Stratifikasi Sosial Masyarakat Maritim

November 01, 2020

 Stratifikasi sosial adalah suatu fenomena yang tidak dapat dihindari


credit : cnnindonesia
Bapak Abdul adalah seseorang yang tinggal di pesisir teluk kendari. Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.

Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian.  Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga  totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya. 
Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. 

Stratifikasi sosial pak abdul sebagai masyarakat maritim semakin meningkat dari tahun ke tahun, stratifikasi sosial apa saja yang pak abdul miliki sepanjang hidupnya?

96 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Strata atau tingkatannya bu yg diminta untuk sebutkan

    Ada 3 macam stratifikasi sosial masing2 ada pembagiannya lagi

    Silahkan diputar kembali video kuliah sy

    ReplyDelete
  3. Nama : Sunarya
    Nim : S.0020.P2.064

    Menurut saya, stratifikasi sosial pak Abdul yaitu stratifikasi ekonomi dimana pak Abdul mengembangkan usahanya dengan cara menabung sehingga usahanya berkembang pesat. Kita ketahui bersama bahwa Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).
    Seiring berkembangnya masyarakat, tingkat penghasilan seseorang serta jabatan dalam pekerjaan (stratifikasi okupasional) turut menjadi faktor ekonomi yang mempengaruhi kedudukan individu dalam masyarakat. Individu dengan jenis pekerjaan yang membutuhkan pendidikan, keahlian dan keterampilan tinggi cenderung berada pada kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.

    Sebagai contoh, pada masyarakat perkotaan, seseorang yang memiliki jabatan tinggi pada sebuah perusahaan dan dibayar dengan gaji tinggi cenderung mendapat penghargaan lebih dan dianggap lebih terpandang sehingga ia dikelompokkan sebagai kelas atas.

    Masyarakat yang berbeda mencirikan pembagian kelas sosial yang berbeda pula. Contoh lainnya, dalam konteks masyarakat perdesaan, luas sawah yang dimiliki individu biasanya dijadikan dasar penentuan kelas sosial tertentu.

    ReplyDelete
  4. Nama : I nyoman Juliana
    Nim : S. 0020.024
    Kelas : Non Reg zona kendari

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, pertama adalah stratifikasi ekonomi dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dengan tabungan dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa merusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki, dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul berubah dan menjadikan status sosial yang lebih baik. Kedua, pak abdul mengalami stratifikasi pekerjaan, dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya.
    Ketiga, pak abdul mengalami stratifikasi politik dimana pak abdul memiliki 3 kapal motor dan tambak besar, ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Halfia
    S. 0020.P2. 018
    Non reg 2020 kendari
    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul yaitu stratifikasi sosial ekonomi dimana pada Abdul mengembangkan usahanya dengan cara rajin Menabung sehingga usahanya berkembang pesat. Kita ketahui bahwa keuletan pak Abdul dalam bekerja dapat merubah kondisi kehidupannya dan mata pencaharianya.
    Selanjutnya pak Abdul mengalami stratifikasi pekerjaan dimana sebelumnya pak Abdul bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    Selanjutnya pak Abdul mengalami stratifikasi politik dimana Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum
    Nama : NUR HAYSAH
    Nim : S.0020.P2.047
    Kelas: A Non reg 2020 Zona Kendari
    Strata sosial yang dialami pak abdul dari waktu ke waktu yaitu:
    1. Pak abdul bekerja sebagai pembawa ikan-ikan bongkar muat dari kapal ke dermaga. Hal ini tergolong stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan, strata bawah (buruh tanpa tambak).
    2.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri. Hal ini tergolong stratifikasi ekonomi strata kedua (perahu dan motor tempel dengan pengoprasian sendiri)
    3.Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya. Hal ini tergolong stratifikasi secara ekonomi strata atas (kapal motor lengkap, pengoperasian oleh orang lain)
    4. Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar.
    Hal ini tergolong stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan strata atas (penguasa tambak)

    ReplyDelete
  7. Kusmiati
    S0020 P2 058
    Non reg B Zona Kolaka
    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul

    ReplyDelete
  8. Nama:Lusiana Jeni
    NIM:S0020.P2.063
    Nonreg Zona Kolaka
    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul.

    ReplyDelete
  9. Darmia
    Nim : S.0020.P2.016
    Non reg kelas B zona kolaka

    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul

    Reply

    ReplyDelete
  10. Nama= Linawati Samen
    NIM=S.0020.P2.033
    Mahasiswa Non Reguler Kelas Kendari 2020

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dimiliki pak Abdul sepanjang hidupnya yaitu berawal dari stratifikasi sosial tergolonh Melarat yang ditandai dengan pak abdul hanya bekerja membawa ikan-ikan yang bongkar muat kapal dan meminjam uang dari keluarganya, tetapi dengan keuletannya dalam bekerja dan rajin menabung membuat hidupnya berubah dan berada pada stratifikasi sosial tergolong Kaya, ditandai dengan pak Abdul membeli semua tambak besar dan memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Nama : Milda pratiwi
    Nim :S.0020.P2.071
    Non reg B kolaka

    Stratifikasi sosial yang dimiliki pak Abdul adalah stratifikasi sosial ekonomi, di mana kita ketahui kehidupan pak Abdul yg semakin berkembang dan semakin membaik, yang memiliki 3 unit kendaraan penangkap ikan yg tidak di operasionalkan sendiri tetapi memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    Dan dimana kita ketahui stratifikasi sosial dalam kriteria ekonomi dapat dilihat dari segi pendapatannya, kekayaan dan juga pekerjaan suatu individu ataupun kelompok. Dalam hal ini faktor yang menentukan lapisan tingkat sosial dalam individu/ kelompok dalam suatu masyarakat didasarkan pada tingkat ekonomi individu/ kelompok tersebut. Dengan kata lain individu/ kelompok yang mampu memperoleh kekayaan ekonomi dalam jumlah besar biasanya akan menduduki lapisan teratas, dan sebaliknya bagi mereka yang tidak berhasil dalam mengumpulkan jumlah kekayaan ekonomi seperti pada tingkatan diatasnya akan seringkali menempati lapisan bagian bawah, dan beberapa variasinya.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Amriyani Amir
    S.0020.P2.005
    Non reg kelas B Kolaka
    Menurut Satya stratifikasi yang di capai pak Abdul dari tahun ke tahun ada 3
    1. Startifikasi ekonomi
    Dimana pa Abdul rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga.
    2. Stratifikasi sosial
    Dimana Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar.
    3. Stratifikasi politik
    Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    ReplyDelete
  13. Nama : Grace valentina waate
    Nim:S.0020.P2.034
    Kelas:non reg kolaka

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya adalah:

    1) stratifikasi ekonomi: dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dari penghasilannya tersebut, dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa berusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki pada saat itu, sehingga dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul saat itu berubah dan menjadikan status sosialnya lebih baik.

    2) stratifikasi pekerjaan: dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, dan pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan kemudian pak abdul mulai berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya yang ia punya saat itu.

    3) stratifikasi politik:
    dimana kehidupan pak abdul semakin membaik, dengan kepemilikan perahun motornya,pak abdul kembali membeli 2 unit perahu motor sehingga pak abdul memiliki 3 kapal motor dan 2 tahun berikutnya pak abdul membeli tambak besar, sehingga ia menjadi pengusaha tambak.
    Sehingga ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    Terima kasih.....

    ReplyDelete
  14. Febriana Tri H.E
    S.0020.P2.014
    Nonreg 2020 Kendari
    Stratifikasi sosial yang telah pak abdul milik sepanjang hidupnya yaitu
    1. Stratifikasi secara ekonomi
    - Pertama Pak Abdul termasuk kategori strata ketiga: buruh nelayan dikarenakan Pak Abdul sempat bekerja membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju dermaga untuk diambil oleh pengepul maupun pembeli
    -Kemudian nail ke strata kedua: Pak Abdul telah membeli perahu dengan motor tempel dan operasional dipimpin sendiri
    -Kemudian menjadi Strata ketiga: Pak Abdul membeli kapal motor sebanyak 2 unit, total 3 unit dan dioperasionalkan oleh orang lain.

    2. Stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan
    Pak Abdul masuk kategori strata atas karena dua tahun berikutnya telah membeli sebuah tambak besar.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Nama: syaiful akbar
    Nim: S.0020.P2.065
    Bismillah,stratifikasi yang di alami pak abdul menurut saya adalah stratifikasi berdasarkan.
    1.stratifikasi berdasarkan ekonomi,karena dari awal karir pak abdul,beliau sangat menjunjung tinggi etos kerja keras agar mendapatkan hasil lebih maksimal dan peningkatan ekonomi yang lebih cepat..yang dimana pak abdul memulai dgn strategi menabung dan melakukan peminjaman modal dari pihak keluarga dekat.
    Sehingga pak abdul dapat membeli beberapa alat dan transportasi untuk kemajuan usahanya..semua yg dilakukan pak abdul menggambarkan usaha dan kerja keras dari sektor ekonomi
    2.stratifikasi pengetahuan,dgn pengetahuan yang pak abdul miliki,pastinya pak abdul berbeda dengan pengusaha lainnya,sehingga membuat pak abdul lebih maju dan kreatif usahanya di bandingkan pengusaha lainnya yang di dasari ilmu pengetahuan terkait bidang usaha yang ia tekuni..
    3.stratifikasi politik,karena politik sangat melekat dengan kekuasaan,jadi dapat di artikan stratifikasi politik itu sama dengan stratifikasi kekuasaan,inilah yang terjadi dengan kehidupan pak abdul,dimana pak abdul dari awal karirnya hanya sebagai karyawan buruh menengah bawah kerena adanya faktor stratifikasi ekonomi dan stratifikasi ilmu pengetahuan yang ia miliki di awal kariri.sehingga terbentuk lah stratifikasi politik atau kekuasaan,karena pak abdul banyak memiliki armada dan beberapa tambak atau lahan sendiri yang luas dan beberapa karyawan dan org kepercayaan,yang dimana pak abdul yang mengatur itu semua..
    Karena faktor 3 ini membuat kehidupan pak abdul menjadi berubah dari tahun ketahun..terimah kasih

