Merawat Lansia Sehari

November 08, 2020

"Aging Proses merupakan perjalanan yang progresif dan irreversibel"
credit :  Matthias Zomer @stocksnap
Manusia pada akhirnya akan menjadi tua. Selama masa hidupnya dia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang akan berhenti pada batasan usia tertentu kemudian tubuh akan mengalami pergantian regenerasi sel.
Kemampuan regenerasi sel yang lancar akan menunda kemunculan penuaan pada manusia. Namun, beberapa kondisi seperti sakit, cedera dan infeksi kronis akan mempercepat proses penuaan. Hal ini disebakan tubuh berkonsentrasi pada perbaikkan organ yang sedang sakit, pulih dan sedang melawan zat asing. Apabila tidak diimbangi dengan nutisi dan istirahat yang baik, maka energi dan seluruh kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel akan berkurang.

Pada lanjut usia, tubuh mengalami penurunan fungsi karena telah usang akibat seringnya dipakai. Hal ini tidak bisa dihindari, semua orang akan mengalaminya. Tahukan anda kerusakan organ tubuh akibat usia lanjut dapat diperlambat jika konsumsi makan dipenuhi dengan baik dan terpenuhinya istirahat yang cukup mengikuti jam biologis tubuh. Tahukah anda jam bilogis tubuh anda?

Pada Pukul 00.00 - 02.59
Periode ini, normalnya anda akan mengalami kelelahan akibat meningkatnya hormon melatonin yang diproduksi oleh kelenjar pineal dalam otak manusia. Hormon ini akan memberitakan kebutuhan untuk tidur pada anda yang bertujuan menjaga ritme jantung. Melatonin akan bekerja dengan baik jika cahaya berkurang atau gelap. Ciptakan suasana yang nyaman untuk lansia seperti meredupkan lampu atau mematikan lampu sehingga melatonin pada lansia dapat bekerja dengan baik.

Apabila anda menahan kantuk karena begadang, maka anda merasakan jantung akan berdebar-debar. Tanda ini sebagai sinyal dari melatonin untuk segera tidur. Matikanlah lampu kamar anda supaya melatonin dapat bekerja dengan baik.  Pada lansia kadar melatonin akan berkurang akibat penuaan, sehingga lansiaakan cenderung sulit tidur pada malam hari. 

Pada periode ini tubuh anda akan menggunakan energinya untuk menjaga suhu tubuh dalam batas normal. Jika cuaca dingin maka tubuh anda akan tetap menghangatkannya supaya tidak mengalami hipotermia selama tidur. Pencernaan mengalami proses detoksifikasi, otak akan menyimpan ingatan selama sehari yang anda jalani. Jadi jika ingin memiliki daya ingat yang baik, jangan ajak lansia begadang ya...

Pada Pukul 03. 00-05.59
Periode ini tubuh anda akan memulai proses regenerasi sel dan melawan infeksi, namun kadar melatoni mulai turun. Sehingga tubuh anda tidak lagi dalam keadaan 'menuntut untuk tidur'.  Energi dipusatkan regenerasi dan upaya melawan sel, akibatnya suhu tubuh dalam kondisi paling rendah. Tubuh juga dalam kondisi Basal Metabolic Rate (BMR) atau kebutuhan minimal energi saat melakukan proses tubuh vital, seringkali kita mengalami pening saat terbangun di jam tersebut untuk beberapa saat. Paru-paru akan mengalami detoksifikasi sehingga tak jarang pada jam-jam terebut kita dapat bersin dan batuk lebih sering daripada jam lainnya.

Jaga suasana kamar lansia dari gangguan yang dapat membangunkannya pada rentang waktu ini.

Pada Pukul 06.00-08.59
Anda akan terbangun sekitar periode ini karena melatonin berhenti diproduksi. Pada pagi hari jika tekanan darah diukur, maka akan didapatkan tekanan darah yang tinggi (bervariasi pada setiap orang tergantung kebiasaan tubuh masing-masing).  Pada rentang waktu ini usus besar akan membuang isinya (buang air besar) sebagai hasil akhir dari pencernaan yang mengandung racun tubuh, pastikan anda tidak melewatkannya.

Biasanya lansia mengalami sulit buang air besar karena beberapa hal seperti konsumsi sayuran yang kurang atau toilet yang tidak nyaman. Lansia sebaiknya diberikan makanan berserat yang lembut untuk dikunyah, serta toilet duduk karena sudah kesulitan untuk berjongkok akibat kelemahan pada tulang punggung. Sehingga proses BAB tiap pagi dapat dilakukan dengan lancar.

Pada Pukul 09.00 - 11.59
Hormon kortisol akan banyak diproduksi pada waktu ini. Kortisol akan membuat anda terjaga. Hormon yang biasa dikenal sebagai hormon anti stress. Lansia yang sering mengalami stress akan sangat mempengaruhi perkembangan psikologi proses aging-nya. Lansia bisa menjadi penyendiri, introvert dan dapat beresiko mengalami depresi.
 
Lambung akan bekerja menyerap makanan. Limpa mulai bekerja sehingga membutuhkan alokasi energi yang lumayan besar  kegiatan yang berkaitan dengan darah seperti pembentukan, penyaringan sel darah merah, menghasilkan sel darah putih.
Lansia dalam perawatan anda sebaiknya diberikan makanan yang mudah untuk dicerna baik secara mekanik maupun secara kimiawi sehingga nutrisi dapat diserap dengan optimal dan limpa dapat bekerja dengan baik.

Pada Pukul 12.00 - 14.59
Pencernaan sedang berkerja pada jam ini sehingga aliran darah akan berfokus pada organ ini sehingga tak jarang anda akan merasakan kantuk. Jantung masih aktif bekerja, sehingga anda tidak boleh terlalu berat bekerja pada jam ini dan dianjurkan untuk mengambil istirahat. Terutama pada lansia, untuk penyerapan nutrisi yang baik dan kesehatan jantung yang terjaga, sebaiknya lansia beristirahat pada jam ini.

Pada Pukul 15.00 - 17.59
Paru-paru bekerja maksimal pada periode waktu ini, suhu tubuh mulai meningkat dalam batas normal secara alami. Otot dalam keadaan siap untuk digunakan berolah raga namum membutuhkan pemanasan yang cukup.  Anda dapat mengajak lansia berolah raga ringan untuk menjaga kebugarannya.

Pada Pukul 18.00 - 20.59
Organ Hati akan bekerja maksimal pada waktu ini. Racun akan dibersihkan, sebaiknya lansia tidak teralalu banyak konsumsi makanan berat pada jam ini. Jika tidak maka energi akan terfokus pada pencernaan dan hati tidak dapat bekerja dengan optimal.

Pada Pukul 21.00 - 23.59
Pada jam ini sebaiknya lansia sudah disiapkan untuk tidur istirahat malam. Produksi melatonin akan segera dimulai dengan syarat lansia memiliki rutinitas bangun di pagi hari. Jika bangun terlambat, maka proses produksi melatonin juga akan terlambat.

Perawat, jika anda mengacu pada penjelasan di atas, teori penuaan apa saja yang dapat anda jumpai?


No comments:

Powered by Blogger.