Haji Muda : motivasi ibadah sejak dini

Dear pembaca,
Sudah familiar ya dengan istilah fomo. Kalau bloggers pasti langsung klik sama idiom satu ini.

Belakangan kan lagi heboh ya soal haji dibahas dari yang kuotanya ditambah. Yey... alhamdulilah... 
Ikut senang, akan lebih banyak umat muslim yang mendapat 'sibghotallah' di tanah suci.

Pengalaman dulu waktu di tanah suci, Subhanallah banyak sekali jamaah haji dari Indonesia. Sehari-hari jamaah yang paling banyak menunaikan ibadah umroh adalah jamaah dari Indonesia. Teman saya dari India dan Bangladesh sampai mengungkapkan kekagumannya pada jamaah Indonesia yang tidak pernah putus datang ibadah. Subhanallah.


Btw, Foto ini adalah terowongan Mina yang terkenal itu, Di dalamnya ada tabung kipas angin atau (exhaust fan ya?) gede sejumlah 3 biji. Jadi meski di dalam terowongan, rasanya tidak terlalu pengap udaranya dan suasanya bikin merinding karena kalimat talbiyah terpantul-pantul di dinding terowongan.

Dan....
Di ujung sana, ibadah dipungkaskan. Tempat melempar jumrah atau jamarat. Semoga Allah menerima dan menghapuskan segala dosa.

Setelah melaksananan Haji berbagai perasaan muncul. Gambaran perasaan bahagia, takut, berhati-hati hingga menangis sedih semua dirasakan. Apalgi saat wukuf  di arofah (sebelum ibadah di jamarat) , kita akan dibawa flash back pada kehidupan-kehidupan kita. Kesalahan apa saja yang sudah kita perbuat, semua memohon ampun pada saat yang sangat berharga tersebut.

Memang tidak mudah untuk dapat pergi berhaji, berratus kilometer jauhnya. Tantangan batin dan beragam persaingan kebutuhan untuk dicukupi.
Namun, saat hati sudah memilih untuk menjadi kandidat jamaah haji. Meski belum sepeserpun uang terkumpul. Allah tau, tidak ada sedikitpun yang tersembunyi di hati manusia dari pandangan mata Allah.Allah tau dan akan memberikan semua balasan sesuai dengan persangkaan hambanya.

Teman...
Bersemangat ya menjadi insan yang terpilih dengan memilih berniat pergi haji walaupun masih dalam hati saja.

Bersegeralah menunaikan ibadah haji mumpung masih muda. Berhaji adalah ibadah totalitas, bukan hati saja yang dipersiapkan tetapi juga fisik. Ibadah haji akan jadi menyenangkan saat kita menjalankannya dengan semangat dan tanpa kepayahan.
Meskipun banyak juga yang sudah sepuh yapi semangatnya luar biasa.

Alhamdulillah rejeki saya sewaktu masih bermukim di Makkah, ada mahram kuat saya yaitu Bapak datang untuj berhaji. Saya memiliki kesempatan untuk beribadah dengan izin dari ministry dengan didampingi bapak.

Rejeki Allah Maha Luas dan Maha Sempurna. Jangan pernah menyerah pada Kuasa Allah, sesulit apapun cobaan. Allah yang Maha Memudahkan.

Terutama untuk adik-adik perawat, ada banyak peluang untuk bisa menunaikan haji di usia muda. Beranilah bekerja ke luar negeri. Meskipun tidak bekerja di Saudi Arabia, setidaknya salary sebagai perawat di luar negeri cukup untuk 'jalan-jalan' ke mana pun anda sukai.

Tetap semangat belajar ya

24 komentar:

  1. Alhamdulillah, ya mba udah naik haji, mudah-mudahan aku bisa memberangkatkan ibuku aamiin

    BalasHapus
  2. Bener banget di Madinah dan Mekah flashback mengingat masa lalu, dan pasti nangis, haru biru, senang dan tenang ibadah yang nikmat, capek tak terasa saking semangat menggebu, dan doa terasa khusyu dan makbul atas kehendakNya, dan ciri khas jamaah Indonesia pasti selalu pakai slayer baik umroh maupun haji, dan ustadz pembimbing pegang bendera warna sama, waktu itu slayerku hijau 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, khas nya orang indonesia
      always rindu ya mbak kesana :)

      Hapus
  3. Alhamdulillah ya mba... Dan kerinduan kembali ke sana masih dan masih akan terus ada.. Smoga diijabah Allah. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bude,
      aamiin ya robbal alamiin

      Hapus
  4. Semoga segera dikabulkan Allah dan dapat panggilan dari sana. Alhamdulillah, ikut senang bacanya...enak ya Mba, kalau berhaji saat masih muda 😊😊

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah mba indri, daku dan suami baru mau nabung semoga dilancarkan rejeki nya aamiin

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, semoga bisa segera nusul ke sana. Amin. Memang rejeki, waiting list nggak itu kita nggak tahu. Siapa tahu malah dimudahkan. Ortu temenku waiting list 7 th, eh setahun bisa langsung berangkat. Kuasa Allah tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mb

      Smg mb juga segera bisa nyusul.
      Aamiin

      Hapus
  7. Hiks, jadi tambah mupeng baca artikel dan liat2 fotonya mbak. Doain semoga aku dan sobat GRes amua bsa tercapai keinginan buat naik hhajinya ya. Aamiin. Btw fomo sih apaan mb? Maklum, saya blogger newbie niy ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nganu fomo ki jarene jarene pamer alus wkwkwkkw

      Semoga smua anggota gres bisa segera ke tanah suci
      Aamiin ya robbal alamiin

      Hapus
  8. MasyaAllah... Aku merinding baca ini.. Smg Allah mengijaba doa kami untuk segera bs menyempurnakan rukun islam. Aamiin..

    BalasHapus
  9. Ya Allah mbak, seneng banget ya udah menunaikan ibadah haji...subhanallah...saya selalu berdoa semoga saya, suami dan anak2 diberkahi umur panjang agar bisa menunaikan ibadah haji juga. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya robbal alamiin
      Semangat ya mbak

      Hapus
  10. Aamiin. Semoga aku jadi salah satu yang terpilih ke sana. Secepatnya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Masyaallah mbak... Semoga aku segera menyusul ya... Mohon doanya.. Aamiin...
    Udah lega ya mbak udah menjalankan rukun islam yang ke 5... Udah komplit.. Smoga hajinya mabrur.. Aamiin...

    BalasHapus
  12. Aamiin ya robbal alamiin mbak mif

    Alhamdulillah benar lega, pengen lagi jane hehehe...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.