    ReplyDelete
  16. Nama: syaiful akbar
    Nim: S.0020.P2.065
    Bismillah,stratifikasi yang di alami pak abdul menurut saya adalah stratifikasi berdasarkan.
    1.stratifikasi berdasarkan ekonomi,karena dari awal karir pak abdul,beliau sangat menjunjung tinggi etos kerja keras agar mendapatkan hasil lebih maksimal dan peningkatan ekonomi yang lebih cepat..yang dimana pak abdul memulai dgn strategi menabung dan melakukan peminjaman modal dari pihak keluarga dekat.
    Sehingga pak abdul dapat membeli beberapa alat dan transportasi untuk kemajuan usahanya..semua yg dilakukan pak abdul menggambarkan usaha dan kerja keras dari sektor ekonomi
    2.stratifikasi pengetahuan,dgn pengetahuan yang pak abdul miliki,pastinya pak abdul berbeda dengan pengusaha lainnya,sehingga membuat pak abdul lebih maju dan kreatif usahanya di bandingkan pengusaha lainnya yang di dasari ilmu pengetahuan terkait bidang usaha yang ia tekuni..
    3.stratifikasi politik,karena politik sangat melekat dengan kekuasaan,jadi dapat di artikan stratifikasi politik itu sama dengan stratifikasi kekuasaan,inilah yang terjadi dengan kehidupan pak abdul,dimana pak abdul dari awal karirnya hanya sebagai karyawan buruh menengah bawah kerena adanya faktor stratifikasi ekonomi dan stratifikasi ilmu pengetahuan yang ia miliki di awal kariri.sehingga terbentuk lah stratifikasi politik atau kekuasaan,karena pak abdul banyak memiliki armada dan beberapa tambak atau lahan sendiri yang luas dan beberapa karyawan dan org kepercayaan,yang dimana pak abdul yang mengatur itu semua..
    Karena faktor 3 ini membuat kehidupan pak abdul menjadi berubah dari tahun ketahun..terimah kasih

    ReplyDelete
  17. Nama : Desy
    Nim : S 0020 P2 019
    Non Reg. Kelas B Kolaka

    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul.

    Terima Kasih...

    ReplyDelete
  18. Nama : Ulfiati Idrus.M
    Nim : S.0020.P2.127
    Non Reg Kelas B Kolaka

    Stratifikasi sosial yang di miliki pak abdul adalah startifikasi kekayaan atau ekonomi. Di mana kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya yg berjumlah 3 unit kendaraan penangkapan ikan.
    Sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya. Dua tahun berikutnya pak abdul dapat membeli sebuah tambak besar

    Di mana Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi dapat di lihat dari segi pendapatannya, kekayaan dan juga pekerjaan suatu individu/kelompok.
    Dengan kata lain individu/kelompok yang mampu memperoleh kekayaan ekonomi dalam jumlah besar biasanya akan menduduki lapisan teratas, dan sebaliknya bagi mereka yang tidak berhasil dalam mengumpulkan jumlah kekayaan ekonomi seperti pada tingkatan di atasnya akan seringkali menempati lapisan awah.

    Secara garis besar terdapat 3 lapisan masyarakat bila di pandang dari sudut ekonomi :
    - Masyarakat kelas atas merupakan kelompok orang-orang kaya yang di penuhi dengan kemewahan (contoh : Pengusaha besar, pejabat dan pekerja profesional yang memiliki penghasilan besar).
    - Masyarakat kelas menengah merupakan kelompok orang-orang yang secara ekonomi hidup dengan berkecukupan (contoh : Karyawan, pekerja dan buruh)
    - Masyarakat kelas bawah merupakan kelompok orang-orang yang hidup dalam kekurangan dari segi ekonomi (Contoh : Gelandangan, pengemis, pemulung dan buruh tani).

    Stratifikasi ekonomi biasanya bersifat terbuka karena biasanya individu/kelompok yang di sebut sebelumnya dapat mengalami perubahan dalam status ekonomi mereka. Biasanya yang menentukan ini adalah faktor pendorong mobilitas soasial (perubahan status sosial seseorang atau suatu kelompok).

    ReplyDelete
  19. Nama : Rosmilah
    Nim. : S.0019.P2.104
    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  20. Nama : Ariamus Toding
    Nim : S. 0020.P2.012
    Kelas : Non Reg zona Kolaka

    Salam sehat for all


    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, pertama adalah stratifikasi ekonomi dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dengan tabungan dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa merusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki, dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul berubah dan menjadikan status sosial yang lebih baik. Kedua, pak abdul mengalami stratifikasi pekerjaan, dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya.
    Ketiga, pak abdul mengalami stratifikasi politik dimana pak abdul memiliki 3 kapal motor dan tambak besar, ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    Secara garis besar terdapat 3 lapisan masyarakat bila di pandang dari sudut ekonomi :
    1. Masyarakat kelas atas merupakan kelompok orang-orang kaya yang di penuhi dengan kemewahan (contoh : Pengusaha besar, pejabat dan pekerja profesional yang memiliki penghasilan besar).
    2. Masyarakat kelas menengah merupakan kelompok orang-orang yang secara ekonomi hidup dengan berkecukupan (contoh : Karyawan, pekerja dan buruh)
    3. Masyarakat kelas bawah merupakan kelompok orang-orang yang hidup dalam kekurangan dari segi ekonomi (Contoh : Gelandangan, pengemis, pemulung dan buruh tani).

    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Nama: Yusuf Karim
    Nim: S.0019.P2.132
    Kelas B Non reg Kolaka
    Menurut saya Stratifikasi yang di miliki pak Abdul adalah Stratifikasi Sosial Terbuka.Jenis stratifikasi Sosial yang di memiliki sifat di mana setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk dapat naik ke dalam lapisan status sosial masyarakat yang lebih tinggi oleh karna kemampuan dan kecakapannya sendiri.Demikian sebaliknya bahwa setiap masyarakat juga bisa untuk turun ke lapisan yang lebih rendah di karnakan kemampuan yang menurun,contohnya pak abdul yang bisa menaikkan levelnya dengan cara mendapatkan lebih banyak pelanggan sehingga dapat lebih mengguntungkan dan membuat usahanya semakin maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  22. Nama : Amalia Ramadhani
    NIM : S.0020.P2.004
    Kelas Non Reg B Kolaka

    Stratifikasi yang dimiliki pak Abdul yaitu :
    1. Dasar kekayaan
    Masyarakat masih lebih menghargai orang yang memiliki kekayaan berlimpah daripada orang yang tidak memiliki kekayaan sama sekali.
    2. Dasar Pendidikan
    Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki,maka semakin tinggi pula kedudukan sosialnya dalam masyarakat
    3. Kekuasaan
    Jika kekuasaan yang akan masuk dalam lapisan atas,dengan kekuasaan yang dimiliki tinggi maka akan dibanding lebih hormat,berbeda jika kekuasaan yang dimiliki rendah.
    Dalam stratifikasi sosial ada 3 macam yaitu :
    1. Stratifikasi tertutup (closed sosial stratifikasi) yaitu bersifat tertutup bilamana membatasi kemungkinan pindahnya seseorang dari satu lapisan ke lapisan lain.
    2. Stratifikasi terbuka (open social stratification) yaitu setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk berusaha dengan kecakapan sendiri untuk naik lapisan, atau bagi mereka yang tidak beruntung,untuk jatuh dari lapisan yang di atas ke lapisan di bawahnya.
    3. Stratifikasi campuran yaitu kombinasi dari stratifikasi sosial tertutup dan terbuka. Misalnya pada sistem kehidupan masyarakat Bali.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  23. Nama : Marwana
    Nim :S.0020.P2.067
    Non reg kls B kolaka
    Dari Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    Tetus Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.
    Kemudian faktor sosial Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  24. Nama :Aan Novia
    Nim:S.0020.P2.001
    Kelas non reg Kendari

    Stratifikasih sosial yang dialami pak Abdul
    Yaitu :
    1.stratifikasih ekonomi,dimana Kesabaran dan ketekunan yang dimiliki pak Abdul dalam bekerja membuahkan hasil dimana dari penghasilan yang dipatkan ia menabung sedikit demi sedikit sehingga dengan hasil tabungannya lah serta tambahan modal dari keluarga ia dapat membeli motor tempel .
    2.dengan ini merubah stratifikasi sosial kehidupan pak abdul yang semakin membaik terutama pada matapencahariaanya kini pak Abdul tidak lagi menggangkut ikan dari kapal kedermaga ,seiring dengan berjalannya waktu ia membeli kembali sebuah kapal motor 2 sehingga totol yang pak Abdul miliki untuk penagkapan ikan sebanyak 3 unit.
    3 stratifikasi politik, dengan bertambahnya kapal motor milik pak Abdul ia merasa tidak bisa lagi mengoperasionalkan sendirian makan ia membutuhkan orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya, dua tahun kemudian pak Abdul membeli sebuah tambak ikan besar.

    ReplyDelete
  25. Nur Alim
    Nim:S.0020.P2.089
    Non reg 2020 kendari

    Menurut saya, stratifikasi sosial pak Abdul yaitu stratifikasi ekonomi.dimna kesabaran dan ketekunan pak abdul dalam bekerja membuahkan hasil dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga bahkan pak abdul dapat memperkerjakan beberapa karyawan untuk menjalankan usahanya

    ReplyDelete
  26. Nama:Hamka
    Non reg 2020 kelas A kdi
    Menurut dari yang saya baca di atas stretifikasi sosial yang di alami pak abdul sepanjang hidupnya
    1. Stratifikasi dari segi ekonomi di mana pak abdul abdul selalu dengar sabar mengerjakan pekerjaannya dan sedikit demi sedikit pak abdul selalu menabung untuk bisa lagi membeli alat seperti motor tempel
    2. Dengan pak abdul abdul seringnya menabung maka sedikit demi sedikit merubah stratifikasi sosial kehidupannya makin membaik dengan keuletannya dan kesabarannya kini pak abdul tidak lagi sebagai pengangkut ikan dari kapal dermaga
    3. Dengan kesabarannya dan keuletannya dalam bekerja,stretifikasi dalam dunia politik pak abdul pun mulai membaik dan di tambah lagi pekerja pekerja yang bisa di percaya,dan pak abdul abdul pun memberikan kepercayaan kepada anak buahnya untuk menjalankan usahan pak abdul tersebut
    4. Setelah semuanya berjalan dengan baik dari tahun ke tahun akhirnya pak abdul mambeli sebuah tambak besar dari hasil buah kesabarannya tersebut.

