dapat dipertahankan dengan baik.

Resiko untuk kejadian sakit tentu masih ada. Sehingga masyarakat tetap disediakan fasilitas kesehatan untuk sebagai tempat untuk mebdapatkan perawatan. Hanya saja, tidak semua masyarakat mau dan mampu untuk mencapai fasilitas kesehatan yang tersedia. 

Terkadang jarak yang jauh menyebabkan masyarakat tidak dapat menjangkau fasilitas kesehatan. Namun tak jarang pola fikir yang dipengaruhi berbagai faktor menyebabkan masyarakat tidak mau memanfaatkan fasilitas kesehatan yang tersedia padahal terjangkau secara jarak.

Menurut anda, desripsi di atas termasuk dalam indikator apa?
Jelaskan tiap poin yang bisa anda paparkan ya...

No comments:

Powered by Blogger.