    ReplyDelete
  27. Nama : Anwar
    Nim. : S.0020.P2.005
    Kelas: A Non Reguler 2020 Kendari

    Menurut saya stratifikasi sosial yang di alami pak abdul sepanjang hidup nya adalah:

    1.stratifikasi ekonomi, dimana berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor yang paling utama dan mendasari terwujudnya kelas sosial. Secara spesifik bisa kita liat dari segi segi sosial pada era revolusi industri.

    2.stratifikasi politik, yang mendasari terwujudnya suatu stratifikasi sosial yaitu kekuasaan, di mana kita bisa artikan sebagai kemampuan yang di miliki seseorang untuk bisa mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuannya.
    Keuletannya dan bisa bekerja membuat pak abdul bisa mengumpulkan uang untuk bisa menafkahi keluarga nya dan merubah kehidupan nya.

    3.stratifikasi status sosial , secara tidak langsung kita bisa melihat dari segi pembagian kelas pada masyarakat di dasari oleh perbedaan status berdasarkan kehormatan biasa nya pada individu yang muncul dari kelas atas akan cenderung di batasi pergaulan dengan orang yang tidak sama dengan derajat nya.
    Di sini kita bisa liat bahwa pak abdul makin membaik dangan memiliki perahu sendri.

    ReplyDelete
  28. Nama : Marlen magdalena sumilat
    NIM. : S.0020.P2.065
    Mahasiswa Non Reg Kelas B (KOLAKA)

    Menurut saya,Stratifikasi yang dimiliki Pak abdul disepanjang hidupnya adalah:
    1. Stratifikasi Ekonomi : dimana karena keuletannya dalam bekerja sehingga Pak Abdul Rajin menabung dan merubah kondisi Kehidupannya yang semakin membaik.
    2. Stratifikasi status Sosial : karena Kehidupan Pak Abdul semakin membaik,Hingga Bisa membeli kembali kapal motor sebanyak 2 unit Hingga total menjadi 3 unit kapal motor yg dimiliki pak abdul, hingga tahun2 berikutx pak abdul dapat membeli tambak besar.
    3. Stratifikasi Politik : Dengan kehidupan pak abdul yang semakin membaik, dia memmpunyai 3 unit kapal motor sehingga dia membutuhkan orang lain untuk membantu dia dalam menjalankan usahanya.

    ReplyDelete
  29. Nofrayanti
    S.0020.P2.044
    Nonreg kls A ( Kendari) 2020

    Menurut saya, stratifikasi yang sosial yang dialami pak Abdul sepanjang hidupnya yaitu :
    1. Stratifikasi ekonomi dimana pak Abdul yang dahulunya di masa mudanya bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli. Karena keuletannya lah serta tabungan yang telah dikumpulkannya selama ini sehingga bisa merubah kondisi kehidupannya. Hal itu ditandai dengan kemampuan pak Abdul membeli kapal motor yang bermula dari 1 unit untuk dikendarainya sendiri hingga menjadi 3 unit dimana 2 unitnya lagi di operasional kan oleh orang-orang kepercayaan pak Abdul. Hingga akhirnya pak Abdul mampu membeli sebuah tambak besar.
    2. Stratifikasi politik dimana pak Abdul dengan kemampuannya dapat memengaruhi orang-orang disekitarnya untuk bekerja bersama pak Abdul dalam meng operasional kan kapal motor miliknya hingga lambat laun pak Abdul pun dapat membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  30. Nama : Juhartini
    Nim : S.0020.P2.053

    1.stratifikasi ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industri dan kapitalisme.pada usia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan.saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli
    2. Stratifikasi sosial
    Dimana kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya.pak abdul membeli kembali sebuh kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraan penangkap ikan yang miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasiinalkan sendirian,sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    3. Stratifikasi politik
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya terutama mata pencahrian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga.pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan.walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel,sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik.

    ReplyDelete
  31. Ramla Sari
    S.0020.P2.098
    Non Reg kelas B Kolaka

    Stratifikasi sosial ditandai oleh adanya persamaan dalam hal peluang untuk berjuang hidup, nasib kehidupan yang lebih baik dan memadai, atau bisa dianggap seperti halnya kepentingan ekonomi seperti penghasilan dalam kehidupan sehari- hari.

    Stratifikasi sosial yang di miliki pak Abdul sebagai masyarakat maritim adalah
    1.awal profesi sebagai pengangkat ikan dikapal penangkap ikan menjadi penangkap ikan langsung dengan perahu motor tempel.
    2. Awalnya cuma memiliki 1 buah perahu motor, akhirnya dapat memiliki 3 buah perahu motor.
    3. Dari bekerja sendiri, akhirnya mempekerjakan orang yang dapat dipercaya untuk menjalankan usahanya
    4.Semula tidak memiliki Tambak,akhirnya mampu membeli tambak besar.

    ReplyDelete
  32. Nama : sella pratiwi
    S.0020.p2.057
    Nonreg kelas A kendari 2020

    Menurut saya stratifikasi sosial yang telah dialami pak abdul sepanjang hidupnya ada.
    1.stratifikasi sosial ekonomi dimana pada Abdul mengembangkan usahanya dengan cara menabung dan dengan keulekan pak Abdul dalam bekerja dapat merubah kondisi kehidupannya
    2. stratifikasi pekerjaan dimana sebelumnya pak Abdul bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul.
    3. stratifikasi politik dimana Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya dan pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dam pak abdul juga sudah membeli sebuah tambak besar untuk usahanya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Nama :Nelce
    Nim :S.0020.p2.083
    Non reg Zona kolaka

    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul

    ReplyDelete
  34. Farib Sanjaya
    S. 0020.P2.013

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, pertama adalah stratifikasi ekonomi dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dengan tabungan dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa merusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki, dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul berubah dan menjadikan status sosial yang lebih baik. Kedua, pak abdul mengalami stratifikasi pekerjaan, dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya.
    Ketiga, pak abdul mengalami stratifikasi politik dimana pak abdul memiliki 3 kapal motor dan tambak besar, ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    ReplyDelete
  35. Nama : Mulyani
    Nim : S.0020.P2.077
    Non Reg zona Kolaka

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul sepanjang hidupnya adalah
    1.Dengan ini merubah stratifikasi sosial kehidupan pak abdul yang semakin membaik terutama pada matapencahariaanya kini pak Abdul tidak lagi menggangkut ikan dari kapal kedermaga ,seiring dengan berjalannya waktu ia membeli kembali sebuah kapal motor 2 sehingga totol yang pak Abdul miliki untuk penagkapan ikan sebanyak 3 unit.
    2.stratifikasi politik, dengan bertambahnya kapal motor milik pak Abdul ia merasa tidak bisa lagi mengoperasionalkan sendirian makan ia membutuhkan orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya, dua tahun kemudian pak Abdul membeli sebuah tambak ikan besar.
    3.stratifikasih ekonomi,dimana Kesabaran dan ketekunan yang dimiliki pak Abdul dalam bekerja membuahkan hasil dimana dari penghasilan yang dipatkan ia menabung sedikit demi sedikit sehingga dengan hasil tabungannya lah serta tambahan modal dari keluarga ia dapat membeli motor .

    ReplyDelete
  36. Nama:kristina komma
    Nim:S.0020.p2.059
    Non reg zona kolaka
    Menurut saya stratifikasi sosial yang di alami pak abdul sepanjang hidup nya adalah:

    1.stratifikasi ekonomi, dimana berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor yang paling utama dan mendasari terwujudnya kelas sosial. Secara spesifik bisa kita liat dari segi segi sosial pada era revolusi industri.

    2.stratifikasi politik, yang mendasari terwujudnya suatu stratifikasi sosial yaitu kekuasaan, di mana kita bisa artikan sebagai kemampuan yang di miliki seseorang untuk bisa mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuannya.
    Keuletannya dan bisa bekerja membuat pak abdul bisa mengumpulkan uang untuk bisa menafkahi keluarga nya dan merubah kehidupan nya.

    3.stratifikasi status sosial , secara tidak langsung kita bisa melihat dari segi pembagian kelas pada masyarakat di dasari oleh perbedaan status berdasarkan kehormatan biasa nya pada individu yang muncul dari kelas atas akan cenderung di batasi pergaulan dengan orang yang tidak sama dengan derajat nya.
    Di sini kita bisa liat bahwa pak abdul makin membaik dangan memiliki perahu sendri.

    ReplyDelete
  37. Ita Putri Parmawaty
    Nim.S.0020.P2.048

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Menurut saya Pak Abdul semasa hidupnya mengalami peningkatan status secara bertahap jika dilihat secara Economically stratified dan mendapat Status secara Occupationally Stratified prosesnya sebagai berikut:
    1. Saat Pak Abdul masih 28 tahun dia bekerja sebagai buruh dengan membawa ikan2, saat itu dia berada pada status ketiga dalam Economcally stratified
    2. Pak Abdul membeli perahu dengan motor tempel yang dia operasikan sendiri saat itu status Pak Abdul meningkat ke Strata Kedua secara Economically Stratified.
    3. Saat ia memiliki 3 kapal motor sehingga harus dioperasikan oleh orang lain statusnya menjadi Strata Atas secara Ekonomically stratified
    4. Karena kemudian ia memiliki sebuah tambak besar sehingga secara Occupatinally Stratified dia juga berada pada Strata Atas.

    Akhirnya Pak Abdul berada pada Strata Atas baik secara Economically Stratified maupun Occupationally Stratified.

    Demikian bu.. terima kasih🙏

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Anggita Pratiwi
    NIM : S.0020.P2.008
    Dari kelas B nonreg Kolaka

    Assalamu'alaikum wr.wb.

    Menurut saya stratifikasi yang dialami pak Abdul yaitu stratifikasi sosial ekonomi, dimana stratifikasi ini terbentuk karena adanya keahlian,pendidikan,dan keterampilan tinggi. Seperti yang kita lihat, Pak Abdul memiliki kemampuan untuk mengelola keuangannya dengan baik dengan cara menabung, dengan tabungan yang dimiliki dan sedikit pinjaman dari keluarga, ia dapat membeli 1 unit perahu motor dan kemudian bertambah 2 unit perahu motor dan 2 tahun berikutnya ia dapat membeli sebuah tambak besar sehingga menjadikan status sosial Pak Abdul menjadi lebih baik karena kecerdasannya dan upayanya untuk memperbaiki kehidupan ekonominya.
    Tidak hanya itu Pak Abdul juga mengalami stratifikasi politik dimana ia memiliki kekuasaan untuk mengatur orang-orang yang dipekerjakan membantu menjalankan usahanya dengan kata lain dengan kekuasaan yang dimiliki ia mampu mempengaruhi orang lain atau bekerja sama untuk mencapai tujuan (perbaikan ekonomi).

    Sekian, Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  40. Nama : Kasiman sya
    S.0020.P2.030
    Mahasiswa S1 Keperawatan
    Non Reg B/ Kelas A

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul yaitu
    1. Stratifikasi sosial ekonomi karna pak Abdul mengembangkan usahanya dengan cara rajin Menabung sehingga usahanya berkembang pesat,dan keuletan dalam bekerja dapat merubah kondisi kehidupannya.
    2. Stratifikasi status sosial (Pekerjaan) sebelumnya pak Abdul bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    3. Stratifikasi politik dimana Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar

    ReplyDelete
  41. Nama : selfri L. Usaman
    Nim : S.0020.P2.111
    NON REG KELAS B KOLAKA

    Assalamualaikum,,

    Menurut saya stratifikasi sosial pak Abdul sangat baik. Berkat keuletanx bekerja beliau bisa menabung dan menjadika usahanya berkembang,mulai dari bekerja bongkar muat ikan dari kapal ke dermaga sampe pak abdul bisa membeli sebuah tambak besar..

    Sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  42. Dharmawaty
    Nim.S 0020 P2 020
    Kls B non Reg Kolaka
    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul sepanjang hidupnya.
    1. Stratifikasi ekonomi dimana pak Abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dng tabungan dan tambahan modal dari keluarga. Pak Abdul bisa berusaha mandiri dengan kapal motor yang ia milik, dengan hasil yang memaksimalkan membuat kehidupan pak Abdul berubah dan menjadi status sosial yang lebih baik.
    2. Pak Abdul mengalami stratifikasi pekerjaan dimana berawal dari pembongkaran muatan kapal ika, pak Abdul berusah keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha mandiri dengan kapal - kapal motornya.
    3. Pak Abdul mengalami stratifikasi politik dimana pak Abdul memiliki kapal motor dan tambak besar dan dia tdk mampu mengelola sendiri.
    Itulah perubahan stratifikasi kehidupan yang dialami pak Abdul yang lebih baik.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  43. Nunung Thoyyibah S0020 P2 088
    Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatu...
    Sepanjang hidup pak abdul mengalami 4 fase Stratifikasi secar ekonomi yaitu.
    1. Strata ketiga yaitu saat pak abdul menjadi buruh bongkar muat ikan di pelabuhan.
    2. Strata kedua yaitu saat pak abdul berhasil membeli perahu dengan motor tempel .
    3. Strata atas saat pak Abdul mampu membeli beberapa kapal motor dan dipercayakan kepada orang lain .
    4. Penguasaan kekayaan saat pak abdul mampu membeli tambak dan memiliki beberapa kapal motor sebagai alat tangkap.

    ReplyDelete
  44. NAMA : FITRIAH SUHERMAN
    NIM : S.0020.P2.032
    KELAS B REGULER KOLAKA

    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :

    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.

    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.

    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul.

    Pak abduk mengalamai 4 fase stratifikasi secara ekonomi yaitu :
    1. Strata ketiga yaitu saat pak abdul menjadi buruh bongkar muat ikan di pelabuhan.
    2. Strata kedua yaitu saat pak abdul berhasil membeli perahu dengan motor tempel .
    3. Strata atas saat pak Abdul mampu membeli beberapa kapal motor dan dipercayakan kepada orang lain .
    4. Penguasaan kekayaan saat pak abdul mampu membeli tambak dan memiliki beberapa kapal motor sebagai alat tangkap.

    ReplyDelete
  45. Anita
    S. 0020.P2.009
    Non Reg Kls B Kolaka
    Stratifikasi sosial
    Pak Abdul, sangat tekun dalam bekerja sebagai pengepul ikan, dia menabung mempunyai perahu motor tempel dengan pinjaman keluarga dan tabungan dia bisa membeli kapal motor penangkapan ikan sampai membeli tambak besar

    ReplyDelete
  46. NAMA : HASRUDDIN
    NIM :S. 00.020.P2.021
    Menurut saya, stratifikasi sosial pak Abdul yaitu stratifikasi ekonomi dimana pak Abdul mengembangkan usahanya dengan cara menabung sehingga usahanya berkembang pesat. Kita ketahui bersama bahwa Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).
    Seiring berkembangnya masyarakat, tingkat penghasilan seseorang serta jabatan dalam pekerjaan (stratifikasi okupasional) turut menjadi faktor ekonomi yang mempengaruhi kedudukan individu dalam masyarakat. Individu dengan jenis pekerjaan yang membutuhkan pendidikan, keahlian dan keterampilan tinggi cenderung berada pada kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.

    Sebagai contoh, pada masyarakat perkotaan, seseorang yang memiliki jabatan tinggi pada sebuah perusahaan dan dibayar dengan gaji tinggi cenderung mendapat penghargaan lebih dan dianggap lebih terpandang sehingga ia dikelompokkan sebagai kelas atas

    ReplyDelete
  47. Nama : yeni mulyani
    Nim : S. 0020. P2. 130
    Kelas : A Non Reguler (Kendari)
    Menurut saya startifikasi pak abdul adalah ekonomi dimana pak abdul dapat mengembangkan usaha awalnya menjadi lebib baik sehinggah membuat pak abdul masuk dalam kelas sosial yang baik.

    ReplyDelete
  48. Nama : Narti Wati
    Nim : S.0020.P2.042
    Kelas : A Non Reguler Kendari

    Menurut saya, stratifikasi sosial pak Abdul yaitu stratifikasi ekonomi.dimna kesabaran dan ketekunan pak abdul dalam bekerja membuahkan hasil dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga bahkan pak abdul dapat memperkerjakan beberapa karyawan untuk menjalankan usahanya dan menjadi lebih baik sehinggah membuat pak abdul masuk dalam kelas sosial yang baik.

    Trimakasih🙏

    ReplyDelete
  49. Nama: Uut utiningsih
    NIM: S.0019.P2.128
    Nonreg B kelas Kolaka

    Menurut saya stratifikasi sosial yang di alami oleh pak abdula yaitu:
    1.Stratifikasi Ekonomi
    Dimana pak abdul mengembangkan usahanya dan pak abd dan pak abdul menabung merubah kondisi kehidupannya sehingga pak abdul memiliki perahu motor sebanyak 2 unit jadi total perahu motor pak abdul yang dimiliki sekarang ini yaitu sebanyak 3 unit,sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    2.Stratifikasi politik.
    Stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan pak abdul masuk kategori strata atas karna dua tahun kemudian pak abdul membeli tambak besar.

    Trimakasih🙏

    ReplyDelete
  50. JAFARMADI. S.0020.P2.049. NON REG.B KOLAKA. Ass, Stratifikasi sosial yang dimiliki pak abdul semasa hidupnya adalah stratifikasi sosial ekonomi dimana awal mulanya pak abdul mengembangkan usahanya dengan segala keterbatasan yang ia miliki,dengan ketekunan dan keyakinan yg kuat sehingga usahanya berkembang pesat. Trima kasih

    ReplyDelete
  51. Ifdal haris saputra
    S.0020.P2.025
    sosial mengacu pada kategorisasi masyarakat ke dalam kelompok berdasarkan faktor sosial ekonomi seperti kekayaan , pendapatan , ras , pendidikan , etnis , jenis kelamin , pekerjaan , status sosial , atau kekuasaan yang diturunkan (sosial dan politik). Dengan demikian, stratifikasi adalah posisi sosial relatif orang-orang dalam suatu kelompok sosial, kategori, wilayah geografis, atau unit sosial
    Dalam masyarakat Barat modern, stratifikasi sosial biasanya didefinisikan dalam tiga kelas sosial : kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah padagilirannya, setiap kelas dapat dibagi lagi menjadi lapisan atas, lapisan tengah, dan lapisan bawah. Selain itu, lapisan sosial dapat dibentuk atas dasar kekerabatan, klan, suku, atau kasta, atau keempatnya.

    ReplyDelete
  52. Nama : Mawar marwati
    Nim : S. 0020. P2. 035
    Nonreg kendari kelas A angkatan 2020

    Stratufikasi sosial yang dialami oleh pak abdul dalam kehidupannya yaitu :

    1. STRATIFIKASI SECARA PERBEDAAN STATUS PEKERJAAN (OCCUPATIONALLY) dalam golongan STRATA BAWAH. Karena saat itu pak abdul belum memiliki kehidupan yang baik, ia masih bekerja membawa ikan yang di bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga.

    2. STRATIFIKASI SECARA EKONOMI (ECONOMINALLY STRATIFIED) dalam golongan STRATA KEDUA. karena pak abdul rajin menabung kondisi hidupnya berubah, ia mengambil pinjaman dari keluarganya untuk lengkapi tabungan yang dikumpul untuk bisa membeli perahu dengan motor tempel.

    3. STRATIFIKASI SECARA EKONOMI (ECONOMINALLY STRATIFIED) dalam golongan STRATA ATAS. Pak abdul membeli kembali kapal motor sebanyak 2 unit, berhubung kendaraan penangkapan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasikan sendiri. Maka pak abdul mencari orang yang dipercayainya untuk membantu menjalankan usahanya.

    4. STRATIFIKASI SECARA PERBEDAAN STATUS PEKERJAAN (OCCUPATIONALLY) dalam golongan STRATA ATAS. Dimana 2 tahun berikutnya pak abdul membeli tambak besar.

    ReplyDelete
  53. Nama : Samsiah
    Nim : S.0020.P2.107
    Non regular Kelas B Kolaka
    Assalamualaikum wr, wb
    Kata stratifikasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu stratum dan socius yang mempunyai arti stratum: tingkatan, sedangkan socium: teman atau masyarakat. Dari situlah diambil pengertian stratifikasi sosial adalah tingkatan-tingkatan yang ada dalam masyarakat.
    Stratifikasi sosial yang miliki oleh pak abdul sepanjang hidupnya adalah :

    1. Stratifikasi dalam bidang pekerjaan.
    Bapak Abdul pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga.
    2. Stratifikasi dalam bidang ekonomi.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian.pak abdul membeli perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Kehidupan pak abdul semakin membaik pak abdul membeli sebuah tambak besar. semakin meningkat dari tahun ke tahun
    3. Startifikasi social Politik
    kehidupan pak abdul semakin membaik, dengan kepemilikan perahun motornya, sehingga ia menjadi pengusaha tambak. ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    ReplyDelete
  54. Nama:Nurmawati sinda
    Nim :S.0020.P2.094
    NON REG.B KELAS KOLAKA

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya.
    1.stratifikasi ekonomi dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dengan tabungan dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa berusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki, dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul berubah dan menjadikan status sosial yang lebih baik.

    2.stratifikasi pekerjaan, dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya.

    3.stratifikasi politik dimana pak abdul memiliki 3 kapal motor dan tambak besar, ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih

    Sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Nama :Reski Ika Patantan
    Nim : S.0020.P2.101
    Kelas non reg B kolaka

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya adalah:

    1) stratifikasi ekonomi: dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dari penghasilannya tersebut, dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa berusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki pada saat itu, sehingga dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul saat itu berubah dan menjadikan status sosialnya lebih baik.

    2) stratifikasi pekerjaan: dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, dan pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan kemudian pak abdul mulai berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya yang ia punya saat itu.

    3) stratifikasi politik:
    dimana kehidupan pak abdul semakin membaik, dengan kepemilikan perahun motornya,pak abdul kembali membeli 2 unit perahu motor sehingga pak abdul memiliki 3 kapal motor dan 2 tahun berikutnya pak abdul membeli tambak besar, sehingga ia menjadi pengusaha tambak.
    Sehingga ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    Terimah kasih

    ReplyDelete
  57. Nama :Jamilah
    Nim : S.0020.P2.050
    Kelas non reg B kolaka

    Assalamualaikum wr, wb
    Kata stratifikasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu stratum dan socius yang mempunyai arti stratum: tingkatan, sedangkan socium: teman atau masyarakat. Dari situlah diambil pengertian stratifikasi sosial adalah tingkatan-tingkatan yang ada dalam masyarakat.
    Stratifikasi sosial yang miliki oleh pak abdul sepanjang hidupnya adalah :

    1. Stratifikasi dalam bidang pekerjaan.
    Bapak Abdul pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga.
    2. Stratifikasi dalam bidang ekonomi.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian.pak abdul membeli perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Kehidupan pak abdul semakin membaik pak abdul membeli sebuah tambak besar. semakin meningkat dari tahun ke tahun
    3. Startifikasi social Politik
    kehidupan pak abdul semakin membaik, dengan kepemilikan perahun motornya, sehingga ia menjadi pengusaha tambak. ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    ReplyDelete
  58. Nama : Muh Afdal Ramadhan
    Nim :S.0020.P2.038
    Kelas A Nonreg Kendari

    Menurut saya,stratifikasi sosial yang menguntungkan pak Abdul iyalah :
    1. Stratifikasi ekonomi yang dimana pak Abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dengan tabungan dan tambahan modal dari keluarga, pak Abdul bisa berusaha mandiri dengan kapal motor yang ia miliki
    2. Stratifikasi pekerjaan, dimana berawal dari pembongkaran muatan kapal ikan, Pak Abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha sendiri dengan kapal2 motornya
    3. Stratifikasi politik dimana pak Abdul memiliki 3 kapal motor sehingga ia mencari orang untuk diajak bekerja sama dengannya,maka disini diatur pengaturan dan pembantuan

    Sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  59. Nama : Ketrin
    Nim : S.0020.P2.031
    Nonreg Kelas A Kendari 2020

    Stratifikasi sosial yang dimiliki pak Abdul adalah
    1. Stratifikasi secara Ekonomi
    a. Pertama Pak Abdul termasuk stratifikasi ekonomi strata ketiga karena ia sebagai buruh nelayan dimana ia bekerja membawa ikan ikan yang bongkar muat di kapal menuju dermaga
    b. Kedua pak abdul termasuk stratifikasi ekonomi strata kedua karena ia memiliki perahu dengan motor tempel dan operasionalnya di pimpin sendiri
    c. Ketiga pak abdul termasuk stratifikasi ekonomi strata atas karean ia memiliki kendaran perahu motor sebanyak 3 unit dan dioperasionalkan oleh orang lain


    2. Stratifikasi Status Pekerjaan
    a. Sebelumnya pak abdul sebagai buruh tanpa tambak , ini termasuk stratifikasi status pekerjaan strata bawah
    b. Dua tahun berikutnya ia membeli sebuah tambak besar, ini termasuk stratifikasi status pekerjaan strata atas

    ReplyDelete
  60. Nama : Jami Samperompon
    Nim : S.0020.P2.050
    Non Reg B Kolaka

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul adalah adanya peluang untuk berjuang untuk hidup, nasib kehidupan yang lebih baik dan memadai atau bisa dianggaap ekonominya semakin membaik bisa dilihat mulai dari ia hanya sebagai buruh nelayan dimana ia bekerja membawa ikan ikan yang bongkar muat di kapal menuju dermaga kemudian ia memiliki perahu dengan motor tempel dan operasionalnya di pimpin sendiri bahkan sampai memiliki kendaran perahu motor sebanyak 3 unit dan dioperasionalkan oleh orang lain, dan
    dua tahun berikutnya ia membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  61. NAMA :ÀRDIANSYAH
    NIM :S.0020.P2.006
    KELAS:A.NONREG 2020 KENDARI

    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    Kata stratifikasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu stratum dan socius yang mempunyai arti stratum: tingkatan, sedangkan socium: teman atau masyarakat. Dari situlah diambil pengertian stratifikasi sosial adalah tingkatan-tingkatan yang ada dalam masyarakat.
    Stratifikasi sosial yang miliki oleh pak abdul sepanjang hidupnya YAITU :

    A.Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun

    B.Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    C.Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    D.Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul

    ReplyDelete
  62. Nama: Rusman Farid
    NIM: S.0020.P2.053
    Kelas Nonreg A Kendari

    seperti yang sudah dijelaskan bahwa Stratifikasi sosial merupakan pelapisan atau pembagian kelas yang secara alamiah maupun disengaja terjadi dalam masyarakat. konsep stratifikasi erat kaitanya dengan kelas sosial. Ada individu yang dikategorikan berasal dari kelas atas, kelas menengah dan jelas bawah. Kelas sosial individu dilatarbelakangi oleh kekuasaan, kekayaan dan prestise. Secar lebih rinci, kelas sosial diartikan sebagai kumpulan individu dengan kesamaan karakterisitk yang berada pada lapisan sosial tertentu.

    Bapak Abdul yang awalnya seorang buruh angkut ikan dipelabuhan dalam stratifikasi social masyarakat maritime dengan sudut pandang stratifikasi ekonomi tergolong pada level paling bawah karena mempunyai penghasilan yang tentunya lebih sedikit disbanding pemilik kapal yang mempekerjakanya.
    Keuletan Bapak Abdul dan kebiasaanya menabung membuat status ekonominya berubah karena dianggap mampu membeli kapal dan mengoperasikanya sendiri. Tidak sampai disitu, dalam sudut pandang stratifikasi politik Bapak Abdul sudah mampu mempekerjakan orang lain dengan membeli beberapa kapal dan sebuah tambah yang besar.
    Dalam stratifikasi politik Bapak Abdul tergolong orang yang mempunyai kekuasaan karena mampu mempekerjakan orang lain.
    Dalam stratifikasi ekonomi Bapak Abdul tergolong orang yang mempunyai penghasilan besar dan mempunyai modal untuk menjalankan sebuah usaha
    Dalam stratifikasi Status Sosial Bapak Abdul tergolong orang kelas terhormat atau familiar disebut Juragan.


    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum..
    Nama: Rahmadani
    Nim : S.0020.P2.049
    NonReg Kelas A Kendari

    Menurut saya stratifikasi yg di peroleh pak Abdul ialah startifikasi ekonomi
    dimana pak Abdul rajin menabung serta kesabaran dan ketekunan yang dimiliki pak abdul dalam bekerja membuahkan hasil yang begitu baik dan dapat meningkatkan ekonomi keluarganya.. pak abdul juga dapat memperkerjakan beberapa karyawan untuk menjalankan usahanya sehingga usahanya berjalan dengan lancar dan masuk dalam kelas sosial yang baik..

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  64. Nama:sitti nur aida
    Nim :S.0020.P2.060
    Non reg 2020 kendari
    Stratifikasi sosial yang dimiliki pak abdul sepanjang hidupnya adalah keuletan dalam bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju kedermaga untuk diambil para pengempul maupun pembeli
    Stratifikasi kehidupan ekonomi pak abdul dengan menabung dan bantuan keluarga bisa membeli perahu motor dan lambat laun dapat membeli lagi 2 unit kendaraan penangkap ikan dan memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.Setelah 2 tahun pak abdul membeli sebuah tambak besar.dengan demikian status sosial pak abdul tergolong stratifikasi sosial terbuka yang kemungkinan terjadinya suatu perpindahan status.

    ReplyDelete
  65. Assalamualaikum
    Nama : SITTI AMINAH
    Nim : S. 0020.P2 058
    Non Reg B kelas A (kendari)

    Stratifikasi sosial yang di miliki pak Abdul di antaranya stratifikasi ekonomi dimana dari wacana diatas kita dapat menilai bahwa Pak Abdul mampu mengubah perekonomiannya semakin baik yang dari awal hanya mampu membawa ikan dari kapal menuju dermaga, tapi karena kerja kerasnya pak abdul mampu memiliki sebuah kapal bahkan mampu membeli tambak, kemudian stratifikasi sosial dalam hal ini setelah usaha sudah berkembang pak abdul tidak mampu mengolah usahanya sendiri dan harus mempekerjakan orang lain sehingga bisa di katakan stratifikasi sosial berjalan dengan baik.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum
    Nama : SITTI AMINAH
    Nim : S. 0020.P2 058
    Non Reg B kelas A (kendari)

    Stratifikasi sosial yang di miliki pak Abdul di antaranya stratifikasi ekonomi dimana dari wacana diatas kita dapat menilai bahwa Pak Abdul mampu mengubah perekonomiannya semakin baik yang dari awal hanya mampu membawa ikan dari kapal menuju dermaga, tapi karena kerja kerasnya pak abdul mampu memiliki sebuah kapal bahkan mampu membeli tambak, kemudian stratifikasi sosial dalam hal ini setelah usaha sudah berkembang pak abdul tidak mampu mengolah usahanya sendiri dan harus mempekerjakan orang lain sehingga bisa di katakan stratifikasi sosial berjalan dengan baik.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum
    Nama : SITTI AMINAH
    Nim : S. 0020.P2 058
    Non Reg B kelas A (kendari)

    Stratifikasi sosial yang di miliki pak Abdul di antaranya stratifikasi ekonomi dimana dari wacana diatas kita dapat menilai bahwa Pak Abdul mampu mengubah perekonomiannya semakin baik yang dari awal hanya mampu membawa ikan dari kapal menuju dermaga, tapi karena kerja kerasnya pak abdul mampu memiliki sebuah kapal bahkan mampu membeli tambak, kemudian stratifikasi sosial dalam hal ini setelah usaha sudah berkembang pak abdul tidak mampu mengolah usahanya sendiri dan harus mempekerjakan orang lain sehingga bisa di katakan stratifikasi sosial berjalan dengan baik.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  68. NAMA : DWY SHELVI PERDANA
    NIM : S.0020.P2.010
    KELAS : NONREG KELAS A (KENDARI)

    Menurut Karl Marx; stratifikasi sosial adalah perbedaan antara kelompok masyarakat kedalam kelas sosial, yang di tentukan atas hubungan mereka terhadap alat-alat produksi, yaitu antara kelas atas (borjuis) dan kelas bawah (proletar).

    Stratifikasi sosial pak abdul sebagai masyarakat maritim masuk dalam kategori
    stratifikasi terbuka dimana jenis stratifikasi ini memungkinkan terjadinya perpindahan, baik penurunan maupun kenaikan kelas.Yang awalnya hanya sebagai penangkap ikan yang mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Kemudian Pak Abdul membeli perahu dengan motor tempel sehingga pak Abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya. Berikutnya pak Abdul membeli sebuah tambak besar. 

    Hal ini menunjukkan bahwa Pak Abdul mengalami perpindahan kelas dari kelas bawah (penurunan) ke kelas atas (kenaikan).

    ReplyDelete
  69. Nama:tutiyanti
    Nim:S.0020.P2.126

    Assalamualikum,
    Stratifikasi sosial yang di miliki pak Abdul adalah stratifikasi ekonomi dimana pak Abdul sepanjang hidupnya sangat lah rajin menabung dan sangatlahbtekun dalam bekerja sehinnga dengan tambunganx dan tambahan modal dari keluarganya pak Abdulbisa berusaha mandiri dengan memiliki kapal kotor dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak Abdul berubah dan menjadikan status sosial yang lebih baik.

    ReplyDelete
  70. Nama : Dwi Sri Wahyuni
    Nim : S.0020.P2.009
    Kelas A nonreg 2020 (Kendari)

    Sastra sosial yang dimiliki pak Abdul ialah, pak Abdul sangat tekun dalam melangsungkan pekerjaannya, dari mulai bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli, kemudian Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Sehingga pak abdum dapat membeli sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki. Dengan keuletan bekerjanya pak Abdul, hal ini dapat menjadikan pak Abdul mencapai stratifikasi strata atas yang telah ia capai.

    ReplyDelete
  71. NAMA : HASNANI
    NIM : S.0020.P2.020
    KELAS : A KENARI NONREGULER

    Stratifikasi sosial yang dimiliki pak Abdul di sepanjang hidupnya adalah :
    1. Stratifikasi secara ekonomi strata ketiga karena pada pada awal bekerja pak Abdul hanya menjadi seorang buruh nelayan yang bertugas membawa ikan- ikan yang bongkar muat dari kapal ke dermaga
    2. Stratifikasi secara ekonomi strata kedua karena dari hasil tabungan yang diperoleh dari bekerja dan mendapat sedikit pinjaman dari keluarga pak Abdul bisa membeli 1 unit motor tempel
    3. Stratifikasi secara ekonomi strata ke atas karena dengan kepemilikan perahu motornya kehidupan pak Abdul semakin membaik sehingga dapat membeli lagi 2 unit kapal motor dan memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya
    4. Stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan strata atas karena setelah dua tahun pak Abdul membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  72. Nama :Andi Irman
    NIM :S.0020.P2.003
    S.I Nonreguler 2020 Kelas A Kendari
    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu, sebelum saya menjelaskan Stratifikasi social baiknya kita pahami terlebih dahulu macam-macam stratifikasi sehingga kita mampu memahami dan membedakannya.
    Ada 3 macam stratifikasi social beserta pembagianya
    1. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Ekonomi
    Stratifikasi sosial yang berdasarkan ekonomi biasanya akan membentuk sebuah lapisan-lapisan sosial masyarakat yang berdasarkan kekuasaan dan juga kekayaan yang dimiliki. Biasanya stratifikasi sosial yang berdasakan ekonomi ini memiliki sifat yang terbuka. Hal ini menunjukkan bahwa suatu anggota dari lapisan masyarakat dapat berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing,
    2. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Sosial
    Stratifikasi sosial yang kedua adalah stratifikasi yang lebih mudah untuk dipahami karena hal ini dikelompokkan lagi berdasarkan bidang-bidang yang lebih khusus dan detail. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai golongan tersebut yaitu Berdasarkan Tingkat Pendidikan,Berdasarkan Keahlian atau Pekerjaan, Berdasarkan Status Sosial di Pedesaan.
    3. Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Politik
    Dalam stratifikasi sosial yang berdasarkan atas kriteria politik ini biasanya sedikit banyak dipengaruhi oleh kewenangan atau kekuasaan salah satu pihak baik itu individu atau kelompok yang lebih berkuasa dari pada kelompok lainnya di dalam masyarakat. Ciri identik lainnya secara sederhana adalah di dalam stratifikasi sosial jenis ini biasanya terdapat kelompok yang menguasai dan juga adanya kelompok yang dikuasai. Dalam hal bentuk kekuasaan, setiap masyarakat memiliki ciri khas nya masing-masing, hal ini menyebabkan satu kelompok masyarakat akan berbeda lapisan sosialnya dibandingkan dengan kelompok lainnya. Dalam hal kekuasaan, biasanya juga sangat erat kaitannya dengan beberapa hal seperti adat istiadat, perilaku dan juga kebiasaan yang berlaku di wilayah tersebut.
    Jadi bias kita simpulkan bahwa stratifikasi social yang pak Abdul miliki adalah: Stratifikasi social Ekonomi karna dalam penjelasan stratifikasi social ekonomi salah satunya ini memiliki sifat yang terbuka. Hal ini menunjukkan bahwa suatu anggota dari lapisan masyarakat dapat berkembang sesuai dengan kemampuan masing-masing, dan sudah sangat jelas terlihat bahwa sebelumnya pak abdul bekerja disektor perikanan dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju dermaga untuk diambil oleh pengumpul maupun pembeli, karna keuletanya dalam bekerja membuat pak Abdul rajin menabun dan mampu merubah kondisi kehidupanya terutama mata pencaharianya menjadi lebih baik. Dan pak Abdul tak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkapan menuju kedermaga iapun membeli perahu dengan motor templ. Dan iapun mebeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraan penangkapan yang dimiliki pak Abdul. Dengan jumlah unit penangkapan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk di oprasinalkan sendirian, sehingga iapun memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.dan dua tahun berikutnya pak abdul membeli tambak besar.
    Itulah Perubahan Stratifikasi dan tingkatan-tingkatan yang dialami pak Abdul sepanjang hidupnya, sehingga pak Abdul lebih Baik dari sebelumnya.


    ReplyDelete
  73. Nama : Eka mustika waty.hmz
    Nim : S.0020.P2. 083
    Kelas: NON REG B kolaka

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya adalah:

    1) stratifikasi ekonomi: dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dari penghasilannya tersebut, dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa berusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki pada saat itu, sehingga dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul saat itu berubah dan menjadikan status sosialnya lebih baik.

    2) stratifikasi pekerjaan: dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, dan pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan kemudian pak abdul mulai berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya yang ia punya saat itu.

    3) stratifikasi politik:
    dimana kehidupan pak abdul semakin membaik, dengan kepemilikan perahun motornya,pak abdul kembali membeli 2 unit perahu motor sehingga pak abdul memiliki 3 kapal motor dan 2 tahun berikutnya pak abdul membeli tambak besar, sehingga ia menjadi pengusaha tambak.
    Sehingga ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.

    Terima kasih.....

    ReplyDelete
  74. Nama: Rika Yanti
    NIM: S.0020.P2.052
    Kelas: A Non Reg 2020 (Kendari)

    Menurut saya, stratifikasi sosial yang dimiliki pak abdul sepanjang hidupnya adalah:
    1. Stratifikasi bidang Pekerjaan
    Dimana saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli. Sampai akhirnya pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga.

    2. Stratifikasi bidang Ekonomi
    Dimana keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharian. Sehingga pak abdul membeli perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungannya. Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Setelah itu dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar.

    3. Stratifikasi bidang Keanggotaan
    Dimana pak abduk membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga total ada 3 kendaraan penangkap ikan yang dimilikinya. Jumlah unit pengkap ikan miliknya tidak dapat untuk dioperasikan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    ReplyDelete
  75. Nama : Fianti
    Nim : S.0020.P2.016
    Kela : A non reg 2020 Kendari

    Menurut saya stratifikasi yang dimiliki pak Abdul sepanjang hidupnya yaitu:

    Stratifikasi dibidang ekonomi dengan kegigihan dan kerja kerasnya sehingga usaha yang dimiliki terus berkembang pesat.jika dilihat dari perbedaan sosial masyrakat terkhusu nelayan merupakan gambaran sosial dalam proses pembentukan masyrakat secara struktur.seiring berkembangnya masyrakat tingkat penghasilan seseorang serta jabatan dalam pekerjaan mempengaruhi kedudukan individu dalam bermasyarakat.
    Sebagai masyrakat yang tinggal di kawasan pwsisir pak Abdul mempunyai karakteristik memiliki etos kerja yg tinggi memanfaatkan kemampuan diri dan adaptasi optimal terhadap usaha yang dibangunnya.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. NAMA: MULI YATI
    NIM: S.0020.P2.041
    KELAS: A (KENDARI) NON REG 2020

    Berdasarkan narasi menurut saya stratifikasi yang dimiliki oleh pak abdul adalah sebagai Stratifikasi ekonomi
    Seperti yang digambarkan fokus pak abdul yaitu meningkatkan ekonomi keluarga
    Dan dapat dilihat dari beberapa tahap yang dilalui pak abdul melalui dari tahapan 3 lapisan masyarakat yang dipandang dari sudut ekonomi yaitu:

    1. Masyarakat kelas atas: pak Abdul memiliki 3 kendaraan penangkapan ikan, memiliki tambak besar, dan beberapa karyawan.
    2. Masyarakat kelas menengah: pak Abdul membeli perahu motor tempel untuk meningkatkan hasil tangkapan dan meminjam uang untuk memulai usaha
    3. Masyarakat kelas bawah: pak Abdul awalnya hanya sebagai buruh disektor perikanan dengan penghasilan sangat kecil

    Sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  78. Nama : felmi yamin
    Nim : S.0020.P2.015
    Non reg B 2020 kelas A (Kendari)

    Bismillah

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dimiliki pak Abdul selama hidupnya yaitu :

    1. Stratifikasi secara ekonomi bagian strata ke tiga, dimana pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja di sektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dikapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.

    2. Stratifikasi secara ekonomi bagian strata ke dua, dimana pak abdul membeli perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan.

    3. Stratifikasi ekonomi bagian strata atas, dimana pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkap ikan miliknya tidak memungkinkan untuk di operasional kan sendiri, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    4. Stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan bagian strata atas, dimana pak abdul membeli tambak besar.

    Terimakasih...🙏

    ReplyDelete
  79. Hasriana
    Nim :s.0020.p2.089

    Stratifikasi sosial yang dimiliki pak Abdul sepanjang hidupnya adalah
    1.Stratifikasi sosial berdasarkan kekayaan.
    Pak Abdul yang awalnya bekerja sebagai pengantar ikan karena keuletannya dalam bekerja dia mampu memiliki 3 buah kapal motor dan tambak
    2. Stratifikasi sosial berdasarkan pekerjaan.
    pak Abdul yang awalnya hanya bekerja sebagai pengantar ikan, dari hasil kerja keras selama beberapa tahun yang lalu kini mampuh mempekerjakan orang lain.

    ReplyDelete
  80. Nama Rohasni
    Nim S 0020 P2 124
    Menurut saya stratikasi yang dimiliki pak Abdul adalah

    1.stratifikasi ekonomi dimana dia mampu memiliki 3 buah kapal untuk menangkap ikan dan memiliki tambak dr hasil menabungnya

    2 stratifikasi politik dimana pak Abdul saat merekrut anggota yang lain dan menjadikan buruh dimana ia menjadi kepala buruh
    3 stratifikasi sosial diliat dr awalnya buruh menabung dan membeli kapal serta tambak dan menjadi kepala buruh

    Terimah kasih

    ReplyDelete
  81. Nama : Syamsirsyah
    Nim    : S.0020.P2.134
    Non reg B zona kolaka


    Stratifikasi sosial yang pak abdul miliki sepanjang hidupnya ialah :

    Pertama stratifikasi secara ekonomi yaitu dengan strata ke tiga sebagai buruh nelayan dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli, setelah berselang beberapa lama ekonomi pak abdul meningkat menjadi strata ke dua yakni dengan membeli perahu motor yg ia bisa gunakan untuk membawa ikan. Selang beberapa waktu pak abdul makin meningkat dengan membeli lagi dua buah perahu motor, jadi total keseluruhan ada 3 perahu motor yg dimiliki yang mau tidak mau ia harus mencari orang yg bisa membantu nya untuk menjalankan perahu motornya, akhirnya dia mempekerjakan orang lain, sehingga strata ekonomi pak abdul naik lagi ke strata atas.

    Pak abdul juga memiliki Stratifikasi secara perbedaan status pekerjaan di tingkat strata atas karna berselang beberapa tahun pak abdul lalu membeli sebuah tambak besar yang bisa ia kelola.

    ReplyDelete
  82. Nama:megawati
    Nim:s.0020.p2.106
    Non reg B kelas kolaka
    Ass.menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul adalah stratifikasi ekonomi dimana pak abdul yang masih mudah dan keuletannya dalam bekerja sehingga bisa membeli perahu motor tempel dan kwehidupannya semaki membaik dengan adanya perahu motor tempel,selanjutnya pak abdul mengalami stratifikasi pekerjaan dimana sebelumnya pak abdul membawa ikan2 bongkaran muatan dari kapal menuju kedermaga untuk diambil oleh para pembeli.

    ReplyDelete
  83. Nama:Fitrani Natsir
    Nim:S.0020.P2.087
    Kelas Non Reg B Kolaka

    Menurut saya,stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul yaitu:
    1. Stratifikasi ekonomi,Karena berkat ketekunan pak Abdul dalam bekerja dan menabung sehingga Pak Abdul bisa berusaha dengan kapal motor yang dia miliki sehingga membuat kehidupan pak Abdul berubah dan menjadikan status sosial keluarganya lebih baik.
    2.Stratifikasi pekerjaan,dimana berawal dari bekerja sebagai pembongkar muatan kapal ikan,pak Abdul keluar dari pekerjaannya tersebut dan berusaha dengan kapal-kapal motornya.
    3.Stratifikasi politik,Pak Abdul yg memiliki 3 kapal motor dan tambak besar tidak mampu mengelola sendiri maka ia mencari orang untuk bekerja sama dengannya dalam menjalankan usahanya

    ReplyDelete
  84. Nama : Dandi Febrian
    Nim : S.0020.P2.008
    Kelas: Nonreg A 2020

    Menurut saya stratifikasi sosial yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, pertama adalah stratifikasi ekonomi dimana pak abdul sangat tekun dalam bekerja dan menabung sehingga dengan tabungan dan tambahan modal dari keluarga, pak abdul bisa merusaha mandiri dengan kapal motor yg ia miliki, dengan hasil yang maksimal membuat kehidupan pak abdul berubah dan menjadikan status sosial yang lebih baik. Kedua, pak abdul mengalami stratifikasi pekerjaan, dimana berawal dari pembongkar muatan kapal ikan, pak abdul berusaha keluar dari pekerjaan tersebut dan berusaha sendiri dengan kapal-kapal motornya.
    Ketiga, pak abdul mengalami stratifikasi politik dimana pak abdul memiliki 3 kapal motor dan tambak besar, ia tidak mampu mengelola sendiri, maka ia mencari orang untuk diajak kerja sama atau bekerja dengannya, maka disini terjadi proses diatur dan mengatur.
    Itulah perubahan stratifikasi yang dialami pak abdul sepanjang hidupnya, sampai akhirnya kehidupan pak abdul lebih baik.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  85. Kasmawati
    S.0020.P2.098
    Kelas Non Reg B Kolaka

    Bismillah...
    Menurut saya stratifikasi yg dimiliki oleh pak Abdul, adalah :
    1. Stratifikasi Ekonomi
    Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Secara spesifik, kemunculan kelas sosial ada pada era revolusi industry dan kapitalisme, dimana masyarakat terbagi menjadi dua kelas: kelas pekerja (kelas bawah) dan kelas pemilik modal/alat produksi (kelas atas).Pada saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja dengan membawa ikan-ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2. Stratifikasi Politik
    Faktor politik yang mendasari terbentuknya stratifikasi sosial adalah kekuasaan. Singkatnya, kekuasaan diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam mencapai tujuannya. Biasanya, kekuasaan didapatkan oleh individu melalui jabatan formal. Makin tinggi jabatan individu maka ia akan makin dihormati oleh masyarakat dan menduduki kelas sosial atas, begitupun sebaliknya.
    Keuletannya bekerja membuat pak abdul yang rajin menabung merubah kondisi kehidupannya, terutama mata pencaharaian. Pak abdul tidak lagi mengangkat ikan dari kapal penangkap ikan menuju ke dermaga. Pak abdul memberi perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Stratifikasi status sosial
    Dalam hal ini, pembagian kelas pada masyarakat didasari oleh perbedaan starus berdasarkan kehormatan. Biasanya, individu yang berasal dari kelas terhormat (kelas atas) akan cenderung membatasi pergaulan dengan orang dari luar kelasnya.
    Kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki pak abdul. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian, sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.
    Dua tahun berikutnya pak abdul membeli sebuah tambak besar. Dari penjelasan siatas jelas terlihat perubahan stratifikasi sosial dari bapak Abdul

    ReplyDelete
  86. Nisba
    Nim :S.0020 P2 114
    Non reg kls B


    Stratafikasi sosial yg dialami p Abduh krn keuletannx dlm bekerja dan rajin menabung merubah kondisi kehidupanx.
    P Abduh yg tadix bekerja sebagai pengangkat ikan bongkar muat di dermaga secara bertahap bisa membeli perahu dgn motor tempel dgn sedikit bantuan dari keluargax ,bisa terwujud keinginanx untuk memiliki perahu motor .
    Tpapi p Abduh semakin giat d ulet bekerja ,akhirx bisa membeli lg 2 buah kapal motor .2 tahun kemudian p Abduh bisa membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  87. Nisba
    Nim :S.0020 P2 114
    Non reg kls B


    Stratafikasi sosial yg dialami p Abduh krn keuletannx dlm bekerja dan rajin menabung merubah kondisi kehidupanx.
    P Abduh yg tadix bekerja sebagai pengangkat ikan bongkar muat di dermaga secara bertahap bisa membeli perahu dgn motor tempel dgn sedikit bantuan dari keluargax ,bisa terwujud keinginanx untuk memiliki perahu motor .
    Tpapi p Abduh semakin giat d ulet bekerja ,akhirx bisa membeli lg 2 buah kapal motor .2 tahun kemudian p Abduh bisa membeli sebuah tambak besar.

    ReplyDelete
  88. Nama: Nur wulan sari eka juniati
    Nim : S.0020.p2.048

    Assalamualaikum menurut pendapat saya Menurut saya, stratifikasi sosial pak Abdul yaitu stratifikasi ekonomi dimana pak Abdul mengembangkan usahanya dengan cara menabung sehingga usahanya berkembang pesat. Kita ketahui bersama bahwa Stratifikasi yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi merupakan faktor utama yang mendasari terbentuknya kelas sosial. Di mna pak abdul sangat giat dalam menjalankan usahanya dan sangat bersungguh2 untuk merubah perekonomian keluarganya, tadinya pak abdul hanya menjadi seorang pengangkat ikan bongkar dan sekarang menjadi seorang yg sukses dgn memiliki 3 motor pencari ikan serta memiliki orang kepercayaan dan telah memiliki sebuah tambak yg besar. Terima kasih

    ReplyDelete
  89. Nama:Ela Yusna
    Nim:S.0020.P2.012
    Kelas A Non Reg 2020 kendari

    Menurut saya strafikasi sosial pak abdul adalah startifikasi kekayaan atau ekonomi. Di mana kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya yg berjumlah 3 unit kendaraan penangkapan ikan.
    Sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya. Dua tahun berikutnya pak abdul dapat membeli sebuah tambak besarmiliki pak abdul adalah startifikasi kekayaan atau ekonomi. Di mana kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya yg berjumlah 3 unit kendaraan penangkapan ikan.
    Sehingga pak abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya. Dua tahun berikutnya pak abdul dapat membeli sebuah tambak besar miliki pak abdul adalah startifikasi kekayaan atau ekonomi. Di mana kehidupan pak abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya yg berjumlah 3 unit kendaraan penangkapan ikan.
    Di mana pak abdul sangat giat dalam menjalankan usahanya dan sangat bersungguh2 untuk merubah perekenomian keluarganya.
    Sekian dan terimah kasih

    ReplyDelete
  90. Nama : wa ode jamila
    Nim : S. 0020.P2.067
    Non reg. B kelas kendari


    Assalamualaikum wr. Wb
    Menurut saya stratifikasi sosial yang dimikli pak abdul selama hidupnya adalah telah melewati ketiga tingkatan stratifikasi ekonomi.
    - pada stratifikasi ekonomi level tiga: pak abdul bekerja sebagai buruh nelayan yg bekerja membawa ikan ikan dari nelayan yang bongkar muat dari kapal dibawa kedermaga untuk jual dijual kepada pengepul.
    - pada srtatifikasi ekonomi level dua : ketika pak abdul membeli sebuah motor tempel dengan hasil tabungan sendiri dan sedikit pinjaman dari keluarga.
    - pada strstifikasi ekonomi level satu: ketika pak abdul dapat membeli lagi 2 motor tempel dan memiliki orang krpercayaan untuk menjalankan usahanya itu.
    Pada strata perbedaan pekerjaan pak abdul berada pada level atas dimana dua kemudian setelah memiliki tiga motor tempel, pak abdul dapat memiliki tambak sendiri yang besar.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  91. Nama : Filda Yustika Sari
    Nim : S.0020.P2.017
    Kelas : Non.Reg B kelas A Kendari

    Menurut saya stratifikasi sosial pak Abdul adalah
    1. Stratifikasi ekonomi dimana pak abdul saat berusia 28 tahun sudah bekerja disektor perikanan. Saat itu pak abdul masih muda dan bekerja membawa ikan ikan yang bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil para pengepul maupun pembeli.
    Pak abdul rajin menabung hingga merubah kondisi hidupnya terutama mata pencaharian nya.

    2. Stratifikasi sosial
    Dimana kehidupan pak abdul semakin membaik dengan memiliki kapal motor nya. Pak Abdul sudah memiliki 3 kendaraan penangkap ikan. Jumlah unit unit penangkap ikan miliknya tidak memungkinkan untuk di operasional kan sendiri, sehingga pak Abdul mulai memilih orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    3. Stratifikasi politik
    Pak Abdul membeli perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi tabungan yang dia kumpulkan. Walaupun pengalaman nya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal laut.

    ReplyDelete
  92. Stratifikasi yg dimiliki pak Abdul menurut saya adalah,1,stratifikasi sosial ekonomi,dimana pa Abdul mengembangkan usahanya dengsn cara menabung.dengsn keuletan beluau bekerja sehingga usahanya berkembsng pesat.dengan hadil yg maksimal membuat kehidupan pa Abdul berubah menjadikan status sosial yg lebih baik.pa Abdul juga mengalami stratifikasi pekerjaan,sbelumnya pa Abdul bekerja sebagai pembongkar muatan kapal ikan,beliau dari pekerjaan itu,beliau berusaha sendiri dengan membrli kapal motor.pa abdul juga memiliki stratifikasi politik,dimana brliau membeli 3 kapal motor dan tambak besar,dengan semakin majunya usahanya,maka beliau tdk mampu mengelola usahanya sendiri,beliau mencari orang untuk diajak bekerja sama dengannya.

    ReplyDelete
  93. LIZANTI RIZAL
    S.0020.P2.034
    Nonreg kls A

    Stratifikasi sosial yang dialami pak Abdul dari waktu ke waktu yaitu:

    1.Stratifikasi perbedaan status pekerjaan dengan Strata Bawah (Buruh tanpa Tambak)

    Pak Abdul bekerja sebagai pembawa ikan-ikan bongkar muat dari kapal ke dermaga.

    2.Stratifikasi Ekonomi dengan Strata Kedua (perahu dan motor tempel,dioperasikan sendiri)

    Pak Abdul memiliki pengalaman dalam hal berlayar dengan perahu motor tempelx sendiri.

    3.Stratifikasi Ekonomi dengan Strata Atas (Kapal motor lengkap,pengoprasian oleh orang lain)

    Dengan Kehidupan pak Abdul semakin membaik dengan kepemilikan perahu motornya. Pak Abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak 2 unit sehingga totalnya ada 3 kendaraaan penangkap ikan yang dimiliki. Jumlah unit penangkan ikan miliknya tidak memungkinkan untuk dioperasionalkan sendirian,sehingga pak Abdul mulai memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    4.Stratifikasi Perbedaan Status Pekerjaan dengan Strata Atas (Penguasa Tambak)

    Dua tahun berikutnya pak Abdul membeli sebuah tambak besar.

    5.Stratifikasi Politik

    Pak Abdul bisa di katakan sebagai Bos Tambak karna memiliki orang kepercayaan yang menjalankan Usahanya.

    ReplyDelete
  94. Nama : Sitti Annisa
    Nim : S.0020.P2.059
    Kelas : Non Reg A Kendari

    Menurut saya, stratifikasi sosial pak Abdul adalah sebagai berikut :
    1. Stratifikasi ekonomi, di mana perekomomian pak Abdul dari tahun ke tahun semakin membaik di karenakan keuletan dan ketekunan nya dalam bekerja.
    2. Stratifikasi politik, pak Abdul yang telah lama menabung tersebut dapat membeli 3 unit kendaraan penangkap ikan agar bisa menunjang mata pencahariannya menjadi lebih baik.
    3. Stratifikasi sosial, pak Abdul yang ulet dan rajin tersebut menabung dan telah mempunyai 3 unit kendaraan penangkap ikan, dimana pak Abdul tidak dapat mengoperasikan nya seorang diri, sehingga pak Abdul membutuhkan orang lain untuk menunjang usahanya tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  95. Nama: Akma Septiani
    Nim : S.0020.P2.070
    Kls: NonReg B KOLAKA

    Menurut saya stratifikasi sosial pak Abdul yaitu;

    1. Economcally Stratified strata ketiga
    Dimana pak abdul bekerja dengan membawa ikan-ikan bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk di ambil oleh para pengepul maupun pembeli.

    2. Economcally Stratified strata kedua
    Dimana pak abdul membeli perahu dengan motor tempel dengan sedikit pinjaman dari keluarganya untuk melengkapi bltabungan yang dia miliki. Walaupun pengalamannya masih sedikit dalam hal berlayar dengan perahu motor tempel, sebagai orang bajo sudah sangat mengenal lautan dengan baik seperti sahabatnya sendiri.

    3. Economcally Stratified Strata atas
    Pak abdul sudah dapat membeli kapal motor sebanyak 2 unit, sehingga total kapal yang dimilikinya 3 unit kendaraan penangkap ikan. Dan pak abdul memiliki orang kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    4. Occupationally stratified Strata Atas
    Dua tahun berikutnya pak Abdul sudah dapat membeli tambak Besar.

    ReplyDelete
  96. Dasmia
    S.0020.P2.080
    Non Reg B kolaka

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya stratifikasi sosial pak Abdul adalah
    1.Stratifikasi ekonomi strata ketiga
    Dimana pak Abdul Bekerja dgn membawa ikan-ikan bongkar muat dari kapal menuju ke dermaga untuk diambil oleh para pengepul maupun pembeli.
    2.Stratifikasi ekonomi strata ke dua
    Dimana pak Abdul membeli perahu dgn motor tempel dgn sedikit pinjaman dari keluarga untuk melengkapi tabungan yg dia miliki.
    3.Stratifikasi ekonomi strata atas
    Dimana pak Abdul membeli kembali sebuah kapal motor sebanyak dua unit, sehingga total kapal yg dimiliki 3 unit kendaraan penangkap ikan yg dimiliki pak Abdul dan pak Abdul memiliki org kepercayaan untuk menjalankan usahanya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.